24 Tempat Wisata di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Nganjuk - Nganjuk merupakan salah satu daerah yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur. Daerah yang satu ini berbatasan secara eksklusif dengan daerah Kabupaten Bojonegoro di arah sebelah utara, sedangkan di arah sebelah timurnya berbatasan secara eksklusif dengan Kabupaten Jombang, di adegan selatan berbatasan eksklusif dengan Kabupaten Kediri dan juga wilayah Kabupaten Ponorogo, serta di arah barat berbatasan dengan Kabupaten Madiun.

Selain itu, Nganjuk juga terkenal dengan sebutan Kota Angin, alasannya yaitu daerah ini diapit diantara dua gunung, yaitu Gunung Wilis dan pegunungan Kendeng yang membuat kota ini memiliki hembusan angin yang kuat. Nganjuk juga menyimpan sejuta daya tarik wisata yang pasti akan dapat menjadi pilihan tujuan wisatamu. Selain wisata alam, wilayah ini juga terdapat wisata sejarah dan masakan tentunya.

Baca ini : 22 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini akan merekomendasikan sejumlah tempat wisata di Nganjuk Paling Terkenal wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata Nganjuk ini yaitu wisata yang menawan dan mempesona.

1. Tempat Wisata Air Terjun Singokromo Nganjuk
Air Terjun Singokromo
Air terjun Singokromo merupakan sebuah gerojokan yang mempunyai ketinggian sekitar 20 meter dengan suasana sekitar gerojokan yang masih sangat segar. Air terjun yang terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk ini belum dikelola oleh pemerintah sebagai tempat wisata, hal itu membuat saluran menuju lokasi menuju gerojokan masih agak sulit gitu. 

Air terjun Singokromo berjarak sekitar 3 km dari Kota Nganjuk. Untuk mencapai lokasi air terjun, kau cuma bisa menggunakan kendaraan roda dua. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki di atas setapak kurang lebih 500 meter atau sekitar 15 menit. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Sedudo. 

2. Tempat Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk
Air Terjun Sedudo
Air Terjun Sedudo merupakan sebuah gerojokan dan obyek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian gerojokan ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki akomodasi yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses.

Air terjun Sedudo sudah terkenal semenjak jaman Majapahit yang mana gerojokan ini diyakini sebagai Tirta Suci yang mengalir dari kahyangan. Bahkan Para Raja, Bangsawan dan Pendeta pada jaman itu sering mempergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca atau senjata pusaka dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga semoga mendapat berkah keselamatan dan awet muda.

Untuk akomodasi yang dimiliki di tempat wisata ini umumnya cukup baik dan lengkap menyerupai ruang ganti, kolam tempat berendam atau berenang, toilet, tempat istirahat dan banyak sekali rumah makan serta toko cinderamata. Bagi yang membutuhkan penginapan juga tersedia hotel yang berada di sekitar daerah ini.

Harga tiket masuk yaitu Rp 2500/orang. Tarif parkir kendaraan roda dua dipungut Rp 1.000, sedangkan kendaraan roda empat Rp 2.000.

3. Tempat Wisata Air Terjun Roro Kuning Nganjuk
Air Terjun Roro Kuning
Air Terjun Roro Kuning yaitu salah satu tempat wisata di Nganjuk yang terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Air terjun ini berbeda dari yang lainnya alasannya yaitu air yang jatuh dari atas mengalir merambat melalui bebatuan, oleh alasannya yaitu itulah gerojokan ini dinamakan gerojokan merambat roro kuning.

Selain menikmati gerojokan merambat, disini juga terdapat kolam renang dan penangkaran rusa. Sementara tinggi air terjunnya sendiri yaitu 10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis.

Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemudian ajaran gerojokan tersebut membentuk trisula. Jika anda tertarik untuk datang ke tempat wisata ini, anda bisa menempuhnya dari Nganjuk, kurang lebih berjarak 31 km ke selatan Nganjuk.

4. Tempat Wisata Air Terjung Ngebleng Nganjuk
Air Terjun Ngebleng Nganjuk
Air Terjun Ngebleng merupakan sebuah gerojokan yang terletak di perbatasan antara jombang dengan nganjuk, tepatnya di Dusun Tondowesi Lor/Utara, Desa Pule, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur.

Air Terjun Ngebleng masih alami dan belum di kelola oleh daerah setempat, belum ada karcis masuk, parkir di rumah warga seiklasnya. Untuk menuju gerojokan jalan kaki � 2 km/ 1 jam an dari rumah warga, kalau trend kemarau sepeda motor bisa eksklusif ke air terjunnya. pas trend penghujan debit airnya lumayan deras, kalau trend kemarau airnya surut/sedikit.

5. Tempat Wisata Air Terjun Air Terjun Sumbermanik Nganjuk
Air Terjun Sumbermanik
Air Terjun Sumbermanik merupakan sebuah gerojokan yang terletak di Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Akses menuju lokasi gerojokan memang masih sulit tapi kau bisa mengandalkan warga sekitar untuk menemanimu menuju lokasi air terjun. Dari Desa Blongko, kau akan melewati jalan terjal dan berbatu jadi anda harus hati-hati.

Air terjun besar nan eksotis ini berwujud ajaran air jernih yang merambat di dinding tebing dan membentuk dua cabang. Posisinya menghadap ke barat, di lereng Bukit Punjul, sebagai salah satu rangkaian perbukitan Gunung Wilis. Ketinggian gerojokan sekitar 35 meter, dengan lebar 20 meter menyelimuti bukit kerikil berbentuk membulat.

6. Tempat Wisata Candi Ngetos Nganjuk
Candi Ngetos
Candi Ngetos yaitu sebuah tempat bersejarah menyerupai candi tak hanya disaksikan di Jawa Tengah saja, Anda juga bisa menyaksikan candi bersejarah di daerah Jawa Timur. Candi Ngetos berada di daerah Nganjuk tepatnya di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, terletak di adegan selatan Kota Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Bangunan candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit pada kala XV. Candi ini juga sebagai tempat pemakaman dari Hayam Wuruk. Bangunan Candi Ngetos terletak di tepi jalan yang beraspal antara Kuncir dan Ngetos. Berdasarkan bentuknya Candi Ngetos ibuat pada kala ke-15, yaitu pada zaman Kerajaan Majapahit.

Dan diperkirakan juga Cani Ngetos dibuat sebagai makam Raja Hayam Wuruk dari Majapahit. Secara fisik Candi ini sudah rusak, bahkan beberapa adegan candi sudah hilang sehingga sulit sekali ditemukan bentuk aslinya.

7. Tempat Wisata Goa Margo Tresno Nganjuk
Goa Margo Tresno
Goa Margo Tresno merupakan sebuah gua yang terletak di Dusun Cabean, Desa. Sugih Waras, Kec. Ngluyu, Kab. Nganjuk, Goa Margo Tresno terkesan magis. Disepanjang perut goa gelap dan cericit ribuan kelelawar semakin menambah suasana menjadi lebih seram. Apalagi lokasi goa yang berada di tengah belantara hutan jati Pegunungan Kendeng.

Jika anda ingin menuju lokasi goa ini anda tidak bisa menggunakan alat transpotasi, tetapi harus ditempuh dengan jalan kaki, menyusuri jalan setapak yang terjal dan sedikit mendaki, alasannya yaitu suasananya memang masih asri, dihiasi pepohonan yang rimbun.

Selain itu Di depan goa, anda akan disuguhi sebuah kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Air kolam di goa ini masih bersih dan jernih. Di dalam gua ini cukup gelap dan masih banyak kelelawar yang menghuni tempat ini.

8. Tempat Wisata Jurang Gatuk Nganjuk
Jurang Gatuk
Jurang gatuk yaitu sebuah jurang yang menyempit dan di aliri oleh air yang jernih dari atas kebawah, disana juga ada kolam yang masih alami dan airnya juga jernih. dan tempat ini hanya di ketahui oleh orang orang setempat yang ada di sekitarnya.

Jurang gatuk ini memiliki jalan yang menanjak dan menurun yang hanya bisa di lewati dengan berjalan kaki. kalau anda ingin kesini harus menempuhnya dengan jalan kaki, tidak memungkinkan kalau kita menggunakan kendaraan untuk tiba disana.

Jurang Gathuk terletak di daerah Desa Gondang, Kecamatan Pace. Jika anda ingin tahu menyerupai apa keindahan tempatnya, anda bisa mengunjunginya sendiri. tempat ini sering kali di jadi salah satu rute yang digunakan oleh para perjaka pemudi untuk melaksanakan napak tilas, alasannya yaitu tempat ini masih dalam daerah daerah pegunungan, itulah yang membuat jalannya menjadi naik turun dan terasa berata untuk ditempuh.

9. Tempat Wisata Candi Lor Nganjuk
Candi Lor Nganjuk
Candi Lor merupakan bangunan candi yang terbuat dari kerikil bata merah yang diyakini sebagai monumen cikal bakal berdirinya kabupaten Nganjuk yang diperingati setiap tanggal 10 April setiap tahunnya. Candi Lor terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Candi ini dibangun pada sekitar tahun 937 M dengan menggunakan kerikil bata merah sebagai salah satu tanda penetapan daerah Anjuk Ladang yang sekarang ini dikenal sebagai Kabupaten Nganjuk. Candi Lor ini dibangun dari kerikil bata berwarna merah.Candi ini menjadi simbol berdirinya kota Nganjuk.

Area sekitar candi ini sangat asri dan cantik sehingga sayang kalau Anda tidak mengabadikannya lewat foto dengan background candi lor ini.

10. Tempat Wisata Sendang Putri Wilis Nganjuk
Sendang Putri Wilis
Sendang Putri Wilis merupakan sungai dengan air yang jernih dan lumayan deras mengakibatkan sensasi tersendiri bagi kalian serta dikelilingi oleh Hutan Pegunungan Wilis Yang alami dan mempesona. Teksture bebatuan yang cantik mempunyai nilai daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Sendang Putri Wilis. Apa lagi bagi para pengunjung Sendang Putri Wilis yang suka Selfie.

Sendang Putri Wilis berlokasi di desa Ngliman kecamatan Sawahan, jalur menuju Sendang Putri Wilis cukup mudah walau trend penghujan kita bisa hingga di lokasi parkiran. Sendang Putri Wilis berada di Atas Air Terjun Singokromo sekitar 200 Meter dari Warung / Lokasi Parkir Motor.

Jika anda ingin menikmati kesegaran air di sendang ini, kau cukup membayar Rp.5.000 rupiah.

11. Tempat Wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk
Grojogan Duwur Sumbermiri
Grojogan Duwur Sumbermiri yaitu sebuah Wisata terletak di Desa Sumbermiri, Kecamatan Lengkong, Kota Nganjuk. Kawasan ini masih alami dan keindahannya dapat mempengaruhi siapa saja yang melihatnya. Perlu pengunjung ketahui, saluran jalan menuju daerah ini sangat menanjak. Diperlukan kewaspadaan apalagi keadaan jalan yang rusak menambah perjalanan semakin menegangkan.

Pemandangannya bisa memikat hati dan betah untuk berlama-lama disini. Dijamin pasti anda gak akan nyesel apalagi kecewa. Biaya yang dikeluarkan pun tidak akan menguras kantong. Cukup merogoh saku Rp. 5000 untuk biaya parkir. Jika dating kesini, disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri. Karena daerah ini belum menyediakan toko atau warung-warung.

12. Tempat Wisata Monumen Dr. Soetomo Nganjuk
Monumen Dr Soetomo
Monumen Dr.Soetomo berada di Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret, Nganjuk. Monumen ini merupakan tempat kelahiran Dr. Soetomo. Bahkan ari-ari dia diperkirakan sempurna berada dibawah patung Dr. Soetomo yang digambarkan sedang duduk menghadap ke selatan.

Monumen Dr.Soetomo yang ada di Desa Ngepeh tersebut sebetulnya yaitu rumah dari neneknya. Secara keseluruhan bangunan ini terdiri dari patung Dr. Soetomo, Pendopo induk yang terletak di belakang patung, dan bangunan pringgitan.

Gambaran patung dr. Soetomo dalam posisi duduk di dingklik dengan tangan diletakkan diatas buku terbuka yang menggambarkan dia yaitu seorang cendekiawan yang sedang menekuni dan memperdalam ilmu pengetahuan.

13. Tempat Wisata Bukit Batu Songgong Nganjuk
Bukit Batu Songgong 
Bukit Batu Songgong yaitu salah satu obyek wisata berupa taman alam yang terdapat di daerah Sawahan Nganjuk. Letaknya sebalah selatan dari sentra Kabupaten Nganjuk, sekitar 4 Km dari jalan raya menuju gerojokan Sedudo. Untuk saluran jalan menuju Desa Margopatut sendiri anda tidak disuguhkan dengan jalan mulus. Kondisi jalan yang naik turun dan berkelok-kelok dengan kondisi aspal yang sudah rusak.

Taman bukit ini rupanya merupakan hasil olahan salah satu warga sekitar. Di tengah lahan seluas sekitar 1 hektare itu ditata ratusan batuan endemik menjadi taman yang sedap dipandang mata. Ada contoh jalan setapak membentuk lingkaran dan letter S yang disusun dari lempengan batu, hingga formasi lingkaran yang dikeliling pagar batu-batu rincing, di mana adegan tengah terdapat monumen mini yang juga terbuat dari batuan serupa.

14. Tempat Wisata Pura Kerta Bhuwana Nganjuk
Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis
Pura Kerta Bhuwana Giri merupakan Pura Penyawangan dari Candi Sapto Argo yang berada di puncak Gunung Wilis yang merupakan pemujaan Dewa Wisnu, Dewi Sri dan leluhurnya. Umat Hindu di Desa Bajulan setahun sekali naik ke puncak Gunung Wilis untuk melaksanakan bersih-bersih dan merawat Candi Sapto Argo sekaligus bersembahyang.

Di sekitar Candi Sapto Argo terdapat situs-situs, sedangkan arca Dewa Wisnu dan Dewi Sri yang ada di Candi Sapto Argo telah hilang dicuri. Sesepuh-sesepuh umat Hindu yang ada di Desa Bajulan meyakini bahwa di sekitar Candi Sapto Argo terdapat lima prasasti dan yang telah ditemukan hanya tiga prasasti. ini Lokasi terletak di Desa bajulan Kecamatan Loceret.

15. Tempat Wisata Monumen Jenderal Soedirman Nganjuk
Monumen Jenderal Soedirman
Monumen Jendral Sudirman merupakan sebuah monumen yang terletak di Desa. Bajulan Kec. Loceret, lebih kurang 22 Km arah selatan Kota Nganjuk. Monumen ini didirikan sebagai tanda bahwa Desa Bajulan dahulu pernah disinggahi Panglima Besar Jendral Sudirman selama 9 hari dalam perjalanannya memimpin perang melawan Belanda tahun 1949.

Dengan jarak lebih kurang 3 km dari Monumen ke arah selatan ada sebuah padepokan yang dijadikan museum. Untuk mengenang jasa Jendral Sudirman, Pemerintah Kabupaten Nganjuk dan Transmigrasi mengadakan program setiap tahunnya secara rutin yaitu Napak Tilas Route Jendral Sudirman dengan rute yang dahulu dipakai sa'at Beliau perang gerilya melawan Belanda.

16. Tempat Wisata Taman Anjuk Ladang Nganjuk
Taman Anjuk Ladang
Taman Anjuk Ladang merupakan tempat wisata yang terletak di sekitar Stadion olahraga Anjuk Ladang, sekitar 2 km arah selatan sentra kota Nganjuk. Taman Anjuk Ladang merupakan taman yang rindang dan sejuk, dan memiliki akomodasi mainan anak menyerupai Jogging track dan perkemahan.

Taman Anjuk Ladang juga memiliki koleksi hewan menyerupai rusa, monyet, burung, dan lain sebagainya. Oleh alasannya yaitu itu sangat direkomendasikan untuk wisata keluarga. Taman cantik ini berada di area sekitar stadion anjuk lading.

Taman yang bersih ini bisa menjadi tempat jogging dan jalan-jalan bersama keluarga. Terdapat mainan belum dewasa dan juga koleksi hewan menyerupai rusa dan lainnya. Anda pun bisa berfoto di sana bersama keluarga.

17. Tempat Wisata Museum Anjuk Ladang Nganjuk
Museum Nganjuk Ladang
Museum Anjuk Ladang merupakan sebuah museum yang terletak di kota Nganjuk, tepatnya sebelah timur Terminal Bus Kota Nganjuk.

Di dalam Museum ini tersimpan benda dan cagar budaya di zaman Hindu, Doho, dan Majapahit, serta Prasasti Anjuk Ladang yang merupakan cikal bakal berdirinya Kabupaten Nganjuk. Museum ini terbagi menjadi beberapa adegan bangunan.

Bagian depan berbentuk joglo tempat menyimpan prasasti Anjuk Ladang, bangunan induk sebagai tempat penyimpanan guci, mangkok, wayang kulit, genta, topeng dan lainnya.

18, Tempat Wisata Agro Wisata Perkebunan Mawar Nganjuk
Perkebunan Mawar Merah
Perkebunan Mawar Merah banyak dijumpai di wilayah Desa Ngliman, Kec. Sawahan bersahabat dengan Obyek Wisata Air Terjun Sedudo. Kualitas hasil perkebunan mawar masyarakat Desa Ngliman ini merupakan kualitas unggulan.

Sehingga dipasarkan tidak hanya di wilayah Nganjuk saja, melainkan hingga keluar daerah. Selain itu juga diolah oleh masyarakat setempat menjadi minyak atsiri maupun sirup sari mawar. Kebun-kebun mawar merah ini bisa anda jumpai di sepanjang perjalanan menuju lokasi Obyek Wisata Air Terjun Sedudo.

19. Tempat Wisata Taman Pandan Wilis Nganjuk
Taman Pandan Wilis
Taman Pandan Wilis merupakan taman Kota Nganjuk yang gres resmi dibuka pada tahun 2015 lalu. Nama taman sendiri diambil dari nama Pegunungan Wilis yang menjadi pesona bagi Kota Angin ini. Taman Wilis tidak hanya menunjukkan suasana tenang.

Khas taman kota namun juga menunjukkan kenyamanan bagi pengunjung dengan menyiapkan tempat duduk. Berlokasi di Kelurahan Werungotok, Kecamatan Nganjuk Kota, Kabupaten Nganjuk menjadi pilihan warga sekitar atau bahkan muda-mudi untuk menghabiskan sore.

Buat anda yang berguru motret, di sini tempat yg sempurna untuk latihan memfoto. Spot foto yg bagus yaitu di depan goresan pena Taman Pandan Wilis, di panggung, duduk di tangga, dan anda kalian mungkin menemukan spot lainnya kalau sudah di sana. Sampe ketika ini, Memasuki taman ini gratis.

20. Tempat Wisata The Legend Waterpark Kertosono Nganjuk
The Legend Waterpark Kertosono Nganjuk
The Legend Waterpark Kertosono merupakan sebuah kolam renang yang lokasinya sangat strategis alasannya yaitu berada di pinggir jalan jalur Surabaya - Madiun. Waterpark di Nganjuk ini cukup luas dan menyediakan banyak sekali macam kolam serta wahana permainan air.

Obyek Wisata Air ini dilengkapi dengan banyak sekali wahana permainan air menyerupai Racing Slide, Spiral Slide, Kolam Ombak, Lazzy River, Kids Pool, BIoskop 4D, KIos Souvenir, Kolam Renang Standart Internasional, Panggung Hiburan, Food Court, Futsal, dll.

Dengan lokasi yang sangat strategis di tepi jalan raya Surabaya - Solo sekitar 5 km arah Barat Kec. Kertosono tentu memudahkan anda yang ingin berkunjung bersama keluarga.

21. Tempat Wisata Embung Estumulyo Nganjuk
Embung Estumulyo
Embung Estumulyo merupakan sebuah tempat wisata alam yang terletak di Desa Bulurejo, kecamatan Sawahan, kira-kira 25 kilometer dari tengah kota Nganjuk. Kecamatan Sawahan sendiri merupakan daerah pegunungan sehingga hawa di sana sangat sejuk.

Walaupun tempat wisata Embung Estumulyo gratis bisa menyampaikan pemandangan yang sangat memukau, tak kalah dengan tempat-tempat wisata lain. Di Embung Estumulyo ini juga terdapat perahu getek , jadi apabila Anda menemui perahu ini Anda bisa berfoto-foto ria dengan background pemandangan yang keren. Di sini kita juga akan menjumpai beberapa warga yang sedang memancing menyerupai di bendungan-bendungan lain.

22. Tempat Wisata Masjid Yoni Al Mubarok Nganjuk
Masjid Nganjuk
Masjid Masjid Yoni Al Mubarok yaitu salah satu masjid tertua di Kabupaten Nganjuk. Pasalnya, masjid ini dibangun pada tahun 1745 Masehi. Masjid ini terletak di barat Lapangan Berbek kota Nganjuk. Pada waktu itu, masjid ini masih menggunakan atap berupa ijuk dan lantainya berupa adukan tanah liat dan kapur.

Meskipun telah beberapa kali mengalami pemugaran, namun beberapa adegan masjid ini masih terjaga keasliannya menyerupai mimbar, bedug, serta beberapa ornamen menyerupai kerangka-kerangka yang terbuat dari kayu jati.

23. Tempat Wisata Kuliner Nasi Becek Khas Nganjuk
Nasi Becek Nganjuk
Nasi becek khas nganjuk merupakan makanan yang menyerupai dengan kare kambing. Isi dari sego becek ini hampir sama dengan soto babat, kalo nasi becek ini telah diberi potongan sate kambing yang telah dilucuti dari tusuk satenya.

Makanan ini mempunyai rasa yang menyerupai dengan secara umum dikuasai makanan sejenis yang berkembang di daerah Solo, Jawa Tengah. yaitu manis dan tidak asin, berbeda dengan umumnya hidangan utama ala Jawa Timuran yang cenderung asin.

24. Tempat Wisata Kuliner Kerupuk Pecel Khas Nganjuk
Kerupuk Pecel Nganjuk
Krupuk pecel khas nganjuk ini merupakan krupuk bakar yang dicampur dengan sayuran, dalam penyajianya yaitu krupuk yang di atasnya di taburu sayuran yang terdiri dari capar (toge), bayam,bung (rebung), kenikir, mbayung (daun kacang) dan kacang panjang. yang kemudian atasnya di siram dengan bumbu pecel, biasanya untuk menemani makan krupuk yang khas ini di temani es rujak yang segar sekali.

Baca Juga : 17 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 24 Tempat Wisata di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar