25 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pacitan - Halo teman bagaimana dengan liburan kalian? Menyenangkan bukan! anda gundah mau memilih tempat wisata di indonesia ketika mau liburan? jangan khawatir kalau bingung! lebih baik anda liburan ke Pacitan saja, karena di Pacitan banyak sekali tempat wisata alamnya termasuk wisata pantai yang banyak banget ada di Pacitan, semuanya sangat sangat rupawan dan mempesona loh. Selain itu ada juga wisata kulinernya yang nikmat, mungkin anda ingin mencoba makanan Pacitan? anda bisa pribadi saja ke Pacitan dan ajak keluarga anda ke sini.

Pacitan juga dikenal dengan nama Kota Pariwisata atau Kota Seribu Goa. Hal ini dikarenakan kekayaan alam dan ekstika Pacitan yang sungguh luar biasa dan sangat memikat para pengunjung. Pariwisata di Pacitan terdiri dari Wisata Goa, Wisata Pantai, Wisata Pegunungan (Hikking), Wisata Sejarah, Wisata Pemandian Alam dan Saat ini sedang dalam tahap penyelesaian daerah Olahraga yang nantinya bisa menjadi salah satu alternatif tempat yang bisa dikunjungi di Pacitan.

Untuk Makanan khas Pacitan yakni nasi tiwul, bahkan penganan ini dahulu merupakan makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat Pegunungan Kidul mirip Wonogiri, Wonosari, Pacitan, dan Trenggalek. Nasi tiwul terbuat dari gaplek (umbi dari ketela pohon yang dikeringkan) yang kemudian ditumbuk dan ditanak. Selain itu makanan Khas dari Pacitan yakni olahan khas dari Ikan Tuna yang dibuat Tahu, Nugget, Kerupuk, Bakso , Pangsit , dan Berbagai Olahan lainnya yang menjadikannya sebagai oleh - oleh Khas Pacitan.

Baca Juga : 18 Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini yakni sejumlah tempat wisata di Pacitan Paling Terkenal wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata pacitan ini yakni wisata alam yang menawan dan mempesona.

1. Tempat Wisata Pantai Klayar Pacitan yang Mempesona
Pantai Klayar Pacitan
Nah tempat wisata di pacitan yang pertama yaitu Pantaiantai Klayar, di pantai ini anda dapat menjumpai sebuah hal yang unik, yakni seruling samudra. Seruling samudera ini yakni sebutan untuk fenomena di mana terdapat cekungan yang ada pada episode bawah tebing atau batuan yang ada di pantai.

Saat cekungan ini diterjang ombak laut, maka air laut keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela berbatuan dan menghasilkan suara yang rupawan laksana suara seruling.

Selain itu, Di pantai Klayar, Anda dapat menyaksikan fenomena di mana terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang akan menciptakan air mancur yang bahkan tingginya mencapai 10 meter. Pemandangan rupawan ini yakni akhir semburan kencang air laut yang masuk melalui episode bawah bebatuan.

Pantai Klayar berlokasi di Kecamatan Donorojo, kurang lebih sekitar 35 km perjalanan ke arah barat kota Pacitan. Lama waktu yang Anda perlukan untuk tiba di pantai ini yakni sekitar 60 menit.

2. Tempat Wisata Pantai Srau di Pacitan
Pantai Srau Pacitan
Tempat wisata selanjutnya yaitu Pantai Srau, pantai ini merupakan pantai yang memiliki pasir yang sangat putih dan batu-batu karang yang menjorok ke arah laut. Pantai Srau dulunya juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting sebuah film layar lebar yang berjudul Tania.

Selain itu, Terdapat tebing-tebing yang tinggi dan banyak tanaman liar khas pantai yang masih terlihat lebat dan alami. Selain itu, banyak sekali pulau-pulau kecil yang tak berpenghuni yang setiap kali dihujam oleh kerasnya ombak, akan menambah keelokan panorama pantai tersebut.

Pantai Srau terletak 25 km dari kota Pacitan, tepatnya di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Pantai Srau memiliki 3 lokasi pantai. Di episode timur untuk melihat matahari terbit, di episode barat untuk melihat matahari terbenam, dan yang episode tengah memiliki pemandangan luas ke laut lepas, ditambah batu-batu besar yg berdiri gagah di tengah laut.

3. Tempat Wisata Pantai Banyu Tibo Pacitan
Pantai Banyu Tibo Pacitan
Pantai Banyu Tibo kok bisa sih? pantai ini namanya Banyu Tibo, karena Air terjun yang ada di Pantai Banyu Tibo ini berasal dari sungai kecil yang mengalir di atas tebing. Aliran air sungai inilah yang terjun ke laut dan menyatu dengan ombak di sebuah teluk kecil. Sungai ini tidak pernah kering ketika ekspresi dominan kemarau dan airnya juga sangat jernih.

Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai satu ini sebaiknya jangan datang ketika air laut sedang pasang, karena Anda hanya akan dapat menikmati keindahan pantai dari atas, berbeda ketika air laut sedang surut akan terlihat dengan terang pasir dan pantai yang sangat rupawan dan disana Anda dapat bermain pasir dan air sembari memandang keindahan Banyu Tibo.

Untuk dapat mencapai bibir pantai Anda harus menuruni anak tangga dari kerikil hingga lisan teladas dan turun lagi menggunakan tangga kayu untuk hingga di pantainya. Secara keseluruhan pantai ini sangat indah. Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai ini yakni salah satu pantai di Pacitan yang layak Anda jadikan tumpuan tujuan utama wisata Anda.

4. Tempat Wisata Pantai Watu Karung Pacitan
Pantai Watu Karung Pacitan
Tempat wisata selanjutnya yaitu pantai watu karung, Jika anda memiliki waktu libur berkenan menyempatkan untuk datang ke pantai watu karung, maka anda tidak akan merasa kecewa. Kelestarian alam dan kebersihan dari pantai yang satu ini masih terbilang sangatlah alami. Di Pantai Watu Karung yang terletak di daerah Pringkutung, Pacitan ini menyampaikan ombak kelas dunia untuk para pecinta selancar, bayangkan saja ombak di sini bisa mencapai ketinggian 4 meter.

Selain ombak kelas dunia yang dimilikinya, Pantai Watu Karung ini juga memiliki pesona yang sangat luar biasa indahnya ini juga memiliki pantai yang sangat bersih dan air lau yang biru. Pasir yang dimilikinya merupakan pasir putih. Deretan karang berjejer menambah keindahan dari pantai ini. disamping hal-hal tersebut terdapat juga pepohonan hijau yang melengkapi elemen-elemen keindahan dari tempat ini.

Pantai Watukarung berlokasi di Desa Watu Karung, di Kecamatan Pringkuku Pacitan. Jarak pantai ini dengan kota Pacitan sekitar 25 hingga 30 km yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam.

5. Tempat Wisata Pantai Teleng Ria Pacitan
Pantai Teleng Ria Pacitan
Pantai Teleng Ria Pacitan yakni salah satu destinasi wisata yang populer di Pacitan, Sungguh disayangkan jikalau Anda hingga melewatkan objek wisata pantai ini tatkala berada di Pacitan. Keberadaan pantai Teleng Ria ini diapit oleh pegunungan Limo. Tatkala Anda berada di pantai tersebut, Anda dapat menyaksikan tebing-tebing tinggi membentuk pola abjad U yang berdiri mengelilingi pantai, seolah melindungi pantai. Ini juga salah satu penyebab mengapa ombak di pantai Teleng Ria Pacitan tidak terlalu besar.

Sejumlah acara menarik yang dapat dilakukan di Pantai Teleng Ria Pacitan, di antaranya berenang, jalan-jalan menyusuri tepian pantai, berjemur, hingga sekedar menikmati panorama pantai. Sebagian pengunjung pantai tak jarang melaksanakan olahraga di pantai ini, mulai dari jogging, bermain voli pantai, sepakbola, dan bersepeda.

Pantai Teleng Ria Terletak di Jl. WR Supratman, Pantai Teleng Ria merupakanpantai yang paling erat jaraknya dari pusat kota Pacitan di antara pantai lainnya yang ada di Pacitan. Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 10 menit untuk dapat tiba di pantai Teleng Ria ini.

6. Tempat Wisata Pidakan Pacitan
Pantai Pidakan pacitan
Pantai Pidakan merupakan Wisata Pantai yang bisa dikatakan sebagai pantai yang masih natural, karena memang belum adanya campur tangan insan didalamnya, alias belum ada pengelolaan pantai yang modern, pun demikian dengan pemandangannya pun masih alami.

Selain itu, Sekilas panorama dari pantai ini yang pertama adanya pohon - pohon kelapa banyak tumbuh di pantai pidakan dengan lokasi yang rata dan cukup lapang. Untuk pecinta fotografi lokasi Pantai pidakan ini ideal banget banyak pohon-pohon kelapa dan bebatuan bertebaran di seketar pantai.

Pantai dengan pemandangan panorama khas bebatuan, pasir putih, dan angin semilir ini mempunyai keindahan pesona pemandangan ketika sore hari. Pemandangan ketika matahari karam memang sangat rupawan apabila dilihat dari lokasi ini. Wisata Pantai Pidakan Pacitan ber lokasi di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan dari Kota Pacitan kurang lebih 50 KM menuju desa Jetak.

7. Tempat Wisata Pantai Buyutan Pacitan
Pantai Buyutan Pacitan
Pantai Buyutan Pantai ini memiliki pasir yang sangat putih, bahkan dapat dikatakan pantai yang memiliki pasir paling putih di Pacitan. Suasana pantai sangat hening karena belum banyak pengunjung yang datang. Pun demikian pantai ini berpotensi manjadi tujuan wisata yang terkenal karena keindahan alam dan masih alaminya lingkungan sekitar.

Pantai Buyutan terletak di kecamatan Donorojo, Pacitan. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Klayar. Dari kota pacitan sekitar 44 km dan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang beroperasi di sekitar pantai ini.

8. Tempat Wisata Pantai Soge Pacitan
Pantai Soge Pacitan
Di Pantai Soge terdapat muara, dan tempat yang memungkinkan untuk camping. Dengan di bangunnya JLS di Pacitan membuat pantai Soge menjadi tempat gres untuk nongkrong, apalagi di daerah Pantai Soge ini terdapat jembatan Soge yang bagus. Pantai ini seolah menjadi ikon gres kota Pacitan dengan Jembatan biru yang rupawan di atas sungai yang bermuara di pantai ini. Bagi para pengunjung bisa menerima skema jembatan yang lebih rupawan jikalau datang pada malam hari.

Di Pantai Soge ini juga terdapat sebuah danau kecil yang di tumbuhi dengan beberapa pohon kelapa serta rerumputan hijau yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan di sekitar Pantai. Pantai Soge terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Taman atau sekitar 15 menit perjalanan dari pantai Taman.

9. Tempat Wisata Pantai Karang Bolong Pacitan
Pantai Karang Bolong Pacitan
Pantai Karang Bolong terlihat eksotis, yang merupakan salah satu tempat wisata pantai yang ada di Pacitan, selain Pantai Klayar. Letaknya pun tidak jauh dari Pantai Klayar. Kita bisa menikmati keindahan pantai selatan dengan tebing-tebing hijau yang gagah dengan tebing yang menjorok kelaut yang berada di tepi Barat pantai ini. Tak jauh beda dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali. Dinamakan Karang Bolong karena dari sebuah tebing terdapat ditengahnya berlubang.

Pantai Karang Bolong terletak di desa Sendang kecamatan Donorojo. Sekitar 35 km arah Barat kota Pacitan. Sebuah kota yang berada di ujung Barat paling Selatan provinsi Jawa Timur ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selama dalam perjalanan menuju Pacitan, mata kita akan dimanjakan dengan panorama khas pegunungan. Jalanan yang berbelok-belok, rindang serta hijaunya pepohonan membuat perjalanan tidak membosankan.

10. Tempat Wisata Pantai Sruni Pacitan
Pantai Sruni Pacitan
Tempat wisata pantai yang selanjutnya yakni Pantai Seruni yang terletak di Desa Jlubang, Pringkuku, Pacitan. Namun sangat disayangkan karena Pantai Seruni ini merupakan salah satu pantai yang ada di Pacitan yang belum dikelola dengan baik.

Akses menuju pantai Seruni ini bisa dibilang masih kurang baik sehingga tidak banyak wisatawan yang mengunjunginya. Semoga Pemerintahan setempat bisa menyampaikan susukan yang mudah, untuk lebih meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana.

11. Tempat Wisata Pantai Tawang Pacitan
Pantai Tawang Pacitan
Pantai Tawang yakni salah satu pantai yang eksotik di wilayah Kecamatan Ngadirojo, atau sering disebut masyarakat dengan Lorok. Pantai tawang dikenal banyak orang karena potensi perikanannya dan juga keelokan pemandangannya.

Keunikan Pantai Tawang karena jaraknya dangkal, sangat ideal bagi yang ingin mencoba mandi atau berenang di air laut, hal ini dikarenakan posisi teluk yang mirip kantong sehingga arus lautnya tidak begitu kuat. Namun jangan khawatir, setelah hingga dilokasi anda akan dimanjakan oleh Pesona Pantai ini.

Pantai Tawang berada di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Pantai ini yakni sebuah pantai yang nampak masih asri dengan pemandangan naturalnya yang sejuk akan menarik hati mata kita untuk menuju tempat itu. Pantai ini dapat anda tempuh dari pusat Kota Pacitan sekitar 30 Km atau sekitar 1 jam perjalanan.

12. Tempat Wisata Pantai Kali Uluh Pacitan
Pantai Kali Uluh Pacitan
Pantai Kali Uluh yakni salah satu pantai di Pacitan yang memiliki susukan jalan yang baik karena melewati jalur lingkar selatan. Rute yang dapat Anda ambil yakni melalui JLS, hingga fly over gayam, belok kiri lewat pasar gayam. Teruskan perjalanan hingga bertemu fly over. Sesampainya di pertigaan setelah gapura masuk Desa Klasem. Jalan terus hingga bertemu pertigaan kedua.

Di sana ambil lajur kanan. Ikuti jalan yang ada hingga tiba di pantai Kali Uluh. Pantai Kali Uluh yakni salah satu pantai yang memiliki ombak besar sehingga sering digunakan sebagai lokasi surfing bagi pecinta olahraga surfing. Pemandangan kerikil karang yang tersebar di tepi pantai menambah keindahan pantai ini.

13. Tempat Wisata Pantai Taman Pacitan
Pantai Taman Pacitan
Pantai Taman merupakan salah satu pantai lain yang bisa kau kunjungi di Pacitan. Pantai yang berada di kecamatan Ngadirojo ini sudah memiliki beberapa wahana yang bisa dicoba oleh para pengunjung, Pantai taman ini sangatlah panjang dari ujung timur hingga ujung barat, dan di sebelah timur pantai ada danau kecil yang kemarin bilangnya buatan atau bendungan dari oaring pacitan yang di erat danau itu ada sumber mata air, dan di danau itu basah payau (campuran dari air laut dan tawar).

Wisata Pantai Taman Pacitan ini terletak di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Jika di tempuh dari Jogja masuk ke jalur Lintas Selatan Pacitan yang nantinya sebelum Pertigaan besar Hadiwarno ada plakat di kanan jalan menuju Wisata Pantai Taman Pacitan.

14. Tempat Wisata Pantai Kunir Pacitan
Pantai Kunir
Pantai Kunir merupakan pantai yang berada di desa Pager Kidul, kecamatan Sudimoro. Akses menuju pantai ini memang tidak gampang. Namun, di tengah sulitnya perjalanan menuju pantai Kunir, kau akan menerima sebuah sajian yang sangat sebanding Pantai Kunir memiliki pasir putih dengan ombak yang sedang.

Seperti pantai lain pada umumnya di Pacitan. Pantai ini cukup asik untuk mainan air. Panjang pantai Kunir ini sekitar setengah kilometer dan masih sangat sepi. Tipikal pantai yang sangat pas untuk mencari inspirasi.

15. Tempat Wisata Pantai Wawaran Pacitan
Pantai Wawaran Pacitan
Pantai Wawaran juga merupakan salah satu pantai yang menjadi pusat perikanan di Pacitan. Walau demikian, bukan berarti pantai ini tidak menarik untuk dikunjungi untuk kepentingan wisata Selain bisa menyaksikan acara para nelayan.

Di pantai ini kau juga bisa melihat pemandangan laut yang begitu elegan dengan pasir putih dan air yang berwarna biru. Konon, acara para nelayan disini sudah lebih maju dibanding tempat-tempat lain. Salah satu contohnya yakni penerapan teknologi GPS.

Untuk masuk ke Pantai Wawaran ini tidak perlu membayar tiket masuk atau biaya apapun. Kalian dapat menikmati keindahan pantai secara gratis. Sayang sekali jikalau anda tidak berkunjung ke Pantai Wawaran karena pantai ini cocok buat fotografer.

16. Tempat Wisata Pantai Temperan Pacitan
Pantai Temperan Pacitan
Wisata Pantai tamperan di Pacitan ini masih merupakan salah satu episode dari rangkaian perairan teluk pacitan. Lokasinya erat bersebelahan dengan pantai telengria, tepatnya di sebelah baratnya. Dan kedua lokasi tersebut di pisahkan sungai kecil, ketika air sungainya surut dari Telengria ke pantai Tamperan dapat di tempuh dengan jalan kaki melewati erat Pelabuhan.

Suasana Wisata Pantai Tamperan Pacitan yang teduh banyak pepohonan karna di sekitaran pantai ini merupakan hutan milik Pemerintah. Dan adanya bebatuan karang, tebing perbukitan dan banyak sekali pepohonan di tepian pantai, membuat pantai ini menjadi sangat nyaman untuk sekedar refreshing dan memanjakan mata terutama pada sore hari.

17. Tempat Wisata Sungai Maron Pacitan
Sungai Maron
Sungai Maron Pacitan merupakan sebuah wisata susur sungai dengan panorama alam yang sangat alami. Air sungai ini sangat jernih dan banyak ditumbuhi pohon kelapa di sisi sungai. Kedalaman Sungai mencapai 20 meter, untuk episode yang paling dalam. Karena kejernihan airnya, tidak sedikit warga setempat yang memanfaatkannya sebagai kebutuhan sehari hari.

Aktivitas seru yang umum dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke sungai ini yakni susur sungai dengan menyewa sebuah perahu yang disediakan oleh warga. Ketika menyewa sebuah perahu, wisatawan akan dipandu oleh pemilik perahu sekaligus ia yang akan mengemudikan serta mengantarkan perjalanan susur sungai hingga sampai. Perahu kecil yang digunakan untuk susur sungai tersebut cukup untuk menampung hingga 6 orang.

Harga Tiket Masuk Rp. 2.000 / orang  untuk Harga biaya sewa perahu: Rp. 100.000 s/d Rp 150.000 (Harga tergantung pada kondisi perahu yang disewa). Apabila ingin perahu nya bersandar, maka cukup menambah biaya Rp. 5.000 saja.

18. Tempat Wisata Monumen Jenderal Soedirman Pacitan
Monumen Jendral Sudirman
Monumen Jendral Sudirman merupakan salah satu obyek wisata sejarah yang ada di Pacitan Jawa Timur. Sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang dan menjadi saksi gigihnya usaha salah satu Jendral Besar Indonesia yaitu Jendral Sudirman. Monumen ini terletak di Sobo, Pakisbaru, Nawangan Pacitan yaitu sekitar 34 km dari pusat kota Pacitan.

Di kompleks monumen ini kita juga bisa menyaksikan relief yang terbuat dari perunggu yang menggambarkan perjalanan hidup dan usaha Jendral Besar Sudirman. Relief itu menceritakan masa kecil hingga final usia Jendral Sudirman. Masa kelahiran, mengaji, sekolah, kepanduan, menjadi anggota Peta, memimpin gerilya hingga meninggal terceritakan dengan relief ini.

Jika anda ingin menuju obyek wisata ini kita akan melewati jalan yang berkelok kelok khas daerah pegunungan Pacitan. Kita akan melihat pemandangan yang rupawan ketika perjalanan. Untuk masuk ke obyek wisata ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

19. Tempat Wisata Pemandian Banyu Anget Pacitan
Pemandian Banyu Anget Pacitan
Tempat Wisata Pemandian Banyu Anget Pacitan menjadi tambahan tujuan wisata Anda ketika berkunjung ke Pacita. Setelah Anda puas menikmati indahnya pantai Klayar, pantai Banyu Tibo, pantai Telengria, dan hijaunya sungai Maron, beserta keindahan Goa Gong, kini saatnya melepas lelah dengan berendam air panas di Pemandian Banyu Anget.

Wisata Pemandian Banyu Anget suda dikelola dengan baik, buktinya terdapat 4 kolam untuk pemandian, dan 2 kolam untuk berenang. Air hangat berasal dari sumber mata air yang mengandung belerang, jadi sangat bagus untuk kulit Anda. Selain itu, Keitka Anda berendam di Pemandian Banyu Anget, Anda disuguhi keindahan penggunungan berserta pepohonan yang mengelilingi area pemandian.

Untuk anda yang ingin berkunjung ke pemandian ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk untuk Dewasa: Rp. 5.000 Harga tiket masuk Anak-Anak: Rp. 4.000. nah ini cocok buat anda yang suka berendam.

20. Tempat Wisata Goa Gong Pacitan
Goa Gong Pacitan
Tempat wisata selanjutnya yaitu Goa Gong, Goa Gong Pacitan memiliki kedalaman goa sepanjang 256 meter dan memiliki stalakmit dan stalaktit berumur ratusan tahun. Goa ini muncul sebagai akhir dari acara vulkanik dan gerakan termik yang diperkirakan berlangsung ratusan hingga ribuan tahun silam.

Saatanda  mengunjungi Goa Gong Pacitan, Anda akan diajak menyusuri tangga dan menyaksikan banyak sekali pemandangan gong cave, shawl drappery (stalaktit yang meneteskan air), rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk laksana danau kecil.

Jika Anda ingin menikmati pesona Goa Gong Pacitan yang sungguh kaya akan keindahan stalaktit (mineral sekunder yang menggantung di langit goa) dan stalagmit (batuan kapur yang berbentuk meruncing dan terdapat di lantai goa), Anda dapat masuk ke dalamnya dengan membayar tiket masuk Goa Gong sebesar Rp 5 ribu per orang.

Alamat Goa Gong : Desa Bomo, Kec. Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur Peta
Koordinat GPS : -8.16484,110.97984

21. Tempat Wisata Goa Tabuhan Pacitan
Goa Tabuhan Pacitan
Selain goa gong ada juga goa yang tak kalah menarik dari lainnya yairu Goa Tabuhan di Pacitan, Goa Tabuhan berlokasi di bukit kapur Tapan dengan pembentukan stalagtit dan stalagmit yang diyakini sudah berlangsung beratus tahun lalu, karena adanya reaksi kimia antara hujan dan mineral kapur.

Dengan panjang rata-rata hingga tujuh meter dan diameter hingga satu meter, stalagtit dan stalagmit di goa yang termasuk wilayah Dukuh Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung, sekitar 25 kilometer arah barat kota Pacitan ini tampak mirip pilar-pilar raksasa yang sangat menakjubkan.

Tempat itu mulai ramai dikunjungi orang semenjak 1998, dan awalnya berjulukan Goa Tapan, karena sering dipakai orang untuk bertapa. Seiring dengan berjalannya waktu, goa ini lebih terkenal dengan goa Tabuhan karena sering digunakan warga setempat untuk kegiatan kesenian.

Goa ini terletak sekitar 30 km dari Kota Pacitan, tidak terlalu jauh dari Goa Gong dan hanya memiliki 2 ruangan besar.

22. Tempat Wisata Goa Song Terus Pacitan
Goa Song Terus Pacitan
Goa Song Terus yakni situs purbakala yang berada di desa Desa Mendolo Lor, Punung. Goa ini merupakan salah satu tempat yang menjadi rujukan para arkeolog untuk mempelajari kebudayaan Paleolitik Bawah.

Berbagai benda purba telah ditemukan di Goa Song Terus serta beberapa goa yang lokasinya tidak terlalu jauh dari sana. Goa Song Terus dan sekitarnya dipercaya sebagai salah satu tempat tinggal manusia-manusia purba yang pernah hidup sekitar Pacitan.

23. Tempat Wisata Goa Luweng Jaran Pacitan
Goa Luweng Jaran Pacitan
Goa Luweng Jaran yakni Goa Sungai Bawah Tanah, atau biasa disebut Swallow Hole yaitu lubang masuknya ajaran air ke dalam tanah pada daerah kapur yang relatif dalam. Dimana jikalau terjadi hujan deras permukaan disekitar pintu goa akan bermetamorfosis sungai dan membuat air bergerak memutar di sekitarnya. Makan akan sangat berbahaya jikalau mengunjungi Gua ini di ketika ekspresi dominan hujan, karen cuaca tidak dapat di prediksi.

Goa ini terletak di dusun Kasri, desa Jlubang, kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Lokasinya berada di perbukitan desa Jlubang, sekitar 20 km dari kota Pacitan ke arah Barat. Sampai ketika ini goa ini gres disambangi oleh para pecinta petualang, belum dibuka untuk wisatawan. Goa Luweng Jaran menempati peringkat 118 Dunia sebagai goa terpanjang versi World Caves Database dan menjadi Goa terpanjang se-Indonesia, panjang total mencapai + 25 Km.

24. Tempat Wisata Goa Putri Pacitan
Goa Putri Pacitan
Goa Putri merupakan sebuah goa yang menarik dikunjungi ,untuk lokasi goa yang satu ini juga tidak terlalu jauh dari Goa Gong. Meski kalah tenar dibandingkan Goa Gong, namun sajian pemandangan stalaktit dan stalakmit yang dimiliki goa ini tidak alah keren dibandingkan sang tetangga.

Jika anda ingin menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada di Goa Putri kita juga tidak perlu menggunakan headlamp karna lampu-lamput telah terpasang di dalam goa sebagai alat penerangan.

Karna suasananya tidak seramai Goa Gong, kita bisa lebih bebas untuk menikmati keindahan di dalam Goa Putri. Goa ini dinamakan Goa Putri karna di dalam goa ada sebuah tempat peristirahatan yang konon yakni milik seorang putri.

25. Tempat Wisata Kuliner Nasi Thiwul Pacitan
Nasi Thiwul Makanan Khas Pacitan
Mungkin anda sudah lelah habis berkeliling ke Pacitan dan merasa lapar! Tenang saja di pacitan ada makanan khas daerah tersebut yang dapat anda cicipi yaitu Nasi Thiwul, Nasi Thiwul merupakan masakan wajib yang harus traveler cicipi ketika liburan di Pacitan. Sebab ini yakni makanan khas penduduk Pegunungan Kidul yang meliputi kabupaten Gunungkidul, Wonogiri dan juga Pacitan.

Bentuknya mirip nasi pada umumnya hanya saja warnanya agak kecoklatan. Thiwul memang merupakan makanan pokok pengganti nasi yang terbuat dari gaplek atau ketela pohon yang telah dikeringkan. Thiwul dikenal memiliki kandungan kalori yang rendah dibanding nasi dari beras namun cukup untuk memenuhi materi makanan pengganti.

Hm, lezat ya nasi thiwulnya! kalau anda kurang anda bisa beli dan membawa pulang nasi thiwul dan dimakan di rumah.

Baca ini : 17 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 25 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi supaya bisa bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar