31 Tempat Wisata di Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Ponorogo - Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di sebelah barat dari Propinsi Jawa Timur. Ponorogo dikenal sebagai Kota Reyog karena di kota inilah kesenian tersebut lahir. Reyog sudah terkenal diseluruh dunia dan menjadi ikon serta potensi wisata budaya bagi Ponorogo. Kota yang mendapat julukan Tanah Wengker ini.

Selain mempunyai daya tarik wisata budaya juga menyimpan pesona wisata yang lain yang mungkin ada sebagian dari kita belum mengenalnya. Ponorogo di kenal dengan julukan Kota Reog atau Bumi Reog karena daerah ini merupakan daerah asal dari kesenian Reog, tidak hanya keseniannya saja yang terkenal di Ponorogo. Ternyata Ponorogo juga memiliki banyak tempat wisata menarik.

Baca Juga : 29 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Ponorogo yang Wajib Dikunjungi
Berikut 31 Tempat Wisata di Ponorogo yang wajib harus anda kunjungi kalau anda sedang berkunjung ke Ponorogo.

1. Tempat Wisata Gunung Gajah Ponorogo
Gunung Gajah
Gunung Gajah merupakan sebuah gunung yang terletak di Kecamatan Sambit dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl. Puncaknya tak terlalu sulit dicapai, mampu melalui jalan setapak yang cukup dilewati sepeda motor, meski medannya cukup menantang.

Menjamahi puncak-puncak gunung memang sebuah adiksi. Pemandangan matahari terbit dengan awan di bawah kaki kita, ditambah siluet puncak gunung di kejauhan itu bikin deg-degan. Nah, kalau kau menginginkan pemandangan serupa di Ponorogo, jelajahilah puncak Gunung Gajah.

2. Tempat Wisata Gunung Pringgitan Ponorogo
Gunung Pringgitan
Gunung Pringgitan merupakan salah satu gunung yang ada di Ponorogo, tepatnya berada di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, kurang lebih sekitar 27 kilometer dari sentra kota Ponorogo. Sebenarnya Gunung Pringgitan dengan ketinggian sekitar 606 Mdpl ini terletak pada tiga desa sekaligus yaitu desa Kabeng, Broto, dan Caluk, namun sebagian besar gunung ini berada pada desa Caluk.

Ini ialah salah satu lokasi wisata alam Di Ponorogo yang sering dijadikan sebagai tujuan menghabiskan simpulan pekan. Selain lokasi disekitar yang masih alami dengan banyaknya pepohonan termasuk pohon pinus, di Gunung Pringgitan juga didiami beberapa satwa salah satunya simpanse yang menjadi hiburan tersendiri bagi para pendaki.

3. Tempat Wisata Gunung Bayangkaki Ponorogo
Gunung Bayangkaki 
Gunung Bayangkaki ialah gunung yang tidak aktif yang terletak di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Gunung ini memiliki keindahan alam yang luar biasa sekaligus menyimpan mitos-mitos yang berbau mistis yang masih dipercaya hingga sekarang. Bayangkaki terdiri dari empat puncak.

Urutan puncak kalau dilihat dari sebelah utara ialah sebagai berikut, paling timur berjulukan puncak atau gunung Ijo, puncak yang kedua berjulukan puncak atau Gunung Tuo, yang nomor tiga berjulukan Puncak Tumpak atau Puncak Bayangkaki kemudian yang ujung barat dinamakan puncak atau gunung Gentong.

4. Tempat Wisata Gunung Bedes Ponorogo
Gunung Bedes
Gunung Bedes merupakan potensi wisata tersebut. Gunung / bukit Bedes berada di Dusun Buyut Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko ini layak dikunjungi karena dari puncaknya kita mampu menikmati alam Ponorogo dari ketinggian. Dari puncaknya juga kita mampu mengabadikan momen melalui kamera dengan spot yang menantang dan view Gunung Bayangkaki.

5. Tempat Wisata Air Terjun Widodaren Ponorogo
Air Terjun Widodaren
Air terjun widodaren merupakan sebuah penderasan yang  terletak di Desa Bulu lor Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo 30 menit perjalanan dari alun alun ponorogo ke arah barat menuju Kecamatan Jambon. Air terjun ini sangat cantik dan masih dan alami. Untuk mampu maksimal kunjungilah pada dikala ekspresi dominan hujan karena debit airnya kecil dimusim panas.

Untuk menuju ke spot ini mampu dengan mudah berkendara motor hingga ke parkiran lanjur berjalan kaki. Bila kita liat dari atas penderasan ini atau naik keatas bukit terlihat pemandangan luas dan cantik berupa pegunungan dan banyak pepohonan kita mampu bersantai dan menikmati keindahan alam ponorogo.

6. Tempat Wisata Air Terjun Toyomerto
Air Terjun Toyomerto
Air Terjun Toyomerto atau juga dikenal sebagai Air Terjun Selorejo terdiri dari 2 tingkat air dalam satu ajaran yang jatuh dari tebing batu. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 25 hingga 30 meter. Untuk tingkat pertama dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo Atas dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan tingkat kedua. Untuk tingkat kedua dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo Bawah. Pada Selorejo atas dindingnya dapat di panjat Posisi penderasan ini gotong royong berada di antara dua bukit yang berhadapan.

Warga sekitar menyebut kedua bukit sebagai gunung Nglengko dan Manyutan. Keduanya merupakan potongan dari pegunungan Wilis yang melintang panjang dari Madiun hingga Ponorogo. Air terjun ini mengalir dari sebuah mata air di gunung atas Manyutan. Di tebing-tebing kerikil gunung, banyak juga ditemukan sumber air yang lebih kecil. Airnya menjadi meresap di bebatuan tebing dan terkumpul mengalir di air terjun. Jika dirunut jauh, penderasan Selorejo bermuara di kali Catur yang mengalir hingga ke Madiun.

7. Tempat Wisata Air Terjun Juruk Klenteng
Air Terjun Juruk Klenteng
Dinamakan penderasan Juruk Klenteng karena tempatnya yang menjuruk kedalam dihimpit dua tebing gunung bebatuan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 m dan masih alami karena belum tersentuh oleh Pemerintah Daerah.

Air terjun ini gotong royong sangat cantik dan mempunyai potensi yang baik untuk dikembangkan, karena mempunyai 2 lokasi yakni penderasan diatas dan dibawah. Tempat lokasi penderasan yang dibawah sangat luas cocok bila dipakai untuk kegiatan berkemah, bersantai dengan keluarga, dan mampu melihat pemandangan alam yang indah. Sedangkan penderasan yang diatas lokasinya sulit untuk ditempuh. Untuk menuju kesana harus berjalan lagi sekitar 30 menit.

8. Tempat Wisata Air Terjun Pletuk
Air Terjun Pletuk
Air Terjun Pletuk merupakan penderasan dengan ketinggian kurang lebih 30 meter yang berda di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko. Deburan air yang jatuh menghasilkan buih-buih yang sejuk ditambah pemandangan sekitar penderasan yang hijau membuat pengunjung betah berlama-lama ditempat ini.

Air terjun berjulukan Pletuk ini mengalirkan air berwarna kecoklatan yang deras di dikala ekspresi dominan penghujan. Berada di daerah perbukitan yang tingginya sekitar 460 mdpl, kau mampu menikmati panorama yang segar di sekeliling air terjun.

9. Tempat Wisata Air Terjun Coban Lawe Ponorogo
Cobaan Lawe
Coban Lawe ialah sebutan dari air terjun. Coban Lawe ialah penderasan yang berada di Kecamatan Pudak tepatnya berada di Desa Krisik. Coban Lawe berada di tengah hutan yang masih alami dan belum banyak dikunjungi. Air Coban Lawe berasal dari lereng Gunung Wilis dan sangat jernih. Ada beberapa penderasan di sekitar Coban Lawe namun belum tersentuh.

Kondisi secara keseluruhan coban lawe masih alami, di sekitar penderasan masih ditumbuhi banyak sekali macam tumbuhan liar. Suara kicauan burung sesekali berdendang mengikuti alunan butiran air yang jatuh dari ketinggian. Keadaan air sangat jernih menyerupai air mineral yang siap diminum. Bulir-bulir air yang menerpa wajah menyerupai selendang bidadari yang diusapkan ke wajah kita yang membuat kita enggan beranjak untuk meninggalkannya.

10. Tempat Wisata Air Terjun Sunggah
Air Terjun Sunggah
Air Terjun Sunggah berada di Desa Selur, Kec. Ngrayun, dengan ketinggian 50 m. Tidak jauh dari situ terdapat Watu Semaur, tebing di tengah padang rumput setinggi 125 m untuk panjat tebing. Lokasi Air Terjun ini ialah di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Air yang meluncur deras dari ketinggian, jatuh mengenai bebatuan yang ada di bawahnya menjadikan bunyi gemericik air menambah suasana yang asri.

Air yang berasal dari pegunungan ini terasa begitu hambar dikala disentuh. Selain dingin, air yang mengalir juga sangat jernih. Tak hanya itu, ajaran penderasan Sunggah yang dibawahnya dipenuhi banyak sekali jenis ikan ini terus mengalir sepanjang tahun.

11. Tempat Wisata Beji Sirah Keteng
Beji Sirah 
Tempat wisata ini berupa beji (kolam) dan sebuah arca. Beji Sirah Keteng merupakan suatu kolam yang seluas kurang lebih 1 hektare. didekat kolam juga terdapat sebuah arca insan raksasa. penduduk setempat menamakan arca �Ratu Boko�.

Konon, Kolam Beji Sirah Keteng merupakan tempat pemandian Ki Ageng Kutu atau Ki Ageng Suryo Ngalam, dan menurut warga setempat, arca tersebut merupakan penggambaran kepala Prabu Ratu Boko, raja raksasa yang suka memakan daging manusia, yang tewas di tempat tersebut oleh seorang sakti mandraguna berjulukan Ki Ajar Prono.

12. Tempat Wisata Goa Maria Fatima Ponorogo
Goa Maria Fatima Ponorogo
Selain potensi wisata alam, Ponorogo potongan timur juga mempunyai potensi wisata religi. Potensi tersebut antara lain Goa Maria Fatima. Goa Maria Fatima berada di Desa Klepu Kecamatan Sooko merupakan tempat peribadatan umat Katolik.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari Ponorogo dan luar Ponorogo bahkan dari luar Jawa Timur. Letaknya yang berada dilereng pegunungan dan dibawah hutan pinus membuat tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Sehingga peziarah yang datang ketempat ini merasa betah karena kesejukannya. Di tempat ini juga terdapat sendang (sumber mata air) yang benama Sendang Waluya Jatiningsih.

13. Tempat Wisata Telaga Ngebel Ponorogo
Telaga Ngebel
Telaga Ngebel merupakan sebuah danau alami yang terletak di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Kecamatan Ngebel sendiri terletak di kaki gunung Wilis. Telaga Ngebel terletak sekitar 30 KM dari sentra kota Ponorogo atau yang terkenal dengan nama Kota Reog. Keliling dari Telaga Ngebel sekitar 5 KM.

Dengan suhu antara 20 - 26 derajat celcius, suhu hambar nan sejuk membuat pengunjung makin nyaman mengunjungi Telaga Ngebel. Selain Reog, Telaga Ngebel merupakan salah satu andalan wisata yang dimiliki Kabupaten Ponorogo. Pemasok air bagi Telaga Ngebel terdiri dari banyak sekali sumber. Sumber air yang cukup deras berasal dari Kanal Santen. Selain itu, juga terdapat sungai yang mengalirinya, di mana dibagian hulu sungai terdapat penderasan yang diberi nama Air Terjun Toyomarto.

14. Tempat Wisata Goa Lowo Ponorogo
Goa Lowo
Goa Lowo berada di Lokasi yang cukup sulit diakses mungkin ialah penyebab kenapa goa ini selalu sepi dari kunjungan wisatawan. Lokasi doa berada di area hutan jati dan membutuhkan sedikit perjuangan untuk hingga ke sana. Kita harus berjalan melewati hutan jati yang becek dikala ekspresi dominan penghujan.

Goa ini berada di Desa Sampung, Kecamatan Sampung. Sekitar 25 km dari sentra kota Ponorogo. Meski suasananya agak sedikit mistis, mengunjungi goa ini akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan. Apalagi untuk kau yang suka bertualang.

15. Tempat Wisata Kali Keyang Ponorogo
Kali Keyang
Tempat wisata Kali Keyang di ponorogo ialah salah satu tempat wisata yang berada di kecamatan pudak . kabupaten ponorogo . provinsi jawa timur . negara indonesia . Wisata Kali Keyang di ponorogo ialah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat cantik dan mampu memperlihatkan sensasi yang berbeda dengan acara kita sehari hari.

Kali Keyang di ponorogo memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan kalau anda berada di kota ponorogo tidak mengunjungi wisata Wisata Kali Keyang di ponorogo yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Kali Keyang di ponorogo sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi dikala liburan panjang mirip libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Wisata Kali Keyang di ponorogo ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di erat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Kali Keyang di ponorogo.

16. Tempat Wisata Bukit Pare Ponorogo
Bukit Pare
Bukit Pare merupakan salah satu nama bukit yang ada di Desa Cempoko kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo, dimana bukit ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam. Jika dari Kantor Kecamatan Ngrayun, untuk hingga pada Bukit Pare kita harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 25 menit.

Disekitar jalur pendakian masih banyak sawah serta kebun warga sekitar dengan tanaman yang beragam. Warga sekitar juga banyak yang hilir mudik disekitar pendakian untu melaksanakan acara bercocok tanam. Perlahan mulai terlihat hamparan tanah lapang yang luas dan hijau dimana ada banyak pohon pinus sekitar lokasi. Selain itu pada sisi timur Bukit Pare, anda mampu melihat hamparan luas banyak sekali bukit yang terjajar begitu rapi yang siap untuk memanjakan mata anda.

17. Tempat Wisata Watu Semaur Ponorogo 
Watu Semaur
Watu Semaur ini terletak dipinggir jalan raya Ngrayun-Jajar tepatnya di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Yakni, sebuah tebing kerikil besar yang berada di tengah-tengah padang rumput. Tebing kerikil ini oleh warga setempat kemudian dinamakan Watu Semaur, karena kalau ada orang berteriak akan menggema mirip berteriak di dalam gua.

Watu Semaur juga sering dimanfaatkan oleh para penghobi olah raga panjat tebing atau climbing. Karena, mempunyai ketinggian sekitar 125 meter, sehingga sangat cocok untuk mengadu nyali menaklukan ketinggian tebing ini. Jika ekspresi dominan kemarau, area di sekitar Watu Semaur sering dijadikan tempat berkemah. Banyak pengunjung yang sengaja berkemah disini untuk menikmati keindahan Watu Semaur sambil panjat tebing.

18. Tempat Wisata Tanah Goyang Pudak Ponorogo
Tanah Goyang
Di desa Pudak Wetan, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo ada tanah lapang yang dikelilingi hutan pinus yang dijuluki sebagai Tanah Goyang. Karena, kalau diinjak tanah ini dapat bergoyang-goyang mirip jeli. Sesuai dengan namanya, tanah itu akan bergoyang ketika kita berada diatasnya. Hal ini terjadi karena daerah tersebut ialah sebuah lembah yang dikelilingi perbukitan tinggi sehingga air berkumpul membentuk sebuah rawa.

Di tengah tanah goyang terdapat sebuah ajaran sungai kecil yang sangat jernih yang mampu digunakan untuk mandi atau menyegarkan diri. Tanah goyang di sebabkan karena air yang menggenang, di atas air terdapat rumput yang sangat tebal, karena sudah lama rumput itu sebagian menjadi tanah. Sehingga apabila kita injak rumput itu maka akan menggoyangkan air di bawahnya, dan seperti menjadi tanah yang mampu bergoyang. Menurut dongeng yang berkembang, dulu pernah dilakukan pengukuran kedalaman air di bawah tanah/rumput tebal itu, dalamnya se-pundak orang dewasa, atau kira-kira 1,4m.

19. Tempat Wisata Kedung Gamping Ponorogo
Kedung Gamping
Kedung Gamping terletak di Desa Temon Kecamatan Ngrayun tepatnya sebelah Selatan Kantor Polsek Ngrayun. Bagi anda yang suka berenang silahkan menikmati sensasi eksklusif berenang di alam terbuka.tapi jangan lupa tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar semoga tempat wisata ini tetap terjaga dan alam tetap lestari.

20. Tempat Wisata Watu Putih Ponorogo
Watu Putih
Siapa sangka di Ponorogo potongan selatan tepatnya di Kecamatan Ngrayun ada satu tempat untuk menikmati keindahan alam dari atas. Tempat tersebut berjulukan Watu Putih. Kata Watu berasal dari bahasa Jawa yang berarti Batu, sedangkan putih ialah warna putih.

Dinamakan Watu Putih karena kerikil ini ada potongan yang berwarna putih. Batu yang berada di tengah rindangnya hutan pinus ini berada di Ds Tanjung Kecamatan Ngrayun Ponorogo, kurang lebih 5 km dari Pusat kecamatan. Dari atas (puncak) Watu Putih mampu dinikmati sajian indahnya alam ciptaan-Nya yang menakjubkan.

21. Tempat Wisata Air Panas Tirto Ponorogo
Air Panas Tirto Ponorogo
Sumber air panas ini berada di Dusun Pucuk Desa Wagir Lor Kecamatan Ngebel. Berada di sebelah selatan Telaga Ngebel kurang lebih 3 km dari pintu masuk telaga. Sungai yang berasal dari rembesan mata air yang saling menyatu membetuk sungai dari lereng gunung Wilis.

Sungai ini mengalir ke arah kecamatan Pulung, masuk wilayah desa Wagir Lor Ngebel, lokasi ini juga mampu diakses dari kecamatan Pulung. Orang lebih suka berendam pada sore dan malam hari, menurut para pengunjung akan lebih mujarab karena badan dalam keadaan rileks, tapi entahlah kebenarnya.

22. Tempat Wisata Hutan Wisata Kucur Ponorogo
Hutan Wisata Kucur
Hutan wisata Kucur atau taman wisata Kucur ialah hutan wisata yang terletak di Kecamatan Badegan, sekitar 20 km ke barat. Ada sumber air (kucur) di tengah hutan jati yang juga berfungsi sebagai taman nasional dan tempat perkemahan. Selain itu, karena lokasinya yang strategis, yang terletak di antara jalan Jawa Timur dan Jawa Tengah , taman wisata Kucur sering menjadi tempat beristirahat oleh siapa saja yang melaksanakan perjalanan.

23. Wisata Perajin Reog di Desa Carat Sumoroto Ponorogo
Perajin Reog
Bila menginginkan tahu lebih detil mengenai kesenian Reog Ponorogo, sambangi saja segera pengrajin yang bikin peralatan kesenian ini. Salah nya ialah sanggar punya Pak Sarju yang terdapat di Desa Carat Sumoroto, Kecamatan Kauman. Pak Sarju telah tekuni pembuatan perlengkapan Reog sepanjang kian lebih 40 th.. Terkecuali dapat lihat segera sistem membuatnya, tentunya anda dapat juga memperoleh narasi menarik mengenai kehidupan seniman reog.

24. Tempat Wisata Kedung Kenthus Ponorogo
Kedung Kenthus
Kedung Kenthus atau Wisata Air Alami Baru Kabupaten Ponorogo ini terletak di Desa Jenangan Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, sebuah tempat di pinggiran pegunungan dengan sumber air yang tidak pernah kering walaupun di ekspresi dominan panas. 30 menit dari sentra kota ponorogo ke arah Kecamatan Sumoroto lanjut arah Kecamatan Sampung yg terkenal dengan tambang gamping/kapurnya.

Juga terdapat situs bersejarah Goa Lowo yang sudah terkenal. Terdapat ajaran sungai unik dari atas keliatan sempit padahal di bawahnya luas mirip mirip gentong yang panjangnya kurang lebih 20 meter, dengan warna air ke hijauan membuat kesan sejuk dan asri, dinding kerikil yang tidak beraturan berwarna debu abu kekuningan serasa kita berada di luar negeri.

25. Tempat Wisata Taman Ngembag Ponorogo
Taman Wisata Ngembag
Taman Wisata Ngembag berada di Siman, sekitar 3 km dari sentra kota Ponorogo. Untuk menunjang kegiatan wisata, di taman ini telah tersedia banyak sekali wahana mirip flying fox, perosotan, ayunan serta banyak sekali wahana mirip yang kita temui di taman-taman kota pada umumnya.

Ada pula sebuah kebun binatang mini yang membuat tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi. Tempat ini ialah taman kota yang dilengkapi dengan sejumlah kemudahan dan wahana bermain, mirip kolam renang, taman bermain, dan kebun binatang mini. Makanya, banyak pengunjung yang membawa serta anak istrinya kemari untuk sekadar refreshing.

26. Tempat Wisata Kintamani Waterpark Ponorogo
Kintamani
Kintamani Waterpark merupakan salah satu wahana wisata air di Ponorogo yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi wahana dengan luas sekitar 1,8 hektar ini berada di Jln Ki Ageng Kutu , Nomer 9, Siman, Ponorogo. Kintamani Waterpark memiliki 2 kolam renang anak dan telah dilengkapi dengan beberapa kemudahan mirip seluncuran. Disamping itu, terdapat kolam renang dewasa, sarana outbond, mushola, kamar mandi, dan sebagainya.

Selain Waterpark, obyek wisata di Ponorogo ini juga didukung oleh sebuah restoran bernuansa alam pedesaan dan terletak diatas danau buatan. Restoran dengan kapasitas sekitar 100 ini, akan membuat suasana makan bersama keluarga, temat, ataupun rekan kerja menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Harga tiket masuk Kintamani Waterpark ialah sebesar Rp.5.000/orang pada hari Senin s.d Jumat. Sedangkan hari Sabtu, Minggu, serta hari Libur Nasional seharga Rp.10.000/orang dewasa, dan Rp.8.000/anak.

27. Tempat Wisata Wisata Ziarah Ponorogo
Wisata Ziarah
Makam Batoro Katong merupakan salah satu situs purbakala yang terletak di desa Setono, kecamatan Jenangan, Ponorogo. Dari kerikil gilang yang ditemukan terdapat candrasengkala memet yaitu gambar insan semedi, udang, burung garuda dan gajah, dimana menurut mahir arkeologi itu menunjukkan tahun 1418 Saka atau 1496Masehi.

Batoro Katong, berdasarkan catatan Ki Padmosusatro generasi ke 126, ialah seorang putra Raja Brawijaya dari selir panggrambe ( selir yang tinggi kedudukannya). Beliau ialah pendiri kota ponorogo dan penyebar agama islam di sana.

28. Tempat Wisata Gita Waterpark Ponorogo
Gita Waterpark
Gita waterpark terletak di Dusun Krajan Kec. Pulung, Kab Ponorogo. Wahana wisata ini mempunyai kolam bertingkat. Kolam yang paling atas ialah khusus ditujukan untuk bawah umur dan yang di bawah kolam untuk orang dewasa.

Fasilitas seluncuran telah disediakan pada kolam anak yang pastinya membuat mereka begitu menikmaati dan gembira. Obyek wisata ini menggunakan tema alam dan keindahan panorama pegunungan yang akan membuat setiap wisatawan merasa nyaman dan santai.

29. Tempat Wisata Kuliner Sate Gule Kambing Ponorogo
Sate Gule kambing
Sate kambing, selain sate ayam banyak dijumpai di banyak sekali daerah di Indonesia. Tetapi tiap daerah mempunyai rasa dan cara pengolahan yang berbeda, pun juga dengan sate kambing Ponorogo. Ke-khasan itu terletak pada bumbu dan cara memasaknya, orang Ponorogo cenderung menyukai rasa pedas dan gurih.

Beda dengan sate daerah lain yang cenderung manis. Jika didaerah lain daging kambing yang disate merupakan daging mentah yang dipotong-potong terus dibakar. Di Ponorogo, sebelum dibakar biasanya daging sudah di �Alupi� atau di rendam sebentar dengan air panas.

30. Tempat Wisata Kuliner Dawet Jabung Ponorogo
Dawet Jabung
Dawet Jabung ialah minuman tradisional sejenis dawet yang berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. Minuman ini sekilas hampir sama dengan es dawet pada umumnya, namun rasa dan penyajiannya sedikit berbeda. Selain rasanya yang khas, minuman ini juga sangat menyegarkan sehingga cocok untuk dinikmati dikala udara panas di siang hari. Dawet Jabung ini merupakan minuman tradisional yang cukup terkenal di Ponorogo dan menjadi salah satu potongan dari masakan khas disana.

31. Tempat Wisata Kuliner Cemoe Ponorogo
Cemoe
Cemoe atau Wedang Cemoe ialah sejenis minuman hangat yang berbahan utama roti tawar yang dipotong-potong, kacang goreng, bawang goreng, santan, Jahe dan dikasih daun pandan. Sebagian Cemoe ada yang ditambahkan susu kental manis, mutiara dan kolang-kaling.

Baca ini : 25 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 31 Tempat Wisata di Ponorogo yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar