15 Tempat Wisata Kuliner Palembang Paling Enak dan Murah

Tempat Wisata Kuliner di Palembang - Pada kesempatan kali ini akan mengajak anda untuk membahas perihal wisata masakan palembang yang wajib anda coba apabila anda sedang berkunjung ke Kota Palembang. Tentunya ketika kita di tanya perihal makanan apa yang terkenal dan berasal dari Palembang tentu balasan kita yaitu Pempek, akan tetapi Pempek yaitu hanya sebagian kecil saja dari kayanya makanan yang ada di Palembang.

Perairan kota Palembang yang sudah sangat maju membuat semua olahan makanan di Palembang berbau dengan hasil olahan ikan atau hasil perairan. Meskipun ada beberapa olahan makanan lain yang materi bakunya bukan dari ikan, namun olahan dari ikan dan hasil air nyalah yang paling mendominasi. Di Palembang ini ada beberapa makanan khas dan juga makanan yang terkenal di Palembang yang harus anda coba supaya wisata masakan di Palembang anda semakin menyenangkan.

Dengan kayanya jenis masakan di Indonesia membuat para wisatawan betah untuk selalu mengunjungi setiap sudut atau wilayah yang ada di Indonesia. Pasalnya setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai makanan khas sendiri-sendiri, hal ini tentu akan membuat para wisatawan untuk menerima pengalaman yang baik dalam berkuliner.

Baca ini : Tempat Wisata Kuliner di Jember Paling Enak Harus Dicoba

Tempat Wisata Kuliner di Palembang Paling Enak Murah
Berikut ini yaitu wisata masakan di palembang yang setidaknya akan ada 12  makanan khas palembang yang akan kita bahas. Simak Berikut dibawah ini.

Kuliner Palembang Lenggang
Lenggang
Lenggang merupakan masih salha satu jenis keluarga pempek. Meski begitu makanan ini tidak mampu disejajarkan dengan pempek dikarenakan cara pembuatannya yang berbeda dan juga bentuknya yang berbeda. Jika dilihat secara sekilas, pempek ini sangat ibarat dengan telur dadar gulung. Yang berbeda yaitu lenggang tersebut telur yang didalamnya berisi pempek lenjer yang sudah dipotong potong. Cara memasaknya pun beragam ada yang dipanggang namun ada juga yang hanya digoreng saja.

Untuk mengkonsumsinya pun mampu dimakan pribadi dengan atau tanpa kuah cuko. Rasa dari lenggang ini gurih karena perpaduan dari telur dadar dengan pempek lenjer yang sudah dipotong potong sebelumnya. Bagi anda yang ingin membuat lenggang di rumah sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini : Yang harus disiapkan yaitu pempek lenjer 4 buah, usahakan yang anda gunakan yaitu pempek lenjer asli bukan pempek lenjer abal abal yang rasanya hanya tepung saja. Setelah anda menerima pempek lenjer yang asli anda mampu memotong pempek lenjer itu bentuk dadu.

Kuliner Palembang Pindang Palembang
Pindang Palembang
Mungkin anda pernah mendengar makanan pindang? benar bukan, namun tahukah anda bahwa pindang tersebut berasal dari palembang. Oleh karena itu ketika berkunjung ke Palembang jangan lupa untuk merasakan kelezatan dari pindang ikan palembang ini. Pindang ini sangat berbeda dengan pindang pindang ikan lainnya yang ada di warung makan.

Yang berbeda dari pindang ikan Palembang ini yaitu pindang ikan itu ibarat dengan Tom Yum. Tom Yum yaitu masakan khas Thailand yang legendaris. Pindang tersebut ibarat dengan sopu yang rasanya asam, pedas, manis dan juga sangat menyegarkan. Orang yang pernah mencoba pindang ikan ini pasti akan ketagihan dan ingin merasakan kembali pindang ikan asal palembang. Biasanya yang dijadikan sebagai materi dasar masakan pindang ini yaitu ikan patin, ikan gabus dan juga tulang iga.

Kedua jenis ikan yang digunakan sebagai materi dasar masakan pindang memiliki tekstur yang sangat lembut. Sehingga daging ikan itu terasa sangat lezat kalau dicampurkan dengan kuah yang memiliki rasa asam, pedas, manis dan juga segar tersebut. Bagi anda yang ingin merasakan Pindang ikan yang enak, anda mampu merasakan ikan pindang yang ada di warungnya Mbok War Palembang. Warung ini mengapung di Sungai Musi dan bersahabat dengan Jembatan Ampera.

Kuliner Palembang Pempek
Pempek Palembang
Pempek ini merupakan makanan lezat yang sangat identik dengan Kota Palembang. Makanan khas Palembang ini akan mudah untuk anda temukan di Palembang. Makanan ini yaitu olahan tepung yang dicampurkan dengan ikan tenggiri. Gurihnya ikan tenggiri akan membuat pempek semakin terasa lezat. Pempek palembang ini biasanya akan dilengkapi dengan cuko atau kuah pempek.

Kuah cuko ini mampu menyesuaikan dengan selera anda, anda mampu memilih kuah cuko tidak pedas dan mampu juga memilih cuko yang pedas. Pempek tersebut biasanya juga disajikan bersama dengan mentimun, mentimun itu akan membuat kuah cuko semakin segar.

Kuliner Palembang Kerupuk Ikan Palembang
Kerupuk Ikan Palembang
Kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur di Palembang yaitu kerupuk ikan. Kerupuk ikan ini mampu jadikan oleh oleh dan buah tangan. Saat berada di Palembang anda akan mudah menemukan penjual kerupuk ikan tersebut. Seperti denggan namanya, kerupuk palembang itu terbuat dari ikan mampu dari ikan tenggiri atau ikan laut lainnya. Rasanya pun cenderung gurih dan renyah. Kerupuk ikan cocok dijadikan sebagai sahabat makanan yang berkuah panas dan pedas.

Tidak hanya itu saja kerupuk ikan tersebut juga akan sangat enak sekali kalau dicocolkan ke kuah cuko pempek. Kerupuk ikan ini memilii warna putih dan sangat garing. Banyak orang yang merasakan ketagihan setelah mengkonsumsi kerupuk ikan tersebut. Tidak mengherankan kalau kerupuk ikan Palembang merupakan kerupuk ikan yang paling banyak dicari untuk dijadikan oleh oleh ketika berada di Palembang.

Kuliner Palembang Tekwan
Tekwan
Nah ketika anda berada di warung pempek, anda akan menemukan menu lainnya selain pempek. Salah satu menu yang mungkin tertera disana adakah tekwan. Tahukah anda apa itu tekwan?, banyak yang mengatakan bahwa tekwan ini yaitu baksonya orang Palembang. Hal itu dikarenakan tekwan ini merupakan pempek rebus. Tentu saja pempek rebus ini lebih sehat dibandingkan dengan pempek yang digoreng. Alasannya yaitu pempek rebus ini tidak digoreng menggunakan minyak yang menjadi sumber kolesterol.

Eihh, tapi tunggu dulu. Tekwan tidak hanya makanan khas Palembang berupa pempek rebus saja. Tekwan itu sama ibarat bakso dimana dilengkapi dengan soun, jamur kuping dan juga bengkuang. Setelah itu semua materi bahan itu disiram menggunakan kuah bening ibarat dengan soup. Tekwan ini sangat cocok dikonsumsi ketika malam hari atau disaat cuaca sedang mendung, hal itu dikarenakan kuah tekwan sangat menyegarkan dan juga mampu menghangatkan tubuh.

Kuliner Palembang Martabak Har
Martabak Har
Kuliner satu ini sudah sangat terkenal di Palembang, sehingga tidak mengherankan kalau Martabak Har selalu dipenuhi oleh pembeli. Memang kalau dilihat secara sekilas, martabak har ini ibarat dengan martabak telur. Yang berbeda yaitu martabak ini memilki kuah. Bukan kuah cuko yang digunakan untuk menemani sajian martabak ini, namun kuah yang digunakan yaitu kuah dengan citarasa rempah yang sangat kuat.

Kuah tersebut juga dicampur dengan kentang dan juga irisan daging yang menggugah selera. Jika kebanyakan martabak telur menggunakan telur dan daging cincang sebagai isian martabak, namun martabak har ini hanya menggunakan telur untuk dibalutkan bersamaan dengan kulit martabak sehingga anda tidak akan menemukan daging cincang sebagai isian martabak.

Penyajiannya pun sangat berbeda dengan pempek, martabak tersebut ketika masih panas pribadi diguyur menggunakan kuah yang berisi kentang dan juga irisan daging tersebut. Selain itu, martabak tersebut penyajiannya disajikan menggunakan saus dan juga cabai rawit. Harga Martabak Har ini bervariasai tergantung dengan isian dari telur martabak tersebut. Martabak dengan isian telur belibis dibandingkan dengan telur ayam lebih mahal karena rasanya lebih gurih menggunakan telur bebek.

Kuliner Palembang Mie Celor Palembang
Mie Celor
Mie celor merupakan masakan khas Palembang dimana mie tersebut disajikan bersamaan dengan kuah santan yang sangat kental dicampurkan dengan kuah kaldu dari ebi atau udang kecil yang dikeringkan, dicampurkan dengan taoge meski jumlahnya hanya sedikit dan diatasnya diberikan irisan telur rebus. Seledri, daun bawang dan juga bawang goreng pun ditaburkan di atas mie tersebut supaya citarasanya semakin mantap. Mie yang digunakan dalam mie celor yaitu mie tebal ejenis dengan udon.

Kebanyakan orang Palembang mengkonsumsi mie ini ketika waktu sarapan, sehingga warung mie celor tersebut akan diserbu pengunjung ketika pagi hari dan penuh ketika pagi hari. Sayangnya mie ini tidak mampu dikonsumsi oleh orang yang menderita kolesterol. Orang yang memiliki kolesterol tidak mampu mengkonsumsi mie ini dikarenakan kuah santan kental tersebut mampu membuat kadar kolesterol semakin naik.

Kuliner Palembang Tempoyak 
Tempoyak Palembang
Memang tidak semua orang tahu apa itu tempoyak, meski makanan tersebut sangat terkenal di Palembang, masyarakat luas tidak mengenal tempoyak ibarat masyarakat mengenal pempek. Banyak yang tidak tahu apa itu tempoyak. Tempoyak merupakan makanan unik dari Palembang. Bagi anda penyuka durian tidak ada salahnya anda mencoba tempoyak, hal itu dikarenakan tempoyak merupakan makanan khas dari Palembang yang materi dasarnya dari durian.

Tempoyak sejenis sambal dimana sambal itu terbuat dari durian yang suah difermentasikan. Rasanya pun asam namun aroma duriannya masih terasa. Kebanyakan tempoyak ini dicampurkan dengan makanan pepes. Sayangnya orang yang bukan asli dari Palembang kurang cocok dengan makanan satu ini berbeda dengan orang asli Palembang dimana mereka mampu makan tempoyak saja menggunakan nasi.

Kuliner Palembang Laksan
Laksan Palembang
Kuliner khas lainnya yang mampu anda coba ketika berada di Palembang yaitu laksan. Sudah tahukah anda apakah itu Laksan?, memang laksan ini tidak setenar dengan pempek. Meski begitu laksan ini materi pembuatannya menggunakan pempek. Laksan sendiri merupakan pempek lenjer yang disiram menggunakan santan kental dan pedas.

Pempek lenjer yang digunakan pun masih dalam keadaan utuh tidak dipotong potong. Namun bagi anda yang menginginkan laksannya dalam bentuk potongan pun mampu meminta kepada empunya warung. Jika tidak diperhatikan secara cermat dan mendetail, laksan itu ibarat dengan lontong sayur. Namun tetap saja rasa dari laksan itu yaitu rasa pempek.

Sayangnya tidak semua orang mampu mengkonsumsi makanan khas satu ini. Kebanyakan masakan Palembang yang dibuat menggunakan santan kental membuat orang yang menderita kolesterol harus bijak dalam mengkonsumsi makanan khas Palembang. Anda harus tetap mengutamakan kesehatan anda, jangan hingga sehabis liburan tersebut berakhir anda malah terkena penyakit akhir anda mengkonsumsi makanan pantangan untuk penyakit anda.

Kuliner Palembang Es Kacang Merah
Es Kacang Merah
Es kacang merah yaitu masakan yang menyegarkan dan cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang panas dan terik. Meski ketika ini banyak variasi es menggunakan kacang merah, namun es kacang merah yang ada di Palembang ini yaitu pelopornya. Bahan dasar dari pembuatan es kacang merah ini tentu saja yaitu kacang merah, dalam pembuatannya kacang merah ini dicampurkan bersamaan dengan gula merah, susu cokelat maupun susu vanilla dan juga es krim. Es krim yang digunakan untuk membuat es kacang merah juga mampu digantikan dengan es kerikil serut.

Ketika semua materi tersebut dicampurkan akan menghasilkan rasa dan citarasa yang sangat menyegarkan. Saat ini penjual es kacang merah tidak hanya ada di Palembang saja namun sudah tersebar di kota besar ibarat Jakarta. Meski begitu anda tidak boleh melewatkan masakan yang satu ini ketika berada di Palembang. Tidak hanya menyegarkan saja, namun es kacang merah ini juga menyehatkan. Di dalam kacang merah kaya akan at besi, protein, kalium, vitamin B6 dan juga banyak sekali macam kandungan gizi yang diharapkan oleh tubuh.

Kuliner Palembang Burgo
Burgo Palembang
Banyak yang menganggap burgo ini sama dengan laksan padahal burgo dengan laksan berbeda. Memang banyak masyarakat Palembang mengatakan kalau burgo tersebut bumbunya sama dengan laksan namun yang berbeda yaitu proses pemasakannya dan juga pencetakannya, kalau laksan menggunakan pempek lenjer yang bulatannya penuh.

Burgo ini waktu membuatnya dibuat menggunakan cetakan mie digulung setelah itu diris ibarat mengiris lontong kemudian disiram menggunakan santan. Jika gres datang ke Palembang pertama kali, orang akan gundah membedakan antara laksan dan burgo hal itu dikarenakan pembuatannya sama sama menggunakan tepung beras namun bentuknya saja yang berbeda.

Kuliner Palembang Ragit Palembang
Ragit Palembang
Makanan khas dari Palembang ini ibarat dengan roti dari India. Meski di beberapa daerah ragit ini dibentuk dan dicetak ibarat mie yang diberikan kuah santan. Ragit palembang ini kebanyakan ditemukan dalam bentuk ibarat jala, mampu segitiga dan juga mampu ibarat bentuk dadar gulung. Penyajian ragit itu banyak yang disajikan bersamaan dengan kuah dari daging masakan kari. Makanan khas ini penyajiannya ibarat dengan Martabak Har yang penyajiannya disiram menggunakan kuah kari yang lezat dan juga gurih.

Sayangnya pada hari hari biasa menjumpai ragit ini sangat sulit, bahkan mampu dikatakan makanan khas ini hampir punah. Saat menjelang ramadhan, ragit ini mampu dengan mudah anda temukan di pasar Ramadhan. Bahan dasar pembuatan ragit ini yaitu tepung beras yang dicampurkan dengan tepung terigu dan diberikan sedikit garam. Masyarakat asli Palembang mengatakan ragit ini tidak setenar pempek sehingga jumlah penjual ragit ini mampu dihitung menggunakan jari saja.

Baca ini : Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 15 Tempat Wisata Kuliner di Palembang Paling Enak Murah nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar