15 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Palu - Hai sahabat , kali ini saya akan merekomendasikan mengenai tempat wisata di palu sulawesi tengah yang wajib dikunjungi, dan pastinya tempat wisata di Palu ini sangat cantik dan menarik juga kalau dikunjungi.

Untuk itu kalau anda ingin ke Palu jangan lupa ajak keluarga anda atau juga sobat anda biar liburan di Palu lebih menyenangkan dan mengasikan juga. Alangkah baiknya saya akan menjelaskan mengenai kota Palu biar sahabat tahu perihal kota Palu ini.

Palu merupakan sebuah Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Palu merupakan kota yang terletak di Sulawesi Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat dan Utara, Kabupaten Sigi di sebelah selatan, dan Kabupaten Parigi Moutong di sebelah timur. Kota Palu merupakan kota lima dimensi yang terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk.

Baca ini : 29 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Berbicara perihal Kota Palu, sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke kota Palu, tidak nikmat rasanya kalau belum berkunjung ke beberapa pantai yang menyampaikan keindahan tiada duanya.

Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini yaitu sejumlah tempat wisata di Palu Sulawesi Tengah yang wajib Anda kunjungi, beberapa di antaranya yaitu destinasi wisata di Palu yang cantik dan mempesona di kalangan penikmat perjalanan.

1. Tempat Wisata di Danau Sibili Palu
Danau Sibili Palu
Danau Sibili yaitu sebuah danau alam yang terletak di Kelurahan Pantoloan Kecamatan Tawaeli, Kota Palu. danau ini merupakan salah satu objek wisata pujian masyarakat tawaeli alasannya yaitu pemandangannya yang indah. Danau yang terletak 24 km di utara Kota Palu ini awalnya merupakan danau yang dijadikan tempat pemancingan ikan oleh masyarakat sekitar.

Tetapi, alasannya yaitu seringnya pengunjung yang datang dari luar Kecamatan Tawaeli untuk datang berwisata karenanya danau ini dijadikan salah satu objek wisata andalan di kecamatan tersebut. Danau Sibili yang cantik telah menjadi tempat wisata bagi masyarakat sekitar maupun dari luar kota Palu.

Wisata yang menjadi andalan di sini yaitu wisata Mancing dgn banyak sekali jenis varietas ikan menyerupai mas, bawal, mujair, gabus dll. Di pinggir danau, ada sarana yang dapat digunakan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan danau, menyerupai perahu tradisional.

2. Tempat Wisata Kawasan Wisata Religi Sis Al Jufrie Palu
Kawasan Wisata Religi Sis Al Jufrie
Tempat Wisata Kawasan Wisata Religi Sis Al Jufrie ini terletak di sepanjang Jalan Sis Aljufrie, Kelurahan Boyaoge, Kecamatan Tatanga dan Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat. Dijalan ini terdapat banyak sekali macam objek wisata belanja dan objek wisata Religi.

Tempat wisata perbelanjaan yang ada disini aalah Pertokoan Palu Plaza. disini masyarakat kota palu menjual banyak sekali macam kuliner, Pakaian dan oleh - oleh. Objek wisata Religi dikawasan ini terletak didepan pertokoan Palu plaza, yaitu Yayasan AL Khairaat Pusat yang merupakan Organisasi Islam Terbesar di Indonesia Timur.

Disana terdapat makam Idrus Bin Salim Al Jufrie Pendiri AL Khairaat, Masjid AL Khairaat, Masjid Nurul Khairaat, Dan Masjid Nur Sa'adah, dan Beberapa Sekolah berbasis islam.

3. Tempat Wisata Masjid 'Apung' Argam Bab Al Rahman
Masjid di Palu
Masjid terapung Arqam Bab Al Rahmanadalah masjid terapung yang terletak di daerah teluk palu, kampung lere, Palu Barat, Sulawesi Tengah.masjid ini hanya berjarak 400 meter dari Jembatan Kuning atau Jembatan Palu Empat.

Masjid terapung yang ukurannya tidak terlalu besar dilengkapi dengan kubah bewarna emas dan disinari beraneka warna lampu pada malam hari. Disebut sebagai masjid terapung alasannya yaitu lokasi tempatnya berdiri berada di atas air laut teluk Palu.

Bangunan masjid dihubungkan dengan jembatan beton ke pantai. Ukuran masjid-nya tidak terlalu besar dengan luas sekitar 121 meter persegi dan hanya bisa menampung sekitar 150 jemaah sekaligus, namun dengan rancangan bangunan yang cukup menarik, serta letaknya yang tidak lazim mengakibatkan masjid ini sebagai salah satu objek menarik untuk di kunjungi di kota Palu.

4. Tempat Wisata Rumah Adat Banua Mbaso di Palu
Rumah Adat Palu
Banua Mbaso yaitu merupakan salah satu rumah moral yang ada di Kampung Lere, Palu, Sulawesi Tengah. Rumah ini dikenal juga dengan nama Sou Raja yang bermakna Rumah Besar atau Pondok Raja. Rumah moral ini dibangun oleh Raja Palu yakni Jodjokodi pada tahun 1892.

Awalnya selain sebagai sentra pemerintahan kerajaan, juga berfungsi sebagai tempat tinggal raja beserta keluarga. Bangunan rumah ini ditopang dengan sejumlah tiang kayu berbentuk balok persegi empat. Tiang kayu yang digunakan berasal dari jenis kayu yang berkualitas tinggi.

Sehingga meski kini sudah berumur ratusan tahun, bangunannya masih terlihat kokoh. Untuk atap bangunan berbentuk piramida segitiga dan dihiasi dengan banyak sekali tabrakan yang disebut dengan panapiri. Pada dasarnya bangunan ini merupakan perpaduan antara rumah moral Sulawesi Selatan dengan rumah moral Kalimantan Selatan.

5. Tempat Wisata Pantai Talise Palu
Pantai Talise Palu
Pantai Talise merupakan sebuah pantai yang ada di Palu yang hanya berjarak 2 km sebelah utara kota Palu ini memang menjadi salah satu tujuan wisata alasannya yaitu aksesnya yang begitu mudah, biaya yang murah dan pemandangan yang ditawarkan di pantai ini pun cukup indah. Selain saluran menuju lokasi yang begitu mudah, di pantai ini para pengunjung juga tidak perlu membayar biaya masuk atau tiket masuk alias gratis.

Pantai yang membentang dari kota Palu hingga Kabupaten Donggala ini memang memiliki panorama keindahan yang sangat mempesona alasannya yaitu di pantai ini para pengunjung dapat menyaksikan hamparan teluk dan pegunungan yang sangat eksotik. Pengunjung juga dapat melaksanakan kegiatan wisata air seperti, berenang, selancar angin, menyelam, memancing, dan kegiatan lainnya.

Alamat Talise : Jalan Rajamoili dan Jalan Cut Mutia, Kecamatan Palu Timur, Provinsi Sulawesi Tengah

6. Tempat Wisata Pantai Tanjung Karang Donggala Palu
Pantai Tanjung Karang
Pantai Tanjung Karang merupakan Pantai yang cantik dan mempesona, untuk perjalanan menuju pantai Tanjung Karang tidak akan membosankan alasannya yaitu sepanjang jalan yang dilewati bersisihan dengan pantai yang menyuguhkan pemandangan yang indah. Tata daerah lingkungan yang rapi dan bersih kabupaten donggala membuat mata terkagum-kagum ketika melihatnya. Bagi pecinta fotografi ataupun model tempat-tempat ini bisa menjadi spot yang menarik.

Walaupun cukup jauh dan sedikit tersembunyi, keindahan pantai tanjung karang banyak menarik perhatian turis-turis abnormal untuk melaksanakan diring ataupun berjemur di bawah matahari. Pantai Tanjung karang ini, sangat digemari oleh para turis alasannya yaitu memiliki landscape yang unik. Di satu sisi, terdapat pantai landai dengan hamparan pasir putih dengan air yang dangkal. Sementara, sisi yang lainnya lagi ada tebing tinggi dengan laut yang cukup dalam.

Pantai Tanjung Karang terletak di kabupaten Donggala, Sulawesi tengah yang dapat dicapai dengan banyak sekali alat transportasi selama 30 menit hingga dengan 1 jam perjalanan dari sentra kota palu, entah menggunakan kendaraan beroda empat ataupun sepeda motor.

7. Tempat Wisata Pantai Taman Ria Palu
Pantai Taman Ria Palu
Pantai Taman Ria merupakan objek wisata yang terletak di Kelurahan Lere, Palu Barat. Disini sangat cocok sebagai lokasi untuk menikmati pemandangan disaat matahari terbit. Dengan panjang pantai sekitar 500 meter, pengunjung dapat dengan leluasa memilih tempat untuk bersantai.

Di sore dan malam hari, pengunjung dapat menikmati beragam hidangan makanan tradisional alasannya yaitu disepanjang pantai banyak berjajar rumah makan. Fasilitas lain disini yaitu panggung terbuka, tak jauh dari lokasi juga terdapat dua masjid, kesemua kemudahan tersebut berada tidak jauh dari bibir pantai.

8. Tempat Wisata Danau Poso Palu
Danau Poso
Danau Poso merupakan danau terdalam di Indonesia. Dengan kedalamannya itu Ia memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Danau Poso juga merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara an Danau Singkarak di Sumatera barat. Danau yang berada di ketinggian 657 m dpl ini membentang dari utara ke selatan dengan luas 32 ribu Ha dengan kedalaman 510 m.

Danau Poso dikelilingi perbukitan dan area hutan, Anda bisa menikmati pemandangan alami sambil menghirup udara yang sejuk. Dengan pantai pasir putih bersih yang memantulkan cahaya matahari, serta ekosistem danau yang masih terjaga, membuat pemandangan Danau Poso terlihat masih alami.

Selain itu, Pemandangan di sekeliling Danau Poso juga tak kalah menarik. Pegunungan dan hutan yang masih asri mengelilingi danau ini. Sesekali Anda akan melihat beberapa jenis burung terbang melintas, atau berkicau di sekitar rerimbunan hutan. Jarak Danau Poso dari arah selatan kota Palu yaitu sekitar 283 km dan 56 km dari Kota Poso.

9. Tempat Wisata Sinkhole Presentasi Donggala Palu
Sinkhole
Sinkhole Presentasi nerupakan Sebuah tempat wisata bak alami, ada yang mengatakan air ini berasal dari laut . Bisa dikatakan masyarakat mempercayai ada terowongan yang bisa menjuku pribadi ke laut palu. Banyak juga orang yang berkunjung ke sini menyebutnya sumur laut.

Kejadian menyerupai sumur laut ini memang ada beebrapa di dunia. Namun tidak banyak salah satunya di kota palu ,sulawesi tengah. Sehingga ini sangat berpotensi menjadi wisata yang unik di kota palu. Letaknya sekitar 45 kilometer dari kota Palu atau 45 menit menggunakan kendaraan bermotor. Tepatnya sekitar 12 kilometer dari sentra kota Donggala.

10. Tempat Wisata Taman Nasional Lore Lindu
Taman Nasional Lore Lindu
Taman Nasional Lore Lindu merupakan taman nasional di Indonesia yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah dan salah satu lokasi santunan hayati Sulawesi. Taman Nasional Lore Lindu terletak sekitar 60 kilometer selatan kota Palu Bagi anda yang suka kegiatan petualangan, maka disarankan datang ke Taman Nasional Lore Lindu ini.

Gunung, danau, flora dan fauna di sini sangat indah. Pantainya pun dijamin masih perawan. Apalagi anda juga bisa melihat watu batu dari jaman megalitik di sini. Banyak hal bisa dilakukan di daerah Hutan Taman Nasional Lore Lindu. Hewan dan flora yang dilindungi bisa anda jumpai di tempat ini.

11. Tempat Wisata Pantai Enu Sindue Palu
Pantai Enu Sindue
Pantai Enu merupakan Pantai yang terletak di sebelah utara Kota Palu, tepatnya di Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. Desa Enu terletak di pesisir barat Sulawesi Tengah. Masyarakat Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu, sering menyebut daerah pesisir barat Sulawesi Tengah ini dengan sebutan �Pantai Barat�.

Daerah sekitar pantai Enu masih lebat dengan pepohonan tropis, berlatar belakang pegunungan dan dengan pantai yang berbatu. Pantai ini berhadapan pribadi dengan objek wisata Tanjung Karang. Pantai Enu memiliki karakteristik taman laut yang indah, bergua-gua, soft coral, tempat berhuni banyak sekali jenis ikan dan sebagainya. Pantai ini cocok untuk anda yang gemar snorkeling, wind surfing dan diving. Peralatan untuk snorkeling dan diving dapat disewa oleh pengunjung di tempat ini, dan dapat pula di bawa dari Kota Palu.

12. Tempat Wisata Pantai Boneoge Palu
Pantai Boneoge
Pantai Boneoge merupakan daerah wisata yang terletak di tepian pantai berpasir putih dengan panorama yang cantik dan menawan. Warga penduduk di daerah ini bermata pencarian sebagai nelayan. Keindahan matahari terbit pada ketika fajar dan disaat senja ketika terbenamnya sangat mempesona untuk dinikmati dari tempat ini.

Pantai ini juga menyimpan potensi yang sangat menarik bagi para pencinta olahraga memancing. Selain itu, kita juga bisa menikmati keindahan desa-desa pesisir yang menyajikan panorama alam yang masih asri, dengan acara keseharian warganya dalam berinteraksi dengan alam. Pnati Boneoge Terletak di Kecamatan Banawa.

13. Tempat Wisata Jembatan Palu IV 
Jembatan Palu
Jembatan Palu merupakan suatu landmark yang menjadi ikon utama kota Palu. Tempat ini paling sering dikunjungi wisatawan yang hobi berfoto. Biasanya foto-foto keindahan jembatan kuning Talise ini dilakukan malam hari. Jembatan ini diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jembatan ini membentang di atas Teluk Talise ini berada di kelurahan Besusu dan Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Barat. Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah di negara Jepang dan Perancis.

14. Tempat Wisata Taman Nosarara Nosabatutu Palu
Taman Edukasi Perdamaian Nosarara Nosabatutu
Taman Edukasi Perdamaian Nosarara Nosabatutu terletak di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore Kota Palu, Sulawesi Tengah yang berada pada 2km dari belakang Mako Polda Sulteng. Karena berada di atas bukit, Taman ini bisa dicapai melalui jalan Soekarno-Hatta, dan melalui jalan mendaki untuk dapat hingga kesana dengan menggunakan kendaraan sekitar 10 menitan.

Disini anda bisa menikmati pemandangan yang indah, Anda juga bisa nongkrong dengan sobat atau keluarga di cottage-cottage kecil yang ada di taman ini. Tetapi cottage-cottage ini tidak pernah kosong alasannya yaitu banyaknya pengunjung dan jumlah cottage yang tidak seimbang membuat cottage sudah terpakai oleh pengunjung lain dan biasanya harus membuatkan pakai dengan pengunjung lainnya. Tapi tenang saja. masih banyak kok yang bisa dipakai untuk tempat nongkrong.

15. Tempat Wisata Museum Sulawesi Tengah Palu
Museum Sulawesi Tengah Palu
Museum Sulawesi Tengah yaitu sebuah museum provinsi Sulawesi Tengah yang terletak di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Terletak di Jl. Kemiri No. 23. Berdirinya Museum Sulawesi Tengah diawali hasil penjajakan yang dilakukan oleh salah seorang budayawan Sulawesi Tengah, Masyhuddin Masyhuda BA.

Di sini anda bisa melihat koleksi gajah purba dan bagaimana masyarakat Sulawesi Tengah jaman dulu meramu, membuat kain dari kulit dan sebagainya. Bila anda penasaran dengan budaya dan asal usul nenek moyang kota ini, maka anda di sarankan datang ke Museum Sulawesi Tengah. Bagaimana? menarik bukan tempat wisata di Museum Sulawei Tengah ini, kalau anda datang kesini anda bisa berguru mengenai sejarah.

Baca ini : 21 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 15 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar