22 Tempat Wisata di Jombang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jombang - Jombang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak potensi pariwisata. Ada banyak sekali panorama alam yang rupawan dan potensi lain dari obyek wisata yang menarik. Tentu saja ini menjadi hal yang patut dibanggakan bagi warga Jombang sendiri. Banyak tokoh terkenal yang lahir dan tumbuh besar di Kota yang memiliki sebutan kota Santri ini.

Jombang memang terkenal akan sebutan kota santri. Banyak sekali pondok pesantren yang tersebar di derah kota dan kabupaten jombang. Letaknya wilayahnya juga memang lumayan strategis sebab jombang merupakan jalur utama persimpangan lintas selatan pulau jawa yang antara lain Surabaya - Madiun - Yogyakarta, untuk jalur Surabaya-Tulungagung serta jalur Malang - Tuban.

Baca ini : Tempat Wisata di Wonosobo yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Jombang yang Wajib Dikunjungi
Nah pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beberapa mengenai Tempat Wisata di Jombang yang Paling Terkenal, Simak berikut dibawah ini dengan seksama.

Tempat Wisata Air Terjun Tretes jombang
Air Terjun Tretes
Air Terjun Tretes merupakan penderasan tertinggi di Jawa Timur dan sangat rupawan dengan dua aliran penderasan sekaligus yang mengalir ke bawah. Air terjun ini memiliki ketinggian 158 meter, terletak di ketinggian 1250 meter di atas permukaan air laut dan merupakan hulu sungai Sumber Watu Bonakah.

Air terjun ini terletak di daerah Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo di Gunung Jurug Guah dalam komplek Gunung Anjasmoro (2277 m), dimana daerah ini merupakan daerah hutan lindung yang masih terjaga keaslian dan keindahan alamnya. Sayangnya, kemudahan atau bangunan penunjang acara wisata penderasan hanya terdapat beberapa warung pada ujung jalan watu yang melalui wilayah Kabupaten Kediri. Sarana pendukung lainnya pada umumnya masih bersifat alami.

Alamat: Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Tempat Wisata Candi Ngrimbi Jombang
Candi Rimbi
Candi Rimbi merupakan salah satu peninggalan sejarah yang bercorak hindu dari kerajaan Majapahit yang terletak di desa Ngrimbi, kecamatan Bareng, kabupaten Jombang, Jawa timur. Letaknya yang berada dikaki gunung anjasmoro menimbulkan tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

Menurut sejarah, Candi Rimbi ini merupakan pintu gerbang masuk ke sentra kerajaan Majapahit. Warga sekitar juga percaya bahwa tempat ini dahulunya merupakan tempat para prajurit kerajaan Majapahit dan pemimpinnya untuk beristirahat.

Dan tempat ini cocok dijadikan salah satu tempat kunjungan anda ketika berlibur apalagi kalau anda mengajak buah hati anda, sebab tempat ini memiliki nilai history dari kebesaran kerajaan majapahit dimasa lalu sehingga dapat menjadi perhiasan wawasan sejarah bagi buah hati anda.

Tempat Wisata Gua Sigolo-Golo Jombang
Goa Sigolo-golo
Goa Sigolo-golo merupakan sebuah goa alam yang terletak di dusun Kraten, desa Panglungan, kecamatan Wonosalam. Goa ini terletak tepat di tebing lereng Gunung Welirang. Akses untuk menuju ke lokasi cukup mudah, tapi ketika sudah akan naik menuju ke verbal goa, pengunjung diperlukan untuk lebih berhati-hati.

Nah Untuk menuju ke goa harus berjalan kaki, menyusuri jalan setapak yang licin dan terjal. Keindahan yang tidak biasa akan anda temui ketika berada di goa ini, sebab pengunjung bisa menikmati keindahan tebing yang curam dan bebatuan yang eksotis di sana sininya.

Masyarakat sekitar menganggap goa ini sebagai goa keramat sebab dulunya merupakan tempat meditasi oleh ayah Damar Wulan dari kerajaan Majapahit. Karena itupulaha, banyak masyarakat meyakini dengan bermeditasi di goa ini akan mendapat kesaktian, bahkan berkah.

Tempat Wisata Gua Sriti Jombang
Goa Sriti
Goa Sriti ini terletak di di kecamatan Wonosalam, kabupaten Jombang dengan pemandangan yang sungguh luar biasa eksotis ketika akan menuju verbal goa. Sesampainya di dalam goa, pemandangan alamnya tak kalah indah.

Layaknya goa pada umumnya, Goa Sriti memiliki dinding yang ibarat stalagtit dan stalagmit yang saling silang. Kecamatan Wonosalam, untuk menuju lokasi yaitu dengan melalui jalan setapak dengan jarak tempuh yang lumayan jauh. Untuk biaya tiket masuk ke Goa ini yaitu Gratis atau tidak dipungut biaya sepersen pun.

Tempat Wisata Kedung Cinet Jombang
Kedung Cinet
Kedung Cinet terletak di Desa Pojok Klitih, Jombang, sekitar 10 kilometer dari jembatan Brantas Ploso. Kedung Cinet selalu berhasil menggoda para pengunjung. Yang membuat kedung Cinet menarik yaitu panorama hutan yang hijau yang di dalamnya terdapat sebuah aliran sungai yang bergesekan dengan batuan stalagtit dan stalagmit yang tampak putih transparan membuat keindahan yang sempurna. Kedung Cinet yaitu sebuah wisata hutan yang masih terjaga keindahannya di Jombang.

Selain itu, Pemandangan Kedut Cinet sangat indah. Udara di Kedung Cinet sejuk sebab jauh dari polusi keramaian. Daya tarik Kedung Cinet ini bisa menarik para wisatawan, sehingga kini Kedung Cinet banyak dikunjungi wisatawan. Air turun bening gemericik menimpa dari watu satu ke yang lainnya.

Dengan menyusuri kedung ini, anda tidak akan kehabisan tempat narsis. Jernihnya air lubuk ini dapat anda jumpai hanya ketika ekspresi dominan kemarau. Jikalau kedatangan anda bersama ekspresi dominan penghujan, maka anda hanya bertemu keruhnya tanah dan warna coklatnya yang seakan bersenyawa

Alamat: Pojok Klitih, Plandaan, Klitih, Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61456

Tempat Wisata Kampung Durian Jombang
Kampung Durian Jombang
Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jombang, jangan lupa untuk mampir ke Desa Sumber di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di desa yang dikenal dengan nama kampung durian ini, Anda bisa menikmati wisata petik buah durian segar eksklusif dari pohonnya. Uniknya berbeda dengan durian dari daerah lain, buah durian di desa sumber memiliki rasa yang berbeda-beda antara buah yang satu dengan yang lain.

Bahkan tak hanya bisa menikmati buahnya saja, Anda juga bisa belanja bibit durian sekaligus berguru cara membuatnya menghasilkan buah durian yang memiliki rasa berbeda-beda. Setiap ekspresi dominan durian tiba, desa Sumber seolah bermetamorfosis desa wisata, sebab setiap harinya selalu ada saja wisatawan yang datang. Tak hanya dari daerah sekitar, namun tak sedikit diantaranya yang datang dari luar kota bahkan hingga luar negeri.

Di desa yang berada di kecamatan Wonosalam atau sekira 40 km dari sentra Kota Jombang ini, pengunjung bisa jalan-jalan menikati suasana alam desa Sumber di lereng gunung Anjasmoro yang sejuk, sekaligus menikmati aneka buah durian yang banyak ditanam di setiap halaman rumah warga. Pohon-pohon durian di desa yang dikenal dengan nama Kampung Durian ini tidak terlalu tinggi.

Tempat Wisata Sendang Made Jombang
Sendang Made
Tempat wisata alam yang berada di sebelah utara Kota Jombang ini memang sangat Indah nian. Sendang Made, bukan saja sebagai wisata air yang air sendangnya tak pernah kering sepanjan tahun. Namun juga pesona panorama alamnya menawan, sangat cocok sebagai sarana untuk melepas kejenuhan dalam keseharian bekerja. Obyek wisata alam ini, terletak di Desa Made, kecamatan Kudu, atau 20 Km arah Utarakota Jombang. Sendang Made, terletak di lereng pegunungan kendeng. Secara geografis memang strategis. sebagai tempat berlibur.

Wisatawan bisa berlama-Iama di sendang Made untuk mengusir kejenuhan kerja. Memasuki daerah wsisata Sendang Made yang dikelilingi, pohon-pohon besar, para wisatawan akan disambut dengan hiburan paduan kicau burung. Suasananya memang betul-betul alami dan bersih banyak membutuhkan sentuhan penataan. Tanaman di sekitar sendang pun perlu konservasi, namun semua itu tidak mengurangi kenyamanan wisatawan yang mengunjungi daerah wisata tersebut. Sedikit sentuhan saja pada Obyek wisata alam Sendang Made ini sudah bisa menjadi tujuan wisata yang sangat menjanjikan.

Alamat: Unnamed Road,, Made, Kudu, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61454.

Tempat Wisata Makam KH Hasyim Asy�ari
Makam KH Hasyim Asy'ari 
KH Hasyim Asy'ari yaitu satu lagi tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Beliau yaitu pendiri Organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU). KH Hasyim Asy'ari merupakan tokoh yang karismatik dan berpengetahuan luas serta merupakan figur nasional yang juga turut membesarkan NU di Indonesia. Saat ini makam KH. Hasyim Asy'ari merupakan makam yang banyak dikunjungi oleh para peziarah dan bahkan tokoh dari negara-negara lain.

Karena kontribusinya yang sangat besar dan didukung dengan kecerdasan dan kemampuannya dalam hal teologi membuat KH. Hasyim Asy'ari dihormati dan disegani oleh banyak pihak. Dan hal ini masih berlangsung hingga sekarang. Walau hanya bisa dilakukan dengan mengunjungi makamnya. Oleh sebab itu, eksistensi Jombang menjadi terangkat dan sebagai salah satu daerah yang cukup dipertimbangkan oleh dunia, dalam hal pariwisata ziarah ke makam KH. Hasyim Asy'ari.

Tempat Wisata Gereja Mojowarno Jombang
Gereja Jombang
Bangunan bau tanah ini didirikan pada tahun 1879 dan diresmikan pada tahun 1881 dengan menghabiskan biaya sekitar 25.000 gulden. Gereja ini bisa dianggap sebagai gereja tertua di Jombang dan menjadi sentra penyebaran agama Katolik Protestan pada zaman Belanda. Saat ini, selain sebagai tempat ibadah, gereja ini juga dijadikan sebagai tempat unduh-unduh, sebuah tradisi atau syukuran ketika panen tiba.

Tempat Wisata Klenteng Hong San Kiong Jombang
Klenteng Hong San Kiong
Klenteng Hong San Kiong terletak di desa Gudo, Jombang. Selain dikenal sebagai tempat agama Tri Dharma (Tios, Budha, Konghucu dan), candi ini juga berfungsi sebagai tempat medis. Hal yang menarik yaitu para pengunjung yang ingin menerima obat tidak hanya dari anggota itu sendiri, tetapi juga datang dari anggota agama lain termasuk 'Islam'. Selain itu, interaksi dengan orang-orang di sekitar dilakukan dengan baik.

Interaksi dari semua orang yang menghormati dan damai, sebab lokasinya berada di tengah-tengah warga. Hal ini terjadi sebab ini "Klenteng" / kuil telah berdiri ratusan tahun yang lalu. Orang-orang di sekitar juga sering melibatkan "proses" atau Klenteng renovasi.Desa Gudo, merupakan tempat ibadah Tridharma, ada event keagamaan yang selalu digelar setiap hari raya imlek yaitu pagelaran wayang potehi dan juga barongsay.

Tempat Wisata Makam Gunung Kuncung Jombang
Makam Gunung Kuncung Jombang
Menurut dongeng masyarakat disekitar, Makam Gunung Kuncung ini sebagai tempat peristirahatan terakhir orang yang dulunya terkenal sakti dan dihormati oleh banyak orang. Dan hingga ketika ini pun tempat ini masih ramai diziarahi sebagai wasilah mencari berkah dari alam ghaib.

Tempat Wisata Makam Pangeran Benowo
Pangeran Benowo, yaitu salah satu tokoh yang berjasa bagi masyarakat desa Wonomerto, kecamatan Wonosalam, Jombang, dimana juga makamnya sekarang terletak. Pangeran Benowo yaitu seorang pangeran yang selalu berkelana dan pernah menjadi Bupati Madiun, hingga hasilnya menghabiskan masa hidupnya di Wonomerto.

Semasa hidupnya, Pangeran Benowo banyak menawarkan kontribusi yang berarti bagi kepentingan rakyat Wonomerto, seperti, membangun dan menata pemerintahan desa, membangun terusan irigasi, perkebunan, mengajari cara beternak sapi dan mengadakan beberapa acara yang bermanfaat bagi kepentingan penduduk ketika itu. Dari semua jasanya itu, makam Pangeran Benowo tetap terjaga dengan baik hingga ketika ini dan banyak dikunjungi oleh para peziarah.

Tempat Wisata Makam Sayid Sulaiman
Makam Sayyid Sulaiman
Sayyid Sulaiman yaitu tokoh penyebar agama Islam yang datang dari Yaman yang menurut beberapa sumber mengatakan bahwa keluarga dia yaitu keturunan eksklusif dari nabi Muhammad dengan marga Basyaiban.

Ayah dari Sayyid Sulaiman yaitu seorang perantau dan menikah dengan putri Hasanuddin bin Sunan Gunung Jati. Jadi, secara garis keturunan ibu, Sayyid Sulaiman juga merupakan cucu Sunan Gunung Jati. Makam dia banyak dikunjungi setiap harinya oleh peziarah yang datang ke Jombang untuk berdoa atau bahkan meminta jodoh dan rezeki. Akan lebih ramai lagi makam ini dikunjungi, ketika malam Jumat Legi, pada kalender Jawa.

Tempat Wisata Sumber Penganten Jombang
Sumber Penganten
Tempat wisata Sumber Penganten ini terletak sekitar 1 Km dari arah kecamatan Jogoproto. Obyek wisata ini sangat cocok dikunjungi sebagai obyek wisata keluarga yang nyaman. Terletak di lokasi yang jauh dari keramaian tapi masih bisa terjangkau dengan aman. Obyek wisata ini lahir sebagai obyek wisata ketika belum banyak obyek wisata bak renang di Jombang.

Awalnya hanya muda - mudi Jombang yang datang ke areal bak renang Sumber Penganten yang terletak di tengah persawahan ini. Mereka datang untuk berenang atau hanya sekedar untuk menikmati suasana sejuk dan segarnya daerah persawahan. Di sekitar bak renang alami ini terdapat pepohonan yang rindang yang membuat suasanan semakin teduh dan nyaman untuk dikunjungi. Beberapa orang juga percaya bahwa mereka yang mandi di bak renang itu, apalagi ketika malam hari, akan mendapat berkah.

Tempat Wisata Tirta Wisata Keplaksari Jombang
Taman Keplaksari
Taman Keplaksari merupakan sebuah taman yang dikenal dengan ruang taman hijau (RTH) yang berlokasi di Desa Keplaksari Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Taman ini dapat dilihat dari pinggir jalan raya provinsi Surabaya-Jombang tepat di sebelah pertigaan. Taman Keplaksari ini bisa dijadikan tujuan rekrasi alternatif bagi keluarga untuk mengisi liburan tahun baru. Selain bernuansa alami dan asri serta dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas.

Taman wisata ini sengaja dibuat untuk tujuan wisata keluarga di Jombang. Adapun beberapa kemudahan yang bisa anda nikmati disini mirip bak pancing, taman segar, air danau transparan, lapangan tenis dan masih banyak lagi. Untuk lokasinya sendiri, Tirta Wisata Keplaksari ini cukup mudah dijangkau sebab berada di akrab gerbang selatan masuk Jombang arah timur dari Surabaya ke Mojokerto.

Wana Wisata Air Sumberboto Jombang
Wana Wisata Sumberboto
Wisata Sumberboto terletak di desa Japangan, kecamatan Mojowarno. Obyek wisata ini terkenal dengan bak renang alami, bumi perkemahan, dan jalur napak tilas pasukan Wanara ketika usaha kemerdekaan RI. Untuk itulah, di lokasi ini juga terdapat monumen usaha Wanara. Keindahan alam wana tak beda jauh dengan hutan di drama-drama korea.

Bahkan untuk masuknya pun anda akan melewati jembatan yang nampak sangat indah. Dengan suasana hutan yang asri, tempat ini berbeda jauh dengan hiruk pikuk kota. Dan cocok untuk wisata keluarga di Jombang yang mana tersedia kemudahan mirip pemandian dan sarana bermain anak. Selain itu, wana ini juga seringkali dijadikan tempat perkemahan dari banyak sekali disekitar Jombang.

Tempat Wisata Alun-Alun Jombang
Alun-alun Jombang
Tempat wisata yang selalu ramai disetiap kotanya dan tidak dikenakan tiket ( biasanya gratis ) yaitu alun-alun. Seperti halnya di Jombang, alun-alun disini selalu ramai akan pengunjung baik untuk berolahraga atau sekedar nongkrong. Dan bedanya kalau di alun-alun jombang memiliki 4 pilar menara masjid. Alun alun Jombang sebagai salah satu daerah alun-alun terbersih di Jawa Timur.

Alun-Alun Jombang secara rutin terus dipelihara. Salah satunya merawat rumput lapangan. Sebagai daerah terbuka untuk umum, lokasi alun-alun sering kali dipilih sebagai tempat penyelenggaraan program yang menghadirkan ribuan massa. Selain itu, setiap malam alun-alun menjadi lokasi wisata masakan dan mainan untuk warga Jombang.

Tempat Wisata Pujasera Kebonrojo Jombang
Pujasera
Taman Wisata Kebon Rojo atau disebut juga PUJASERA abreviasi dari Pusat Jajan Serba Ada, terletak di Jl. KH. Wachid Hasyim merupakan sentra kota Jombang, sangatlah strategis untuk di kunjungi. Mulai dari pagi hingga dengan malam, banyak sekali acara di Taman Wisata Kebon Rojo tidak pernah berhenti. Ibu-ibu penjual nasi pecel sudah mulai meramaikan dengan dengan menjajahkan nasi pecel dipagi hari.

Sebagian warga masyarakat Jombang juga memanfaatkan untuk berolah raga tenis di Kebon Rojo. Saat waktu beranjak siang dengan pepohonan yang rindang dan suasana asri, banyak sekali wahana permainan untuk belum dewasa mulai dari mandi bola, mobil-mobilan, kereta kelinci dan masih banyak lagi.

Bagi yang ingin mencoba pengalaman seru, bisa mencoba naik andong (dokar) yang rute biasanya mulai jalan dr. Soetomo, Pattimura, Gubernur Suryo, Ahmad Dahlan, dan kembali ke taman wisata kebon rojo.k eberadaan dokar di Jombang memang menjadi keunikan tersendiri.

Tempat Wisata Air Terjun Sekar Pudak Sari Jombang
Air Terjun Sekar Pundak Sari
Masih berada di Kecamatan Wonosalam, setelah puas bermain-main dengan penderasan Tretes kau bisa melanjutkan blusukan ke penderasan Pudak Sari. Lokasi penderasan ini berada di Dusun Wonokerso, Desa Wonokerto. Patokan mudah untuk menuju ke sana yaitu SMPN 2 Wonosalam, dari sana kau tinggal berjalan 1 km lagi.

Pastikan kondisi motor anda prima kalau mau pergi ke penderasan ini. Pasalnya jalan yang akan dilalui cukup terjal. Penduduk sekitar yang sering mencari rumput pakan ternak di sekitar penderasan ini bahkan memodifikasi motornya menjadi trail semoga bisa melahap medan yang sulit. Air terjun Sekar Pudak Sari masih jarang dikunjungi sebab letaknya tersembunyi. Sebuah keuntungan kalau kau berkunjung ke sana sebab kau akan memperoleh suguhan alam yang masih perawan.

Tempat Wisata Air Terjun Selo Lapis Jombang
Air Terjun Selo Lapis Jombang
Kecamatan Wonosalam bisa dikatakan sebagai gudangnya wisata alam di Jombang yang berupa air terjun. Sejumlah penderasan cantik tersebar di beberapa desa di kecamatan ini. Setelah penderasan Tretes dan Sekar Pudak Sari kau bisa melipir ke Dusun Mendiro, Desa Pangklungan disana terdapat penderasan Selo Lapis atau warga sekitar menyebutnya dengan Coban Selo Lapis. Coban Selo Lapis berada di lereng Gunung Selo Ringgit.

Air terjun ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2014 dan dikelola oleh warga sekitar. Warga membangun jalan setapak yang nyaman untuk dilalui traveler dan banyak sekali kemudahan sederhana lain mirip jembatan dan lain-lain. Untuk masuk ke daerah penderasan setiap traveler harus membayar Rp. 10 ribu, tapi pemandangan yang kau dapat jauh lebih mahal ketimbang apa yang kau bayarkan. Alamnya masih alami dan terjaga kelestariannya sehingga nyaman untuk berlama-lama di sana.

Baca Juga : Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 22 Tempat Wisata di Jombang yang Wajib Dikunjungi Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar