18 Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Madiun - Madiun merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 160 km sebelah barat Surabaya, atau 111 km sebelah timur Surakarta, Jawa Tengah. Di kota ini terdapat sentra industri kereta api . Selain itu, Madiun dikenal memiliki Lapangan Terbang Iswahyudi, yakni salah satu pangkalan utama AURI, meski sebetulnya terletak di Kabupaten Magetan. Madiun memiliki julukan Kota Gadis, Kota Brem, Kota Pelajar, Kota Sepur, dan Kota Industri.

Madiun ini berbatasan secara eksklusif dengan Magetan dan Ngawi di sebelah barat dan juga berbatasan dengan Nganjuk disebelah timur. Sedangkan untuk sebelah utara berbatasan eksklusif dengan Bojonegoro dan di sebelah selatan berbatasan eksklusif dengan Ponorogo.

Di Madiun sendiri banyak sekali mempunyai segudang tempat wisata yang sangat bagus diantaranya menyerupai wisata alam serta wisata sejarah semua ada di Madiun, kalau anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok yaitu madiun, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi kalau anda berkunjung dengan keluarga, pasangan maupun sahabat dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Baca juga : 32 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini yaitu sejumlah tempat wisata di Madiun yang wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata jambi ini yaitu wisata alam yang menawan.

1. Tempat Wisata Rekreasi Umbul Madiun
Tempat Rekreasi Umbul Madiun
Tempat wisata di Madiun yang pertama yaitu Tempat Rekreasi Umbul. Tempat rekreasi Madiun ini yaitu tempat yang sangat cocok untuk bersantai bersama dengan keluarga. Tempat ini merupakan sebuah tempat peninggalan Belanda yang hingga dikala ini masih sangat menarik dan masih sangat populer di Madiun.

Di tempat ini anda akan disuguhi dengan pesanggrahan, kebun binatang mini dan yang paling menjadi favorit yaitu kolam renang air belerang, dimana orang-orang sangat betah untuk berendam di dalam kolam yang airnya bersuhu tinggi ini.

Berbeda dengan taman lain pada umumnya, Taman Umbul menyampaikan keindahan alam dan sesuatu yang berbeda. Kelebihan dari taman ini yaitu letaknya begitu dengan alam. Taman Wisata Umbul berada di Desa Glonggong, kecamatan Dolopo yang berjarak 20 km kearah selatan kota Madiun.

2. Tempat Wisata Air Terjun Saweru Madiun
Air Terjun Saweru Madiun
Air Terjun Seweru yaitu salah satu tempat wisata di Madiun yang wajib kita kunjungi. Pemandangan penderasan disini sangat bisa membuat pikiran dan hati kita menjadi sangat tenang. Karena di tempat ini anda bisa bersantai sambil ditemani bunyi gemericik dari percikan-percikan penderasan dan juga udara yang sangat sejuk dan segar.

Air Terjun Seweru berada pada ketinggian sekitar 400 mdpl. Air terjun ini berada di lereng Gunung Wilis. Lokasinya penderasan ini berada di wilayah perkebunan kopi kandangan tepatnya di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Kaprikornus tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas penat akan rutinitas sehari-hari. objek Wisata di Madiun yang satu ini sangat sering dikunjungi mereka yang menyukai kegiatan rekreasi yang bekerjasama dan bernuansa alam.

3. Tempat Wisata Alam Wana Wisata Grape Madiun
Wana Wisata Grape 
Wana Wisata Grape merupakan salah satu tempat wisata di Madiun yang sangat disukai oleh mereka yang gemar berpetualang. Di tempat wisata ini anda dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang biasanya kita lakukan di alam. Seperti misalnya kemah/camping, dan wahana-wahana alam lainnya yang akan sangat menyegarkan pikiran anda.

Selain itu, disini anda bisa menikmati sebuah perdesaan yang disetting sedemikian rupa menjadi tempat wisata yang mengajak pengunjungnya bisa kembali menikmati suasana alam perdesaan, di tempat ini juga terdapat mata air alami yang berasal dari Pengunungan Dungus.

Lokasi tempat wisata ini berada di tepian hutan jati jadi suasanannya sangat hening dan sangat natural. Di tempat ini juga tersedia taman bermain untuk anak, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para orang bau tanah yang ingin menyenangkan anaknya.

4. Tempat Wisata Alam Gunung Wilis Madiun
Gunung Wilis Madiun
Gunung Wilis merupakan salah satu gunung di Jawa Timur yang menantang untuk didaki meski gak terlalu tinggi. Apalagi, gunung ini memiliki beberapa puncak dengan jalur pendakian dari beberapa kota. Salah satu jalur pendakian untuk menjelajah Gunung Wilis yaitu lewat Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Jika memulai pendakian, anda bisa lapor dulu kepada petugas di pos Kempo yang terletak di perkebunan kopi Kandangan setelah melewati Desa Kare. Selanjutnya, kau bisa meneruskan perjalanan dengan sepeda motor atau menumpang ojek hingga ke dusun Pulosari. Setelah itu, barulah kau memulai trekking ke puncak.

Gunung wilis terkenal akan lebatnya hutan dan satwa liarnya, di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yg sangat indah, banyak dijumpai satwa liar, perbukitan, penderasan serta lembah.

5. Tempat Wisata Air Terjun Krecekan Denu Madiun
Air Terjun Krecekan Denu
Tempat wisata Air Terjun Krecekan Denu berlokasi di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun ini berada tidak jauh dari Wisata Grape. Untuk menuju kelokasi penderasan ini, anda sudah dimudahkan dengan jalan yang sudah lebih halus dengan aspal.

Untuk Jarak jangkaunya sekitar 20 KM dari sentra kota, meskipun debit airnya tidak begitu deras namun penderasan setinggi kurang lebih 20 meter ini memiliki keindahan tersendiri.

Pengunjung bisa menikmati penderasan dengan nuansa pegunungan dan pemandangan pegunungan yang indah, air yang jernih, dan dikelilingi bebatuan sehingga menambah kesan artistik bagi para pengunjung yang ingin berfoto ataupun sekedar menikmati suasana sambil bersantai sejenak.

6. Tempat Wisata Air Terjun Kucur Madiun
Air Terjun Kucur Madiun
Tempat Wisata Air Terjun Kucur Terletak di Dusun Pucang Sawit Desa Padas Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, penderasan ini termasuk gres dikenal orang. gres pada tahun 2008 penderasan ini dikenal masyaraka, sebab penderasan ini termasuk penderasan buatan.

Menurut dongeng dulu di Dusun Pucang Sawit penduduknya sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih meskipun sebetulnya berada dikaki pegunungan Wilis yang cantik untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada ekspresi dominan kemarau.

Air Terjun ini bertingkat - tingkat ada 4 tingkatan pada tingkat teratas penderasan ini memiliki ketinggian 15-20 meter, untuk yang lain hanya memiliki ketinggian 2-3 meter saja.

7. Tempat Wisata Air Terjun Banyulawe Dong Madiun
Air Terjun Banyulawe Madiun
Tempat Wisata Air terjun Banyulawe terletak di Dusun Gligi, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun yang berada sempurna di balik lereng Pegunungan Wilis ini menyampaikan suasana sejuk khas pegunungan yang bakal buat kau rileks sejadi-jadinya.

Air Terjun ini sudah sering dikunjungi bahkan di sekitar tempat penderasan juga sudah didirikan warung-warung yang menjajakan makanan. Untuk menikmati kesejukan penderasan Banyulawe. penderasan Banyulawe yang sederhana tapi mempesona.

Air terjun ini tersembunyi di balik hutan di desa Kepel Kecamatan Kare. Memang tidak mudah menemukan penderasan ini, tapi kalau nyasar, anda bisa memanfaat GPS atau Gunakan Penduduk Sekitar dengan bertanya.

8. Tempat Wisata Waduk Bening Widas Madiun
Waduk Bening Widas
Waduk Bening Widas yaitu berupa bendungan yang terletak di Dusun Petung Desa Pajajaran, Kecamatan Sadaran jaraknya sekitar 40 km dari Koa Madiun. Walaupun hanya berupa waduk, tempat ini biasa dijadikan tempat wisata bagi warga sekitar. Di tempat wisata yang satu ini anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah, yaitu lereng-lereng gunung Kendeng dan bentangan hutan jati.

Selain itu, Disini anda bisa menikmati segala pemandangan yang bagus sambil menikmati sajian ikan bakar yang dimasak menggunakan bumbu khas Madiun. Waduk ini airnya sangat melimpah kalau ekspresi dominan penghujan tiba sehingga waduk ini juga sering dimanfaatkan sebagai waduk irigasi.

9. Tempat Wisata Situs Bersejarah Nglambangan Madiun
Situs Nglambangan Madiun
Situs Nglambangan yaitu sebuah situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Ditempat ini terdapat sebuah pura yang digunakan untuk menyimpan beberapa pusaka. Setiap malam 1 Suro, tempat ini juga digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat upacara adat.

Disini ada sejumlah bangunan dan artefak yang masih terjaga hingga sekarang, sepertiPura Lambangsari, Watu Dakon yang biasa digunakan untuk menyimpan pusaka, punden, lumbung, sumur kuno, serta Sendang Jambangan. Datang ke tempat ini, kau akan diajak kembali mengarungi masa lalu dan membayangkan kejayaan kerajaan Nusantara di masa dahulu.

10. Tempat Wisata Waduk Kedungbrubus Madiun
Waduk Kedungbrubus
Waduk Kedungbrubus merupakan sebuah bendungan yang letaknya berada di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun dan berbatasan eksklusif dengan Kabupaten Bojonegoro. Bendungan ini mulai dibnagun pada tahun 2008 yang difungsikan sebagai salah satu sarana penunjang irigasi dan juga sumber air.

Waduk Kedungbrubus berada di sekitar dusun Kedungbrubus. Fungsi dari waduk ini yaitu sebagai tempat untuk membendung aliran air sungai. Waduk ini selain sebagai tempat untuk menampung air sungai sebagai sarana irigasi, juga dijadikan tempat wisata di Madiun.

Selain itu, Di pinggir waduk terdapat warung-warung makan yang menyediakan ikan bakar, jadi sambil menikmati ikan khas dari waduk, pengunjung juga dapat sambil menikmati keindahan hutan jati yang ada di sekitar waduk.

11. Tempat Wisata Makam & Masjid Kuno Taman
Makam dan Masjid Kuno Taman
Makam dan Masjid Kuno Taman merupakan Peninggalan sejarah yang berada di Kelurahan Taman, Madiun. Nama lain dari masjid ini yaitu Masjid Donopuro atau Masjid Besar Kuno Madiun. Cagar budaya ini berada di kompleks Makam dan Masjid Kuno Taman. Sesuai dengan namanya, di tempat ini terdapat sebuah masjid kuno nan klasik yang masih berdiri kokoh.

Meski kuno, masjid ini juga sudah terdapat sentuhan modern berupa tembok, alih-alih kayu. Meski begitu, secara umum dikuasai adegan masjid memang terbuat dari kayu. Termasuk tiang penyangga yang berupa gelondongan kayu bulat. Masjid ini telah ada semenjak 1754. Di lingkungan masjid ini ada makam Kanjeng Kyai Ageng Mohamad Kholfah yang tak kalah kuno.

12. Tempat Wisata Monumen Kresek Madiun
Monumen Kresek Madiun
Monumen Kresek yaitu monumen bersejarah yang merupakan peninggalan dan sebagai saksi atas Peristiwa Madiun. Monumen Kresek terletak di Desa Kresek Kecamatan Wungu berjarak sekitar 8 km ke arah Kota Madiun.

Tempat ini biasa dijadikan sebagai tempat piknik bagi warga Madiun. Suasan yang teduh, pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk sangat pas untuk melaksanakan kegiatan piknik. Pada tanggal 1 Oktober di tempat ini selalu diadakan upacara untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila oleh Pemkab Madiun dan diikuti oleh Peserta dari seluruh Kabupaten Madiun dan Kota Madiun.

Monumen Kresek juga mempunyai akomodasi yang memadai untu para pengunjung yang mampir ke tempat ini, akomodasi yang disediakan yaitu sebagai berikut musholla, jogging track, rumah makan, dan mainan anak.

13. Tempat Wisata Sun City and Theme Park
Tempat wisata Sun City Water and Theme Park
Tempat wisata Sun City Water and Theme Park merupakan salah satu tempat wisata di Madiun yang bisa dikunjungi, sesuai dengan namanya tempat ini menyampaikan wahana bermain air dan juga wahana permainan darat atau juga disebut theme park.

Tempat wisata ini letaknya sangat strategis sebab berada di tengah kotadan berada dalam satu area dengan Suncity Mall Madiun tepatnya berada di Jalan S. Parman No.8 Kota Madiun.

Sun City Water and Theme Park berlokasi di sebuah tempat wisata terpadu bersama The Sun Hotel dan Sun City Mall Madiun, selain bisa bermain air di waterpark yang dilengkapi dengan perosotan, kolam arus serta permainan lainnya, pengunjung juga bisa menikmati permainan yang tersedia di Sun City Theme Park.

14. Tempat Wisata Dumilah Water Park Madiun
Dumilah Water Park
Dumilah Water Park merupakan tempat wisat yang berada di jantung Kota Madiun. Tempat wisata di Madiun ini menjadi destinasi tempat wisata utama bagi warga sekitar Madiun.

Di Dumilah Water Park para pengunjung dapat beranekaragam permainan air, dan sudah terdapat akomodasi yang memadai. Fasilitas yang dimiliki oleh tempat wisata ini yaitu game zone, water zone dan juga terdapat pujasera.

Bagi para pengunjung yang hobi memancing, di tempat ini juga terdapat tempat pemancingan. Dumilah Water Park sangatlah cocok sebagai tujuan liburan final pekan bersama keluarga, disini juga tersedia banyak sekali wahana permainan untuk anak.

15. Tempat Wisata Tirto Nirmolo Waterpark Madiun
Waterpark Galuh Tirtonirmolo
Waterpark Galuh Tirtonirmolo lokasinya terletak di Jln. Manisrenggo Km 1 Pemukti Baru,Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. yaitu sekitar 1km kearah timur dari Candi Prambanan, dari jalan Solo masuk kearah utara kira-kira 300 meter kanan jalan ada Hotel Galuh. Tempatnya sangat nyaman. Cocok sebagai Wahana bermain bawah umur dan juga untuk berlibur bersama keluarga.

Di galuh Tirto Nirmolo terdapat 8 kolam yang masing-masing ukurannya dan ada banyak prosotannya, ada yang untuk bawah umur dan juga untuk dewasa. Juga terdapat wahana permainan menyerupai bom bom car, bom bom boat, komedi putar, dan becak mini, dan masih banyak lagi. Yang tak kalah menariknya ada Flying fox-nya. Ada juga untuk menyewa ban. Di dalam banyak juga yang jualan makanan dan minuman. Musholla juga ada.

16. Tempat Wisata Industri Jajanan Brem Asli Madiun
Brem Madiun
Brem merupakan makanan khas dari Madiun. Makanan yang berbentuk persegi panjang dan padat ini sangat cocok untuk oleh oleh. Bagi Anda yang mempunyai hobi makan camilan, jangan hingga ketinggalan merasakan buah tangan khas Madiun ini.

Rasanya sangat khas dan tidak ada duanya sehingga siapa saja yang memakannya pasti ketagihan. Sensasi makanan ini muncul ketika dimakan. Brem akan eksklusif mencair dan lenyap dengan meninggalkan rasa hirau taacuh di mulut. Selain terkenal dengan sebutan kota pecel, Madiun juga dikenal sebagai kota brem. Sebutan ini sudah ada semenjak puluhan tahun yang lalu.

Brem ini dibuat dari sari ketan yang difermentasikan, diambil sarinya kemudian diendapkan, dimasak dan dikeringkan hingga mengeras. Rasanya yang manis pas banget buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

17. Tempat Wisata Belanja Plaza Madiun
Plaza Madiun
Plaza Madiun merupakan tempat sentra perbelanjaan terbesar di Madiun. Berlokasi di jalan Pahlawan, Mall ini didirikan pada tahun 2005. Mal ini terdiri dari 2 lantai dengan penyewa - penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional antara lain Matahari, Hypermart, TB Gramedia, Es Teller 77,Game Fantasia dan masih banyak lagi. Kelebihan dari mall ini selain berada di tengah kota yaitu satu-satunya mall yang memiliki bioskop di kota madiun.

18. Tempat Wisata Alun-alun Madiun
Alun-Alun Madiun
Mungkin anda sudah puas berkeliling di sekitar kota Madiun, tidak ada salahnya bagi pengunjung untuk menikmati hari yang hening di alun-alun kota. Sama menyerupai dengan Wisata Kampung Gajah - Lokasi - Wahana dan Kuliner, banyak wahana yang bisa dinikmati di sekitar kota Madiun, dan tentunya wisatawan akan menikmati wisata masakan yang sedap di kota Madiun.

Di sekitar Alun-Alun, pengunjung bisa menerima banyak jajanan khas Madiun menyerupai brem atau bisa juga merasakan makanan khas kota Madiun ini yaitu pecel. Tentunya tidak menyerupai dengan pecel biasa, pecel khas Madiun memiliki rasa yang berbeda.

Pecel Madiun disajikan dengan campuran sayur hijau, kecubung dan kemangi yang segar, ditemani dengan daging menyerupai empal dan ati yang temani oleh nasi, sambal kacang dan tentunya kerupuk bisa membuat wisata di kota Madiun semakin lengkap.

Baca juga : 17 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 18 Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar