Goa Jatijajar, Pesona Keindahan Goa Terbaik di Kebumen

Tempat Wisata Goa Jatijajar - Goa Jatijajar merupakan sebuah goa yang dibentuk selama ribuan tahun oleh proses alam dimana menyebabkan daerah ini sebagai daerah petualangan yang fantastis dari perut bumi. Goa ini juga disebut sebagai goa alam kapur yang sangat tua, letaknya di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Dayi II Kebumen yang jaraknya 23 Km Selatan Gombong atau 42 Km ke barat dari Kebumen, Jawa Tengah.

Goa Jatijajar memperlihatkan pemandangan yang tak kalah cantik dengan Goa Gong, didalam Goa Jatijajar juga dihiasi oleh lampu-lampu yang membuat objek wisata Kebumen ini semakin terlihat indah, di objek wisata ini kita juga mampu melihat cantiknya bebatuan stalknit dan stalagmit yang menghiasi goa.

Sesampainya di lokasi wisata, kita akan disambut oleh patung dinosaurus yang menjadi ikon dari objek wisata Goa Jatijajar ini, didalam Goa Jatijajar kita juga mampu menemukan 8 buah deorama dan juga 32 patung yang menceritakan wacana kisah Raden Kamandaka atau Lutung Kasarung.
Goa Jatijajar
Keseluruhan Goa Jatijajar terbuat dari bebatuan kapur, goa tersebut memiliki panjang sekitar 250 meter dengan lebar rata-rata 15 meter dan tinggi 12 meter, cukup luas bukan? Maka Tak heran jikalau Goa Jatijajar menjadi salah satu daerah wisata yang wajib dikunjungi di Kebumen. Ditambah lagi, wisata Goa Jatijajar juga memiliki akomodasi daerah bermain anak yang membuat objek wisata ini semakin lengkap dan sangat sayang untuk dilewatkan.
Mitos di Goa Jatijajar Kebumen
Selain sejarahnya yang menarik, sama halnya dengan kebanyakan wisata di Indonesia yang memiliki mitos, Goa Jatijajar juga memiliki mitos tak kalah menarik, yaitu apabila kita membasuh muka di Sendang Mawar maka dipercaya akan infinit muda. Untuk Sendang Puser Bumi dan Jombor konon airnya mempunyai khasiat dapat digunakan untuk segala macam tujuan menurut kepercayaan masing-masing. Sedangkan untuk Sendang kantil, jikalau airnya untuk cuci muka atau mandi, maka niat/cita-cita kita akan mudah tercapai.
Goa Jatijajar
Informasi Sejarah Goa Jatijajar
Gua Jatijajar ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani berjulukan Jayamenawi yang memiliki lahan pertanian di atas gua tersebut, ketika Jayamenawi sedang mengambil rumput, ia jatuh kesebuah lubang yang ternyata lubang itu yaitu sebuah ventilasi yang ada di langit-langit gua tersebut. Setelah Jayamenawi menemukan gua ini, tak lama kemudian Bupati Kebumen pada ketika itu meninjau lokasi tersebut. 

Nah, mengenai penamaan Goa Jatijajar. Terdapat dua versi, pertama ketika Bupati Ambali mendatangi goa, beliau menjumpai dua pohon jati tumbuh berdampingan dan sejajar pada tepi ekspresi gua, alasannya yaitu itu objek wisata ini dinamakan Goa Jatijajar. Dan versi yang kedua yaitu pada zaman dahulu ketika Raden Kamandaka di kejar-kejar dan masuk ke dalam goa, di dalam goa ia menyebutkan jati dirinya, ia mengaku sebagai seorang putra Raja Pajajaran. Dari kisah tersebut kemudian muncul kata Sejatine (dalam bahasa indonesia berarti sebenarnya) dan Pajajaran.
Goa Jatijajar
Rute Menuju Goa Jatijajar Kebumen 
Untuk jalan masuk menuju lokasi, biasa dibilang cukup mudah, dari sentra kota Kebumen kau tinggal mengikuti rute Kebumen-Karanganyar-Gombong dan dilanjutkan menuju Kecamatan Ayah dengan mengikuti jalur menuju Pantai Ayah dan setelah itu ikuti petunjuk jalan menuju Goa Jatijajar, lokasi Goa Jatijajar terletak di Desa Jatijajar, apabila kau takut tersesat, mampu bertanya pada masyarakat setempat.

Tips Berlibur ke Goa Jatijajar
  1. Agar lebih puas berkeliling, sebaiknya kau datang dihari biasa (senin-jumat), alasannya yaitu biasanya ketika weekend dan hari libur objek wisata ini selalu ramai oleh pengunjung. 
  2. Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. 
  3. Selalu taati aturan dan jangan membuang sampah sembarangan.
Harga Tiket Masuk Goa Jatijajar 
Nah jikalau anda ingin menikmati Goa Jatijajar ini anda mampu datang saja menuju Goa ini, untuk harga Tiket Masuk ke Goa Jatijajar anda harus membayar sebesar Rp. 7.500/orang, cukup murah bukan, nah dengan begitu anda mampu menikmati keindahan Goa Jatijajar ini. Oh iya, untuk jam buka wisata goa Jatijajar yaitu jam 09:00 Wib - 17:00 Wib.

Baca juga : Tempat Wisata di Purwokerto yang Dapat Membuat Anda Kagum

Demikian mengenai Goa Jatijajar Kebumen, Pesona Keindahan Goa Terbaik di Kebumen nah supaya ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar