19 Tempat Wisata di Brebes yang Paling Diminati Pengunjung

Tempat Wisata di Brebes - Brebes merupakan sebuah kabupaten yang terdapat di jawa Tengah dan berbatasan pribadi dengan Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Jawa Barat ada beberapa orang yang menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari hari disamping Bahasa Jawa tentunya. Bahasa Jawa di Brebes memiliki dialek yang khas dimana biasanya orang menyebutnya dengan bahasa ngapak.

Memang ini ialah salah satu kekayaan budaya kita yang mesti kita lestarikan bersama. Menurut beberapa sumber, Brebes menjadi kabupaten yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Jawa Tengah dan menjadi kabupaten terluas ke dua setelah Kabupaten Cilacap. Kabupaten yang berada diperbatasan wilayah provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat ini terkenal dengan bahasa ngapaknya.

Baca ini : Tempat Wisata di Kendal yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Brebes yang Paling Diminati Pengunjung
Nah Adapun beberapa tempat wisata di Brebes yang sudah cukup terkenal dan dapat menjadi tujuan anda untuk berlibur diantaranya.

1. Tempat Wisata Curug Putri Brebes
Curug Putri Brebes
Tempat wisata alam yang ada di Brebes yang tak kalah indahya dengan daerah lainnya. Salah satu wisata alam yang ada di Brebes ialah Curug Putri. Curug Putri memiliki pemandangan yang mengagumkan yaitu sebuah teladas setinggi 35 meter dimana di sekitar teladas terdapat tebing yang seperti terdapat gesekan dipermukaannya.

Curug Putri dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan dengan kendaraan dari pertigaan Kalisalak Desa Benda ruas jalan utama Tegal-Purwokerto. Sesampainya di Desa Mendala, perjalanan dilanjutkan menuju Dukuh Padanama. Alamat Curug Putri sendiri ada di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes

2. Tempat Wisata Kebun Teh Kaligua Brebes 
Kebun Teh Kaligua
Kaligua merupakan sebuah daerah wisata agro dataran tinggi yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bab selatan. Agrowisata Kaligua dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi perjuangan untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah.

Hasil pengolahan perkebunan teh Kaligua ialah berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan merk �Kaligua� dalam kemasan teh celup dan serbuk. Di sini merupakan obyek wisata yang sangat cocok buat anda yang hobby melihat pemandangan. Di sini anda bakalan mendapati pemandangan landscape yang indah, dipadukan dengan udara yang sejuk. Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati hangatnya teh hitam Kaligua di lokasi atau membelinya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Tirta Husada Brebes
Pemandian Air Panas Tirta Husada
Pemandian Air Panas Tirta Husada ialah objek wisata yang terletak di desa Kedungoleng bab Barat tepatnya di pedukuhan Cipanas. Pemandian Air Panas Tirta Husada sebagai salah satu tempat wisata pemandian air panas alami yang dipercaya banyak orang dapat dimanfaatkan untuk terapi banyak sekali macam penyakit ibarat penyakit kulit, rematik, pegal-pegal, linu dan lain-lain dengan berendam.

Selain itu juga sering di jadikan tempat rekreasi bersama keluarga yang cukup nyaman. Obyek wisata ini dilengkapi dengan kemudahan kolam renang anak, kamar mandi dan kamar mandi VIP, bahkan juga ada Cafe dan family karaoke. Tiket masuk ke sini ialah sekitar Rp. 6.000,-

4. Tempat Wisata Kolam Renang Ciblon Waterboom Brebes
Ciblon Waterboom
Ciblon Waterboom ialah sebuah waterboom unggulan di Kabupaten Brebes. Wisata keluarga di Brebes ini sangat cocok untuk didatangi bersama keluarga terutama ketika liburan tiba. Sarana yang dimiliki Ciblon Waterboom berupa permainan baskom tumpah dengan kedalaman kolam setengah meter.

Selain itu, ada lintasan kolam biasa dengan kedalaman antara 1,5 hingga 1,8 meter juga ada Slider (slorotan) yang memiliki ketinggian hingga 12 meter dan kedalaman kolam hingga 50 hingga 60 meter. Dilengkapi juga dengan kemudahan sauna, fitnes, senam aerobik, cafe. Selain itu terdapat gazebo untuk para pengunjung, kamar ganti dan lahan parkir yang cukup luas.

Lokasi Ciblon Waterboom ini sendiri ada di Jalan Yos Sudarso, Kota Brebes.

5. Tempat Wisata Waduk Penjalin Brebes
Waduk Penjalin Brebes
Brebes juga memiliki destinasi wisata waduk lain yaitu Waduk Penjalin. Waduk Penjalin memiliki luas sekitar 1,5 km persegi yang dibuat pada masa Pemerintahan Belanda atau sekitar tahun 1930. Waduk Penjalin terletak di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

Saat ini belum banyak wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke tempat wisata murah di Brebes ini. Pengunjung paling banyak masih dari warga sekitar waduk.

6. Tempat Wisata Waduk Malahayu Banjarharjo Brebes
Waduk Malahayu
Waduk Malahayu merupakan sebuah bendungan peningggalan penjajahan Belanda yang terletak di Daerah kabupaten brebes ,banjarharjo tepatnya di desa yang berjulukan desa malahayu ,waduk ini sangat mengagumkan sekali,cuman yang perlu disayangkan kini perawatan yang kurang maksimal ,sehingga pesona keindahan waduk malahayu aga memudar.

Lokasi tempat wisata ini ada di desa Malahayu, Kec. Banjarharjo, kab. Brebes. Selain sebagai tempat rekreasi, waduk Malahayu ini juga difungsikan sebagai pengontrol banjir dan irigasi. Di sini kau selain bisa melihat pemandangan waduk, anda akan dimanjakan dengan panorama pegunungan dan hamparan hutan jati. Buat anda yang hobby berkemah, di sini juga disediakan tempat untuk berkemah. Tiket masuk untuk berwisata ke waduk ini ialah Rp. 5.000.

7. Tempat Wisata Pantai Randusanga Brebes
Pantai Randusanga
Pantai Randusanga merupakan sebuah pantai yang terletak di Randusanga kulon, Brebes, atau 7 km dari daerah jalan raya pantura. Pemandangan pantai ini cukup indah. Di daerah pantai ini dimanfaatkan untuk membudiyakan rumput laut dan ikan bandeng. Di pantai ini anda bisa menikmati pemandangan pantai yang berpasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar. .

Selain itu, Di sini juga terdapat makanan khas yaitu rujak uleg, bisa dicoba tuh. Fasilitas yang ada disini ialah mainan anak, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe dan rumah makan khas ikan laut bakar serta kios-kios yang menjual buah tangan khas Brebes berupa telur asin dan bawang merah. Tiket masuk kepantai ini cuma Rp. 10.000.

8. Tempat Wisata Candi Pangkuan Brebes
Candi Pangkuan Brebes
Selain terkenal dengan wisata alamnya, Kabupaten Brebes juga terdapat wisata sejarahnya yaitu Candi Pangkuan. Candi Pangkuan ini terdapat di Desa Cilibur, kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Candi Pangkuan pertama kali ditemukan oleh warga sekitar tahun 1965.

Sampai sekarang belum terang wacana sejarah Candi Pangkuan ini alasannya ialah tidak ada prasasti atau catatan sejarah yang menjelaskan eksistensi caandi ini. Menurut warga sekitar candi ini merupakan peninggalan masyarakat terdahulu yang digunakan sebagai tempat pemujaan.

9. Tempat Wisata Desa Wisata Ciseureuh Brebes
Desa Ciseureuh
Tempat Wisata Desa Cisereuh ini letaknya di kaki gunung Kumbang, tepatnya di pedukuhan Jalawastu, desa Ciseureuh, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes. Di desa ini masih sangat kental sekali dengan budaya dan tradisi lokal daripara leluhur yang masih masyarakat sini jaga.

Di sini anda dapat melihat tradisi unik yang sudah mendarah daging dengan masyarakat asli sini. Beberapa hal unik lainnya ialah seluruh rumahnya beratap seng dan berdinding kayu, seluruh rumah di daerah ini dilarang beratap genting dan dilarang berdinding tembok, dilarang menggunakan semen juga keramik. Selain itu, penduduk di sini juga pantang menanam bawang merah.

10. Tempat Wisata Ranto Canyon Brebes
Ranto Canyon
Ranto Canyon merupakan destinasi wisata gres yang berada di Brebes tepatnya di desa Tembongraja, kecamatan Salem. Ranto canyon merupakan sebuah tempat dimana terdapat teladas dan sungai yang cukup mengagumkan dan di batasi oleh tebing yang eksotis.

Ranto canyon terletak di sebelah barat desa tembongraja, yang merupakan aliran sungai cigunung berada di tengah hutan dan masih jarang dikunjungi oleh masyarakat. Tempat ini hampir sama ibarat green canyon yang sudah terkenal sebelumnya. Ranto canyon tidak kalah dengan green canyon alasannya ialah tempat ini memiliki beberapa titik yang bagus untuk dikunjungi dan untuk menikmati keindahan alam yang masih murni.

11. Tempat Wisata Agrowisata Besaran Brebes 
Agrowisata Besaran
Agrowisata Besaran yang masuk dalam jajaran tempat wisata di Brebes ini merupakan perluasan perjuangan oleh PG Jatibarang. Lokasi agrowisata sendiri ialah di bekas rumah dinas administratur atau sering di sebut dengan Mbesaran.

Oleh alasannya ialah itu agrowisata yang dibuat ini dinamai Agrowisata Mbesaran. Dengan biaya masuk yang cukup murah, hanya 3000 rupiah anda dan keluarga dapat bersenang-senang menikmati kemudahan ibarat kereta wisata, kolam terapi ikan, flying fox, kolam renang dan perahu ontel.

12. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cipanas Buaran Brebes
Cipanas Buaran
Nah Satu lagi Wisata Brebes berupa pemandian air panas yaitu Pemandian Air Panas Cipanas Buaran. Pemandian ini berada di Desa Pengebatan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes.

Pemandangan di pemandian Cipanas Buaran ini cukup mengagumkan alasannya ialah lokasinya di sekitar perbukitan yang terdapat pepohonan pinus disekitarnya. Udara di sekitar pemandian juga sangat sejik sehingga menambah suasana pegunungan yang khas.

13. Tempat Wisata Wisata Telaga Ranjeng Brebes
Tempat Wisata Telaga Ranjeng Brebes
Tempat Wisata Telaga Ranjeng Brebes sangat nyaman, udaranya segar, serta banyak ditemukan pohon-pohon rindang yang bisa digunakan untuk berteduh menghindari teriknya sinar matahari. Air yang tersedia di telaga juga masih jernih alasannya ialah tidak boleh ada satu pun perahu yang diperkenankan berlayar ke tengah telaga. Karena itulah kenapa keasrian dan kejernihan air selalu terjaga.

Selain itu, Telaga Ranjeng memiliki panorama hutan pinus dan perkebunan teh yang letaknya tidak begitu jauh. Keadaan ibarat ini pasti bisa membuat anda takjub. Apalagi kalau tiap hari anda selalu melaksanakan rutinitas yang monoton dan dikejar-kejar deadline. Pergilah ke Telaga Ranjeng alasannya ialah menurut dongeng banyak orang, mereka yang sedang resah biasanya memerlukan tempat yang cocok untuk menenangkan diri.

Lokasi : Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes/

14. Tempat Wisata Kalibaya Park Brebes
Kalibaya Park
Pesona dan eksotisme alam Salem sepertinya tak pernah habis untuk di eksplore. Salah satu obyek wisata gres yang hadir ialah Wana wisata Kalibaya Park, yang berada diatas Puncak Malio atau Gunung Lio.

Wana Wisata Kalibaya Park menyajikan pesona alam puncak gunung dengan viev Waduk Malahayu, dengan kemudahan permainan Outbound, Gardu pandang (Panyawangan), menara pantau , ATV & Komodo track serta padang Savana. Tempat wisata yang dikelola oleh Lembaga Masyara kat Desa Hutan, Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Panjang, dan Karang Taruna.

15. Tempat Wisata Curug Awu Brebes
Curug Awu Brebes
Curug awu merupakan salah tempat wisata alam yang cukup menarik untuk di kunjungi di daerah Brebes. Curug Awu selain sebagai tempat wisata juga meningkatkan pendapatan asli daerah dan dapat mensejahterahkan masyarakat sekitar alasannya ialah berkat Curug Awu maka banyak orang yang berbondong-bondong untuk mengunjungi daerah ini.

Keindahan alam dan kesegaran udara di daerah Curug Awu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Curug Awu. Curug Awu terletak di wilayah Dukuh Gronggongan Desa Wanareja, Kecamatan Sirampog , Kabupaten Brebes. Berada di daerah hutan lindung petak 20 dan 21. Lokasi Curug berada sekitar 3 kilometer ke arah utara Dukuh Gronggongan. Curug Awu memiliki ketinggian 100 meter.

16. Tempat Wisata Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes
Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes
Hutan mangrove sebagai tujuan wisata dari Desa Wisata Pandansari Kaliwlingi Brebes. Kawasan hutan mangrove itu sengaja di buat untuk mencegah pengikisan yang makin meluas di pesisir pantai Brebes.

Hutan Mangrove tersebut juga difungsikan menjadi tempat biota laut ibarat kerang, kepiting, ataupun ikan. Sebagai penunjang tempat wisata ini, tracking atau tempat berjalan menyusuri rimbunnya mangrove serta burung bangau yang kerap berada di rimbunan ranting atas pohon mangrove, mulai dibuat.

17. Tempat Wisata Bukit Panenjoan Brebes
Bukit Panenjoan
Bukit Panenjoan Berada di Dusun Babakan Desa Wanoja, Bukit Panenjoan ialah tempat strategis berada tak jauh dari jalan raya desa Windusakti-Capar. Sekitar 50 meter di pinggir jalan untuk melihat sunrise dan wilayah kecamatan Salem secara keseluruhan. Untuk melihat sunrise di sini, tidak perlu menunggu dari subuh atau pagi-pagi.

Bukit Panenjoan juga memiliki sejumlah fasilitas, beberapa di antaranya; bangku duduk untuk bersantai sembari menikmati pemandagan alam, warung makan, dan gardu pandang. Nah, gardu pandang inilah yang biasanya menjadi spot andalan di obyek wisata Bukit Panjenoan. Para wisatawan rela antri demi menerima foto yang cantik.

18. Tempat Wisata Puncak Gunung Lio Brebes
Gunung Lio
Gunung Lio yang berada di perbatasan Salem dan Banjarharjo, dapat dikembangkan sebagai Bumi Perkemahan, sehingga bisa meningkatkan daya tarik Salem namun tidak mengurangi fungsinya sebagai daerah penyangga suplai air bagi kabupaten Brebes.

Setiap hari libur Puncak ini selalu di padati oleh wisatawan dari banyak sekali daerah. Selain menikmati hawa sejuk dan pemandangan yang luar biasa eksotis kita juga bisa mengenal keanekaragaman hayati yg ada di Sekitar Gunung Lio.

Puncak ini bisa di tempuh dari arah Banjarharjo dgn melewati Bandungsari dan juga di tempuh dari Desa Pasirpanjang Salem. Namun kalau dari arah Bumiayu dan Majenang bisa mengikuti petunjuk jalan arah Tanjung Kersana Brebes.

19. Tempat Wisata Curug Panyusuhan Brebes
Curug Panyusuhan
Curug panyusuhan terletak di hulu sungai ci gunung yng berada tida jauh dari desa tembong raja dan windusakti. di curug tersebut terdapat sekitar 7 curug yng indah. tapi hanya dapat di tempuh dengan berjalan kaki sekitar satu setengah jam dari desa Tembongraja Kec. Salem.

Baca ini : Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 19 Tempat Wisata di Brebes yang Paling Diminati Pengunjung nah biar ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar