22 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Tuban - Tuban merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di Pantai Utara Jawa Timur. kabupaten Tuban memiliki jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa ini terdiri dari 20 kecamatan dan beribukota di Kecamatan Tuban. Kabupaten Tuban mempunyai letak yang strategis, yakni di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan dilintasi oleh Jalan Nasional Daendels di Pantai Utara.

Pusat pemerintahan Kabupaten Tuban terletak 101 km sebelah barat laut Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur dan 215 km sebelah timur Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah. Oleh alasannya ialah itu, pada zaman dahulu Tuban dijadikan pelabuhan utama Kerajaan Majapahit dan menjadi salah satu sentra penyebaran Agama Islam oleh para Walisongo.

Selain itu, Tempat wisata di Tuban bantu-membantu sangat banyak pilihannya namun sayangnya belum banyak orang yang mengetahui tempat wisata yang menarik ada di Tuban ini. Tuban yang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur ini memang tidak terlalu terkenal mirip kota Surabaya dan Lamongan, Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan sepi sehingga Anda bisa menerima ketenangan di beberapa tempat wisata yang ada di Tuban ini.

Baca ini : 25 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini ialah sejumlah tempat wisata di Tuban Paling Terkenal wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata Tuban ini ialah wisata alam yang menawan dan mempesona.

1. Tempat Wisata Pantai Sowan Tuban
Pantai Sowan
Tempat wisata yang pertama ialah Pantai Sowan, pantai ini berada ditepi jalan pantura, Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Banjar. Pantai Sowan memiliki pemandangan alam yang cantik dan eksotis. Tempat wisata ini lebih dikenal dengan sebutan �Wana Wisata Sowan�. Di daerah Pantai Sowa terdapat daerah hutan di tepi pantai dengan luas sekitar 32 hektar.

Berbagai jenis pepohonan tumbuh subur dikawan wisata ini, mulai dari pohon trembesi, klampis dan mahoni. Obyek wisata ini dikelola oleh KPH Perhutani Tuban. Deretan pohon di area pantai ini membuat suasana yang seharusnya terasa panas membuat suasana pantai lebih sejuk dan bisa menjadi tempat bersantai.

2. Tempat Wisata Pantai Boom Tuban
Pantai Boom Tuban
Tempat Wisata Pantai Boom merupakan sebuah semenanjung buatan yang dulunya merupakan bekas pelabuhan kuno pada masa Majapahit, letaknya berada di sebelah utara alun-alun sentra kota Tuban sehingga lokasinya sangat mudah dicapai. Pantai ini telah ditata sedemikian rupa oleh pemda setempat menjadi tempat wisata dengan dibuatnya banyak sekali kemudahan yang memadai.

Meskipun belum begitu terkenal, namun pantai Boom Tuban memiliki keindahan yang tidak kalah mempesona dengan pantai-pantai lain yang sudah lebih terkenal. Pantai yang dahulunya berfungsi sebagai pelabuhan ini memperlihatkan pemandangan yang tidak biasa atau unik. Jika anda ingin mengunjungi Pantai Boom Tuban ini waktu yang paling tepat ialah pada sore hari.

Karena pada waktu ini lah anda dapat menyaksikan tenggelamnya matahari beserta kuningnya langit Tuban. Selain itu deretan lampu taman yang menghiasi sisi pantai juga menambah keindahan serta menyampaikan nuansa romantis. Untuk anda yang suka dengan aktivitas memancing, anda juga dapat melaksanakan hobi tersebut di Pantai Boom Tuban.

3. Tempat Wisata Pantai Kelapa Tuban
Pantai Kelapa Tuban
Tempat Wisata Pantai Kelapa yang dikenal alasannya ialah banyaknya pohon kelapa yang unik, pantai kelapa berlokasikan 6 KM di sebelah timur Kota Tuban atau lebih tepatnya di Panyuran, Kec. Palang, Tuban. Pohon yang ada disini bukan hanya berdiri tegak mirip yang pada umunya kita lihat, akan tetapi ada juga pohon kelapa melengkung dan tumbuh melandai yang menarik para wisatawan.

Selain itu, Jika anda berkunjung ke Pantai Kelapa anda bisa duduk-duduk kalem di pohon kelapa yang melengkung dan melandai itu tadi. Selain menjadi wisata rekreasi, tempat ini juga difungsikan sebagai lokasi kemah.

Pemandangan yang alami, cantik serta teduh memang lekat dengan Pantai ini. Maka tidak heran kalau pantai yang menjadi bab dari Wisata Tuban ini selalu ramai dikunjungi setiap waktunya terutama ketika hari libur tiba, bagaimana? cantik bukan! mungkin anda bisa mengajak keluarga anda kesini untuk menikmati keindahan pantai kelapa ini.

4. Tempat Wisata Pantai Cemara Tuban
Pantai Cemara Tuban
Nah tempat wisata setelah pantai kelapa yaitu Pantai Cemara di Tuban, Pantai Cemara memperlihatkan pesona pantai yang ditepinya berjajar pohon cemara yang rindang. Disini Kita bisa berteduh dan menikmati pesona indahnya pantai. Di pantai ini, Kita juga akan menemukan Mangrove Center yang dikelola oleh Bapak Ali Mansur.

Jika anda ingin mengunjungi pantai dan Mangrove Center ini, anda dibebaskan dari biaya tiket masuk. Kita akan dikenakan biaya hanya untuk penggunaan listrik dan air bersih saja. Kapan lagi coba bisa wisata gratisan gini. Ada banyak sekali kemudahan mirip gazebo dan juga pondok yang bisa digunakan untuk melaksanakan pertemuan atau sekedar bersantai.

Dipantai ini, Kita bisa bermain air alasannya ialah pantainya relatif dangkal dan ombaknya tidak begitu besar. Kita juga bisa melaksanakan kemah disini. Pastinya anda akan dibuat betah oleh keindahan pantai Cemara ini.

5. Tempat Wisata Pantai Remen Tuban
Pantai Remen Tuban
Pantai Remen merupakan salah satu destinasi wisata maritim yang cukup menarik di Tuban, Jawa Timur. Pantai yang terletak di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Tuban ini tak hanya memiliki keindahan pasir putih yang dihiasi pohon cemara saja. Namun, juga ada semacam danau yang menjorok sebelum ke laut ini membuat ciri khas dari pantai remen tuban ini.

Pantai pasir putih ini ternyata masih baru. Pantai ini resmi dibuka gres pada 22 Pebruari 2015 dan dikelolah oleh pemerintah desa Remen. Terdapat banyak sekali tenda-tenda pedagang berjejer di sekitar pantai, terlihat sederhana yang tertata rapi dan bersih. Pantai ini sangat terjaga kebersihannya, bahkan ada banyak tong sampah disepanjang pantainya.

Jika anda berkunjung ke pantai ini jangan buang sampah sembarangan ya, alasannya ialah biar kebersihan pantai ini tetap terjaga.

6. Tempat Wisata Air Terjun Lembah Bongok Tuban
Tempat Wisata Air Terjun Lembah Bongkok
Tempat Wisata Air Terjun Lembah Bongkok yang banyak orang belum mengetahuinya. Namun sesampainya di Air Terjun Lembah Bongok, rasa lelah sepanjang perjalanan akan hilang. Indahnya alam sekitar membuat perasaan menjadi sangat tenang.

Selain itu, disekitar penderasan ini ada bunyi burung dan monyet liar membuat refreshing terasa sempurna. Terdapat 2 penderasan cantik yang menghiasi tebing kerikil Lembah Bongok. Pengunjung bisa menikmati sensasi mandi di bawah pedoman air terjun. Tak jarang pengunjung juga memanjat tebing untuk berfoto di atas pedoman air. bagaimana? Sungguh cantik bukan tempat wisata Air terjun ini.

7. Tempat Wisata Air Terjun Nglirip Tuban
Air Terjun Nglirip Tuban
Tempat Wisata Air Terjun Nglirip Tuban, Merupakan salah satu destinasi objek wisata alam di kabupaten tuban. Tempat wisata ini menyuguhkan eksotisme alam yang menakjubkan. Air sungainya berwarna biru tosca pada dikala isu terkini kemarau, begitu indah. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter.

Dibalik pesona keindahan alamnya, tempat wisata ini menyimpan banyak misteri. Kabar mistik bahwa wisata penderasan Nglirip minta tumbal gadis perawan. Bahkan setiap tahunnya, penderasan Nglirip ini selalu memakan korban. maka dari itu bila anda ingin menikmati keindahan penderasan ini anda berdoa dulu ya dikala menuju kesini.

Secara administratif Air Terjun Nglirip Tuban terletak di Dusun Jojogan Desa Mulyo Agung Kecamatan Singgahan. Jarak Dari Pusat Kota Tuban terhitung sekitar kurang lebih 37KM kearah barat daya.

8. Tempat Wisata Goa Akbar Tuban
Goa Akbar Tuban
Goa Akbar Tuban Merupakan Tempatwisata Goa yang ada ditengah kota tepatnya dibelakang pasar gres tuban. Buat kau yang tak mau repot berpetualang alam dan bisa menjangkau lokasi goa untuk menikmati keindahan ciptaan tuhan bersama alam ini, Tempat wisata Goa akbar ini dikelola dengan sangat baik. Goa ini sudah dilengkapi dengan penerangan dan jalan paving.

Adanya penerangan akan membuat Kita bisa menikmati indahnya Staklatit dan Staklamit. Selain pesona Staklatit dan Staklamit yang indah, Kita juga akan menikmati banyak hal lain mirip mushola, paseban wali, tempat wudhu dll.

Konon kabarnya goa ini dulu pernah menjadi tempat tinggal Sunan Kalijaga sebelum bertobat menuju jalan yang benar setelah bertemu dengan Sunan Bonang. Wisata Goa Akbar cukup ramai alasannya ialah lokasinya yang berada dibelakang Pasar Baru, Tuban.

9. Tempat Wisata Goa Ngerong Tuban
Goa Ngerong Tuban
Goa Ngerong ini merupakan tempat wisata di Tuban Jawa Timur yang ramai akan wisatawan di masa-masa libur alasannya ialah memiliki objek wisata yang menarik yaitu adanya ribuan kelelawar bergantungan diatap goa. Selain itu, disini ada juga kura-kura putih dan ikan tawes yang belum terkuak dongeng mistiknya.

Disini anda dapat menyusuri goa dengan perahu karet sambil menikmati pesona ribuan ikan didasar sungainya sambil kelelawar diatap goanya. Dikedalaman kurang lebih 1000 meter, Kita akan mendapati air terjun. Sungguh sangat menyenangkan menghabiskan waktu liburan disini.

Lokasi Goa Ngerong : Jalan Rengel No. 155, Rengel, Tuban

10. Tempat Wisata Goa Suci Tuban
Goa Suci
Goa Suci ini merupakan Sebuah Goa Buatan alasannya ialah bentuknya terlihat terbuat dari pahatan-pahatan. Namun GOA ini dibuat pada zaman dahulu kala, dengan pembuktian terdapat angka jawa 1026 yang menunjukkan tahun di sekitar pahatan tersebut.

Goa yang unik ini dikatakan sebuah goa yg merupakan peninggalan kerajaan majapahit. Goa yang terletak disekitar penambangan Batu kapur ini memiliki banyak keunikan, diantaranya GOA ini konon katanya sering dibuat semedi orang-orang baik dari dalam maupun luar daerah untuk mediatasi menenangkan fikiran dan nurani maupun untuk mencari sebuah ilmu kebatinan.

Secara administratif GOA Suci di Tuban Terletak di Dusun Suci, Desa Wagun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Dari sentra kota Tuban menuju kecamatan Palang berjarak sekitar 12 km.

11. Tempat Wisata Goa Putri Asih Tuban
Goa Putri Asih Tuban
Goa Putri Asih merupakan Goa yang terkenal dengan banyak sekali ornamen kerikil didalamnya. Ornamen-ornamen itu diantaranya ornamen stalaktit, stalakmit, pillar (penyangga dari ruang kedua dan ketiga), gordyn (ornamen kerikil alasannya ialah tetesan air yang sangat tipis hingga membentuk ibarat kelambu atau selendang), soda strav, flow stone, helektit (batu yang tumbuhnya dari stalaktit yang tumbuh menyamping).

Heksentrik (batu ini tumbuhnya dari stalaktit tapi tumbuh menyamping kemudian naik keatas), dan calcite floor (berasal dari lelehan flow stone yang men yatu dengan tanah dan membentuk ornamen). Goa ini memiliki 9 ruangan dengan pesona ornamen bebatuan yang beragam. Kita wajib mengunjungi tempat ini untuk menunjukan bagaimana alam memproduksi keindahan.

12. Tempat Wisata Pemandian Bektiharjo Tuban
Pemandian Bekti Harjo
Pemandian Bekti Harjo merupakan sebuah pemandian yang konon menjadi cikal bakal kota Tuban. Tempat wisata di Tuban ini merupakan pemandian dengan mata air yang terus mengalir dan tidak pernah surut dikala kemarau.

Menurut penduduk sekitar dan para tetua, pemandian ini diyakini sebagai asal usul Tuban yang berarti �MeTu Banyune� yang di dalam bahasa Indonesia berarti Keluar Air atau adanya Mata Air. Di sekitar Pemandian Bekti Harjo juga ada sekelompok monyet liar yang sangat jinak dan tidak suka mengusili para pengunjung.

Anda dapat bermain dengan monyet dan memberi makan untuk dapat mengajak kawanan monyet ini bermain. Disini juga ada kemudahan kolam renang buat anak dengan seluncuran dan permainan lain. Makara pemandian ini sangat nyaman untuk tempat berlibur bersama keluarga dengan membawa anak-anak.

Harga tiket masuk sekitar rata-rata untuk remaja Rp 4.500 per orang dan utk parkir dikenakkan biaya Rp 2000. Dengan biaya segitu anda sudah bia menikmati kolam renang bersama keluarga yang anda sayangi.

13. Tempat Wisata Goa Kancing Tuban
Goa Kancing Tuban
Tempat Wisata Goa kancing ini tak mirip goa pada umumya yang ada di tuban. Goa kancing memiliki ciri khas tersendiri yaitu goa kancing ini berupa lubang mirip mirip sumur yang memiliki kedalaman cuma sekitar 4-5meter.

Disamping goa atau lubang itu terdapat cekungan yang juga tak terlalu dalam. Tetapi letak keunikan dari goa kancing bukan dari goanya tetapi pada 2 tebing kerikil yang berdiri kokoh tepat diatas ekspresi goa, dan tempat ini cocok banget buat kau kamu yang suka selfie ria atau hunting foto.

14. Tempat Wisata Puncak Watu Ondo Tuban
Puncak Watu Ondo Tuban
Tempat Wisata Watu Ondo memiliki nuansa alam yang cantik sekaligus memacu andrenaline anda, untuk mencapai puncak bukit anda harus memanjat beberapa anak tangga yang bersentuhan dengan bebatuan bukit tersebut. Namun setelah anda hingga dipuncak maka akan terbayarkan dengan keindahan alam yang dapat anda nikmati di atas bukit watu ondo.

Watu Ondo terletak di daerah kecamatan Semanding dan berjarak sekitar 8 km ke tenggara dari sentra kota Tuban. Lokasi Watu Ondo merupakan jalur lalu lintas antara Dusun Mbogor dengan Dusun Ngendut dan Dusun Secang dengan Dusun Mondokan. Makara waktu anda mau kesana cobalah bertanya ke warga sekitar yang berada diantara dusun tersebut.

15. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Prataan Tuban
Pemandian Prataan Tuban
Wisata dan pemandian air panas Prataan ini terletak di kecamatan Parengan, sekitar 45 km arah barat daya kota Tuban. Kondisi sekitar sumber air panas masih sangat alami dimana terdapat hutan-hutan yang masih alami dengan pepohonan yang rindang. Suhu air mencapai 56 derajat Celsius, dengan kadar sulfur yang sangat tinggi dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit mirip gatal dan lain-lain.

Selain itu, Terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung yang ingin berendam, seperti: harus sudah makan terlebih dahulu, tidak dianjurkan untuk penderita penyakit asma dan jantung, tidak boleh berendam berdua atau berlawanan jenis, dan batas waktu maksimal yang diberikan ialah 15 menit. Hal-hal tersebut dilakukan demi kebaikan pengunjung, supaya tidak menjadikan efek-efek negatif yang bisa terjadi setelah berendam.

16. Tempat Wisata Ponpes Perut Bumi Al-Maghribi Tuban
Ponpes Perut Bumi Al-Maghribi
Tempat Wisata Ponpes Perut Bumi Al-Maghribi yang letaknya di dalam goa. Makanya bila kita berkunjung ke tempat ini akan memberi pengalaman istimewa buatmu. Ponpes Perut Bumi Al-Maghribi dibangun di dalam goa alami yang telah mati dan terbengkalai.

Kini, ornamen-ornamen goa mirip stalagtit dan stalagtit telah mengeras menjadi batuan kapur dan bersinergi harmonis dengan bangunan ponpes beserta masjidnya. Kini, ponpes yang digagas oleh Kyai Subchan Mubarok ini menjadi salah satu daya tarik bagi peziarah dan wisatawan.

Secara administratif Pondok Pesantren Perut Bumi terletak di dusun wire, kelurahan gedongombo, kecamatan semanding kabupaten tuban. Dari wisata sunan bonang kurang lebih 3KM arah serong ketimur, pembangunan ponpes ini.

17. Tempat Wisata Makam Sunan Bonang Tuban
Makam Sunan Bonang
Tempat Wisata Makam Sunan Bonang tak pernah sepi dari peziarah. Masuk kemari, kau akan melewati beberapa gapura bergaya Hindu-Islam yang otentik. Lalu, kau bisa melihat cungkup makam asli rendah dan kecil dibawah naaungan cungkup yang megah.

Selain menjadi pelabuhan penting di era Majapahit, Tuban juga menjadi salah satu sentra penyebaran agama Islam di Pulau Jawa; tak heran kalau kota ini dijuluki Kota Wali. Di sentra kota kau bisa menemukan makam salah satu Walisongo yang tersohor itu, yaitu Sunan Bonang. Tahu lagu Tombo Ati? Nah, itu ialah salah satu karya Sunan Bonang yang digunakan untuk berdakwah.

18. Tempat Wisata Museum Kambang Putih
Museum Kambang Putih
Museum Kambang Putih merupakan satu-satunya museum yang ada di Kabupaten Tuban. Lokasi Museum berdekatan dengan makam Sunan Bonang, Alun-alun dan juga Pantai Boom Tuban tepatnya di Jalan Kartini No.3 Tuban. Untuk bisa masuk ke dalam Museum Kambang Putih, pengunjung hanya cukup mengisi buku tamu yang berada di akrab pintu masuk tanpa dikenai biaya.

Di museum Kambang Putih juga menyimpan barang yang merupakan bab dari kebudayaan masyarakat Tuban yang sudah langkah ditemui di Tuban, yaitu Ongkek. Ongkek merupakan alat untuk mewadahi Legen yang merupakan minuman tradisional khas Tuban. Sampai sekitar tahun 1970 masih banyak dijumpai di jalan-jalan atau di perkampungan yang berjualan legen dengan menggunakan Ongkek.

19. Tempat Wisata Masjid Agung Tuban
Masjid Agung Tuban
Masjid Agung Tuban merupakan salah satu rumah ibadah muslim di Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Masjid ini didirikan pada kurun ke-15 oleh Bupati Tuban pertama yang memeluk agama Islam, yakni Adipati Raden Ario Tedjo. Lokasi masjid pun sangat strategis alasannya ialah berada di sekitar alun- alun kota dan tidakjauh dari kompleks makam Sunan Bonang.

Tampilan luar bangunan masjid mengingatkan pada Masjid Imam di Kota Isfahan, Iran. Pengaruh ini juga yang menjadikan Masjid Agung Tuban tampak memancarkan pesona 1.001 malam dengan permainan warna, terutama pada malam hari.

Bagian dalam masjid yang banyak menggunakan tumpuan lengkungan untuk menghubungkan tiang penyangga sehingga menghasilkan tumpuan ruang dengan kolom-kolom, sepertinya terinspirasi dari ruang dalam Masjid Cordoba, Spanyol.

20. Tempat Wisata Klenteng Kwan Sing Bio Tuban
Klenteng Kwan Sing Bio Tuban
Klenteng Kwan Sing Bio merupakan salah satu Klenteng yang cukup ramai dikunjungi di wilayah Jawa Timur. Nggak hanya warga Surabaya dan Semarang (banyak kendaraan beroda empat letter H dan L) aja yang banyak berkunjung ke sini, tapi bahkan warga dari tetangga sebelah mirip Singapura, Malaysia dan China sendiri terlihat sering berdatangan kemari.

Klenteng ini sendiri disebut sebut merupakan satu-satunya kelenteng di Indonesia yang menghadap laut bebas. Menurut denger denger kanan kiri sih, katanya keberadaannya yang berani menantang laut ini, mengartikan bahwa Klenteng ini berpengaruh dan beberapa orang menyebut dengan berdoa disini banyak yang dikabulkan permintaanya, makanya klenteng ini selalu ramai.

21. Tempat Wisata Kuliner Kare Rajungan Khas Tuban
Kare Rajungan Khas Tuban
Makanan khas tuban yang satu ini terkenal dengan rasa pedasnya, bagi anda yang suka makan pedas silahkan cicipi kare rajungan ini, makanan khas tuban Kare Rajungan ini terbuat dari materi dasar rajungan yang di olah dengan bumbu khas, bumbu dasar yang di gunakan daun salam, batang sereh, laos, santan, air asam, smua di masak dan rajungan di masukan hingga bumbu meresap. Rajungan siap di sajikan.

22. Tempat Wisata Kuliner Garang Asem Khas Tuban
Garang Asem Khas Tuban
Mengenai makanan khas tuban yang terakhir ialah bergairah asem khas tuban, makanan ini salah satu bahanya dalah ikan tengiri, sehingga menghasilkan rasa gurih namun sedikit asam, sangat cocok untuk makan siang anda, bergairah asam ini terdiri dari bumbu rempah diantaranya ikan tengiri, air jeruk nipis, garam, daun salam, tomat hijau, santan dan lain-lain.

Baca juga : 25 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 22 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, bila anda ingin bertanya ihwal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar