38 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru yang Paling Bagus

Tempat Wisata di Salatiga - Salatiga merupakan salah satu kota yang ada di pulau Jawa tepatnya di Jawa Tengah. Kota ini berbatasan dengan kota Lumpia Semarang. Sudah menjadi diam-diam umum bahwa Indonesia memiliki banyak sekali wisata yang mampu dikunjungi oleh semua orang. Selain itu juga, Salatiga terletak di kaki Gunung Merbabu sebelah utara serta bersahabat dengan Gunung Ungaran. Sehingga hawa kota ini terasa menyegarkan. Kota Salatiga memiliki pemandangan yang indah.

Jika cuaca sedang cerah kita mampu melihat Gunung Merbabu yang sangat gagah dari sentra kota Meski hanya memiliki 4 kecamatan, Salatiga punya beberapa tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Karna lokasinya yang berada di dataran tinggi, objek wisata di Salatiga kebanyakan bernuansa alam pegunungan. Kalau anda sedang liburan ke Salatiga dan mencari tempat wisata menarik disana.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan sekolah atau juga natal maupun tahun gres atau hanya untuk meluangkan waktu bersama dengan keluarga, mengunjungi banyak sekali macam tempat wisata di Salatiga dan Ambarawa mampu menjadi salah satu tempat yang sempurna bagi Anda.

Baca ini : Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Salatiga yang Paling Bagus
Nah setidaknya ada beberapa Tempat Wisata di Salatiga yang Paling Bagus jikalau anda akan liburan atau sedang liburan di Kota Salatiga. Berikut ini diantaranya:

Tempat Wisata Air Terjun Umbul Songo Salatiga
Air Terjun Umbul Songo
Tempat Wisata alam Salatiga selanjutnya yang mampu Anda kunjungi yaitu Air Terjun Umbul Songo. Tempat wisata kota Salatiga ini berada di Kopeng yang merupakan salah satu daerah wisata di Salatiga. Air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini siap memanjakan diri Anda. Mengunjungi wisata penderasan ini, Anda akan disambut dengan gemericik air dan udara yang sangat sejuk sehingga mengakibatkan wisata penderasan ini banyak diminati oleh wisatawan.

Objek Wisata penderasan ini tidak hanya memperlihatkan pemandangan penderasan yang rupawan saja, tetapi lingkungan sekitar yang cukup asri dan alami. Mengunjungi tempat wisata kota Salatiga ini sangat recommended bagi Anda untuk melupakan kepenatan suasana kota. Oh iya, Air terjun ini berada di sekitar 15 km dari kota Salatiga, 34 km dari kota Ungaran, 54 km dari kota Semarang. Sedangkan dari arah barat melalui kota Magelang berjarak 23 km.

Untuk menuju kesana dari kota Magelang ambil arah ke kanan lewat terminal bus induk magelang (terminal Canguk), terus ke utara. Sesampainya di pertigaan lampu merah ambil kanan. Setelah itu melewati jembatan sungai Elo. Jalan terus kurang lebih 45 menit hingga tiba di depan pintu gerbang lokasi wisata Kopeng berada.

Tempat Wisata Atlantic Dreamland Salatiga
Atlantic Dreamland Salatiga
Atlantic Dreamland Salatiga merupakan sebuah obyek wisata keluarga yang memperlihatkan banyak sekali wahana permainan yang sangat menyenangkan. Tempat wisata tersebut sangat cocok untuk anda kunjungi bersama bawah umur anda dikala liburan alasannya terdapat cukup banyak wahana permainan yang dapat dinikmati di area seluar kurang lebih 3,5 hektar tersebut. Terletak di jalan negara yang menghubungkan Kota Semarang-Surakarta, membuat saluran ke tempat tersebut cukup mudah dijangkau.

Disini terdapat 19 wahana permainan yang dapat anda nikmati di Atlantic Dreamland Salatiga, yakni: kolam renang, water boom, water toys, bom-bom car, softplay, flying fox, circular track, mini coaster, carousel, balon loncat, water roller, theater 4D, ATV, kuda pony, battery car, becak mini, pirates ship, mini train, dan otoped. Dan untuk menikmati itu semua, cukup membeli tiket terusan seharga Rp55.000,- sudah termasuk dengan tiket masuk ke Atlantic Dreamland Salatiga.

Selain itu, di Wahana Air Atlantic Dreamland terdapat akomodasi lain menyerupai parkir yang luas, toilet yang bersih serta restoran yang menjual banyak sekali menu makanan dengan harga terjangkau. Bagaimana? mungkin anda sudah tidak tabah lagi ingin segera mencoba wahana disini? Langsung saja datang kesini ya oke.

Alamat: Jalan Soekarno Hatta, Isep-Isep, Cebongan, Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50736.

Tempat Wisata Taman Wisata Kopeng Salatiga
Taman Wisata Kopeng
Kopeng merupakan sebuah daerah di Salatiga yang memiliki pemandangan yang indah. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata favorite di Salatiga. Kopeng juga merupakan salah satu jalur pendakian gunung Merbabu Kopeng sendiri merupakan sebuah desa di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Meski secara administratif masuk Kabupaten Semarang, namun Kopeng lebih bersahabat dengan Kota Salatiga. Jaraknya sekitar 14 km dari kota Salatiga.

Kopeng merupakan sebuah desa wisata yang berada di kaki Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Andong. Jadi, tidak terbayang betapa sejuknya udara di Kopeng. Selama di Kopeng, kau mampu mengunjungi beberapa wahana serta objek wisata alam yang ada disana. Sebuah taman wisata telah dibangun di Kopeng sebagai salah satu spot wisata menarik. Jika mau menjelajah lebih jauh lagi kita juga akan menemukan beberapa penderasan di sekitar Kopeng.

Harga tiket masuk lokasi taman wisata kopeng ini cukup murah , hanya dengan Rp. 10.000,- pengunjung mampu menikmati indahnya pemandangan di wisata alam kopeng , namun bia ingin mencoba permainan petualangan treetop d kenakan biaya suplemen sebesar rp. 110.000 untuk anak anak dan 160.000 untuk dewasa.

Alamat: Jl. Raya Salatiga - Magelang KM. 15, Kopeng, Getasan, Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah 50774.

Tempat Wisata Rawa Pening Salatiga
Rawa Pening Salatiga
Rawa Pening merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Salatiga dan sekitarnya. Rawa pening merupakan sebuah danau alami yang dikelilingi oleh pegunungan. Lokasi tempat ini berada di sebelah utara kompleks pegunungan di sekitar Salatatiga antara lain Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Andong. Rawa Pening sangat terkenal dengan vegetasi enceng gondok yang menutupi sebagian besar permukaan danau.

Enceng Gondok tersebut sering digunakan sebagai materi baku kerajinan tangan oleh warga sekitar Pemandangan Rawa Pening akan mampu kita saksikan ketika melewati jalur lingkar selatan Kota Salatiga. Ada beberapa tempat yang dapat kita kunjungi untuk menikmati pemandangan dan suasana rupawan di Rawa Pening. Salah satunya yakni Desa Asinan, Kecamatan Bawen. Untuk menelusuri Rawa Pening sendiri kita mampu menyewa perahu tradisional maupun perahu motor.

Tempat Wisata Alam Gunung Merbabu Salatiga
Gunung Merbabu
Nah bagi anda yang hobi mendaki gunung, tidak ada salahnya jikalau coba menaklukkan gunung merbabu. Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia, pemandangan di atasnya sangat rupawan sekali, inilah alasan kenapa para pendaki selalu ingin mengulang pengalaman mendaki Merbabu. Dari puncak Merbabu, anda dapat melihat keindahan lampu-lampu kota Salatiga, danau Rawa Pening, Ungaran, bahkan hingga Semarang.

Jika anda menoleh ke belakang (selatan), maka keindahan gunung Merapi juga terlihat sangat jelas. Apalagi jikalau sedang aktif, maka lelehan lahar yang menyala terlihat sangat rupawan dari puncak gunung Merbabu. Pastikan anda menyiapkan fisik yang prima alasannya gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 meter ini termasuk yang cukup sulit didaki. Ada beberapa jalur yang dapat digunakan menuju puncak Gunung rupawan ini.

Tempat Wisata Bukit Cinta Salatiga
Bukit Cinta
Salatiga memang berada di lokasi yang sangat strategis yaitu berbatasan dengan kota Semarang mengakibatkan kota Salatiga memiliki tempat wisata yang sangat banyak. Salah satu objek wisata di Salatiga Jawa Tengah yang berbatasan dengan wisata terkenal Semarang yaitu Bukit Cinta. Bukit Cinta merupakan salah satu wisata di Salatiga dan sekitarnya yang berada di lokasi yang sangat tidak biasa yaitu berbatasan dengan dua kota.

Bukit Cinta ini berada di bersahabat objek wisata Rawa Pening, Semarang. Objek wisata yang satu ini menjadi salah satu tempatnya bawah umur muda hangout. Sehingga sekali mendayung dua pulau terlampaui. Selain melihat objek wisata Rawa Pening yang jernih di Semarang, Anda mampu sesekali mampir di Bukit Cinta Salatiga. Lokasinya yang rupawan ini selain menyimpan panorama yang asri juga menyimpan banyak sekali macam mitos seputar cinta.

Tempat Wisata Agrowisata Salib Putih Salatiga
Agrowisata Salib Putih Salatiga
Agrowisata Salib Putih merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di kaki Gunung Merbabu sekitar 4 Km, atau sekitar 15 menit dari kota Salatiga menuju obyek wisata Kopeng. Agro Wisata Salib Putih Salatiga ini biasa digunakan untuk rekoleksi/retreat, pelatihan, outbond, maupun banyak sekali program seminar. Kawasan ini meliputi perkebunan cengkeh, kopi, kapuk randu diintegrasikan dengan peternakan sapi perah. Di kompleks ini juga terdapat beberapa kegiatan sosial yaitu Panti Asuhan, Panti Wredha dan Panti Karya.

Untuk menunjang wisata terdapat pula Pondok Remaja Salib Putih serta Camping Ground Salib Putih. Nama Salib Putih merupakan nama desa yang berada di sekitar tempat Wisata Agro yang terkenal alasannya kesejukan, keasrian dan pemandangan yang indah. Dari sini, pengunjung juga mampu menyaksikan pemandangan Rawa Pening dan Kota Salatiga yang terlihat dengan terperinci menghampar di kejauhan yang tentunya akan menyegarkan dan memanjakan indera penglihatan para wisatawan.

Alamat: Kopeng Km. 4, Gang Cakra, Kumpulrejo, Argomulyo, Kumpulrejo, Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50734

Tempat Wisata Pemandian Air Alam Muncul Salatiga
Pemandian Air Alam Muncul Salatiga
Tempat wisata di Salatiga yang satu ini mampu Anda coba untuk sekedar merilekskan pikiran bersama keluarga tercinta. Pemandian Air Alam Muncul berlokasi di Desa RowoBoni, tepatnya di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Dari kota Salatiga, objek wisata ini mampu ditempuh dengan jarak 9 km saja. Seperti namanya, Pemandian Air Alam Muncul ini memiliki air kolam yang berasal eksklusif dari sebuah mata air yang terletak di episode dasar kolam, wajar rasanya jikalau air di kolam tersebut sangat menyegarkan. Tak hanya itu saja, Anda juga mampu menyaksikan ikan-ikan berukuran kecil yang sedang berenang bebas.

Tempat Wisata Kolam Renang Kalitaman Salatiga
Kolam renang kalitaman
Kolam Renang Kalitaman yang berada di Kota Salatiga ini memiliki air yang sangat jernih sehingga banyak dimanfaatkan oleh warga untuk berenang terutama pada hari Minggu dan hari libur lainnya. Kolam renang Kalitaman sering juga dikenal dengan Kolam renang Kali Gedong dan merupakan kolam renang tertua di Salatiga. Sebagai sebuah tempat wisata memang Kolam renang Kalitaman ini masih minim fasilitas.

Di tempat ini hanya terdapat Kolam renang saja, belum dibangun akomodasi lain misalnya permainan anak, sehingga ketika ini warga yang datang hanya berasal dari Kota Salatiga sendiri yang ingin berenang. Namun apabila dikembangkan lebih serius mampu saja Kolam renang Kalitaman menjadi tempat wisata yang ramai dan menjadi pesaing dari Atlantic Dreamland.

Alamat: Jalan Kalitaman, Kutowinangun, Tingkir, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711

Tempat Wisata Umbul Sidomukti di Semarang Dekat Salatiga
Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti memang tidak berada di Salatiga, namun lokasinya bersahabat dengan Kota Salatiga, lebih tepatnya berada di Semarang. Kolam renang yang berada di puncak bukit ini menyampaikan pengalaman menarik tersendiri untuk kita. Disini kita tidak hanya mampu mandi-mandi saja, ada banyak wahana selain kolam renang, menyerupai wahana flying fox untuk menikmati pemandangan sambil meluncur dari ketinggian.

Dan yang menarik lagi, kolam renang di Umbul Sido Mukti ini dibuat bertingkat sesuai dengan kedalamannya. Ada 4 buah tingkatan kolam renang yang ada disana. Dengan airnya yang cuek dan alami serta pemandangan alam yang hijau, berenang di Umbul Sidomukti akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan Cukup dengan tiket masuk seharga Rp. 8.000 dan Rp. 12.000 untuk menikmati keseruan flying fox.

Tempat Wisata Museum Kereta Api Ambarawa di Salatiga
Museum Kereta Api Ambarawa
Nah mungkin anda ingin liburan sambil naik kereta api tua? Anda mampu berkunjung ke museum kereta api ambarawa. Di sini Anda mampu menaiki kereta wisata yang mesinnya dijalankan dengan tenaga uap. Tetapi, Anda harus menyewa sekalian satu gerbong. Selain itu di dalam stasiun ini juga terdapat lokomotif uap zaman Belanda yang diparkir.

Benar sekali, bangunan museum ini merupakan bangunan peninggalan Belanda sehingga cocok bagi Anda pecinta wisata sejarah. Jika sedang beruntung, disini Anda mampu menyaksikan tarian tradisional yang dipentaskan oleh seniman sekitar.

Alamat: Jl. Stasiun No. 1, Panjang, Ambarawa, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614

Tempat Wisata Tlogo Plantation Salatiga
Tlogo Palntation Salatiga
Tlogo Plantation Resort merupakan kompleks hotel yang begitu hening di pegunungan yang sejuk dan subur di Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Tlogo Plantation Resort memiliki 22 Garden Cottage & 15 kamar Hotel standar, Kolam Renang, Convention Hall & ruang pertemuan (50-250 orang kapasitas), restoran, Bilyar, kolam pemancingan, Area Outbond di antara perkebunan kopi dan kebun buah-buahan tropis.

Sedangkan Garden Cottage nya terletak di antara taman perkebunan kopi & buah-buahan tropis menyerupai bintang buah, Durian, Rambutan, kayu manis, mangga, pala dll. Selain itu, Para tamu dapat melihat bagaimana menyadap karet susu, kopi dipanen pada bulan Juli-Agustus, saksikan banyak buah-buahan tropis menyerupai kayu manis, pala, Durian, Apple Jawa, mangga, bintang buah, Manggis dll.

Lokasi Alamat: Desa Delik Kecamatan Tuntang Jl. Raya Tuntang Bringin KM 2, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Tempat Wisata Arrowhead Park Salatiga
Arrowhead Park Salatiga
Tempat wisata Salatiga ini lokasinya ada di tengah pedesaan Tegal Waton. Ketika berwisata kemari, akan disajikan pemandangan berupa alam pedesaan yang asri, hijau, rindang, dan bebas polusi, tidak menyerupai di kota besar yang sudah tercemar oleh asap dari kendaraan bermotor atau industri.

Bagi anda yang ingin mencicipi berkuda, dapat datang ke lokasi wisata Arrowhead Park. Ada kuda yang dilatih khusus oleh para staf. Pokoknya kalau anda suka berkuda, sempurna sekali memilih lokasi ini sebagai tempat tujuan wisata anda yang sangat menarik dan akan membuat anda ketagihan untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Tempat Wisata Sendang Senjoyo Salatiga
Sendang Senjoyo Salatiga
Nah selain juga memiliki pemandian dan banyak sekali macam objek wisata air yang patut untuk dikunjungi, Salatiga juga masih memiliki potensi alam yang sanggup memanjakan liburan Anda. Salah satu tempat wisata di Salatiga Jawa Tengah yang cukup terkenal yaitu Mata Air Senjoyo. Mata air Senjoyo merupakan salah satu objek wisata yang ada di Salatiga yang menyajikan pemandangan airnya yang begitu jernih serta pemandangan yang cukup bagus.

Mata air ini merupakan salah satu tempat penampungan air hujan atau yang biasa disebut sebagai daerah reasapan porus yang menampung air hujan kemudian air ini akan di keluarkan di mat air tersebut. Tempat seluas 40 Km2 ini menjadi salah satu daya Tarik kota Salatiga yang banyak didatangi wisatawan.

Tempat Wisata Desa Wisata Tingkir Lor Salatiga
Desa Wisata Tingkir Lor
Lokasi tempat wisata selanjunya yakni Desa Wisata Tingkir Lor. Desa ini memiliki nilai sejarah alasannya inilah lokasi tempat tinggal dari Jaka Tingkir. Pemuda yang dahulu pernah menjadi Sultan Kasultanan Pajang. Peresmian desa ini dilakukan pada tahun 2014 dan masih dalam tahap pengembangan.

Beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan di sini antara lain yakni belanja pakaian atau kemeja dengan harga relatif terjangkau, buah tangan khas dari Salatiga, atraksi kesenian daerah yang disebut dengan drumblek. Atraksi ini tergolong unik alasannya adanya kemiripan dengan drumband akan tetapi alat yang dipakai yakni blek atau kaleng bekas.

Tempat Wisata Cagar Budaya Prasasti Plumpungan Salatiga
Prasasti Plumpungan
Prasasti Plumpungan ini merupakan sebuah watu tulis yang dalamnya ditulis menggunakan bahasa sansekerta berbunyi Shir Astu Swasti Prajabyah yang artinya yakni semoga selamat dan sejahtera rakyat sekalian. Prasasti ini yakni salah satu bukti eksistensi Kota Salatiga di zaman itu. Prasasti ini akan dikembangkan menjadi lokasi wisata sejarah yang luasnya kurang lebih 2.765 meter persegi.

Selain adanya prasasti, Daerah di sekitar Plumpungan dikenal juga sebagai sentra penghasil batik. Di dukuh ini ada pula wisata membatik atau berguru membuat batik Plumpungan. Alamat : Jalan Batu Tulis, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Salatiga.

Tempat Wisata Wisata Budaya Salatiga
Wisata Budaya Salatiga
Beberapa event budaya yang ada di Salatiga antara lain yakni suran Ki Hajar Sampurno yang dilaksanakan tiap 1 suro, saparan, tirakatan hari jadi (23 Juli), kirab budaya hari jadi (24 Juli). Istilah pariwisata di tengah gelombang periode ke-21 masih cukup populer dan marketable. Terlebih problem pariwisata terkait dengan kebudayaan.

Sejumlah pakar budaya mensinyalir bahwa teori Alvin Toffler yang terkenal dengan istilah The Third Wave atau gelombang ketiga, yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah menjadi kenyataan. Sebagaimana kemajuan peradaban sebelumnya di bidang pertanian dan industri.

Tempat Wisata Belanja Kue Kering Sagu Salatiga
Kue Kering Sagu
Memang tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke suatu daerah tanpa membeli buah tangan yang khas dari daerah tersebut. Sentra dari buah tangan dan makanan ringan khas Salatiga berada di Saga. Lokasi toko yang menyediakan beraneka macam buah tangan dan makanan ringan ini ada di Jalan Fatmawati. Nama toko merupakan kependekan dari snack Salatiga.

Beberapa makanan atau snack yang ada di sini antara lain yakni abon, keripik paru, dan kecap dendeng. Saat dirumah mungkin sudah tidak tersedia cemilan apapun dan kini saatnya andapun tidak ada salahnya jikalau ingin mencoba membuat resep kudapan manis sagu susu yang satu ini. Silahkan anda buat dan simak proses pembuatannya dibawah ini yang begitu mudah.

Tempat Wisata Alun - Alun Pancasila di Salatiga
Alun Alun Pancasila
Alun Alun Kota Salatiga merupakan salah satu tempat wisata yang berada di desa kalicacing, kabupaten salatiga, provinsi jaw tengah, negara indonesia. Alun Alun Kota Salatiga yakni tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat rupawan dan mampu menyampaikan sensasi yang berbeda dengan acara kita sehari hari. Alun Alun Kota Salatiga memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Sangat di sayangkan jikalau anda berada di kota salatiga tidak mengunjungi wisata taman kota yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Alun Alun Kota Salatiga sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi ketika liburan panjang menyerupai libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Alun Alun Kota Salatiga ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di bersahabat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Alun Alun Kota Salatiga di kota salatiga.

Tempat Wisata Religi Masjid Majid Raya Darul Amal
Masjid Raya Darul Amal
Majid Raya Darul Amal ini terhitung bangunan baru. Namun Masjid ini menjadi Masjid Agung untuk masyarakat Salatiga. Ukurannya Masjid yyang cukup besar dan letaknya di Alun - Alun kota Salatiga membuat Masjid ini sering didatangi masyarakat untuk melakukan ibadah ataupun mengikuti pengajian akbar disana. Masjid ini terletak satu komplek dengan kampus STAIN Salatiga. Pembangunan Masjid Raya Darul Amal dimulai pada tahun 2008.

Ditengah - tengah pembangunan Masjid ini sempat tersandung kasus. Diduga proyek pembangunan Masjid senilai 10 M ini di korupsi oleh pihak - pihak tertentu. Ini menjadi sejarah pertama pembangunan masjid yang bermasalah di Salatiga. Terlepas dari itu, Masjid yang seharusnya selesai dibangun Akhir 2009 itu jadinya selesai dibangun tahun 2011. Dan kini, Masjid Darul Amal menjadi Masjid Raya yang sering diadakan kegiatan yang bekerjasama dengan islam. Seperti pengajian akbar atau sejenisnya.

Tempat Wisata Kuliner Salatiga
Tempat Wisata Kuliner Salatiga
Jika anda sudah capek berwisata di salatiga, saatnya mengisi perut. Lokasi masakan lezat di kota ini akan banyak kita jumpai di Jalan Fatmawati dan Jenderal Sudirman. Mulai dari makanan ringan hingga dengan yang berat dan khas dari kota ini wajib untuk dicicipi.

Kalau ingin makanan khas dari Salatiga, salah satu lokasi yang terkenal yakni di Jalan Jenderal Sudirman. Makanan yang tersedia di sini antara lain yakni sate kambing dan wedang ronde. Untuk ronde yang terkenal dapat anda coba warung ronde Mak Pari serta Ronde Jago.

Kejutannya, warung yang buka mulai pukul dua siang tersebut memberi suplemen materi berupa pacar cina/ sagu mutiara, irisan manisan tangkeh ( dari buah blingo ), dan irisan kulit jeruk! Memang terdengar aneh, tapi perpaduan kuah jahe yang sedikit pedas dengan rasa masam dari kulit jeruk menyampaikan sensasi yang luar biasa di dalam mulut.

Baca ini : Tempat Wisata di Lumajang yang Paling Bagus

Demikian mengenai 32 Tempat Wisata di Salatiga yang Paling Bagus nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar