34 Tempat Wisata di Gresik yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Gresik - Gresik merupakan salah satu sebuah daerah di Jawa Timur yang berbatasan dengan Lamongan disebelah barat, Surabaya dan Selat Madura di sebelah timur, Laut Jawa di sebelah utara, serta Sidoarjo dan Mojokerto di sebelah selatan. Tentunya anda pasti familiar dengan Semen Gresik, benar?Kota ini ialah tempat berdirinya semen pertama di Indonesia. Gresik ialah salah satu penyangga Surabaya.

Selain itu, Gresik sendiri mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, kalau anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan mencicipi senang apalagi kalau anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Baca ini : Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Namun, untuk yang suka jalan-jalan, Gresik juga merupakan destinasi yang menyenangkan sebab di sana terdapat banyak tempat menarik yang tidak mampu dipandang sebelah mata Tempat-tempat menarik mirip pantai dan tempat bersejarah merupakan tujuan liburan yang menyenangkan di Gresik. Dan jangan lupa, di kabupaten Gresik juga ada sebuah pulau cantik yang akan membuat siapapun terpesona dikala mengunjunginya.

Tempat Wisata di Gresik yang Wajib Dikunjungi
Nah Jadi, kalau kau sedang merencakan sebuah perjalanan liburan ke Gresik dan sedang men-check list tempat mana saja yang ingin kau kunjungi, beberapa tempat berikut mungkin mampu kau masukkan dalam daftar.

Tempat Wisata Pulau Gili Gresik
Pulau Gili
Pulau Gili merupakan salah satu pulau yang berpenghuni kurang lebih di huni sekitar 700 kepala keluarga. Pantai di Gili ialah pantai pasir putih. Pulau Gili juga pulau kecil yang jaraknya lumayan dekan dengan pulau bawean berjarak kurang lebih 2,3 Km daru pulau Bawean,  Yang paling istimewa di sini ialah menikmati sunset dan sunrise.

Selain itu, hasil tangkapan laut penduduk setempat juga akan menjadi anjuran menarik yang tak mampu dilewatkan begitu saja. Menikmati ikan bakar dengan pemandangan matahari terbenam ialah pengalaman yang luar biasa bukan?

Untuk mampu hingga di Pulau Gili anda harus menyeberangi laut mengunakan perahu nelayan dengan memkan waktu sekitar 30 menit. Ada banyak hal mampu anda lakukan di Pulau Gili di antaranya ialah menikmati pantai yang berpasir putih serta melihat Sunset.

Tempat Wisata Pulau Bawean Gresik
Pulau Bawean
Pulau Bawean merupakan sebuah pulau cantik dengan deretan pantai-pantai berpasir putih. Pulau ini juga terkenal dengan Rusa Bawean yang merupakan spesies rusa langka. Banyak sekali tempat menarik di Pulau Bawean yang akan membuat kita males pulang antara lain Pulau Selayar, Pulau Noko, Tanjung Gaang, Danau Kastoba, Jherat Lanjheng serta tempat penangkaran Rusa Bawean.

Lokasi pulau ini memang cukup jauh dari kota Gresik yakni sekitar 120 km. Namun, pulau ini masih masuk dalam wilayah administratif kabupaten Gresik. Untuk menuju Pulau Bawean kita mampu menggunakan kapal penyebrangan atau speedboad dari Pelabuhan Gresik. Kabar baiknya, dikala ini telah dikembangkan sebuah bandara di Pulau Bawean sehingga akan mempercepat waktu tempuh ke sana.

Tempat Wisata Pulau Noko Selayar
Pulau Noko Selayar
Pulau Noko Selayar merupakan sebuah pulau yang berdekatan dengan Pulau Selayar Bawean. Sama mirip Pulau Noko, Noko Selayar ialah gugusan pasir putih panjang. Bedanya pulau ini lebih kecil dibanding Noko Gili. Selain pasir putih, keindahan alam bawah lautnya dengan bunga karang dan ikan hias tentu menjadi daya tarik yang tak mampu diabaikan begitu saja.

Pulai ini merupakan gunung yang berada di tengah laut, terlepas dengan daratan Pulau Bawean. Daya tariknya ialah bila air laut surut, pelancong mampu berjalan kaki mengelilingi pulau tersebut sambil menikmati terjangan ombak kecil dan desiran angin laut. Sekeliling pulau di tengah laut ini penuh dengan pemandangan kerikil karang dan semak belukar.

Tempat Wisata Pulau Noko Gresik
Pulau Noko
Pulau Noko yang merupakan salah satu adegan dari gugus kepulauan yang ada di Bawean, Merupakan sebuah pulau kecil dengan dengan luas kurang lebih 1 km� yang menyajikan panorama pasir putih yang membentang di sepanjang wilayah pantai. Pulau Noko mempunyai daratan yang di domonasi oleh pasir putih sungguh pesona alam yang mengagumkan sayang kalau hingga terlewatkan.

Buat pecinta bawah laut, Noko ialah pilihan yang tak akan mengecewakan. Karena selain pesona pasir putih, pulau ini dikelilingi oleh taman laut dengan bunga karang dan ikan hias aneka warna. Di Bawean belum ada akomodasi apapun buat wisatawan, untuk menikmati pesona bawah lautnya, jadi jangan lupa bawa peralatan sediri.

Tempat Wisata Pantai Sukaoneng Gresik
Pantai Sukaneong
Pantai Sukaoneng juga merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Pulau Bawean selain pantai, danau dan pulau-pulau kecil lainnya di Bawean. Pantai ini lokasinya terletak di Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak, jaraknya sekitar 200 m dari jalan raya.

Di adegan bawah Pulau Bawean, Gresik, kita mampu mengunjungi sebuah pantai mengagumkan dengan pasir putih menghampar yang oleh penduduk sekitar dijuluki pantai Sukaoneng. Tidak mesti sesulit dua tempat wisata di Gresik sebelumnya, untuk mampu mengunjungi pantai ini Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 200 meteran saja dari jalan raya.

Tempat Wisata Pantai Delegan Gresik
Pantai Delegan
Pantai Delegan merupakan salah satu tempat wisata di Gresik yang paling Terkenal. Pantai ini terletak di Desa Delegan, Kec. Panceng dengan memiliki pasir putih dan ombak yang tenang. Tentunya kondisi ombak yang hening cukup aman digunakan untuk berenang maupun bersantai. Di Pantai Delegan juga sering diadakan lomba perahu dan memancing dikala memperingati hari kemerdekaan.

Fasilitas yang disediakan di pantai ini relatif masih sederhana dan umumnya dikelola oleh warga setempat. Dulu sebelum dibuka untuk umum pantai ini belum pernah dikelola, hanya sekedar tempat bermain anak-anak. Namun lambat laun pengunjung semakin banyak,sehingga untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung pantai ini mulai dikelola oleh desa pada tahun 2003. Pantai Delegan memiliki luas 2.5 hektar.

Tempat Wisata Pantai Kuburan Panjang Gresik
Pantai Kuburan Panjang
Pantai ini unik sebab memiliki 2 sisi pantai terpisah daratan. Yang satu pantai dengan ombak yang tenang, sisi satunya dengan ombak yang kencang. Keunikan lainnya ialah sebab terdapat kuburan panjang. Masyarakat percaya, kuburan panjang tersebut ialah kuburan dari para pengawal Aji Saka di Bawean. Karena nilai historisnya, kuburan ini dikeramatkan oleh masyarakat Bawean.

Menikmati sunrise dan sunset ialah pilihan yang sempurna di pantai ini. Tapi kau jangan datang ke sini dikala libur lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, sebab pantai di sisi selatan Pulau Bawean ini akan dipenuhi oleh kumpulan remaja. Yup, pantai ini merupakan pantai paling populer di kalangan remaja Bawean.

Tempat Wisata Pantai Ria Gresik
Pantai Ria Gresik
Dulunya pantai Ria merupakan tempat berlabuhnya para nelayan ketika menangkap ikan. Suasana bangga ria sebab hasil ikan yang melimpah ruah menjadi latar belakang namanya. Bahkan pantai ini dulu sempat menjadi tempat pengolahan ikan dan rumput laut. Makanya tak heran hingga sekarang, tak jauh dari Pantai Ria Anda mampu melihat banyak sekali perahu nelayan dan aktifitasnya di sekitar pantai.

Sudah tak berpasir putih tapi view di Pantai Ria masih sangat indah. Pantai Ria dengan bebatauannya yang indah. Tak sama dengan pantai-pantai lain di Bawean, di sini terdapat bebatuan yang cukup besar di bibir pantai. Dari sini juga Anda mampu melihat perkampungan di Pulau Gili Barat, pulau kecil lain di Bawean.

Tempat Wisata Air Terjun Laccar Gresik
Air Terjun Laccar
Air Terjun Laccar merupakan sebuah penderasan yang terletak di desa kebuntelukdalam, kecamatan sangkapura, pulau bawean. Air terjun ini letaknya sedikit agak terpencil sehingga untuk menuju ke penderasan tersebut butuh usaha karna harus melalui jalan setapak memasuki hutan sejauh kurang lebih 500-an meter dan dilanjutkan dengan melewati jalan jalan sungai berbatu.

Air terjun laccar mempunyai ketinggian kurang lebih 20-an meter dan air yang mengalir di penderasan ini dipengaruhi oleh ekspresi dominan jadi ketika waktu ekspresi dominan kemarauair yang mengalir di penderasan ini mengecil dan sebaliknya ketika ekspresi dominan hujan tiba.

Pemandangan di sekitar daerah penderasan ini cukup mengagumkan berupa tebing, hijau tetumbuhan yang menunjukkan kesegaran di area penderasan laccar ini. Air terjun laccar mempunyai keunikan tersendiri karna keadaan alamnya yang masih alami, tidak banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini sehingga menyebabkan suasana di sekitaran penderasan ini lebih tenang.

Tempat Wisaat Pantai Mayangkara Gresik
Pantai Mayangkara
Pantai Mayangkara merupakan salah satu obyek wisata di Pulau Bawean yang terletak di Desa Kepuh Teluk Kecamatan Tambak. Lokasinya berjarak 500 m dari jalan raya Sangkapura-Tambak sehingga sangat mudah dicapai. Pantai yang juga populer dengan sebutan lain Bayangkara ini juga terdapat penangkaran rusa. Anda akan berkenalan dengan rusa-rusa endemik yang hanya akan ditemui di Pulau Bawean.

Nah, kalau sudah kenal Rusa yang punya blog, kau harus kenalan juga dengan Rusa yanga da di pantai ini. Menurut sejarah, pantai ini ialah pantai yang ditemukan pertama kali oleh Siti Zaenab, istri dari Sunan Giri. Di sini pulalah, Siti Zaenab pertama kali berlabuh ketika menemukan Pulau Bawean. Tak perlu khawatir untuk kanal ke pantai ini, sebab roda empat mampu menjangkau hingga ke bibir pantai.

Tempat Wisata Gunung Kapur Sekapuk
Gunung Kapur Sekapuk
Salah satu wisata alam yang ada di Gresik ialah Gunung Kapur Sekapuk. Perbukitan kapur ini ialah bekas aktivitas penambangan oleh penduduk sekitar. Bukit ini mulai ditambang semenjak tahun 1950. Karena luasnya bukit kapur ini, anda akan serasa berada di sebuah istana kapur. Anda mirip berada di film-film fantasi berkat panorama alam berupa goa dan pilar dari kapur di Gunung Kapur Sekapuk.

Tempat Wisata Air Terjun Patar Selamat
Air Terjun Patar
Air Terjun Patar Selamat Gresik merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi sebab pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Gresik juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Gresik juga terkenal akan Wisata Air Terjun Patar Selamat Gresik yang sangat baik untuk dikunjungi.

Air Terjun patar selamat Gresik merupakan wisata yang sangat mempesona Air terjun ini mempunyai ketinggian ± 12 m yang sangat mempesona akan keindahannya. Tempatnya sangat mengagumkan serta air yang mengalir cukup deras membuat para pengunjung ingin segera berenang di sebelah air terjun.

Tak hanya itu, para pengunjung dikala melaksanakan perjalanan akan menemukan hal yang sangat unik, yaituu di sekitar lokasi banyak dijumpai monyet dan ayam hutan berkeliaran. Terkadang mereka suka malu-malu kalau dikasih makanan dengan cara melempar makan mereka akan mengambilnya.

Tempat Wisata Goa Gelang Agung
Goa Gelang Agung
Goa Gelang Agung berada di Desa Melirang, Kec. Bungah, Kabupaten Gresik. Jika sedang berwisata ke Gresik, Goa Gelang Agung sayang untuk dilewatkan. Dinamakan Goa Gelang Agung sebab goa ini memiliki bentuk mirip mirip sebuah gelang besar.

Goa sepanjang lebih kurang 4 km ini tak hanya mampu kau nikmati ornamen berupa stalagtit dan stalagmitnya, tapi juga memiliki ruangan-ruangan yang konon pernah digunakan untuk pertapaan maupun tempat persembunyian.

Tempat Wisata Gunung Surowiti Gresik
Gunung Surowiti
Kawasan wisata Gunung Surowiti yang pernah menjadi Petilasan Pertapaan Sunan Kalijaga ialah sebuah perkampungan kecil yang dihuni oleh kira-kira 200 kepala keluarga, berlokasi di atas bukit yang terjal dengan luas sekitar 5 hektar.

Dengan ketinggian 260 m dari permukaan laut, terletak di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik yang berjarak kira-kira 40 km dari Kota Gresik melalui Jalan Pantura Gresik � Tuban atau sekitar 3 Km kearah selatan dari Jalan Raya Panceng.

Tempat Wisata Danau Kastoba Gresik
Danau Kastoba Gresik
Danau Kastoba Merupakan danau alam yang mengagumkan dan terletak di puncak bukit. Danau Kastoba lembap jernih dan berhawa sejuk, jauh dari kesan wilayah Jawa Timur yang panas. Untuk mampu hingga disana Anda harus sedikit bersusah-payah �menyisir bukit� dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh satu kilometer.

Karena jalannya setapak jadi kita tidak mampu menggunakan kendaraan untuk hingga disana. Danau ini masuk dalam wilayah Desa Paromaan-Kecamatan Tambak-Kabupaten Gresik, terletak di atas bukit Pulau Bawean. Selain mengunjungi tempat wisata di Gresik berjulukan danau Kastoba ini, Anda juga sekaligus juga mampu menyempatkan diri untuk menengok penangkaran rusa yang ada di Bawean.

Tempat Wisata Goa Langsih Gresik
Goa Langsih
Goa Langsih konon merupakan tempat tinggal Berandal Loka Jaya, nama preman Raden Sahid sebelum mendapat pencerahan melalui Sunan Bonang. Raden Sahid atau Raden Said ialah nama muda Sunan Kalijaga. Ia ialah anak Adipati Tuban Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur, sedangkan Tumenggung Wilatikta ialah anak Arya Teja yang memperistri anak Bupati Tuban Arya Dikoro.

Sunan Kalijaga juga dikenal dengan nama Pangeran Tuban, Raden Abdurrahman, dan Syekh Malaya. Goa Langsih disebut sakral, sebab banyak terjadi kejadian di luar nalar sehingga pengunjung diminta untuk menjaga kebersihan, ketertiban dan kesopanan; tidak melaksanakan hal-hal yang dipandang aib, dan wanita haid sebaiknya tidak masuk goa.

Tempat Wisata Bukit Jamur Gresik
Bukit Jamur
Tempat Wisata Bukit Jamur Gresik merupakan tempat wisata gresik yang terletak di Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur (Jatim), merupakan wisata gres di Gresik yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kota tersebut. Meskipun masih tergolong tempat wisata baru, pesonanya tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di jawa timur.

Tempat wisata ini menjadi tempat rekreasi di Gresik yang lagi hits dan terkenal sebab keunikannya. Tempat liburan di gresi ini dikenal dengan bukit jamur, sebag awal mula disebut Bukit Jamur sebab wisata alam ini memang memiliki keunikan kalau dilihat dari bentuk kerikil yang ada di daerah wisata tersebut, bentuk bebatuan di bukit jamur gresik berdiri koko dengan bentuk mirip tumbuhan jamur (lihat gambar jamur).

Meski dikala ini dibuka seadanya, itu pun untuk umum hanya Sabtu dan Minggu, namun di kemudian hari pasti akan berkembang. Karena masterplan Pondok Bungah Indah menyebabkan daerah Bukit Jamur menjadi wisata andalan, dengan begitu makin menambah daftar destinasi wisata di kota Gresik tersebut.

Tempat Wisata Tanjung Gaang Gresik
Tanjung Gaang
Tanjung Gaang merupakan obyek wisata yang berada di pulau bawean, Tanjung Gaang menyuguhkan keindahan kerikil karang dan tebing yang kokoh dan indah. Wisata Tanjung Gaang berada di Desa Kumalasa, Kecamatan Sangkapura berjarank kurang lebih 8 Km ke arah barat dari Pulau Bawean.

Untuk mampu hingga di Tanjung Gaang ada dua jalur yang mampu di tempuh yaitu jalur darat dan laut, namun akan menjadi menyenangkan apabila anda mengunakan jalur laut dengan menyewa perahu nelayan warga setempat karna apabila anda mengunakan jalur laut anda akan di suguhi aneka biota laut yang mampu anda lihat di sepanjang perjalanan.

Tempat Wisata Sendang Banyu Biru Lowayu
Sendang Banyu Biru Lowayu
Sendang Banyu Biru Lowayu merupakan sebuah tempat wisata yang berlokasi di Desa Lowayu, kec. Dukun, Gresik. Di desa ini ada sumber mata air yang dikenal dengan nama Sendang Banyu Biru. Seperti namanya �Banyu Biru� kolam yang berukuran tidak terlalu besar ini memiliki air berwarna biru. Fenomena air biru di Lowayu ini terbilang cukup asing mengingat perairan di sekitarnya tidak ada yang mirip itu.

Warna biru ini terlihat dengan sangat jelas. Belum ada penelitian ilmiah dari mana asal warna air biru di kolam ini. Ketika mendekati kolam, Anda akan mencium aroma welirang yang sangat kuat. Kolam Sendang Banyu Biru Lowayu diyakini warga sekitar dapat mengobati banyak sekali penyakit terutama penyakit kulit.

Tempat Wisata Telaga Ngipik Gresik
Telaga Ngipik
Telaga Ngipik merupakan sebuah telaga yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari alun-alun kota Gresik dan menjadi salah satu tempat yang cocok untuk melarikan diri dari penatnya suasana hiruk pikuk kota. Di sekitar Telaga Ngipik, Anda mampu mencicipi suasana sejuk meskipun samar-samar di kejauhan terlihat bangunan pabrik-pabrik industri yang tidak jauh dari telaga ini.

Benar, Telaga yang juga dikenal dengan nama Taman Wisata Giri Warna Tirta ini mampu Anda manfaatkan untuk hunting foto atau sekedar bersantai menikmati pemandangan ditemani semilir angin. Telaga ini juga kadang digunakan oleh PSASI Jatim atau Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia untuk latihan ski air.

Tempat Wisata Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim
Makam Maulana Malik Ibrahim Gresik
Makam Maulana Malik Ibrahim Gresik ialah makam yang kedua yang saya kunjungi dari orang yang sama. Makam pertama yang saya kunjungi ialah Makam Syekh Maulana Maghribi, nama lain dari Malik Ibrahim, yang letaknya di Cirebon. Bagaimana mungkin orang yang sama mampu memiliki dua atau tiga makam, dan mungkin lebih?

Salah satu alasannya mungkin sebab Maulana Malik Ibrahim, yang juga dikenal sebagai Sunan Gresik, ialah orang yang pertama yang dianggap berhasil membuatkan agama Islam di tanah Jawa, ketika Kerajaan Majapahit masih berdiri. Adanya �makam� di beberapa tempat itu pertanda pengaruh Maulana Malik Ibrahim yang menyebar luas di tanah Jawa.

Tempat Wisata Penangkaran Rusa Bawean 
Penangkaran Rusa Bawean
Penangkaran Rusa Bawean memiliki luas kurang lebih 4 hektar dengan jumlah rusa kurang lebih 300 ekor, Rusa yang berada di penangkaran bawean merupakan Rusa jenis Axis Kuhlii yang dikala ini keberadaannya mulai punah dan hanya mampu di jumpai di pulau bawean.

Rusa Axis Kuhlii memiliki ketingian antara 60 s/d 70 cm untuk jantan, dan mempunyai ukuran 25 s/d 47 untuk betina. Walaupun dalama penangkaran pengunjung tidak mampu memberi makan Rusa-Rusa tersebut dengan bebas tanpa ada izin dari pengelola setempat.

Tempat Wisata Petilasan Sunan Kalijaga
Petilasan Sunan Kalijaga
Petilasan Sunan Kalijaga berupa gua yang dinamakan Gua Langsih. Lokasinya berada di atas Bukit Surowiti. Sekitar 35 km dari sentra kota Gresik. Untuk mampu hingga ke lokasi gua, pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga yang cukup melelahkan.

Sesampainya di lokasi petilasan, suasana mistis akan pribadi terasa. Meskipun suasananya lumayan bikin merinding, selama kita tidak macam-macam dan tidak punya tujuan yang aneh-aneh, it�s okay. Lagipula, mengunjungi tempat-tempat semacam ini akan menunjukkan kita sebuah wawasan baru.

Tempat Wisata Makam Sunan Giri Gresik
Makam Sunan Giri
Makam Sunan Giri Gresik berada di sebuah perbukitan tak terlalu tinggi di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Makam ini saya kunjungi dengan mengikuti jalanan lurus dari arah Makam Sunan Prapen yang beberapa dikala sebelumnya saya kunjungi, dan masuk dari arah samping makam tanpa melewati undakan.

Lokasi Makam Sunan Giri Gresik setidaknya mampu dicapai dengan melewati tiga pilihan kanal masuk, yaitu dari arah Masjid Sunan Giri, dari undakan tengah dengan melewati gapura candi bentar dan patung naga berukuran besar, serta masuk dari arah Makam Sunan Prapen sebagaimana yang saya lakukan pada kunjungan waktu itu.

Tempat Wisata Kota Lama Gresik
Kota Lama Gresik
Sekitar periode 14 Gresik merupakan salah satu kota Dagang yang cukup penting. Banyak pedagang-pedagang dari Cina, Arab, Gujarat, Kalkuta, Siam hingga Bengali yang datang ke Gresik untuk melaksanakan pergadangan. Sisa-sisa sejarah pun tertinggal di beberapa titik di Gresik.

Salah satunya ialah di daerah Kota Tua. Bangunan-bangunan renta dengan arsitektur vintage akan banyak di jumpai di sekitar Jalan Wahid Hasyim, Raden Santri, Basuki Rachmat, HOS Cokroaminoto hingga Jalan Nyi Ageng Arem-arem Tak jauh berbeda dengan Kota Lama di Semarang, di Kota Lama Gresik ini kita juga akan dibawa untuk sejenak kembali menapaki sejarah yang pernah terjadi di Indonesia.

Tempat Wisata Makam Sunan Prapen Gresik
Makam Sunan Prapen
Makam Sunan Prapen terletak di Desa Klangonan Kecamatan Kebomas sekitar 400 m di sebelah barat Makam Sunan Giri, dalam sebuah cungkup berarsitektur unik dengan gesekan bernilai seni tinggi. Sunan perapen ialah penerus dinasi Giri keempat. Menurut kisah tutur, Sunan Prapen ialah seorang pujangga besar penggubah kitab ASRAR yang kemudian digunakan sebagai dasar menyusun Jongko Joyoboyo.

Di samping itu ia juga seorang empu (pembuat keris) yang salah satu karyanya terkenal dengan nama keris Suro Angun-angun. Pada masa Sunan Prapen inilah Giri mengalami masa kejayaan. Menurut VOC Sunan Prapen sebagai Paus Islam, atau Raja Imam yang mempunyai tugas dalam menunjukkan berkah kepada raja-raja Demak dan Pajang yang gres dinobatkan. Beliau memiliki pengaruh besar hingga ke Kalimantan, Sulawesi dan Lombok.

Tempat Wisata Bukit Awan Waterpark Gresik
Bukit Awan Waterpark
Bukit Awan Waterpark Gresik merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi sebab pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Gresik juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Gresik juga terkenal akan Wisata Bukit Awan Waterpark Gresik yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Ada banyak sekali macam wahana yang mampu di nikmati di daerah wisata Bukit Awan Waterpark diantanya kolam pemandian untuk anak-anak, kolam pemandian remaja dan juga terdapat wahana seluncur air. wisata Bukit Awan ini memiliki daya tarik sendiri sebab lokasi yang berada dikaki bukit Awan membuat pemndangan disana semakin mempesona.

Jika anda berada disana akan menikmati berenang denga disuguhi pemandangan yang mengagumkan dari bukit awan sendiri. Selain itu udara disana juga terasa segar dan banyak para pengunjung yang tak tabah untuk menikmati keindahan wisata bukit awan tersebut.

Tempat Wisata Adenium Gresik
Adenium Gresik
Adenium Gresik merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi sebab pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sooko , juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal, maupun dari luar kota bahkan wisatawan dari luar negeri . Kota gresik juga terkenal akan keindahn obyek wisatanya ,salah satu contohnya ialah Wisata Adenium Gresik ini.

Kawasan Wisata ini merupakan Daerah Wisata yang Unik dibandingkan obyek wisata lainnya, Adanya tanaman langka yaitu Bunga Kamboja atau biasa disebut dengan Mawar Gurun� ini berasal dari Benua Afrika, bunga ini sudah terbudidaya dan berkembang biak menjadi lebih dari 100 jenis bunga adenium gres hasil dari penyilangan yang dilakukan oleh para pakar adenium terkenal dari banyak sekali Negara.

Baca ini : Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 34 Tempat Wisata di Gresik yang Wajib Dikunjungi nah supaya ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar