39 Tempat Wisata di Pekalongan Paling Populer Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pekalongan - Pekalongan merupakan sebuah nama Kabupaten dan Kota yang berada di Jawa Tengah. Kota dan Kabupaten Pekalongan terletak berimpitan, Kota Pekalongan berada di sebelah utara sedangkan Kabupaten Pekalongan di sebelah selatan.

Kabupaten Pekalongan berbatasan eksklusif dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Batang di sebelah timur, Kabupaten Bajarnegara di sebelah selatan dan Kabupaten Pemalang di sebelah barat. Pekalongan menjadi salah satu pusat produsen batik yang cukup terkenal. Batik Pekalongan menjadi salah satu produk batik unggulan dari Jawa Tengah disamping Batik Solo.

Selain terkenal dengan batiknya, Pekalongan juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang terkenal. Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa tempat wisata yang terletak baik di Kota Pekalongan ataupun yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Pekalongan.

Baca ini : Tempat Wisata di Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pekalongan Paling Populer Wajib Dikunjungi
Berikut ini ialah sejumlah tempat wisata di Pekalongan yang wajib Anda kunjungi, beberapa di antaranya ialah destinasi wisata di Pekalongan yang cantik dan mempesona di kalangan penikmat perjalanan.

Tempat Wisata Gunung Kendalisodo Pekalongan
Gunung Kendalisode
Apakah anda suka dengan aktivitas mendaki? jikalau iya, anda coba mendaki gunung di pekalongan yaitu Gunung Kendalisodo, Gunung ini sangat cocok untuk memuaskan hasrat mendaki anda. Gunung ini tingginya hanya sekitar 1.695 meter diatas permukaan laut. 

Menikmati semburat matahari pagi di puncak Hanoman Gunung Kendalisoda yang berjarak 4 Km dari kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan Jawa tengah ini, menciptakan kesan tersendiri.

Sehingga bisa juga menjadi spot mendaki bagi pemula yang ingin mencoba hiking. Berlokasi di kecamatan Petungkriyono, Pekalongan, gunung ini tak hanya menjadi tempat wisata kota pekalongan saja, namun juga banyak digunakan sebagai tempat melaksanakan ritual moral tertentu oleh masyarakat setempat.

Tempat Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan
Pantai Pasir Kencana
Tempat wisata di pekalongan juga ada nih destinasi pantai cantik yang bisa dikunjungi dikala liburan yakni pantai Pasir Kencana. Pantai Pasir Kencana merupakan pantai dengan panorama indah, terutama dikala sore menjelang.Dengan ditemani hembusan angin khas pantai, tempat nongkrong yang asik, serta pemandangan matahari terbenam yang sangat epic, tentunya menjadi momen liburan yang sangat menyenangkan. 

Fasilitas di daerah pantai Pasir Kencana juga sudah sangat lengkap, mirip ada mushola, toilet, kamar mandi, tempat makan, taman untuk piknik dan bersantai, dan akomodasi lainnya yang bisa membuat pengunjung semakin betah berlama-lama dberada pada tempat wisata menarik di pekalongan yang satu ini. Untuk bisa tiba di pantai Pasir Kencana ini jarak yang harus ditempuh hanya sekitar 4,5 km saja dari pusat kota Pekalongan.

Tempat Wisata Gunung Rogojembangan Pekalongan
Gunung Rogojembangan
Gunung Rogojembangan ialah sebuah gunung yang terdapat di perbatasan Banjarnegara dan Pekalongan. Secara administratif gunung ini berada di kecamatan wanayasa kabupaten Banjarnegara. Gunung ini ialah salh satu puncak dari pegunungan Serayu utara yang menjulang dari sebalah barat dieng hingga mendekati Gunung Slamet. Gunung Rogojembangan memiliki ketinggian sekitar 2117 mdpl. 

Gunung ini memiliki 2 jalan masuk pendakian, yang pertama bisa melalui kecamatan wanayasa Kabupaten Banjarnegara dan Kecamatan Petungkriono Kabupaten Pekalongan. Ada beberapa desa yang mengelilingi kaki gunung ini yaitu: Gumelem, Semego, Balun dan Karang Tengah. Namun jalur pendakian yang paling sering dilalui ialah dari desa Gumelem dan melalui desa Semego.

Tempat Wisata Curug Bajing Pekalongan
Curug Bajing Pekalongan
Curug Bajing merupakan primadona gres tempat wisata di kabupaten Pekalongan, tepatnya di desa telogopakis, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan. Yang konon keindahan bisa membuat takjub setiap orang yang mendatanginya. Karena selain keindahan curug itu sendiri, juga alasannya lokasinya yang berada di daerah pegunungan Petungkriono yang sudah lama terkenal akan keasriannya. 

Sehingga banyak orang mulai berbondong-bondong datang ke wanawisata ini untuk berwisata atau sekedar memenuhi rasa penasarannya.Curug Bajing ini terdiri dari beberapa tingkat air sehingga semakin membuatnya tampak indah. Berada di Curug Bajing sangat tidak lengkap jikalau tidak mencoba berenang di airnya, alasannya kesejukan airnya yang jernih serta bunyi gemuruh deburan penderasan di Curug Bajing pastinya bisa membuat kita semakin fresh dan rileks.

Tempat Wisata Pantai Slamaran Pekalongan
Pantai Slamaran
Pantai Slamaran Indah terletak di sebelah timur Pantai Pasir Kencana, dibatasi oleh muara Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, dapat dicapai lewat muara pelabuhan dengan perahu pesiar dan lewat jalur darat dengan menggunakan angkutan umum sekitar 5 Km dari pusat kota atau terminal bus Kota Pekalongan. 

Sebagai daerah wisata, Pantai Slamaran memiliki pemandangan yang sangat indah, udara yang segar dan dapat pula disaksikan terbit dan terbenamnya matahari sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Luas lahan Pantai Slamaran Indah sekitar 3,5 Ha, dilengkapi akomodasi lahan parkir yang luas, rumah makan, warung makan serta perahu sewa yang siap mengantarkan pengunjung berkeliling di sekitar Pantai Slamaran.

Tempat Wisata Pantai Depok Pekalongan
Pantai Depok
Pantai Depok yang mempunyai panorama yang memanjakan wisatawan. Pantai ini mempunyai ombak yang landai / damai sehingga cocok di gunakan sebagai tempat wisata keluarga di pekalonga. Anda tidak perlu khawatir jikalau anak anda bermain di pantai tersebut alasannya ombaknya yang kecil. 

Walaupun begitu tetap harus dalam pengawasan ya. Alamat pantai depok pekalongan : untuk lokasi pantai depok pun mudah di temukan yaitu berlokasi di Ds Depok, Kec Siwalan Pekalongan. Nama pantai depok juga tidak hanya ada di peklaongan, di bantul yogyakarta pun mempunyai wisata pantai yang berjulukan pantai depok.

Tempat Wisata Desa Wisata Lolong Pekalongan
Desa Wisata Lolong Pekalongan
Desa wisata lolong ini menyuguhkan wisata masakan durian, mendengar nama durian bagi anda pecinta durian mirip saya pastinya eksklusif tertarik dong untuk tahu lebih lanjut perihal desa wisata lolong tersebut. Di desa wisata tersebut menyuguhkan banyak sekali maca jenis durian dengan kualitas yang unggulan. 

Bagi anda pencinta durian mungkin desa wisata lolong ini menjadi destinasi wajib yang harus di kunjungi ketika berkunjung ke pekalongan. Untuk lokasi desa wisata loong sendiri berada di Desa lolong, Kec karanganyar, Pekalongan. Selain menyuguhkan wisata durian yang sungguh menggoda, desa wisata ini juga mneyediakan wisata adventure mirip halnya river stubing yang di lakukan di sungai sengkarang.

Tempat Wisata Kebun Teh Pagaliran Pekalongan
Kebun Teh Pagaliran
Ternyata pekalongan juga mempunyai argowisata kebun teh yang sayang jikalau anda lewatkan ketika liburan ke pekalongan. Jika anda menginkan destinasi wisata yang mempunyai hawa sejuk nan asri mungkin argowisata kebun teh pagaliran ini cocok bagi anda.

Selain itu, Hawa sejuk serta hamparan tanaman teh yang berundak-undak tentunya menjadi pemandangan yang sangat epic dan bisa jadi latar berfoto terbaik. Ini ialah tempat yang sempurna untuk menambah koleksi foto instagram kamu.

Sebenarnya kebun teh ini masuk ke wilayah kabupaten batang, namun dekat dengan pekalongan denan jarak hanya sekitar 40 kilometer. Kebun teh tersebut berlokasi di perbukitan dieng jawa tengah tepatnya di desa pagilaran kecamatan blado, Batang.

Tempat Wisata Linggo Asri Pekalongan
Linggo Asri
Di Linggo Asri ada banyak pilihan rekreasi keluarga yang lengkap, mirip bumi perkemahan, outbond, kolam renang, mini zoo, tracking hutan, hingga arung jeram yang menantang. Cocok banget deh untuk jadi destinasi outing bersama keluarga, sobat kantor, tempat malam keakraban kampus, atau bisa juga tempat kemah bareng sahabat. 

Linggo Asri ini juga menunjukkan panorama khas perbukitan yang masih sangat asri dan penuh pesona.Berada di ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut, Linggo Asri ini menunjukkan pemandangan cantik plus pengalaman seru yang tak terlupakan. Di final pekan, ada banyak rombongan kantor maupun keluarga yang menghabiskan final pekan mereka dengan mencoba banyak sekali jenis tantangan outdoor di tempat ini.

Tempat Wisata Bukit Pawuluhan Pekalongan
Bukit Pawuluhan
Bukit Pawuluhan terletak di Desa Gembong, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan. Orang kerap menyebutkan bahwa kita dapat melihat golden sunrise di bukit pawuluhan. Jalur pendakiannya cukup mudah dan tidak perlu menggunakan peralatan profesional. Perjalan dari desa terdekat ke puncak bukit hanyalah dalam kisaran waktu 2 jam berjalan kaki. 

Dari puncak, kita dapat melihat jajaran perbukitan di sekitar wilayah pekalongan yang sebesarnya daerah pesisir namun beberapa wilayahnya tetap dataran tinggi. Jarak tempuh dari pusat kota pekalongan ke bukit pawuluhan kurang lebih 3 jam perjalanan darat menuju ke kecamatan kandangserang. Karena medan yang cukup sulit, jalur ke bukit pawuluhan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Tempat Wisata Museum Batik Pekalongan
Museum Batik Pekalongan
Nah yang sudah kami sampaikan di awal bahwa Pekalongan terkenal dengan Batik Khasnya yang diberi nama Batik Pekalongan. Batik Pekalongan merupakan sebuah warisan budaya yang sudha ada semenjak aman dahulu dan dibuat secara turun temurun hingga sekarang ini.

Oleh alasannya tu Kota Pekalongan diakui sebagai Kota Batik Internasional. Oleh alasannya itu sangatlah beralasan apabila di Kota ini dibangun sebuah Museum Batik. Di dalam Museum Batik di Pekalongan ini disimpan koleksi sebanyak 1149 batik serta banyak sekali macam benda yang bekerjasama dengan batik termasuk alat membuat batik itu sendiri.

Tempat Wisata Curug Muncar Pekalongan
Curug Muncar Pekalongan
Ada banyak sekali curug yang terdapat di Pulau jawa ini. Beberapa diantaranya memiliki nama yang sama. Sebagai contohnya ialah di Kabupaten Pekalongan terdapat Curug berjulukan Curug Muncar. Destinasi wisata Pekalongan Curug Muncar ini memiliki kesamaan nama dengan Curug Muncar yang terdapat di Purworejo.

Curug Muncar di Pekalongan terdapat di ketinggian 1.249 mdpl dimana di sekitarnya terdapat pemandangan yang snagat eksotis lereng Gunung Rogojembangan. Lokasi Curug Muncar ini tepatnya ialah di Desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.

Tempat Wisata Curug Bidadari Jolotigi Pekalongan
Curug Bidadari Jolotigi
Tempat Wisata yang ada di pekalongan berikutnya ialah Curug Bidadari Jolotigi. Berlokasi di desa Purbo Jolotigi, Kecamatan Talun, Pekalongan, objek wisata satu ini menunjukkan panorama curug yang khas dan eksotis.

Di Curug Bidadari Jolotigi ini terdapat 5 aliran air yang cantik dan berbentuk mirip kolam renang, sehingga banyak pula yang menyebutnya sebagai Curug Batu Dinding Kolam Lima.Destinasi wisata alam satu ini juga sangat cocok untuk jadi tempat hunting foto alasannya keindahan panorama sekitarnya.

Tempat Wisata Pantai Wonokerto Pekalongan
Pantai Wonokerto
Pantai Wonokerto memiliki keindahan tersendiri yaitu pemanangan sunset yang indah. Selain itu di daerah Pantai Wonokerto ini jugaterdapat sebuah pelelangan ikan. Kaprikornus jikalau anda beruntung anda dapat menemui banyak pedagang ikan yang menjajakan ikan hasil tangkapan eksklusif dari nelayan setempat. Pada saat-saat tertentu di Pantai ini diselenggarakan program nyadran sebagai wujud rasa syukur para nelayan atas hasil melaut yang melimpah.

Tempat Wisata Hutan Mangrove Pekalongan
Hutan Mangrove Pekalongan
Berada di Pekalongan, objek wisata alamnya memang sangatlah lengkap. Tak hanya pantai, gunung, dan curug, di Pekalongan juga ada lho spot hutan Mangrove yang bisa dikunjungi.Hutan Mangrove Pekalongan ini awalnya merupakan tempat tambak udang yang dikelola oleh pemerintah Pekalongan.

Yang kemudian diubah menjadi hutan bakau atau mangrove dengan tujuan untuk menahan pengikisan air di daerah tersebut.Karena keindahan deretan pohon mangrove yang tertata rapi yang membuat pemandangan hutan mangrove kian penuh pesona, tak heran hutan mangrove ini kemudian menjadi ramai sebagai tempat wisata.

Tempat Wisata International Batik Center
Internastional Batik Center
Nah setelah melihat banyak sekali macam koleksi batik di Museum Batik, tak lengkap rasanya apabila tidak membawa batik sebagai buah tangan khas dari Pekalongan. Untuk memperolah barang yang bagus dengan banyak sekali macam pilihan, anda harus mencoba mengunjungi International Batik Center.

Di International Batik Center ini dijual banyak sekali macam koleksi Batik yang tidak hanya ari Pekalongan sendiri namun juga koleksi batik dari daerah lain mirip Cirebon, Solo dll. Lokasi International Batik Center ialah di Jalan A Yani Nomor 573 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.

Tempat Wisata Pasar Grosir Batik Setono
Pasar Batik Setono
Pasar grosir batik setono jawa tengah terletak di kota batik, pekalongan ini telah lama berdiri ini memang menjadi salah satu pusat batik di Indonesia. Pasar grosir yang didirikan pada tahun 1939 itu awal mulanya didirikan oleh mereka yang mahir dalam membatik.

Setelah sekian lama, pusat grosir batik tersebut masih tetap bertahan dengan ketenarannya. Pusat grosir ini terletak di Jalan Dr. Soetomo Pekalongan. Sebuah jalur utama pantai utara yang menghubungkan Kota Tegal dan Semarang. Produk yang dijual di pasar tersebut memiliki beberapa ciri khas, yakni pada corak batiknya dan harganya. Itulah kilasan pasar grosir batik setono jawa tengah.

Tempat Wisata Kuliner Sego Megono Pekalongan
Sego Megono Pekalongan
Sego megono ialah salah satu masakan nusantara khas dari daerah pekalongan jawa tengah. Megono memiliki cita rasa yang cukup unik, terasa sangat enak dilidah dan harganya jauh lebih murah. Bahan dasar megono sama dengan materi dasar gudeg jogja hanya saja megono tidak berkuah. Biasanya megono terbuat dari materi dasar nangka muda atau gori yang dicincang garang dan dicampur dengan parutan kelapa muda serta bumbu-bumbu khas yang sedap dan menggugah selera.

Namun seiring perkembangan jaman masyarakat kota pekalongan sering mengkombinasikan sayur , ikan, dan daging sehingga nasi megono lebih lezat dan bergizi. Megono dengan berbahan dasar gori sering disut dengan nama megono cecek. Sedangkan jikalau berbahan sayur dikenal dengan megono paris. Megono juga dapat dibuat dari materi dasar batang pohon bambu muda yang disebut megono bung.

Tempat Wisata Watu Ireng Pekalongan 
Watu Ireng Pekalongan
Mungkin anda suka dan sering penasaran dengan hal-hal mistis, mungkin salah satu wisata pekalongan ini bisa anda kunjungi. Yaitu wisata misteri watu ireng yang berlokasi di Ds lambur, Kec Kendang Serang, Pekalongan. jarak dari dari kota pekalongan pun cekap dekat, yaitu hanya berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota pkelaongan.

Watu Ireng sendiri mempunyai arti kerikil hitam dalam bahasa indonesia. kerikil hitam yang berada di lokasi tersebut di perkirakanan memiliki rongga dan tidak ada satu orang pun tahu asal mula dari kerikil tersebut. Walaupun tergolong wisata mistis namun sebetulnya wisata tersebut tidak angker kok.

Tempat Wisata Curug Cinde Pekalongan
Curug Sinde
Curug Cinde merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kecamatan Lebakbarang tepatnya di Desa Depok. Jarak Desa Depok sendiri kira � kira 24 Km dari Tugu Durian Kecamatan Karanganyar. selama perjalanan menuju objek wisata ini kita akan disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona dan masih asri, mulai dari perjalanan melewati tengah hutan,

Jalan pegunungan yang berkelok � kelok dengan tanjakan serta turunan dan gemericik bunyi air sungai. Suasana alam pedesaan khas daerah pegunungan akan nampak dari deretan perkampungan yang dilalui.

Untuk buah tangan dari daerah ini, pelancong wisata alam dapat membeli kopi tumbuk asli Lebakbarang, madu hutan dan gula merah aren alami tanpa pengawet. Desa Mendolo Kecamatan Lebakbarang sudah dikenal sebagai pengumpul madu hutan dan Desa Timbangsari sebagai pusat pengrajin gula aren di Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan.
  1. Masjid Agung Al Jami Pekalongan, Terletak Jl. KH Wahid Hasyim, depan Alun-alun Kota Pekalongan, dibangun oleh Tumenggung Adinegoro Aryo Wiryo Pekalongan pada 1852.
  2. Wisata Alam Rogoselo berada di Desa Rogoselo, sekitar 14 km dari Kota Doro, berupa cagar alam Arca Baron Sekeber dan Makam Ki Gede Atas Angin.
  3. Situs Baron Sekeber, Tempat wisata di Pekalongan berupa arca peninggalan dari jaman Hindu Buddha di Dukuh Kaum, Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan
  4. Situs Lingga Yoni, Peninggalan kebudayaan Hindu di tengah persawahan Desa Tlogopakis, Petungkriyono
  5. Pura Lingga Buana Ksira Arnawa, Sebuah pura Hindu yang ada di Jl. Pandanarum, Kelurahan Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara
  6. Petilasan Ki Ageng Cempaluk, Desa Kesesi, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, juga dikenal sebagai Ki Ageng Ngerang, ayah dari Tumenggung Bahurekso.
  7. Pendopo Kajen Pekalongan, Pendopo yang cukup megah dengan lingkungan sekitar luas dan asri, serta jalanan di bab depan yang sangat lebar.
  8. Lapangan Jetayu Pekalongan, Area lapangan yang cukup luas ini juga dikenal sebagai Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan, merupakan daerah terbuka hijau yang juga menjadi taman bermain segala usia.
  9. Gua Batu Doro, Dukuh Kopeng, Desa Pungangan, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, seratus limapuluh meter dari Makam Ki Gede Penatas Angin.
  10. Kelenteng Po An Thian, Jl. Blimbing No. 3-5-7, Nama Po An Thian atau Bao An Dian berarti �Istana Mustika Keselamatan�, didirikan pada 1882.
  11. Ekowisata Petungkriyono, Kecamatan Petungkriyono, di lereng Gunung Ragajambangan, 30 km dari Kota Kajen, berhawa sejuk, dengan air terjun, bumi perkemahan dan peninggalan sejarah.
  12. Wisata Bahari, Sebelah pelabuhan Pekalongan, 4 km dari pusat kota, dengan beragam hiburan mirip akuarium ikan laut dan air tawar, dan taman bermain anak.
  13. TPI Kota Pekalongan, Gerbang masuk berada di daerah PPNP (Pelabuhan Perikanan Nasional Pekalongan). Lokasinya persis di samping Sungai Loji, sekitar 500 meter sebelum muara.
  14. Masjid Wakaf,  Masjid bau tanah bersejarah yang ada di JL. Surabaya, No. 47, Sugih Waras, Kota Pekalongan
  15. Makam Habib Ahmada Sapuro, Sekitar 100 meter dari jalan Jendral Sudirman, 2 kilometer ke arah barat dari Terminal Induk Kota Pekalongan.
  16. Pohon Beringin Trembesi, Pohon beringin besar dengan pohon trembesi menjulang di tengahnya Jl Patiunus, pohon yang unik di bantaran Sungai Kupang.
  17. Masjid Aulia Sapuro, Lokasinya berjarak 37 km dari pusat kota di tengah pemakaman Sapuro, Pekalongan Barat, yang berdiri semenjak 1714 dengan tiang penyangga sisa pembangunan Masjid Demak, ada Al-Quran raksasa.
  18. Gereja Kristen Santo Petrus Pekalongan, Gaya bangunannya yang mirip bangunan Eropa dengan pilar-pilar tinggi. Lokasi gereja ini memang sangat strategis, berada di dekat Jembatan Loji
Baca juga : Tempat Wisata di Surabaya yang Dapat Membuat Anda Kagum

Demikian mengenai 39 Tempat Wisata di Pekalongan Paling Populer Wajib Dikunjungi Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar