25 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pekanbaru - Kota Pekanbaru merupakan ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Kota ini merupakan kota perdagangan dan jasa, termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Pekanbaru mempunyai satu bandar udara internasional, yaitu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II dan terminal bus antar kota dan antar provinsi Bandar Raya Payung Sekaki, serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku.

Saat ini Kota Pekanbaru sedang berkembang pesat menjadi kota dagang yang multi-etnik, keberagaman ini telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya. Kota Pekanbaru memiliki beberapa bangunan dengan ciri khas arsitektur Melayu diantaranya bangunan Balai Adat Melayu Riau yang terletak di jalan Diponegoro, Bangunan ini terdiri dari dua lantai, di lantai atasnya terpampang beberapa ungkapan sopan santun dan pasal-pasal Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji sastrawan keturunan Bugis.

Selain itu di Pekanbaru banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik dan bagus diantaranya menyerupai wisata alam, wisata religi serta wisata sejarah semua ada di Pekanbaru, mungkin anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi kalau anda berkunjung bersama keluarga ataupun sahabat pastinya akan lebih menyenangkan ya.

Baca Juga : Tempat Wisata di batam yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi
Nah pada kesempatan kali ini akan mengajak anda untuk berkeliling ke daerah Pekanbaru. Tetapi sebelum mengajak anda ke Daerah pekan gres persiapkan dahulu barang-barang anda. Saya akan merekomendasikan beberapa mengenai tempat wisata di Pekanbaru yang patut anda kunjungi, simak berikut dibawah ini dengan seksama.

1. Tempat Wisata Kebun Binatang Sang Kulim di Pekanbaru
Kebun Binatang Sang Kulim
Tempat wisata yang pertama anda harus kunjungi di pekanbaru yaitu Kebun binatang Sang Kulim, kebun binsatang ini memiliki luas 10 hektar ini menjadi tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi keluarga di simpulan pekan. Kebun Wisata Sang Kulim berada di Jl. H Usman Kubang Pekanbaru. Kebun Binatang Sang Kulim memiliki banyak jenis binatang yang dapat dikenalkan pada belum dewasa seperti, monyet, landak, ular, burung, dan masih banyak lagi.

Selain mengamati koleksi banyak sekali jenis binatang, tersedia arena untuk bermain belum dewasa menyerupai ayunan, papan seluncur, kolam pancing, dan kolam renang anak. Selain itu anda juga bisa naik gajah. Kebun Binatang Sang Kulim merupakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi terutama di simpulan pecan. Lahan hijau yang membentang luas bisa dimanfaatkan masyarakat untuk lesehan menggelar tikar sambil menyantap makanan bersama keluarga.

2. Tempat Wisata Keluarga Riau Fantasi di Pekanbaru
Riau Fantasi
Riau Fantasi merupakan taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera. Riau Fantasi terletak di Jalan Labersa atau seitar 45 menit dari sentra kota Pekanbaru, tempat wisata yang dikenal juga dengan nama Labersa Water and Theme Park ini memiliki luas sekitar 6,5 hektar. Sesuai namanya, tempat wisata di Pekanbaru ini dibagi menjadi wahana lembap dan wahana kering dan terdapat juga beberapa jenis kolam dan papan seluncur air, menyerupai Advanture Pool.

Di zona lembap ada beberapa jenis kolam dan papan seluncur air, misalnya saja Adventure Pool. Di kolam ini terdapat beberapa menara yang dihubungkan dengan jembatan goyang. Ada juga sebuah bejana raksasa menggantung yang bisa menampung 3.000 liter air dan siap mengguyur anda ketika telah terisi penuh. Sementara di area zona kering terdapat banyak sekali permainan yang menguji adrenalin menyerupai Kora-kora, Sky tower, Wave blaster, Speedy coaster dan Family swinger dll.

3. Tempat Wisata Danau Buatan Lembah Sari di Pekanbaru
Wisata Danau Buatan Lembah Sari
Wisata Danau Buatan Lembah Sari merupakan salah satu tempat wisata Pekanbaru yang bernuansa alami. Tujuan wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Rumbai Pekanbaru, Riau. Limbungan ialah danau buatan berupa bendungan irigasi terletak kurang lebih 10 kilometer dari kota Pekanbaru.

Pemandangan alam sekitar Danau Buatan Lembah Sari ini memiliki panorama yang indah, sejuk, nyaman dan bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan, memungkinkan dikembangkan sebagai tempat atraksi wisata tirta menyerupai berenang, memancing, bersepeda air dan lain-lain. Saat ini banyak sekali investor tertarik ingin menanamkan modal mereka di danau ini.

Selain tempatnya yang bernuansa alami, ketika kita berekreasi ke danau buatan yang mana disana terdapat pepohonan yang hijau dan sangat rindang, juga baik untuk kesehatan mata. Melihat airnya yang tenang menghanyutkan hati untuk tetap hidup tenang menyerupai layaknya air, yang tidak pernah melawan arus, selalu saja mengikuti arus.

Di danau buatan lembah sari ini juga terdapat banyak sekali permainan, salah satunya ialah naik getek alias sampan kecil yang ditarik oleh mesin. Suasana akan lebih asyik ketika kita menaiki sampan kecil tersebut, berkeliling di atas danau.

4. Tempat Wisata Alam Taman Sunbulat Pekanbaru
Taman Mayang
Tempat selanjutnya yaitu Taman rekreasi alam mayang merupakan tempat wisata alam di Pekanbaru yang selalu ramai ketika simpulan pekan tiba. Taman Rekreasi Alam Sunbulat ini lokasinya berada di Jl. H. Imam Munandar, Kecamatan Bukit Raya, kurang lebih jaraknya sekitar 8 dari sentra kota Pekanbaru Dengan konsep berwisata di alam terbuka membuat taman ini sangat asyik dijadikan sahabat rekreasi bersama keluarga ketika simpulan pekan tiba.

Tempat wisata ini memperlihatkan wahana rekreasi keluarga di alam terbuka. Taman Rekreasi Alam Sunbulat dikelilingi oleh perbukitan, udara sekitarnya sejuk sehingga cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Dari sini, Anda juga bisa melihat Jembatan Leighton yang melintasi Sungai Siak. Di sini, terdapat tiga buah kolam pancing yang bisa digunakan untuk memuaskan kegemaran memancing Anda. Selain itu juga ada flying fox, outbond, sepeda air dan bola air raksasa.

5. Tempat Wisata Istana Siak Sri Indrapura Pekanbaru
Istana Siak
Istana Siak merupakan situs peninggalan kerajaan melayu yang pernah berjaya di bumi Riau, Istana Siak Sri Indrapura dibangun pada tahun 1889 oleh arsitek jerman pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Istana ini masih berdiri kokoh hingga sekarang dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Wisata Edukasi layaknya Museum ini menyajikan aneka jenis benda peninggalan kerajaan dari peralatan, perhiasan, hingga patung perunggu Ratu Wilhelmina dan Patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari Batu Pualam dan Perhiasan berlian. Di lantai dasar anda dapat menikmati koleksi kerajaan menyerupai patung perunggu Ratu Wihelmina dan patung Sultan Syahrir Hasyim I.

Di lantai ini juga terdapat Gendang bau tanah yang memiliki usia 200 tahun lebih. Sedangkan Lantai dua Istana dulunya merupakan kamar sultan dan kamar tamu, kamar-kamar tersebut sekarang dirubah menjadi tempat koleksi senjata pusaka sultan. Terdapat juga lukisan Napoleon Bonaparte yang didatangkan asli pribadi dari Perancis.

6. Tempat Wisata Masjid Agung An Nur Pekanbaru
Masjid Agung An Nur Pekanbaru
Masjid Agung An Nur merupakan sebuah masjid yang terletak di Pekanbaru, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968. Masjid yang di ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru tersebut ketika ini merupakan salah satu yang termegah di Indonesia. Dilihat dari sisi bangunannya, masjid banyak mendapat pengaruh dari gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India.

Masjid Agung An-Nur Riau di Pekanbaru ini disebut disebut sebagai Taj Mahalnya provinsi Riau. Bila kita amati arsitektural masjid Agung An-Nur memang memiliki beberapa kesamaan dengan Taj Mahal. Arsitektur Masjid ini dirancang oleh Ir. Roseno dengan ukuran 50 X 50 m yang terletak dalam satu pekarangan yang luasnya 400 X 200 m. Kapasitas masjid dapat menampung sekitar 4.500 orang jamaah. Bangunan masjid terdiri dari tiga tingkat.

Tingkat atas digunakan untuk sholat, dan tingkat bawah untuk kantor dan ruang pertemuan. Masjid ini mempunyai tiga buah tangga, 1 buah tangga di episode muka dan 2 buah tangga di episode samping. Di episode atas terdiri dari 13 buah pintu dan episode bawah terdiri dari 4 buah pintu dan mempunyai kamar-kamar yang besar dan sebuah aula. Sedangkan goresan pena kaligrafi yang terdapat dalam ruangan masjid ini ditulis oleh seorang kaligrafer berjulukan Azhari Nur dari Jakarta yang ditulis pada tahun 1970.

7. Tempat Wisata Perpustakaan Soeman H.S di Pekanbaru
Perpustakaan Soeman
Perpustakaan Soeman H.S Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman 462, Pekanbaru. Uniknya, bangunan perpustakaan ini berbentuk menyerupai rehal atau papan ganjal untuk membaca Al Quran. Perpustakaan Soeman H.S terdiridari enam lantai dan memiliki banyak sekali akomodasi pendukung mulai dari mushola, kafe, kantin, ruang pertemuan hingga auditorium.

Ada juga ruangan khusus untuk literatur budaya Melayu. Perpustakaan ini disebut memiliki koleksi literatur budaya Melayu terlengkap di Indonesia. Perpustakaan ini tak hanya untuk orang dewasa. Silakan bawa belum dewasa ke tempat wisata edukasi ini. Di sini, ada Children Library dan Kids Corner yang sangat memanjakan anak-anak.

Tak perlu memiliki kartu keanggotaan untuk bisa membaca koleksi buku di sini. Anda bebas membaca buku di sofa atau lesehan, ruang baca sangat nyaman sebab dilengkapi dengan AC dan susukan internet gratis.

8. Tempat Wisata Masjid Senapelan Pekanbaru
Masjid Senapelan Pekanbaru
Masjid Senapelan merupakan peninggalan kesultanan Siak masa lalu. Masjid ini masih terkelola dengan baik. Masjid ini juga memiliki nama Masjid Raya Pekanbaru, dibangun pada tahun 1762 dan merupakan salah satu masjid tertua di Riau.

Pada awal dibangun, masjid ini berukuran kecil dan terbuat dari kayu. Saat ini, Anda bisa melihatnya sebagai sebuah masjid megah didominasi warna kuning khas Melayu dan berkubah besar. Setelah direnovasi, ukuran masjid ketika ini mencapai 60 x 80 meter. Dahulu, di masjid ini terdapat sebuah sumur bau tanah yangairnya dipercaya bisa menyembuhkan banyak sekali macam penyakit.

Konon, sumur ini hingga terdengar ke negeri tetangga dan membuat wisatawan dari Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia datang untuk membuktikannya. Sekarang sumur telah ditutup sebab beberapa alasan.

9. Tempat Wisata Pasar Bawah Pekanbaru
Pasar Bawah
Pasar Bawah Pekanbaru merupakan pasar yang tertua di kota Pekanbaru yang berada di persis di tepi sungai Siak dan Pelabuhan. Pasar Bawah ini terletak di sebelah utara Pekanbaru yang merupakan sentra perbelanjaan yang banyak menyediakan barang-barang antik, pernak-pernik komplemen rumah tangga, baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu, Pasar Bawah ini juga terkenal sebagai salah satu sentra perbelanjaan barang elektronik bekas (second hand) yang berasal dari luar negeri. Berbagai barang eks luar negeri dengan kualitas impor yang dijual dengan harga "miring", menyerupai keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah, tas wanita dari Italia, dan aneka guci dan patung.

Selain itu, di Pasar Bawah ini terdapat beragam barang-barang elektronik dan banyak sekali jenis makanan kecil yang hampir semuanya merupakan produk luar negeri. Di Pasar Bawah ini juga tersedia jenis makanan khas Riau menyerupai lempuk Durian, Dodol kedondong, ikan salai, Ikan Asin, selain itu juga tersedia kerajinan khas Riau menyerupai batik Riau , Kain Songket Riau, Baju Melayu Khas Riau dll.

10. Tempat Wisata Museum Sang Nila Utama di Pekanbaru
Museum Sang Nila Utama
Museum Sang Nila Utama merupakan museum warisan di Pekanbaru, Indonesia. Museum ini mengumpulkan dan menyimpan warisan-warisan yang berafiliasi dengan Riau-Budaya Melayu menyerupai pakaian sopan santun pernikahan, permainan tradisional, instrument-instrumen musik dan artefak-artefak tradisional lainnya.

Museum Sang Nila Utama Lokasinya berada di di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru. Di museum ini tersimpan banyak sekali aneka koleksi benda-benda sen dan budaya menyerupai pakaian adat, permainan rakyat menyerupai alat-alat musik dari banyak sekali daerah di Riau, gasing, dan benda-benda bersejarah provinsi Riau yang lainnya.

Tidak jauh dari dari museum Sang Nila Utama ini terdapat satu bangunan khas dengan arsitektur melayu yang kental yaitu Gedung Taman Budaya Riau, dimana gedung ini digunakan sebagai tempat untuk pagelaran banyak sekali acara budaya dan seni melayu Riau, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

11. Tempat Wisata Air Terjun Aek Martua di Pekanbaru
Air Terjun Aek Martua
Air Terjun Aek Martua ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri sebab memiliki beberapa tingkat, sehingga sering pula disebut Air Terjun Tangga Seribu. Air terjun ini terletak di daerah dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan. Nama Aek Martua ini ialah nama sebuah sungai di mana riam ini berada dan berasal dari bahasa suku Mandailing yang artinya ialah Air Bertuah.

Ada tiga riam yang bagus dan spektakuler dengan jarak beberapa puluh meter di daerah ini bervariasi mulai dengan ketinggian 15 meter hingga yang tertinggi 35 meter. Air terjun pertama memiliki hamparan kerikil yang cukup luas untuk bermain air, sedangkan riam kedua memiliki kolam 250 m2 untuk mandi, yang lebih spektakuler ialah riam ketiga, tentunya bagi mereka yang memiliki keahlian panjat tebing untuk menuju tempat tersebut.

Berjarak 12 km dari Pasir Pengairan ke Simpang Tanggun dengan arah menuju Tapsel (Tapanuli Selatan), atau diharapkan 1 jam waktu tempuh perjalanan.

12. Tempat Wisata Anjungan Seni Idrus Tintin Pekanbaru
Seni Idrus Tintin
Seni Idrus Tintin ini merupakan sebuah bangunan yang terletak di Arena Purna MTQ pekanbaru. Bangunan ini memiliki desain yang memiliki ciri khas melayu,tetapi bangunan ini kalau dilihat bahkan menyerupai istana. Asal mula nama Anjung seni bangunan ini ialah dari seniman Riau yang terkenal berjulukan Idrus Tintin . Dan indahnya bangunan ini menjadi tempat wisatawan untuk berkunjung ketempat yang bersejarah menyerupai gedung anjung seni tintin ini .

 Dengan memiliki ketinggian yang setara dengan gedung tiga lantai bangunan ini berdiri menjulang tinggi dengan mempunyai nilai estetika mengagumkan. kalau Anda memiliki kesempatan untuk dapat masuk ke dalamnya Anda akan bisa melihat terawangan yang begitu tinggi mengarah ke langit-langit gedung ini. Gedung seni ini terdiri dari tiga lantai yang interior dalam ruangannya pun tak kalah menarik dari eksteriornya.

Obyek wisata yang sempat menjadi tempat diadakannya perhelatan seni Indonesia, Festival Film Indonesia di tahun 2008 ini menjadi sebuah ikon seni Pekanbaru di mana pengunjung biasa berfoto atau duduk-duduk kalem di sekitarnya.

13. Tempat Wisata Air Terjun Guruh Gemurai di Pekanbaru
Air Terjun Guruh Gemurai
Air Terjun Guruh Gemurai yang berlokasi di kabupaten Kuantan Singingi, Pekanbaru. Air terjun ini cukup populer di Pekanbaru. Air terjun ini memiliki dua aliran, riam ini memiliki bunyi yang bergemuruh. Bagi Anda yang berkunjung ke Pekanbaru, tentunya tidak lengkap kalau Anda tidak mengunjungi tempat wisata di Pekanbaru ini.

Selain air terjun, pemandangan di sekitar juga sangat menarik. Air dari riam guruh gemurai ini tertampung di sebuah kolam yang terdapat dibawahnnya. Di kolam inilah biasanya para wisatawan berenang dan bermain air. Di sekitar lokasi riam guruh gemurai juga terdapat beberapa cottage yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

14. Tempat Wisata Desa Okura di Pekanbaru 
Desa Okura Pekanbaru
Tempat wisata ini berjulukan Wisata Dakwah Okura atau disingkat WDO, tempatnya tidak begitu jauh dari Pekanbaru, Perjalanan menuju Desa Okura dikelilingi tanaman hijau perkebunan sawit, jauh dari berisiknya kendaraan berlalu lalang membuat tempatnya terasa damai.

Di sini pengunjung bisa menikmati wisata Mulai dari bersampan, berkuda, memanah, berenang, motocross, downhill, airsoft, memancing, paint ball, bersepeda, outbond, camping hingga menikmati wisata budaya yang mengasyikan.

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati wisata di WDO. Jika hanya ingin melihat dan menikmati suasana lingkungan gratis untuk siapapun. Jika berkunjung dan ingin menggunakan kuda, ada paket wisata Joy Raide Rp30.000 per 30 menit.

Bila ingin latihan bersama seorang guru, ada Private Lesson Rp 150 ribu per jam dan ada Practice Raider berupa sewa kuda bagi mereka yang sudah bisa berkuda tanpa guru dengan tarif Rp 100 ribu satu per jam.

15. Tempat Wisata Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim
Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim
Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim taman yang selalu ramai dikunjungi pada simpulan pekan. Tempatnya yang sejuk dan udara yang segar sangat cocok untuk anda yang ingin menerima suasana hati yang tenang. Lokasi taman ini berada sekitar 23 km dari sentra Kota Pekanbaru ini Sekilas.

Jalan lurus menurun terlihat sepi, namun, menyeruak ke dalam, ada ribuan orang sedang menikmati suasananya yang tenang dan tenteram. Ada banyak wahana yang bisa kita mainkan disini. tempat rekreasi bagi anak muda yang ingin bersantai-santai dan mencari udara sejuk yang dibalik rerimbunan dan pepohonan yang seakan membuat hati orang lain menjadi sejuk.

Alamat: Jl. Yos Sudarso, Minas Jaya, Minas, Kabupaten Siak, Riau 28267

16. Tempat Wisata Sungai Kampar di Pekanbaru
Sungai Kampar
Sungai Kampar merupakan sebuah sungai di Indonesia, berhulu di Bukit Barisan sekitar Sumatera Barat dan bermuara di pesisir timur Pulau Sumatera Riau. Tempat Wisata Sungai Kampar lokasinya berada di Desa Teluk Meranti, sebelah timur laut Pekanbaru Berselancar ternyata tidak hanya di pantai saja, di sungai juga bisa.

Nah, untuk kau yang hobi berselancar kau harus cobain sensai berselancar di sungai Kampar.. Gelombang pasang surut dikenal secara lokal sebagai �Bono�, yang bergegas dengan bunyi menderu keras pada kecepatan 40 kilometer per jam.

Surfing di sungai bisa naik setinggi 4 hingga 6 meter. Sungai dan tepi diberitakan dihuni oleh buaya dan ular. Sementara buaya sebagian besar ditemukan di hulu, ialah bijaksana untuk berhati-hati dari predator ini ketika berselancar di sungai. Namun, ular kebanyakan tidak beracun, menyerupai boa dan Piton.

17. Tempat Wisata Kuliner Sup Tunjang Tribuana di Pekanbaru
Sup Tunjang
Mungkin kalian merasa lapar setelah berwisata didaerah pekanbaru dan ingin makan, tenang saja ada tempat makan yang terkenal yang bisa anda coba di Pekanbaru, salah satunya ialah Sup Tunjang . Lokasinya di daerah Gor Tri Buana jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Porsinya super besar, Sup Tunjang Tri Buana ini bukanya hanya siang hari, dari jam 11, jadi targetnya ialah untuk mereka yang mencari makan siang. Sup tunjang disini ialah yang paling enak di Pekanbaru, jadi sangat sayang kalau kita lewatkan, selain sup tunjang anda juga bisa mencoba sup daging yang tidak kalah enaknya.

Sekarang, pasti anda setelah makan sup Tunjang akan merasa kenyang kan, sup ini memang enak ya.

18. Tempat Wisata Air Terjun kerikil Dinding Pekanbaru
Air Terjun Batu Dinding, Image by Detik Travel
Air Terjun Batu Dinding ialah salah satu destinasi tempat wisata yang ada di daerah Kampar Kiri, Provinsi Riau, Indonesia. Air Terjun ini memiliki nama yang sedikit unik dan pantas menjadi tujuan wisata anda ketika anda berkunjung ke Pekanbaru, Riau. Tempat Wisata Air Terjun Batu Dinding yang terdapat di Kampar Kiri ini memiliki keindahan, keunikan serta keistimewaan tersendiri sebab disekitar area objek wisata riam kerikil dinding ini terdapat beberapa objek dan tempat wisata lain.

Seperti Tempat Wisata Tugu Equator (Tugu Khatulistiwa) dan Tempat Wisata Bersejarah Istana Kerajaan Gunung Sahilan. tempat wisata ini masih terbilang perawan dan belum diekplorasi oleh pemerintah setempat sehingga di daerah wisata riam kerikil dinding belum ada akomodasi penginapan maupun rumah makan.

19. Tempat Wisata Dekranasda di Pekanbaru
Dekranasda
Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau biasa disingkat dengan Dekranasda menjadi tempat wisata belanja buah tangan khas di Pekanbaru. Dekranasda sendiri terletak di ujung jalan Sisimangaraja, Dekranasda memasarkan produknya di beberapa lokasi strategis misalnya di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Durian.

Di toko-toko binaan Dekranasda ini, Anda bisa membeli banyak sekali suvenir untuk buah tangan menyerupai kain songket, tenun, batik dan aneka kerajinan tangan dari kayu khas Melayu. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Banyak sekali alternative buah tangan yang dapat anda pilih di sana, diantaranya ialah kain songket, tenun, batik, dan kerajinan tangan dari kayu khas Melayu. Anda bisa menerima barang-barang tersebut dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

20. Tempat Wisata Taman Putri Kaca Sunbulat Pekanbaru
Taman Putri Kaca Mayang
Taman Ria Putri Kaca Sunbulat berlokasi di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru tepatnya berada didepan Kantor Walikota Kota Pekanbaru. Taman Puteri Kaca Sunbulat ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang berada di jantung Kota Pekanbaru,sehingga mudah dicapai dengan transportasi umum yang ada.

Bagi belum dewasa arena ini cukup menarik perhatian sebab di tempat ini mereka dapat menggunakan banyak sekali akomodasi hiburan yang tersedia menyerupai kolam renang, komedi putar, bombom car dan masih banyak lagi permainan lainnya yang tentunya menyenangkan dan mengasyikkan. Pada hari libur tempat ini selalu dipadati pengunjung yang datang baik dari Kota Pekanbaru sendiri maupun dari luar daerah.

21. Tempat Wisata Air Terjun Batang Kapas Pekanbaru
Air Terjun Batang Kapas 
Air terjun Batang Kapas layak Anda kunjungi kalau Anda pencinta wisata alam sejati. Air terjun yang memiliki tinggi 150 meter ini benar-benar memperlihatkan keindahan dan artinya perjuangan. Air terjun ini berlokasi di desa Lubuk Bigau, kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Berjarak sekitar 135 kilometer dari kota Pekanbaru degan waktu tempuh sekitar 3 jam setengah. Untuk mencapai lokasi riam ini memang begitu usaha yang ekstra. Namun ketika Anda hingga ke lokasi riam ini Anda akan melihat sebuah keajaiban alam yang tak terlupakan.

22. Tempat Wisata Menikmati Kopi di Kedai Kopi Kawasan Hang Tuah.
Kedai Kopi Pekanbaru
Salah satu hal yang dapat nikmati di Kota Pekanbaru ialah kedai kopi di Jalan Hang Tuah. Di jalan ini berderet kedai kopi dengan rasa yang luar biasa. Ini ialah pilihan sempurna bagi Anda yang ingin nongkrong di tengah hiruk pikuk kota di dampingi dengan kopi bercita rasa terbaik. Ada beberapa kedai kopi di jalan ini diantaranya kedai kopi kimteng, kedai kopi hang tuah, kedai kopi laris, Kedai Kopi Tos, Kedai Kopi Kok Tong dan Kedai kopi Tos serta kedai kopi lainnya. Bagi Anda pecinta kopi tempat ini wajib Anda kunjungi.

23. Tempat Wisata Kolam Pancing Muara Alam Pekanbaru
Kolam Muara Alam Pekanbaru
Menikmati taman wisata sekaligus pemancingan merupakan idaman setiap orang, simpulan pekan merupakan hari keluarga untuk bersenang senang. Hadir di kota Pekanbaru, kolam pancing nuansa alam, dengan konsep alami memiliki keindahan alam yang masih terjaga. Dekat dengan perkotaan tentunya akan mempermudah menjangkaunya bagi yang ingin menikmati konsep kolam pancing muara alam. Selain memiliki kolam yang luas,ikanpun bervariatif, ikan gurami,ikan patin,ikan nila dan beberapa ikan lele menambah strike bagi pemancing.

Ditambahkan, selain akomodasi parkir yang luas, kamar mandi, toilet,dan kantin yang disediakan akrab area kolam pancing dibuka dari jam 9.00 wib s/d jam 7 sore. Selanjutnya konsep kedepan,akan dilengkapi arena outbond, family ghatering dan restoran mempermudah bagi pemancing memasak ikan yang didapat."Konsep ini akan kita berikan kepada pemancing dan pengunjung kolam pancing muara alam.

24. Tempat Wisata Kuliner di RM Baung
RM Baung Pekanbaru
Salah satu tempat wisata masakan dengan makanan khas riau yang enak-enak a di RM Baung yang terletak di jalan Sekolah ujung kecamatan Rumbai, Kota Pekabaru ini. Sesuai dengan namanya, menu favorit di tempat ini ialah gulai kepala ikan baung yang super enak. Selain itu tersedia menu khas lainnya yang dapat hasrat wisata masakan Anda tersalurkan. Makan di tempat ini terbilang murah, hanya dengan Rp25.000,- Anda dapat menikmati nasi putih + gulai baung + kerupuk kulit (jangek) + es teh manis.

25. Tempat Wisata Monumen Kereta Api dan Tugu Makam Pahlawan Kerdja
Monumen Kereta Api dan Tuju Pahlawan Kerdja
Monumen kereta api dan tugu makam jagoan kerdja menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Pekanbaru. Kita bisa melihat kereta api asli peninggalan jaman penjajahan dan makam para pejuang masyarakat Pekanbaru yang diabadikan dalam satu komplek wisata. Untuk mengunjungi tempat wisata monumen kereta api di Pekanbaru ini kita tidak memerlukan biaya masuk. Pegunjung dapat mengabadikan foto di kereta api dan tugu jagoan kerjda.

Monumen Kereta Api sekaligus juga membuktikan bahwa dulu pernah ada kereta api di Riau yang menghubungkan Pekanbaru dan Padang. Dalam pembangunan relnya Diperkirakan sekitar 10.000 romusha yang kehilangan nyawa. Para Romusha ini dikuburkan sepanjang jalan rel di tengah belantara Sumatera, meski tidak akan ada yang tahu jumlah pastinya. Karena itu seorang penulis Belanda menyebutnya sebagai �The Death Railway�.

Baca ini : Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 25 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya ihwal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar