38 Tempat Wisata di Tegal Terbaru Yang Paling Bagus

Tempat Wisata di Tegal - Tegal merupakan nama daerah di Provinsi di Jawa Tengah yang berbatasan dengan kabupaten Brebes di sebelah barat dan kabupaten Pemalang di timur. Wilayahnya sendiri terbagi menjadi dua manajemen yaitu kabupaten dan kota. Bagi yang suka traveling lewat Jalur Pantai Utara Jawa atau Pantura tentu tidak absurd mendengar nama daerah ini.

Nama Tegal mengingatkan kita pada sebutan warung makanan yaitu Warung Tegal alias Warteg. Selain itu daerah ini juga terkenal karena memiliki dialek bahasa yang unik, jauh berbeda dengan bahasa Jawa pada umumnya. Tapi jangan salah, disamping terkenal dengan dua hal tersebut.

Selain itu, Tegal memang mempunyai destinasi wisata yang tak kalah keren dengan tempat wisata di Semarang, Brebes, Pekalongan, Purwokerto, dan daerah lain di sekitarnya. Sebut saja Guci dan Rita Park yang cukup populer di Jateng. Soal harga tiket masuk tak usah kuatir, Anda tinggal pilih mau objek wisata yang gratis, murah meriah, hingga yang mahal tersedia di Kota ini.

Baca ini : Tempat Wisata di Tulungagung yang Wajib Dikunjungi

Akomodasi yang tersedia di Tegal relatif lengkap. Aneka hotel / penginapan dan pusat perbelanjaan pun ada. Akses jalan dan transportasi cukup bagus. Bagi Anda yang mudik dikala libur lebaran atau pun weekend dan kebetulan melewati Tegal, sempatkanlah mampir di kota ini sejenak untuk menikmati masakan khas Tegal yang lezat dan maknyus.

Tempat Wisata di Tegal Terbaru Yang Paling Bagus
Nah tempat wisata di Tegal Jawa Tengah ini mungkin dapat menarik diri anda untuk pergi ke tempat tersebut, ternyata tempat wisata ini tidak kalah dengan daerah lain, wisata di Tegal menyimpan perbedaan tersediri yang tentunya tidak akan anda temukan di daerah lain, berikut daftar tempat wisata di Tegal.

1. Danau Beko Margasari
Danau Beko Margasari
Tempat Wisata pertama ini sebetulnya bukan tempat wisata tapi karena lanskapnya yang keren untuk foto lambat laun banyak traveler yang datang ke lokasi. Tempat ini yaitu daerah bekas tambang watu kapur di Dusun Karangdawa, Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Cerukan-cerukan bekas kegiatan tambang tersebut kemudian terisi oleh air hujan dan menjadi danau buatan dengan warna air yang hijau.

Danau yang tercipta dari cerukan bekas tambang tersebut diberi nama Danau Beko. Setidaknya ada lima danau di daerah tersebut dengan ukuran yang berbeda-beda. Sejak foto-foto danau ini tersebar di internet makin banyak traveler yang berkunjung hingga kesannya kini danau Beko menjadi salah satu tempat hits di Tegal. Sebaiknya datang ke danau ini pada pagi atau sore hari, karena di sekitar danau tidak ada tempat berteduh sehingga jikalau datang di siang bolong bakal panas sekali.

2. Tempat Wisata Bukit Goa Lawa atau Bukit Batu Agung
Goa Lawa atau Bukit Batu Agung
Nah ini beliau tempat wisata gres di Tegal yang lagi ngehits banget dikalangan anak muda, namanya Bukit Goa Lawa atau dikenal juga dengan sebutan Bukit Batu Agung. Objek wisata ini terletak di 3 desa yaitu Desa Batu Agung, Desa Harjawinangun, dan Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Konon kabarnya, disebut Bukit Goa Lawa karena banyak terdapat lawa yang hidup di goa-goa yang berada di bukit ini. Apa seh keunikan bukit yang terkenal banget di instagram ini? Di bukit ini terdapat tumpukan batuan besar yang menjulang tinggi ke atas. Di puncak watu inilah lokasi favorit para anak muda untuk selfie dan narsis ala kekinian.

Dari atas puncak batuan ini, Anda bisa melihat pemandangan mengagumkan nan eksotis sejauh mata memandang. Namun, yang perlu diingat yaitu medan yang harus Anda lalu menuju ke tumpukan watu ini sangatlah sulit dan tergolong ekstrim. Jadi, saya sarankan Anda membawa guide yang sudah berpengalaman. Dan jangan mengunjungi bukit ini dikala musim hujan karena jalannya licin. Bukit Goa Lawa ini sekarang lebih dkenal dengan nama Batu Agung, mungkin karena adanya tumpukan watu besar yang instagramable dan terletak di desa Batu Agung. Untuk memasuki daerah ini, Anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp.5.000,- per orang.

3. Tempat Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung
WKJ
Tempat Wisata Kesehatan Jamu di Kalibakung yaitu tempat wisata gres di Tegal yang akan menambah pengetahuan mengenai jenis jamu, sekaligus disuguhi pemandangan cantik lengkap dengan sawah dan sungai kecil yang menenangkan.

Di sini, ada aneka tanaman yang bisa dijadikan jamu, ada juga etalase macam jenis jamu, klinik jamu, serta dokter dan apoteker khusus. Selain bisa mengetahui banyak hal perihal jamu, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Aliran sungai di sisi bukit dengan sawah melengkapi liburan pulang kampung kali ini.

4. Tempat Wisata Jembatan Gantung Danawarih
Jembatan Gantung Danawarih
Tempat Wisata selanjutnya Jembatan Gantung ,saat ini tengah musim dikalangan para traveler muda, terutama belum dewasa IG. Banyak sekali postingan di medsos dengan latar jembatan Gantung, menyerupai Jembatan Gantung Selopamioro dan Siluk yang menjadi ikonnya tempat wisata gres di Bantul Yogyakarta. Nah, ternyata di Kabupaten Tegal juga ada lho jembatan gantung yang keren, tak kalah deh bila dibandingkan dengan 2 jembatan gantung tersebut, Namanya Jembatan Gantung Danawarih yang terletak di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

Jembatan Gantung Danawarih terpasang di atas bendungan Kali Gung yang berfungsi sebagai sarana irigasi. Jembatan ini merupakan jalan penghubung antara desa Danawarih dengan desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang. Jembatan yang dibangun pada tahun 1992 ini memiliki panjang sekitar 273 meter dan lebar 1 meter. Dari atas jembatan ini Anda bisa menikmati pemandangan di sekitar bendungan dan tentu saja berfoto yaitu aktifitas wajib disini.

5. Tempat Wisata Gerbang Mas Bahari Waterpark
Gerbang Mas Bahari
Gerbang Mas Bahari Waterpark merupakan tempat wisata yang berlokasi di dekat Terminal Kota Tegal. Waterpark atau Waterboom ini dibangun di areal seluas kurang lebih 5 hektar. Bahari Water Park ini yaitu salah satu dari 4 water park di Indonesia yang mempunyai Kolam Ombak setelah Jakarta, Solo dan Surabaya. Dengan biaya Rp. 15.000 (Senin � Jumat) atau Rp. 25.000 (Sabtu � Minggu & hari libur) Anda bisa mencoba beberapa wahana menyerupai Kiddy Pool, Olimpic, Kolam Arus, Lapangan Futsal, Raft Slide, Racer Slide, dan masih banyak lagi. Bagi yang bernyali besar, silahkan coba Kolam Arus.

Tinggi ombaknya bisa mencapai 2 meter! Tiket masuk belum termasuk tiket sewa pelampung ya. Di sini tersedia pelampung yang cukup banyak yang bisa disewakan kepada pengunjung. Tarifnya pun beragam, tergantung jenis pelampung yang kita sewa. Tidak membawa bekal? Jangan takut kelaparan ya. Karena di areal Bahari Waterpark ini tersedia banyak penjual makanan baik yang ringan maupun yang berat. Di areal parkir juga tersedia warung makan dengan menu beragam yang siap untuk mengganjal perut Anda.

Untuk menuju ke Bahari Water Park, apabila dari arah Brebes, Bahari Water Park berlokasi di kiri jalan Pantura setelah Terminal Bis Kota Tegal. Namun apabila dari arah Pemalang, dari perempatan Maya, masih ke barat, hingga Pasific Mall, Hotel Baharai Inn, masih terus hingga kurang lebih 200 meter. Lokasinya di kanan jalan, namun hati-hati, dikala berbelok, karena tidak ada lampu lalu lintasnya. Apabila bingung, di tengah jalan juga ada papan penunjuk lokasi. Untuk kenang-kenangan, Anda bisa berfoto selfie di bangunan kapal dan ikan paus.

6. Tempat Wisata Rita Park & Rita Mall
Rita Park
Rita Park terletak masih dalam satu komplek di area Rita Mal, Tegal. Rita Park tak hanya bisa dinikmati oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa. Karena ada wahana adrenalin yang tentunya menantang nyali. Rita Park berdiri pada tahun 2013, dan diklaim sebagai taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah. Anda bisa mencoba aneka wahana yang totalnya berjumlah 21 jenis di taman bermain ini. Seru pokoknya, cocok untuk tempat menghabiskan waktu libur selesai pekan bersama anak dan keluarga.

Dari terminal dan Stasiun Tegal, jaraknya hanya 5 dan 10 menit saja. Tempat rekreasi ini lebih dekat ke Pantura. Makara kalau Anda mau mudik dan kebetulan lewat Tegal bisa sekalian berlibur ke Rita Park. Rita Park memiliki luas sekitar 2,4 hektar dengan total 21 wahana permainan. Berbagai wahana permainan di Rita Park menyerupai Bom-bom Car, Kincir-kincir, Mini Coaster, Rumah Hantu, Rodeo, Sepeda Terbang, Bioskop 5 Dimensi, dan masih banyak lagi.

Yang paling seru, yaitu Circle 360! 360 Circle itu bentuknya menyerupai lingkaran. Nanti pengunjung yang mencoba, bakal kita putar 360 derajat. Untuk hari Senin-Kamis, harga tiket masuk terusan untuk semua wahana yaitu Rp 60 ribu. Kalau Jumat-Minggu, tiket masuknya sebesar Rp 75 ribu. Sedangkan harga tiket masuk saja tanpa wahana sekitar Rp25.000,-. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

7. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal
Air Panas Guci
Air Panas Guci tempat yang wajib di kunjungi untuk melepas lelah setelah beraktifitas. Suasananya masih asri dan udaranya sangat sejuk. Lokasi Obyek Wisata Guci yaitu sekitar 30 km dari Slawi atau 40 km dari Kota Tegal menuju ke selatan. Guci berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa yaitu kecamatan paling selatan di Kabupaten Tegal yang berada sempurna di bawah kaki Gunung Slamet(3.428 M). Untuk menuju ke OW (Obyek Wisata) Guci kita akan melewati perbukitan dan jalan yang cukup terjal.

Namun dibalik itu semua, kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Banyak bukit-bukit, sungai, perkebunan yang bisa ditemui di sepanjang jalan. Sesampainya di Guci, kita akan mencicipi kesejukan udara dan hawa yang cukup dingin. Para penjaja buah tangan bisa ditemukan di sepanjang jalan. Ada banyak pilihan pemandian yang ditawarkan, ada yang berbentuk pemandian terbuka, tertutup, maupun kolam renang. Kita tinggal pilih sesuai dengan keinginan.

Jika kita merasa lelah, di sini banyak penyewaan kuda juga lho. Jika belum mahir, ada joki yang siap membantu. Air panas yang ada di Guci konon berguna untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Karena memang mengandung belerang. Namun jangan berendam terlalu lama ya terlebih bagi yang punya riwayat sakit jantung.

8. Tempat Wisata Curug Pitu Margasari Tegal
Curug Pitu Margasari
Curug Pitu menyajikan suasana yang masih alami. Curug yaitu gerojokan dan pitu yaitu tujuh. Makara Curug Pitu artinya gerojokan yang berjumlah tujuh. Namun, konon katanya ada 9 curug, jadi sering juga disebut curug sanga. Wisata Curug Margasari berjarak sekitar 4,5 KM-an ke tenggara dari Pasar Margasari atau sekitar 2 jam perjalanan jikalau berjalan kaki. Perjalanan diawali dari Perempatan Pasar Margasari. Untuk menuju pasar Margasari, Anda bisa menggunakan kendaraan umum menyerupai bis elf Tegal � Bumiayu atau bis AKDP Tegal � Purwokerto dengan tarif yang relatif terjangkau.

Mengingat perjalanan cukup jauh, pastikan persiapan bekal dan tenaga yang cukup. Karena tidak ada kendaran umum yang menuju lokasi. Namun jikalau Anda beruntung, bisa menumpang kendaraan beroda empat warga yang kebetulan melintas. Tantangan pertama yaitu melewati sungai yang lumayan lebar. Karena belum adanya jembatan penyeberangan, pastikan tidak memaksakan menyeberang sungai ketika arus sedang deras. Setelah melalui sungai pertama, Anda akan disuguhi pemandangan yang tidak kalah indah, yaitu deretan hutan jati yang ada disekeliling jalan.

Setelah hutan jati, Anda akan meyeberang dan menyusuri sungai kembali dan bertemu dengan hutan jati kembali. Terus berjalan hingga bertemu dengan tempat periistirahatan yang berupa dam atau bendungan. Dari sini perjalanan akan mulai menanjak namun tidak terlalu curam. Namun yang perlu diperhatikan yaitu daerah tersebut rawan longsor.

9. Tempat Wisata Pantai Alam Indah Tegal
Pantai Alam Indah
Sebelah utara Tegal berbatasan dengan Laut Jawa sehingga daerah ini punya banyak pantai yang bisa digunakan untuk refreshing. Dari sekian pantai yang ada Travelingyuk paling merekomendasikan Pantai Alam Indah untuk dikunjungi. Pantai ini berada di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat Kota Tegal serta tidak jauh dari jalur Pantura sehingga kendaraan apapun bisa mengakses pantai ini hingga ke tepi.

Pantai Alam Indah dikenal dengan suasana senjanya yang mempesona. Tak heran jikalau pantai ini menjadi jujugan traveler yang hobi berburu fotografi dengan suasana matahari tenggelam. Selain itu ada pula banyak sekali pilihan kegiatan yang bisa dipilih untuk menikmati alam pantai yang mengagumkan ini, menyerupai berkeliling pantai dengan perahu, berenang di tepian, berkuda, bermain di waterboom dan masih banyak lagi. Pastikan juga kau mengambil gambar di dermaga kayu yang menjorok ke lautan, dijamin fotomu bakal kece.

10. Tempat Wisata Pantai Purwohamba Indah
Pantai Purwohamba
Tempat wisata favorit di Tegal selanjutnya adalan pantai Purwahamba Indah atau biasa disebut Pur�in. Pasir pantainya memang tidak putih menyerupai pantai di Bali, tapi pemandangan pantai ini sangat indah. Lokasinya berada di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi. Dari terminal bus Kota Tegal, Anda hanya akan menempuh jarak sekitar 14 KM untuk mencapai pantai ini. Datang ke Pur�in dengan membawa tikar dan bekal rasanya sangat pas.

Karena lokasi tamannya yang luas dan banyak pohon rindang mengakibatkan Pur�in sebagai tempat wisata anak dan keluarga di Tegal favorit wisatawan.. Selain duduk dipinggir pantai sambil menikmati ombak dan angin yang sepoi-sepoi, Anda juga bisa mengunjungi Taman Ria Sosro Permai. Anda akan disambut dengan patung T Rex berukuran jumbo yang menjadi penanda Anda sudah hingga di taman yang juga punya kebun binatang mini di dalamnya.

11. Tempat Wisata Waduk Cacaban Tegal
Waduk Cacaban Tegal
Selain pantai Tegal juga menyediakan pilihan obyek wisata yang bekerjasama dengan air berupa waduk. Adalah Waduk Cacaban yang terletak di daerah Pangkah, kecamatan Slawi, kabupaten Tegal yang bisa traveler kunjungi untuk menghabiskan waktu di selesai pekan. Di waduk ini traveler akan dihibur dengan pemandangan tenang di sekitar waduk yang konon telah dibangun semenjak kolonial Belanda.

Kawasan di sekeliling waduk pun tak kalah mempesona dengan hadirnya banyak rerimbunan pepohonan serta pemandangan Gunung Semar dan kegiatan penduduk sekitar yang kadang kala terlihat sedang memandikan kerbau. Fasilitas di Waduk Cacaban ini terbilang lengkap. Di daerah wisata ini telah dibangun musholla, toilet, tempat parkir, bumi perkemahan, tempat bermain anak, panggung hiburan, Bukit Mbah Santi, warung apung, road race, hotel melati, dan rumah makan.

12. Tempat Wisata Curug Putri Tegal
Curug Putri Tegal
Curug Putri yaitu salah satu objek wisata yang sangat ramai di kabupaten Tegal. Objek wisata ini merupakan gerojokan dengan ketinggian sekitar kurang lebih 25 meter. Selain air terjunnya yang menarik, pemandangan alam disekeliling lokasi gerojokan sangat eksotis sehingga dijamin akan memanjakan mata para pengunjung. Untuk mencapai lokasi gerojokan ini, pengunjung cukup berjalan kaki melewati beberapa jalan setapak yang dikelilingi oleh pepohonan yang hijau.

Ada dua rute untuk mencapai lokasi ini, yaitu melalui Desa Benda (Sirampog, Brebes) dan SPBU Sakalibel (Brebes). Jika menggunakan jalur Desa Benda, kita bisa naik kendaraan dari Pertigaan Kalisalak Desa Benda (Jl. Raya Tegal � Purwokerto) hingga di Desa Mendala dan dilanjutkan hingga bertemu Dukuh Padanama. Kendaraan tidak bisa melalui jalan ini, karena jalan yang belum teraspal.

Kita bisa tracking menyusuri pematang sawah dan jalan setapak sekitar 500 meter. Kita juga nantinya akan melewati tebing yang cukup terjal. Apabila menggunakan jalur kedu, dari arah Purwokerto � Tegal, turun di Pertigaan Kaligadung atau di SPBU Sakalibel. Setengah jam perjalanan, sampailah di Perempatan Sirampog lalu ambil jalan ke utara hingga bertemu dengan Dukuh Padanama.

13. Tempat Wisata Agro Wisata Loco Antik
Agrowisata Loko Antik
Agrowisata Loko Antik merupakan tempat wisata kereta yang berada di Pangkah, Tegal � Jawa Tengah. Terdapat 3 gerbong kereta renta dengan kapasitas 75 orang untuk cendekia balig cukup akal dan untuk belum dewasa bisa hingga memuat 100 anak. Agro Wisata Loko Antik dikelola eksklusif oleh PG.

Pangkah yang merupakan perusahaan pengolahan tebu dan perkebunan hasil dari peninggalan Belanda yang sekarang menjadi adegan PTPN IV Jawa Tengah. Selain terdapat obyek wisata lokomotif antik, kita juga bisa mengunjungi pabrik gula dan di perbolehkan untuk melihat eksklusif proses pembuatan gula pasir di Pabrik Gula (PG) Pangkah Tegal.

14. Tempat Wisata Situs Manusia Purba Semedo Tegal
Situs Manusia Semedo
Situs Manusia Purba di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal. Di sini tersimpan aneka fosil dan peninggalan insan purba yang dulu mendiami wilayah Tegal. Anda bisa melihat banyak artefak prasejarah yang menarik untuk dilihat dan dipelajari. Ada fosil Homo erectus, dan beberapa fosil lain yang sayang untuk dilewatkan. Kapan lagi berwisata sambil berguru di Tegal.

Meski tempatnya masih sederhana dan belum semegah Sangiran, bukan lantas Anda dapat memandang sebelah mata pada Situs Semedo. Pasalnya, penemuan macam-macam fosil dan peninggalan pra sejarah di Semedo mulai terkuak pada tahun 2005. Awal mulanya Bapak Dakri, warga Semedo menemukan fosil-fosil tergeletak begitu saja di atas tanah. Ia kemudian mengumpulkan fosil-fosil tersebut di rumahnya, sehingga rumahnya jadi museum sederhana.

Fosil yang Anda lihat pun tidak tanggung-tanggung. Mulai gajah purba, badak, kuda nil, rusa, babi, sapi, kerbau, dan banteng yang pernah hidup sekitar satu jutaan tahun lalu. Tengkorak Homo Erectus dan peninggalannya, menyerupai kapak penetal, serpih, serut juga semakin melengkapi kekayaan Situs Semedo yang berada di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal atau 23,8 km dari pusat Kota Slawi, Kabupaten Tegal.

15. Tempat Wisata Sulaku Bumi Jawa Park Tegal
Sulaku Bumi Jawa Park
Sulaku Bumi Jawa Park. Disini Anda akan mencicipi dinginnya air dengan suhu 20 derajat C yang dibalut dengan permainan air serta panorama pegunungan eksotis. Berlokasi di Jl. Raya Wredameta Bumijawa, Desa Bandarsari Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal atau tidak jauh dari kaki Gunung Slamet. Makara jangan ditanya lagi bagaimana sejuknya suasana di sini.

Mungkin kalau hanya waterboom sudah biasa, namun di Sulaku ini ada banyak tempat yang wajib dicoba. Sebut saja outbound, playground, pemancingan, penginapan, agrowisata, futsal center, waterboom, kedai jamu, bahkan kita bisa berkeliling kebun dengan menaiki ATV lho. Seru kan? Pas banget bagi Anda ingin melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari bersama belum dewasa dan keluarga.

16. Tempat Wisata Guciku Hot Waterboom Tegal
Guciku Hot
Jika mendengar tempat ini, sebagian orang menganggap Guciku ini yaitu Pemandian Air Panas Guci yang memiliki banyak pancuran, tidak salah memang, namun yang lebih sempurna lagi, Guciku Hot Waterboom ini terletak di dekat loket tiket masuk ke Guci, jadi lokasinya sebelum Pasar Guci. Sama-sama berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Bagi yang ingin istirahat, terdapat beberapa saung yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Ada juga restoran dan villa yang bisa dipesan apabila ingin tinggal lebih lama lagi di Guciku. Letak villanya pun menghadap ke kolam utama. Untuk fasilitasnya terbilang lengkap. Sebagaimana kita ketahui, disebelah Guciku ini terdapat aliran air sungai hangat yang nantinya menuju ke Curug Kembar. Alira sungai ini bias kita lihat dari saung � saung yang ada dipinggir kolam. Namun tidak disarankan turun ke bawah, mengingat licin dan agak curam.

17. Tempat Wisata Taman Rakyat Slawi Ayu
Taman Rakyat Slawi Ayu
Taman Rakyat Slawi Ayu di RTH Slawi yaitu sebagai tempat interaksi masyarakat Kabupaten Tegal dalam banyak sekali aktivitas, menyerupai kegiatan sosial, pentas seni, olah raga dan sebagainya. Taman ini dibagi menjadi 3 ( tiga) adegan utama atau yang disebut dengan shelter. Pada shelter utara diperuntukkan bagi penjual produk atau buah tangan khas Tegal. Untuk shelter tengah lebih dikhususkan untuk kegiatan-kegiatan masyarakat.

Shelter ini terdiri dari stage panggung yang berjenjang dan alasnya menggunakan lantai khusus yang cocok digunakan sebagai tempat pertunjukan. Sedangkan shelter adegan selatan berisi PKL (Pedagang Kaki Lima) yang menjajakan makanan siap saji. Makara bagi yang ingin mencari pusat buah tangan dan masakan khas Tegal, di sinilah tempatnya. Trasa gres terlihat ramai ketika menjelang sore hingga malam hari. Banyak sekali aktifitas yang dilakukan di sana.

Mulai dari yang sekedar duduk-duduk, bermain bola, bermain sepeda, hingga kegiatan komunitas-komunitas tertentu. Terlebih ketika hari libur, tidak hanya komunitas saja yang berkumpul di sana, beberapa pengunjung pun membawa serta anggota keluarga untuk menikmati kemudahan yang ada di Trasa. Fasilitas penunjang pun terbilang sudah lengkap. Mulai dari toilet umum, musholla, parkir motor dan kendaraan beroda empat yang teduh. Parkirnya pun tidak ditarik biaya, alias gratis. Namun harus tetap waspada menjaga kendaraannya masing-masing.

18. Tempat Wisata Gunung Tanjung Tegal
Gunung Tanjung
Tempat wisata Gunung Tanjung ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang di alam bebas, terutama hiking. Tempat wisata ini terletak di Desa Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Jika dari arah Kota Slawi, maka kita akan menempuh jarak sekitar 7 kilometer menuju lokasi wisata ini.

Ada dua faktor yang menyebabkan objek wisata yang satu ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, yakni keindahan panorama alam serta keramahan penduduknya yang sangat terkenal.

19. Tempat Wisata Pantai Muara Reja
Pantai Muara Reja
Pantai Muarareja, salah satu pantai yang ada di Kota Tegal setelah Pantai Alam Indah (PAI) yang ikut ke dalam daerah Kecamatan Tegal Barat. Pantai ini terletak di sebelah barat dari PAI. Pantai ini kondisinya masih asri, tidak banyak bangunan yang berdiri di sana. Makara bisa ditebak jikalau pantai ini belum dikomersilkan. Kendaraan umum belum bisa mencapai tempat ini, namun jikalau berjalan kaki dari Pantura atau menggunakan sepeda motor, kita bisa menyaksikan aktifitas warga pesisir pantai yang lebih banyak didominasi bermatapencaharian sebagai nelayan.

Ini bisa terlihat dari banyaknya ikan dan udang yang dijemur dan yang lebih serunya lagi kita akan melewati tambak-tambak ikan yang sangat sayang untuk dilewati. Sepanjang mata memandang kita akan dimanjakan dengan hamparan pantai yang luas dengan deretan struktur watu yang dibuat menjorok ke lautan, dalam bahasa tekniknya sih groin. Fungsi utamanya yaitu untuk mencegah perubahan garis pantai akhir abrasi.

Fungsi lainnya yaitu biasanya digunakan oleh warga atau wisatawan untuk sekedar menikmati pemandangan pantai ataupun untuk memancing ikan. Meskipun bukan pasir putih, namun Pantai Muarareja ini sangat menarik untuk dijelajahi lho. Banyak hal yang bisa kita temui di sana, mulai hewan laut, tanaman khas pesisir pantai, dan lain sebagainya. Oh iya, pemandangan dikala sunrise dan sunset di Pantai Muarareja juga sangat mengagumkan lho. Terlebih jikalau langit sedang cerah.

20. Tempat Wisata Agro Wisata Kebun Teh Tegal
Agrowisata Tegal
Tegal juga punya kebun teh yang bagus dan sejuk suasananya. Perbukitan dengan lebatnya daun-daun teh pun bisa Anda nikmati di sini. Lokasinya memang tidak banyak terekspos oleh media. Lokasi kebun teh ini berada di Dukuh Aren, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Tepatnya sekitar 1 km dari Bulakan masih terus naik. Bisa berjalan kaki atau juga bisa menggunakan kendaraan pribadi karena jalan sudah menggunakan aspal. Jika sudah hingga di lokasi, selain dihadapkan dengan kebun teh, di belakang kebun tersebut terlihat barisan bukit-bukit dan pegunungan berdiri gagah.

Terlebih jikalau suasana sedang cerah, akan membuat Anda ketagihan untuk berfoto-foto ria. Konon daun teh yang dihasilkan disini tidak untuk diproduksi skala besar, namun untuk kalangan sendiri. Sehingga proses pembuatan tehnya pun sangat tradisional. Hanya dijemur, jikalau sudah kering bisa eksklusif diseduh dengan air panas. Tidak ada tambahan bunga melatinya. Jika Anda bertemu dengan salah satu petaninya, jangan lupa untuk mencoba menjajal tehnya. Cocok diminum di tempat yang berhawa sejuk ini. Selain di Dukuh Aren, masih banyak lagi kebun teh yang tersebar di Bumijawa.

21. Tempat Wisata Curug Cantel Tegal
Curug Cantel
Air terjun mengagumkan di Tegal ini berlokasi di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal. Untuk menuju Curug Cantel memerlukan tracking yang cukup panjang dengan menyusuri sungai bebatuan yang cukup besar. Anda diharuskan tracking sejauh kurang lebih 400 meter dari jalan raya dengan melawan arus sungai. Medan tracking di tempat ini cukup unik, karena Anda akan berjalan di antara dua sisi bukit yang dipisahkan oleh sebuah sungai kecil.

Anda harus mewaspadai kondisi beberapa watu yang licin. Curug Cantel memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Makara bisa dibayangkan betapa tingginya gerojokan ini. Percikan gerojokan akan eksklusif terasa membasahi wajah begitu hingga di lokasi ini. Tidak disarankan untuk mandi di bawah gerojokan karena air yang turun begitu kuat. Sisi-sisi bukit ditumbuhi banyak lumut dan tumbuhan merambat. Pada adegan atas, terdapat pohon besar yang posisinya berada dipinggir tebing, unik. Di depan air terjun, terdapat sebuah gundukan watu yang cukup tinggi.

Di sinilah lokasi yang sempurna untuk berfoto ria. Sebenarnya Curug Cantel bisa ditemouh melalui jalur Guci, namun sayangnya kondisi jalannya rusak dan terlalu jauh, sehingga lebih baik menggunakan jalur Bumijawa. Lurus hingga ketemu Pertigaan Talang ambil kiri (arah Jalan Wredameta/ Pabrik Minuman Adi). Lurus hingga ketemu pertigaan lagi ambil kiri (arah Batumirah � Sirampog). Ketemu Perempatan Mentik masih lurus hingga menuju Desa Kalipedes dan bertemu dengan jembatan Kalipedes. Dari sini, mulailah perjalanan tracking.

22. Tempat Wisata Bukit Cepu Tegal
Bukit Cepu Tegal
Bukit Cepu berlokasi di Dusun Krajan, Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, atau sekitar 24 KM ke selatan dari pusat Kabupaten Tegal. Untuk menuju tempat ini tidak cukup mudah karena hanya ada jalan setapak yang menanjak. Jika Anda menggunakan kendaraan maka harus diparkir di bawah Bukit Cepu ini. Ada semacam anak tangga dari tanah yang berjumlah sekitar 950 buah. Makara siapkan tenaga dan bekal ekstra ya. Jalan yang relatif sulit tersebut akan terbayar jikalau sudah hingga di Bukit Cepu tersebut, rasa lelah akan segera terobati karena keindahan alam dan kesejukan udaranya.

Di sana Anda bisa melihat eksklusif Gunung Slamet yang ada di sebelah tenggara bukit ini. Selain itu , banyak pohon-pohon pinus dan cemara yang tumbuh menjulang tinggi. Benih pohon gres pun tampak tumbuh subur dengan diberi pagar bambu supaya tidak cepat rusak. Bagi Anda yang butuh ketenangan, tempat tersembunyi ini sangat cocok. Terlebih bagi yang hobi fotografi, sangat recommended! Tak heran jikalau Bukit Cepu ini masuk dalam daftar tempat wisata di Tegal yang terkenal dengan keindahannya. Namun belum ada kemudahan publik menyerupai kamar mandi.

23. Tempat Wisata Taman Poci Tegal
Taman Poci Tegal
Ukuran Taman Poci boleh kecil, tapi pesonanya bisa membawa ratusan pengunjung setiap minggunya. Keindahan yang ditawarkan taman ini seakan menyihir para pengunjung untuk betah berlama-lama di tempat ini. Kebanyakan diantara pengunjung Taman Poci ini yaitu pasangan remaja yang menghabiskan waktunya bersama orang yang disayanginya. Letak Taman Poci sendiri tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Tegal.

24. Tempat Wisata Waterboom Yogya di Tegal
Waterboom Yogya
Ada satu lagi waterboom di Tegal yang pas buat tempat liburan anak dan keluarga yaitu Waterboom Yogya. Wahana taman bermain air yang berada di depan Terminal Slawi ini sebelumnya berjulukan Waterboom Dedy Jaya. Namun, karena ada pergantian manajemen namanya pun ikut berubah.

Waterboom Yogya buka dari hari Senin hingga Jumat pukul 09.00-17.30 WIB, dan pada weekend mulai buka pukul 08.00 WIB. Harga tiketnya Rp 12.500 di hari biasa dan Rp 15.000 dikala weekend tiba. Cukup murah meriah bukan.

25. Tempat Wisata Curug Jejeg Tegal
Curug Jejeg
Salah satu gerojokan terindah di Tegal yaitu Curug Jejeg yang terletak di Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Untuk menuju curug ini, ada dua rute yang bisa Anda tempuh yaitu rute Batuagung (via Banjaranyar) dan rute Bumijawa (via Yomani � Kalibakung). Rutenya dari Batuagung memang tidak terlalu sulit arahnya, namun jalan yang dilewati relatif rusak. Sehingga memakan waktu yang lebih lama. Sedagkan via Bumijawa, dari Pertigaan Tuwel ambil ke arah kanan menuju Bumijawa (jika ke kiri ke arah Guci) ke arah Desa Muncanglarang � Jejeg. Nantinya akan melewati Sulaku Bumijawa Park, ke barat hingga menemui SMP N 1 Bumijawa hingga Desa Muncanglarang.

Sebelum gerbang Desa Jejeg, ada sebuah jembatan, nah, biasanya kendaraan kecil menyerupai sepeda motor diparkir dekat sini. Kemudian berjalan ke arah selatan melawan arus Kali Sier, tidak hingga 10 menit sudah hingga ke Curug Jejeg. Sehingga bisa disimpulkan, jikalau dari Sulaku, jaraknya sekitar 5 KM. Sehingga cukup dekat. Curug Jejeg memiliki daya tarik tersendiri, selain tempatnya masih asri, curug ini memiliki bebatuan yang bisa diduduki sembari menikmati gemercik air yang turun dari atas bukit. Tinggi curug ini sekitar 22 meter.

Alirannya jikalau di musim kemarau tidak terlalu deras, sehingga Anda bisa menikmati segarnya air curug ini dengan aman dan nyaman. Tidak ada kemudahan umum di sekitar curug ini, yang ada hanyalah beberapa rumah warga atau kegiatan warga disekitar aliran sungai. Jika dilihat secara langsung, curug ini memiliki 3 tingkatan dan kolam air yang tidak terlalu dalam. Sehingga bisa untuk sekedar bermain air atau berfoto-foto. Kondisi airnya tidak terlalu jernih, namun suhu airnya cukup dingin, khas air dari pegunungan.

26. Tempat Wisata Konsorsium Rumah Wayang Tegal
Rumah Wayang Tegal
Bertempat di Sanggar Satria Laras, Sanggar-nya dalang �edan� Ki Enthus Susmono, tempat ini berdiri. Tidak begitu sulit untuk menemukannya, karena terdapat papan petunjuk di dekat jembatan Lemah Duwur � Talang, Kabupaten Tegal yang menuju ke arah Brug Abang. Dari Jalan Raya Talang atau biasa disebut dengan Jalan Satu, setelah menemui Jembatan di Talang, ambil jalan ke timur hingga menemui sebuah jembatan panjang yang membelah Sungai Gung ikuti jalan utama hingga hingga ke Desa Bengle, posisi tempatnya ada di kiri jalan.

Tampak depan Rumah Wayang yang satu lokasi dengan Sanggar Satria Laras ini lebih menyerupai pintu gerbang masuk ke sebuah kerajaan lengkap dengan patung penjaga di depannya. Namun jangan khawatir, pintu gerbang selalu terbuka pada jam kerja dan para petugas yang merupakan rekan Ki Enthus ini ramah dan siap mendapatkan kita untuk berkeliling melihat-lihat koleksinya.

Rumah Wayang yang memiliki luas sekitar 4 x 4 meter ini menyimpan ribuan wayang baik gaya tradisi maupun kontemporer, mulai wayang kulit, wayang golek, wayang santri, wayang bambu, wayang kreasi, ada juga aksesoris menyerupai jenis-jenis keris, topeng, batik tegalan, lukisan dunia pewayangan, senjata-senjata khas dunia pewayangan, foto-foto Ki Enthus, gamelan, dan masih banyak koleksi lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

27. Tempat Wisata Curug Kembar Tegal
Curug Kembar
Sebenarnya curug ini belum memiliki nama khusus, namun warga sekitar banyak yang menyebutnya sebagai Curug Kembar, ya, karena terdapat dua buah curug yang posisinya berdekatan. Hampir menyerupai dengan Curug Penganten, salah satu curugnya memiliki aliran air yang deras dan yang satunya tidak terlalu deras. Letak Curug Kembar ini ada di dekat dengan Guciku Hot Waterboom, tepatnya sebelah Villa Syariah, masuk dalam Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Namun kita harus turun ke bawah, namun harus hati-hati karena jalan yang cukup licin. Hanya cukup berjalan beberapa meter saja melewati sawah kita sudah bisa mencapai curug yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini. Suhu dari air yang ada di curug ini hangat lho. Di beberapa sisi curugnya juga kita bisa melihat pipa-pipa paralon milik warga yang mengalirkan air dari sumber mata air.

Airnya tergolong bersih, namun sayangnya sisi-sisi aliran sungai ini kurang terawat. Terkadang kita akan menjumpai sampah pada sepanjang aliran sungainya. Hal yang patut disayangkan tentunya. Namun tenang saja, karena posisinya yang cukup tersembunyi, tempat ini cocok bagi Anda yang menyukai suasana yang hening, yang terdengar hanyalah bunyi gerojokan yang berirama.

28. Tempat Wisata Curug Luhur Tegal
Curug Luhur
Jika kita menelusuri aliran Kali Gunung, dari hulu hingga ke hilir, banyak hal yang bisa kita temukan, salah satunya yaitu adanya gerojokan atau biasa juga disebut curug. Kali ini kita akan membahas keindahan dari Curug Luhur. Salah satu curug tertinggi disepanjang aliran Kali Gung. Curug Luhur berada di antara daerah Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa dan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong (Dukuh Kopigandu) dan semuanya berada di Kabupaten Tegal ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter-an.

Jika ditarik dari permukaan laut, Curug Luhur berada di ketinggian 1000mdpl. Karena posisinya yang berada di pegunungan, hawa sejuk akan eksklusif terasa di tempat ini. Air terjun ini sangat indah, curug ini seakan berada di sebuah mangkuk kolam yang luas yang airnya hanya semata kaki orang cendekia balig cukup akal dengan airnya yang jernih. Sehingga kita bisa eksklusif melihat batu-batuan kecil di bawahnya. Pada tebing-tebingnya ditumbuhi lumut, pohon yang merambat, dan akar-akar pohon yang menyebul dari balik tebing.

Untuk menuju tempat ini memiliki dua buah jalur, yaitu jalur Sokasari (start Pasar Bumijawa) dan Dukuhgandu (start Pertigaan Tuwel). Namun bagi pemula, disarankan melewati jalur yang kedua. Dari Pertigaan Tuwel kita ambil kanan arah Bumijawa. Sampai di SMAN 1 Bojong, ambil kanan lalu masuk Dukuh Kopigandu. Dari sana kita bisa eksklusif tracking menuju lokasi dan akan melewati jalan setapak dan sawah-sawah. Jalur ini tidak se-ekstrim jalur Sokasari dan jaraknya pun lebih dekat.

29. Tempat Wisata Kebun Melati Maribaya Tegal
Kebun Melati Maribaya
Tau nggak sih kalau Tegal, khususnya Kabupaten Tegal merupakan salah satu daerah peng-ekspor bunga melati yang hasil panennya sangat disukai pasar mancanegara. Mungkin hal ini luput dari perhatian kita, karena memang jarang sekali terekspos. Adalah Desa maribaya, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal yang merupakan pusat penghasil bunga melati berkualitas tinggi. Eitss, tapi tidak hanya Desa Maribaya saja yang memiliki kebun bunga melati, ada juga Desa Kramat, Sidoharjo, Purwahamba dan desa lain.

Jangan menganggap kebun melati sama dengan kebun teh ya. Tanaman ini tidak begitu tinggi, hanya sebatas lutut orang dewasa. Melati ini tidak mengenal musim panen, hampir setiap hari bias melaksanakan panen. Namun kualitas bunganya juga ditentukan oleh cuaca. Jika banyak sinar matahari, maka kualitas melati akan semakin bagus.

Untuk memanennya, biasanya dilakukan antara jam 06:00-10:00 pagi. Untuk pemasaran cukup mudah, karena biasanya ada biro sendiri yang akan datang ke kebun. Baik untuk diekspor maupun untuk konsumsi lokal menyerupai untuk program keagamaan, upacara adat, pernikahan, dan lain-lain. Untuk ekspor, varietas melati yang banyak diminati yaitu melati emprit dan melati kebo.

30. Tempat Wisata Bukit Rangkok Pagerwangi
Bukit Rangkok
Ada spot satu lagi yang kini sedang nge-hits di Tegal, Batu Ancik atau Bukit Rangkok namanya yang masuk ke dalam wilayah Desa Pagerwangi, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Terletak 2,5 KM ke barat dari Desa Kalibakung atau 4 KM ke timur dari Desa Banjaranyar. Bukit bebatuan dengan beberapa ilalang dipuncak bukitnya, menunjukkan pemandangan menakjubkan menyerupai view persawahan, Gunung Slamet, atau untuk menikmati momen sunrise dan sunset juga bisa dilakukan di tempat ini.

Terlebih jikalau cuaca sedang bersahabat. Sebagai informasi, di Bukit Rangkok inilah kita bisa mendapatkan view Gunung Slamet yang begitu terang dan masih dalam zona aman tentunya. Ada dua buah puncak bukit di sini, bukit pertama memiliki kontur yang datar, sedangkan bukit kedua relatif landai dan bukit ini yang memiliki view bagus. Bukit Rangkok ini memiliki ketinggian sekitar 384 mdpl. Sehingga pendaki pemula pun bisa menjelajahi tempat ini, namun harus tetap waspada jikalau menjelajahi tempat ini terutama pada musim hujan.

31. Tempat Wisata Curug Penganten Tegal
Curug Penganten
Curug Penganten atau Pengantin ini menyerupai dengan Curug Kembar, namun beda lokasi. Keduanya sama-sama memiliki 2 gerojokan yang mengalir berdampingan. Curug Penganten terletak di Dukuh Bandarsari, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Curug Penganten berada tak jauh dari Curug Luhur, sekitar 500 meter di atasnya. Dengan ketinggian sekitar 10-14 meter, gerojokan ini menyuguhkan pemandangan alam yang mengagumkan dan bagus. Pas buat hunting foto ala anak IG. Satu gerojokan dengan aliran yang eksklusif ke bawah, sementara pasangannya memiliki aliran air yang deras.

Airnya sangat jernih, segar, dan dingin, ciri khas air pegunungan yang masih asri. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat gerojokan ini pas buat menenangkan diri. Kedua aliran gerojokan ini menuju ke satu kolam air dibawahnya yang cukup lebar dan tidak terlalu dalam. Kolam inilah yang sering digunakan warga maupun wisatawan untuk mandi atau pun sekedar bermain air. Dinding curugnya banyak ditumbuhi tumbuhan lumut dan tumbuhan merambat.

32. Tempat Wisata Museum Sekolah Slawi
Museum Sekolah Slawi
Terletak di sebelah selatan Bundaran Procot membuat posisinya mudah ditemui. Selain itu pula juga berada di Jl. A. Yani Slawi yang merupakan salah satu jalan utama di Kabupaten Tegal. Museum ini berada di lahan sekitar 554 m2 dari sumber dana dari APBD II Kabupaten Tegal. Museum ini berdiri pada tahun 1980-an atas inspirasi dari Bapak Karseno (Kepala Pendidikan Dasar dan Luar Biasa Propinsi Jawa Tengah pada masa itu) yang melihat banyaknya sarana dan prasarana sekolah yang kurang terpelihara.

Museum Sekolah Slawi ini merupakan satu-satunya museum yang menyampaikan gambaran perihal perkembangan kegiatan berguru mengajar di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Sehingga koleksi museum ini kebanyakan yaitu ijazah � ijazah, STTB (Surat Tanda Tamat Belajar), dan lain-lain dari masa ke masa. Selain itu di sini juga terdapat koleksi media pembelajaran mulai dari yang sifatnya informal di perguruan tinggi - perguruan tinggi tradisional, pesantren hingga pengajaran yang sifatnya formal.

Gedung dengan satu lantai ini terbagi menjadi dua ruangan. Untuk ruangan pertama berisi mengenai alat-alat yang ada di dunia pendidikan. Baik itu miniatur sekolah jaman dahulu, foto-foto sekolah jaman dahulu, sabak, alat tulis dari masa ke masa, buku-buku pelajaran lama, seragam sekolah, dan dingklik sekolah yang sangat khas pada jaman dahulu.

33. Tempat Wisata Pacific Mall Tegal
Pasific Mall Tegal
Lokasi Pacific Mall terletak di Jalan Mayor Jenderal Sutoyo No.35, Tegal, Jawa Tengah. Pacific Mall menunjukkan beragam pilihan berbelanja yang berkualitas bagi para pengunjung. Selain itu, tenant-tenant lain yang bergabung tidak sedikit yang merupakan tenant nasional. Di ground floor, untuk tenant F&B, saya bisa menemukan Dunkin Donuts, KFC, Pizza Hut, Roti�O, Tongtji Tea Bar, dan CFC. Tenant F&B di ground floor yang gres saja bergabung yaitu Gokana Ramen & Teppanyaki yang dikelola oleh jaringan resto besar ternama Champ Group.

Masih di ground floor, tentu masuk dulu ke lokasi yang paling besar, yaitu Sri Ratu Department Store. Sri Ratu Departement Store ini sudah cukup lama sukses malang melintang di urusan ekonomi retail. Selain itu, untuk urusan fashion dan accessories, ada juga tenant nasional menyerupai ADA Fashion yang dikelola oleh PT Artha Retailindo, lalu Ping!! Fashion, hingga Celcius. Tidak ketinggalan Naughty, Stroberi, dan Cinderella ikut menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin berbelanja accessories.

Di First Floor, Anda bisa menemukan anchor tenant Hypermart, Inul Vizta, dan tenant-tenant fashion yang ciamik untuk pria dan wanita. Tidak ketinggalan buat yang hobi narsis foto-foto, ada juga Hofu Ehm Photo Studio. Bagi Anda yang membawa belum dewasa bisa ke second floor dimana terdapat wahana permainan Happy Time dan Jungle Safari. Pas banget buat tempat kongkow, hangout, dan nongkrong bareng sahabat atau keluarga.

34. Tempat Wisata Pokanjari Tegal
Pokanjari Tegal
Pokanjari (Pondok Makan Jalan Teri) salah satu pusat masakan khas Tegalan. Sebut saja sauto tegal, nasi grombyang, swike, kupat glabed, kupat blengong, dan lain sebagainya bisa kita temukan di sini. Tidak hanya menu tradisional khas saja, di sini juga bisa kita temukan restoran dengan menu-menu modern. Pada pagi hari bisa kita temukan masakan khas sarapan pagi ala tegalan menyerupai Ponggol, Sega Kuning (Nasi Kuning), kupat bongkok, dan lain-lain.

Namun jikalau sore menjelang, masakan khas tegalan siap menggoyang pengecap Anda dengan aneka pilihannya yang tentu saja dengan harga yang relatif murah. Sesuai dengan namanya, tempat ini berlokasi di Jl. Teri, jalan tembus yang menghubungkan Jl. Gadjah Mada dan Jl. Veteran Kota Tegal. Salah satu lokasi dimana kita bisa menemukan bangunan-bangunan renta yang masih kokoh berdiri.

Pokanjari ini dicanangkan oleh HM. Zakir, Walikota Tegal ke-9 periode periode 1989 � 1998. Lokasi Pokanjari yang strategis menambah daya magnet yang berpengaruh bagi siapa saja yang sedang singgah di Tegal. Karena dekat dengan Jalur Pantura dan public area depan Kantor DPRD Kota Tegal.

35. Tempat Wisata Kawasan Konservasi Karang Jeruk
Kawasan Konservasi Perairan Daerah
Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KPPD) Karang Jeruk atau lebih mudahnya disebut Karang Jeruk, merupakan salah satu daerah konservasi keanekaragaman hayati yang ada di lautan lepas yang masuk ke dalam wilayah perairan Kabupaten Tegal, tepatnya di Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat jikalau kita tarik garis lurus. Jadi bisa dibayangkan dengan banyaknya jenis ikan dan karang yang ada di tempat ini, Karang Jeruk bisa digunakan sebagai tempat snorkling atau diving atau untuk berguru mengenai ekosistem yang ada di laut.

Untuk penggila hobi memancing, memang tidak ada larang untuk memancing di areal tersebut, namun harus tetap menjaga ekosistem yang ada di Karang Jeruk. Untuk menuju ke Karang Jeruk memang belum ada angkutan umum yang ke lokasi tersebut, namun bisa menggunakan/ menyewa perahu nelayan mulai Rp. 300.000 dengan berangkat dari Dermaga Muarareja. Dari dermaga, lokasinya 3 mil di utara kota atau 3 mil dari Pantai Larangan.

Kira-kira lama perjalanan sekitar 45 menit. Kawasan Karang Jeruk sendiri ditandai dengan adanya menara suar yang diberi lampu. Jadi, kita patut besar hati sebagai warga Tegal yang memiliki tempat yang bisa digunakan untuk snorkling atau diving yang cukup bagus. Terlebih dengan eksistensi karangnya yang terus dibudidayakan dan dikembangkan yang nantinya habitat ikan menjadi lebih banyak dan bervariasi.

36. Tempat Wisata Alun Alun Tegal
Alun Alun Tegal
Lokasi wisata malam ini tidak pernah sepi dari aktifitas warga Tegal baik di siang maupun malam hari. Di malam hari, lokasi ini menunjukkan banyak sekali macam pilihan hiburan dan makanan. Sebut saja, kupat glabed, tahu aci, sate ayam, banyak sekali minuman segar, bahkan penganan dari luar kota pun banyak dijajakan di sini. Ada banyak warung lesehan juga, namun apabila menginginkan suasana romantis, di sekitar Alun � alun Kota Tegal ini juga banyak berdiri caf� yang menyediakan banyak sekali pilihan menu.

Di Alun-alun Kota Tegal ini kita bisa menjumpai Balai Kota (pusat pemerintahan Kota Tegal), Masjid Agung yang bersejarah, Patung Garuda, hingga videotron yang terpampang megah di sudut alun-alun. Pada pagi � siang hari memang daerah ini terlihat tidak begitu ramai, namun jikalau sore mulai menjelang, satu persatu mulai banyak pengunjung yang berdatangan.

Terlebih posisinya yang sangat strategis dan fasilitasnya lengkap. Jika ingin shalat, bisa ke Masjid Agung, jikalau ingin Sauto Tegal bisa coba ke daerah Pasar Senggol di pojok AAT. Makara tidak heran jikalau banyak komunitas Tegal yang berkumpul di sini.

Baca juga : Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 38 Tempat Wisata di Tegal Terbaru Yang Paling Bagus nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar