21 Tempat Wisata di Kendal yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Kendal - Kendal merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Kendal berbatasan pribadi dengan Kota Semarang, sehingga Kota Kendal banyak disebut sebagai salah satu Kota Satelit dari Kota Semarang. Kabupaten Kendal berbatasan pribadi dengan Laut Jawa di utara, berbatasan dengan Kota Semarang di sebelah timur, berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Temanggung di sebelah selatan dan berbatasan dengan Kabupaten Batang di sebelah Barat.

Nama Kendal diambil dari nama sebuah pohon yakni Pohon Kendal. Pohon itu pada mulanya tidak ada yang tahu namanya tapi ketika Pakuwojo bersembunyi di pohon itu di dalam pohon itu terang benderang karenanya pohon itu dinamakan pohon Qondhali yang berarti penerang dan karenanya daerah tempat pohon itu dinamakan Qondhali sebab orang Jawa tidak fasih berbahasa Arab maka jadi Kendal.

Selain itu, Kendal sendiri juga banyak sekali mempunyai segudang tempat wisata yang sangat mengagumkan diantaranya menyerupai wisata alam, wisata pantai serta wisata sejarah semua ada di Kendal, kalau anda ingin berlibur anda mampu datang saja ke kendal sebab disinilah tempat yang cocok untuk berwisata, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi kalau anda berkunjung dengan keluarga, teman, ataupun sahabat dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan dan menarik.

Baca juga : 19 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Kendal yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini ialah sejumlah 22 tempat wisata di Kendal yang wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata jambi ini ialah wisata alam yang menawan.

1. Tempat Wisata Pantai Ngebum Kendal
Pantai Ngebum Kendal
Pantai ngebum merupakan salah satu pantai yang ada di daerah Kaliwungu Utara, tepatnya berada di desa Mororejo, kabupaten Kendal. Pantai ini semakin lama semakin didekorasi sedemikian rupa semoga lebih menarik lagi, sehingga pengunjung yang datang kesini semakin ramai. Pantai ini memiliki pemandangan yang mempesona, yaitu dengan pasir pantai yang kecoklatan serta nyaman untuk digunakan berenang.

Di pinggir pantai terdapat banyak orang yeng menyewakan pelampung untuk putra-putri kita. Namun juga anda harus tetap berhati-hati, jangan hingga berenang di pantai terlalu kedalam sebab akan berbahaya. Biasanya, Pada hari libur pantai ini akan sangat ramai dikunjungi para wisatawan lokal, mungkin anda ingin menikmati suasana liburan di pantai ngebum ini bersama keluarga atau sahabat, anda mampu pribadi saja datang ke pantai ini.

2. Tempat Wisata Sendang Sikucing Kendal
Pantai Sendang Sikucing
Nah tempat wisata setelah pantai Ngebum yaitu Pantai Sendang Sikucing, pantai ini merupakan tempat wisata unggulan yang berada di daerah pesisir Kendal. Pantai ini sudah dikembangkan semikian rupa untuk menjadi sebuah tempat wisata menarik. Selain itu, Di sisi sebelah timur ada juga sebuah tempat yang dinamakan The Sea.

Di The Sea Banyak sekali wahana yang ada di The Sea mulai dari atraksi lumba-lumba, kebun binatang mini, kolam renang serta taman yang mampu digunakan pengunjung untuk bersantai. Lokasi Pantai Sendang Sikucing sendiri berada di Kecamatan Rowosari yang berjarak sekitar 22 km dari sentra kota Kendal. Pada sore hari di Pantai Sendang Sikucing ini kita mampu menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

Jika anda ingin berkunjung ke pantai ini jangan lupa ajak keluarga anda semoga lebih menyenangkan dalam liburannya.

3. Tempat Wisata The Sea Pantai Cahaya Kendal
The Sea Pantai Cahaya Kendal
The Sea Pantai Cahaya merupakan salah satu objek wisata andalan Kendal yang banyak menyampaikan kemudahan wisata lengkap. Selain wisata pantai, disini juga ada kolam renang, atraksi lumba-lumba, hutan wanawisata, panggung hiburan keluarga dan minizoo. Selain itu masih ada wahana Water King yang menyenangkan.

The Sea Pantai Cahaya berlokasi di Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Akses menuju ke tempat ini kalau menggunakan kendaraan umum cukup sulit sebab keberadaannya yang terpencil. Kaprikornus disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau meyewa kendaraan dari Semarang atau Kendal.

4. Tempat Wisata Pantai Jomblom Kendal
Pantai Jomblom Kendal
Tempat wisata lainnya yang ada di Kendal yaitu Pantai Jomblom, Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan terutama pada ketika hari Minggu dan liburan sekolah. Di Pantai Jomblom Kendal ini anda dapat melihat rimbunnya tanaman mangrove atau bakau yang digunakan untuk menghalau ombak yang lumayan besar. Selain melihat pemandangan yang indah.

Pengunjung juga dapat memancing ikan di tepi pantai dan juga anda mampu menikmati momen matahari karam di pantai ini pada sore hari. Jika anda tertarik berkunjung ke Pantai Jomblom ini, anda dapat mengunjunginya di alamat Desa Margorejo Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal.

5. Tempat Wisata Curug Semawur Kendal
Curug Semawur Kendal
Curug Semawur ialah sebuah gerojokan mengagumkan yang berada di Desa Blumah, Kecamatan Plentungan, Kendal. Air terjun ini terlihat cantik dilihat dari kejauhan yang terlihat tinggi menjulang. Curug Semawur terdiri dari 8 tingkat dengan airnya yang jernih dan tidak pernah kering di animo kemarau. Pada tingkat pertama air mempunyai ketinggian sekitar 25 meter, dan tingkat kedua berketinggian 50 meter. Dari dasar lembah, hanya tiga tingkat gerojokan yang mampu dilihat dengan mata. Curug ini berada di ketinggian 1300 m dpl dan mengalir di Kali Bajang.

Curug simawur terletak di perbatasan kabupaten kendal dengan batang,tapi sudah masuk batang. Perjalanan ditempuh kurang lebih 2 jam dari sukorejo, sudah termasuk perjalanan menggunakan kendaraan dan jalan kaki menuju ke lokasi. Perjalanan yang cukup melelahkan sebab harus berjalan lebih dari 1 jam untuk melihat indahnya curug simawur.

6. Tempat Wisata Curug Sewu Kendal
Curug Sewu Kendal
Curug sewu merupakan sebuah gerojokan yang mempunyai keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan gerojokan lainnya, curug ini memiliki ketinggian 70 meter yang terdiri dari 3 terjunan, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter. terlihat sangat mengagumkan dan menawan untuk dipandang, terlebih pada ketika tertentu, dari antara terjunan muncul pelangi paduan aneka ragam warna yang mempesona. curug sewu.

Untuk menyampaikan kenyamanan kepada pengunjung, sekitar lokasi Air Terjun Curugsewu telah dilengkapi dengan taman rekreasi beserta kemudahan suplemen menyerupai panggung taman bermain anak, Kebun binatang mini dan Kolam Renang serta aneka macam kemudahan lainnya. Masih mengenai keistimewaan dan keunikkannya, ternyata Curugsewu merupakan gerojokan tertinggi di Jawa Tengah.

7. Tempat Wisata Curug Panglebur Gongso
Curug Panglebur Gongso
Curug Panglebur Gongso atau juga disebut oleh warga sekitar sebagai Curug Gonso, curug ini berada di kaki bukit Gunung Ungaran. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 7 m saja dan di bawahnya terdapat kolam yang dapat digunakan untuk mandi atau berenang. Tak jauh dari curug ini terdapat Air Terjun 7 Bidadari berada. Dibawah guyuran gerojokan ini terdapat sebuah kolam yang cukup dalam yang mampu dijadikan sebagai tempat untuk berenang.

Curug ini terletak sekitar 10 km ke arah utara dari obyek wisata Candi Gedung Songo. Untuk menuju lokasi curug ini cukup mudah dan dapat di dicapai dengan kendaraan pribadi atau umum dengan kondisi jalan yang sudah beraspal mulus berkelok-kelok. Akses jalan menuju ke curug ini mampu ditempuh melalui Boja -Limbangan, atau dari arah Sumowono turun menuju Limbangan.

8. Tempat Wisata Gua Kiskendo Kendal
Gua Kiskendo
Gua Kiskendo ialah merupakan salah satu kekayaan wisata Kabupaten kendal, lokasi yang konon merupakan tempat tinggal tokoh pewayangan Sugriwo dan Subali ini terletak di Desa Terayu kecamatan Singorojo, Daya tarik utama dari gua ini ialah pemandangan alam dan hutannya yang masih cukup alami.

Di daerah Gua Kiskendo sendiri ada 5 buah gua yang masing-masing berjulukan Gua Lawar, Gua Kempol, Gua Tulangan, Gua Kampret, dan Gua Pertapaan. Daya tarik yang ditawarkan di Gua Kiskendo ini selain gua alam ialah pemandangan alam dengan hutannya yang masih alami, keanekaragaman flora dan fauna juga mampu dilihat ditempat ini.

Wisata goa kiskendo biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada hari-hari libur dengan tiket masuk yang cukup murah yaitu Rp 4000 perorang.

9. Tempat Wisata Curug Glawe Kendal
Curug Glawe Kendal
Curug Glawe merupakan salah satu gerojokan yang ada di Kab.Kendal, tepatnya di Dusun Kaliereng Desa Cening Kec.Singorojo. Curug setinggi lebih dari 20 meter ini terbagi menjadi dua tingkat air terjun. Tingkat yang pertama sedikit lebih tinggi dan tingkat kedua lebih rendah. Diantara kedua tingkat gerojokan ini terdapat kolam berdiameter sekitar 3 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter.

Selain itu, Jangan lupa kalau berkunjung ke curug glawe harap jaga kebersihan lingungan. disana memang belum ada tempat sampah jadi diperlukan bagi pelancong mania yg berkunjung disana membawa tas kresek yg besar supaya mampu membawa pulang sampah2nya sendiri.

10. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo
Pemandian Air Panas Gonoharjo
Pemandian Air Panas Gonoharjo di Kendal merupakan salah satu wisata alam yang digemari di Kabupaten Kendal. Wisata Pemandian Air Panas Gonoharjo ini juga dikenal dengan sebutan Gonoharjo Hot Spring Water. Seperti yang terang tertera pada namanya, di obyek pemandian ini terdapat sebuah sumber mata air panas dan juga kolam air panas. Lokasi pemandian ini jauh di tengah hutan dan dikelilingi pepohonan yang sangat sejuk.

Selain itu, Di Pemandian Air Panas Citra Asri sudah dibangun aneka macam macam kemudahan pendukung menyerupai kolam renang, pemancingan, aneka macam macam villa, Tempat parkir, kolam renang air dingin, kolam renang air panas, MCK, Kebun binatang mini, camping ground, tempat mainan anak-anak, rumah makan, kolam pemancingan, taman bunga, arena outbond tempat penginapan.

11. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Nglimut Kendal
Pemandian Air Panas Nglimut
Pemandian Air Panas Nglimut merupakan pemandian air panas yang berada di Kecamatan Limbangan tepatnya di Desa Gonoharjo. Selain kolam air panas, tempat ini juga memiliki beberapa pilihan lain menyerupai kolam renang, outboond, kebun binatang mini dan juga taman burung. Masih ada juga gerojokan kecil yang mampu dinikmati.

Tempat ini juga sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk wisata keluarga. Objek wisata ini letaknya berada di lereng Gunung Ungaran dengan pemandangan alam yang sangat mempesona, selain pemandian air panas, disini anda juga dapat menikmati air terjun.

12. Tempat Wisata Perkebunan Teh Medini Kendal
Perkebunan Teh Medini
Perkebunan Teh Medini merupakan sebuah perkebunan teh yang terletak di kaki Gunung Ungaran tepatnya di Dukuh Medini, Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan. Perkebunan Teh Medini berada pada ketinggian sekitar 1.500 mdpl. Tempat ini merupakan salah satu jalur yang mampu dilewati oleh para pendaki yang ingin naik ke Gunung Ungaran.

Di Kebun Teh Medini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati pemandangan hijaunya kebun teh serta suasana perkebunan yang sangat sejuk. Deretan tanaman teh akan menyambut kedatangan kita begitu tiba di daerah Kebun Teh Medini. Perkebunan Teh Medini menyampaikan pemandangan alam hijau dan udara yang segar.

Maka dari itu kalau anda terpesona dengan tempat wisata ini anda mampu datang saja ke sini, tetapi jangan lupa bawa kamera untuk berfoto-foto di tempat wisata mengagumkan ini.

13. Tempat Wisata Agrowisata Ngebruk Patean Kendal
Agro Wisata Ngebruk Patean
Agro Wisata Ngebruk Patean ialah sebuah perkebunan yang membudidayakan aneka macam macam buah-buahan tropis berkualitas unggul. Selain untuk menghasilkan buah-buahan yang unggul, di perkebunan ini dibuka juga untuk umum sebagai tempat wisata.

Untuk mempermudah pengunjung dalam melihat-lihat perkebunan maka disediakan pula sebuah kendaraan beroda empat wisata yang siap mengantarkan keliling ke perkebunan yang luasnya mencapai 234 hektar. Ada aneka macam macam buah yang dibudidayakan disini, diantaranya ialah durian montong yang besar dan harum, kelengkeng itoh yang legit, buah naga, rambutan, sirkaya, melon, semangka hingga jagung.

Agro Wisata Ngebruk Patean terletak di sebuah lahan seluas 234 hektar di Desa Sidokumpul Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Jika dilihat dari lokasinya bahwasanya lokasi dari Agro Wisata Ngebruk Patean ini ada d sebelah barat Kota Semarang.

14. Tempat Wisata Arung Jeram di Tubing Genting Kendal
Arung Jeram di Tubing Genting Kendal
Mungkin anda menyukai wisata alam sekaligus memacu adrenalin, river tubing, menyerupai arung jeram namun menggunakan ban, menjadi satu alternatif rekreasi atau wisata. Berada tak jauh dari Kota Semarang, Tubing Genting menyampaikan rekreasi river tubing dengan suasana asri dan alami, dengan tebing penuh bebatuan yang sangat Indah.

Wisata Tubing Genting berada di dusun Genting, Desa Getas, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Jika anda menyusuri arus sungai di Kedung Wali. Pemandangan di sepanjang jalan menuju Tubing Genting tak kalah indahnya. Di sepanjang jalan terbentang perkebunan karet nan hijau dan sejuk membuat pengunjung yang datang benar benar menikmati udara segar dan nuansa alam perbukitan Kendal ini. Dengan jalan menuju tempat ini pun relatif mulus.

Selain itu, Keunikan tempat ini yaitu tebing bebatuannya menyerupai kotak kotak dengan sudut agak bundar yang tertata rapi menyerupai bebatuan candi. Sisi tebing berbatu unik nan eksotis ini terbentang sekitar 200 meter dengan fatwa sungai untuk river tubingnya sendiri hampir 2 KM.

15. Tempat Wisata Wisata Tirta Nusantara Kendal
Tirta Nusantara Kendal
Tirta Nusatara ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang lengkap. Tempat wisata di Kendal ini menyampaikan kemudahan tempat pemancingan dan resto dengan wahana permainan air atau Waterboom. Selain itu juga dilengkapi kemudahan lainnya menyerupai Pondok Bambu, Water Toys, Area Outbond, Pendopo, Kolam Pancing dan Resto, Water Park, Kolam Renang Anak / Dewasa, Gazebo Lesehan.

Selain itu, di wisata Tirta Nusantara ada Ruang makan berada di tepian kolam (gazebo) sehingga akan sangat terasa menyenangkan. Beberapa kuliner andalan dari resto di objek wisata Tirta Nusantara ialah gurame kremes, gurame Lombok ijo, kakap asam manis, dan banyak menu lain yang tak kalah lezatnya.

16. Tempat Wisata Agrowisata Tirto Arum Baru Kendal
Agrowisata Tirto Arum Baru
Tempat Wisata  Agrowisata Tirto Arum Baru banyak menyediakan aneka macam macam kemudahan bermain dan outbound yang berada di lokasi yang luas dan asri. Tempat wisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga.

Karena di tempat ini tersedia banyak kemudahan yang menyenangkan, misalnya kolam renang, taman bermain, pemancingan, flying fox, wahana air, restoran dll. Jika anda berasal dari luar wilayah Kabupaten Kendal dan sekitarnya, juga telah disediakan hotel untu menginap dengan suasana yang hangat. Tempat wisata ini berlokasi di jalan Soekarno Hatta Barat km 2.7 Kendal Jawa Tengah.

17. Tempat Wisata Bukit Selo Arjuno Kendal
Bukit Selo Arjuna Kendal
Selo Arjuno ialah sebuah bukit berupa watu menjulang tinggi yang menyimpan sejarah unik. Bukit ini terletak di Desa Kedungboto Dusun Watu Lawang Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, sebab keunikannya tempat ini akan segera diupayakan oleh pemerintah desa dan masyarakat sebagai tempat wisata. Bukit ini masih jarang diketahui wisatawan disini anda mampu menikmati pemandangan kota Kendal dari atas bukit.

Untuk mampu hingga ke puncak Bukit Seloarjuno bukanlah perkara yang mudah walaupun sudah diberi semacam pegangan dari besi. Anda harus memanjat watu dengan kemiringan 90 derajat, bagi para pecinta petualangan ini mampu menjadi sesuatu yang mengasyikan tersendiri, belum hingga disitu saja kita harus memannjat watu dengan berpegangan akar tumbuhan.

18. Tempat Wisata Promas Greenland
Promas Greenland Kendal
Nah tempat wisata selanjutnya yaitu Promas Greenland, wisata ini merupakan wisata alam yang terletak di lereng gunung Ungaran yang mempunyai beberapa sumber air panas. Didukung oleh pemandangan mengagumkan dan udara yang sejuk, daya tarik wisata ini dikembangkan dengan beberapa kemudahan cafetaria, kolam renang dan ruang-ruang untuk pemandian air panas sulfur yang baik untuk kesehatan dan penyakit kulit.

19. Tempat Wisata Desa Wisata Sembrani
Desa Sembrani Kendal
Desa Wisata Sembrani merupakan singkatan dari Desa Wisata Semangat Berkuda dan bertani. Desa ini terletak diantara Desa Leban dan Desa Pasigitan Kecamatan Boja. Desa Wisata ini menyuguhkan suasana pedesaan yang sangat menakjubkan. Dilengkapi dengan kemudahan stable (area berkuda), pendopo, homestay, kebun durian, area persawahan, dll sangat cocok menjadi daerah tujuan wisata keluarga.

20. Tempat Wisata Sekartama Waterland Kendal
Sekartama Waterland
Sekartama Waterland merupakan obyek wisata buatan yang terletak di desa Nawangsari, Kecamatan Weleri, berada di sekitar 18 Km sebelah barat Kabupaten Kendal. Wahana Wisata dengan mengusung konsep keluarga dan bertema wisata air dilengkapi tiga seluncuran dengan tiga tingkatan berbeda ditengah taman artistik yang ditumbuhi palem dan rumput jepang segar akan memanjakan keluarga yang mengunjunginya.

Ditambah dengan air berwarna biru jernih terkena pantulan sinar matahari dengan kedalaaman tak lebih dari setengah meter juga membuat balita aman dalam bermain didalamnya. SWL juga dilengkapi dengan Foodcourt atau sentra makanan dan jajanan di sebelah kiri gedung yang dibangun megah.

21. Tempat Wisata Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul Kendal
Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul
Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul Terletak di Desa Mergosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Wisata Kendal Kampoeng Djowo Sekatul ini menyampaikan lokasi berlibur yang sangat atraktif, yaitu pengunjung disuguhi dengan suasana pedesaan yang sangat asri lengkap dengan beberapa rumah yang masih bernansa tradisional.

Namun tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati kemudahan pendukung lainnya misalnya berupa penginapan, out bond, bumi perkemahan, flying fox dll. Lokasi tempat ini berada di perbukitan Medini di kaki Gunung Ungaran dengan lahan seluas sekitar 12 hektar.

Baca ini : 20 Tempat Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 21 Tempat Wisata di Kendal yang Wajib Dikunjungi semoga mampu bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar