16 Tempat Wisata Kuliner Banyuwangi Paling Enak Harus Dicoba

Tempat Wisata Kuliner di Banyuwangi - Banyuwangi sangat dikenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan misalnya gunung ijen, pulau merah, batu dodol dan sebagainya. Dan juga Banyuwangi mempunya tempat wisata masakan favorite yang wajib anda kunjungi bila anda berkunjung atau sedang berada di Banyuwangi.

Bermacam macam masakan khas banyuwangi yang layak anda coba yaitu rujak soto, nasi tempong, sego cawuk, ayam pedas rantinem dan aneka macam masakan yang lain yang terdapat di kabupaten paling timur pulau jawa ini. Rata rata makanan khas banyuwangi mempunyai kuah dan punya rasa pedas, namun ada juga yang tidak pakai kuah.

Selain itu hal yang mengakibatkan tempat wisata masakan banyuwangi sangat populer yakni alasannya yaitu lokasinya yang bersahabat dengan Bali dan kerap dilewati para wisatawan dari pulau Jawa yang ingin bertandang ke tanah Dewata. Mereka juga tak segan-segan untuk mampir merasakan masakan banyuwangi yang memeiliki cita rasa tersendiri, sambil menikmati indahnya tempat wisata Banyuwangi.

Baca ini : Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Kuliner di Banyuwangi Paling Enak Harus Dicoba
Disini akan menunjukkan beberapa informasi mengenai tempat wisata masakan banyuwangi yang belum kau kaetahui. Dan kalau kau berkunjung ke daerah tersebut, sangat wajib mencoba masakan Banyuwangi pribadi di tempatnya. Inilah beberapa nama tempat wisata masakan banyuwangi yang kami rangkum.

Kuliner Banyuwangi Sego Cawuk
Sego Cawuk
Kuliner Banyuwangi yang pertama ini yaitu Sego Cawuk. Kamu bisa menemukan masakan banyuwangi ini di warung Bu Mantih yang berada di jln. Wahid Hasyim sekitar 500 meter dari stasiun Rogojampi. Sego cawuk ini juga nggak boleh kau lewatkan kalau kau sedang datang ke Banyuwangi. Supaya kau tahu bagaimana kelezatan makanan khas banyuwangi yang populer ini.

Sebenarnya, masakan Banyuwangi ini berupa paduan antara nasi dan kuah, kemudian ditambah juga dengan parutan kelapa. Kuahnya dibuat dengan bumbu-bumbu pilihan. Selain itu ada juga tambahan lauk ibarat dendeng, telur, pepes ikan dan lain sebagainya. Bisanya untuk satu porsi Sego Cawuk dibandol dengan harga Rp. 6.000, tetapi itu belum termasuk tambahan lakunya.

Kuliner Banyuwangi Sego Tempong Mbok Wah
Sego Tempong
Tempat yang juga direkomendasikan sebagai Tempat wisata masakan Banyuwangi kali ini yaitu warung Mbok Wah. Di Tempat wisata masakan Banyuwangi ini menyediakan makanan yang berjulukan sego Tempong. Tempong ini ternyata artinya yaitu tampar. Memang masakan banyuwangi ini memang memeiliki rasa yang nampar alias enak banget.

Tempat wisata masakan Banyuwangi yang terletak di jln. Gembrung no. 22, Banyuwangi sudah terkenal semenjak dulu dan ramai dikunjungi konsumen setiap harinya. Di Tempat wisata masakan Banyuwangi ini juga menyediakan ikan goreng dan olahan lain ibarat kepiting dan cumi. Satu porsi dihargai Rp. 7000, itu sudah termasuk nasi putih dan lauk berupa sayuran rebus, ikan asin, dan 3 ekor teri jengki lengkap dengan sambalnya.

Kuliner Banyuwangi Pecel Rawon
Pecel Rawon
Pecel Rawon yaitu makanan tradisional perpaduan antara masakan rawon dan pecel yang khas dari Banyuwangi, Jawa Timur. Perpaduan dua masakan tersebut menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda. Pecel Rawon ini merupakan makanan tradisional yang cukup terkenal di Banyuwangi dan menjadi salah satu makanan khas andalan disana. Pecel Rawon ini memiliki perpaduan rasa yang sangat unik.

Rawon dengan kuahnya yang memiliki rasa berpengaruh dan menyegarkan di padukan dengan rasa bumbu pecel yang gurih dan pedas menunjukkan cita rasa yang sangat khas pada Pecel Rawon ini. Untuk rawon yang digunakan biasanya hanya berupa kuahnya saja atau tanpa daging. Namun ada juga sebagian penjual yang menyediakan daging rawon sebagai pemanis sesuai dengan permintaan pembeli.

Pecel Rawon ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Banyuwangi, Jawa Timur. Di sana menu Pecel Rawon ini sangat mudah ditemukan, alasannya yaitu bayaknya penjual yang menjajakan makanan satu ini mulai dari pedagang kaki lima, warung makan, bahkan restoran. Untuk harga satu porsi Pecel Rawon ini relatif murah sehingga kita tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk menikmati hidangan satu ini.

Kuliner Banyuwangi Pecel Pitik
Pecel Pitik
Pecel Pitik merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang sering diburu oleh para wisatawan. Kamu bisa menemukan Tempat wisata masakan Banyuwangi ini di Desa Kemiren, Kecamatan Glegah, Banyuwangi. Tempat tersebut merupakan daerah yang menjadi tempat tinggal masyarakat Suku Osing asli Banyuwangi. Biasanya masakan banyuwangi ini dibuat untuk kepentingan adat.

Pecel pitik merupakan makanan yang terbuat dari ayam kampung yang diurap dengan bumbu dan parutan kelapa. Daging ayam terlebih dahulu disuwir-suwir kemudian kelapa yang digunakan juga tidak dimasak. Dengan kata lain, diurap mentah-mentah dengan bumbu. Hal tersebut membuat makanan yang satu ini sangat enak dan lezat.

Kuliner Banyuwangi Rujak Soto Mbok Mbret
Rujak Soto Banyuwangi
Kuliner banyuwangi yang juga merupakan menu kombinasi ini yaitu Rujak Soto. Kuliner banyuwangi yang satu ini penyajiannya menggunakan kuah soto. Cara pembuatan masakan banyuwangi ini ibarat rujak pada umumnya. Yakni dengan mencampur semua bumbu rujak lalu disiram dengan kuah soto yang berisi daging babat, dan telur puyuh.

Nah untuk satu porsi rujak soto dihargai sekitar Rp 20.000 Bagi kau yang ingin merasakan masakan banyuwangi yang unik denagan rasa yang sangat enak dan lezat ini, kau bisa datang ke Warung Mbok Mbret. Tempat wisata yang menyediakan masakan Banyuwangi ini terletak di samping bekas bangunan bioskop Sylva di daerah Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

Kuliner Banyuwangi Mie Ayam Ahem
Mie Ayam Ahem Banyuwangi
Makan dengan nasi terus saja mungkin akan membuatmu bosan, meski lakunya enak-enak. Sebagai gantinya, maka ada pilihan ibarat mie pangsit atau mie ayam. Satu porsi saja bisa pribadi bikin kenyang, apalagi kalau rasanya ibarat menu di Warung Ahem. Kamu akan menerima satu mangkuk mie yang teksturnya kenyal dengan daging ayam melimpah serta bumbu yang meresap sempurna. kalau anda ingin mencoba mie ayam banyuwangi, terperinci ada di Banyuwangi yang menyediakan makanan enak kali ini yaitu warung Ahem.

Jika kau sedang berkunjung ke daerah banyuwangi, kau bisa menemukan warung yang satu ini di bersahabat Hotel Berlin Barat, yang berada di alamat jl. Haryono no. 93, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi. Di Tempat wisata masakan Banyuwangi ini meyediakan hidangan yang sangat lezat yakni berupa Mie ayam. Mie yang disediakan di Tempat wisata masakan Banyuwangi ini teksturnya kenyal dengan daging ayam yang melimpah serta bumbu yang meresap sempurna. Lebih enak lagi kalau menyantap mie ayam ditambahkan dengan bakso.

Kuliner Banyuwangi Sego Bungkus Bu Poer
Sego Bungkus
Warung Bu Poer ini juga merupakan Tempat wisata masakan Banyuwangi yang cukup populer. Tempat wisata masakan Banyuwangi ini menyajikan menu nasi bungkus dengan banyak sekali lauk pilihan. Kamu bisa memilih nasi putih, nasi jagung, nasi kuning sampai nasi merah pun ada. Sedangkan untuk pelengkapnya, tersedia oseng-oseng, ayam goreng, olahan ikan serta gudeg.

Nah meskipun namanya nasi bungkus, bukan berarti nasi bungkusnya harus dibawa pulang, alasannya yaitu bisa juga dimakan di tempat. Untuk satu porsi dihargai sekitar Rp. 12.000. Tempat wisata masakan Banyuwangi yang berada di jl. PB Sudirman Banyuwangi, tepatnya seberang BNI Syariah ini buka mulai pukul setengah tujuh pagi. Jika kau ingin sarapan pagi, kau bisa datang lansung ke lokasi ini.

Kuliner Banyuwangi Botok Tawon
Botok Tawon
Tawon yaitu nama untuk lebah yaitu binatang yang bisanya dibudidayakan untuk diambil madunya. Namun, di Banyuwangi bukan cuma madu yang dimanfaatkan, tapi sarag lebahnya juga diambil. Ada cara khusus untuk mengolah sarang lebah menjadi makanan enak di Banyuwangi.

Terdengar ekstrem si, tapi malah bikin penasaran. Menu ini memiliki rasa yang lebih gurih. Sayangnya, tak banyak orang yang menjual botok tawon. Penyebabnya yaitu kesulitan mendapat materi baku. Kamu bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional atau mendatangi warung milik Bus Misnah di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.

Kuliner Banyuwangi Rawon Bi Atik
Rawon Banyuwangi
Kuliner Banyuwangi selanjutnya yaitu Rawon. Rawon yang satu ini terkenal sekali di Banyuwangi dengan porsi yang banyak dan harga yang murah meriah. Dan Tempat wisata masakan Banyuwangi ini yaitu Warung Bu Atik yang terletak di Jl. Ahmad Yani 83, Banyuwangi. Lokasinya yang strategis berada di pinggir jalan raya tidak menyulitkan orang yang ingin datang ke sini untuk menikmati hidangannya. Sesuai namanya, ada satu porsi pecel yang ditambah dengan kuah rawong lengkap dengan daging empalnya.

Tentu saja kau bisa menyantap sayur-sayuran yang umumnya ada dalam menu pecel. Bumbu kacang dan kuah hitam ternyata bisa menjadi kesatuan yang serasi di lidah. Untuk satu porsi masakan banyuwangi dengan daging empal yang empuk bisa kau kombinasikan dengan paru, usus, tahu atau tempe yakni dihargai sekitar Rp. 27.000, harga yang wajar untuk rasa dan porsi yang disajikan di Tempat wisata masakan Banyuwangi ini.

Kuliner Banyuwangi Mie Kuah Warung Kepiting
Warung Kepiting
Tempat wisata masakan Banyuwangi berikutnya yakni berjulukan Warung Kepiting. Di Tempat wisata masakan Banyuwangi ini menyajikan menu seafood dan masakan lain dengan penuh cita rasa penggugah selera. Menu andalan di Tempat wisata masakan Banyuwangi ini sudah pasti yaitu kepitingnya, namun kalau kau tidak suka, masih ada menu lain yang nggak kalah enaknya.

Kaprikornus bagi anda penggemar seafood ibarat kepiting bisa datang pribadi ke Tempat wisata masakan Banyuwangi yang satu ini, yakni berlokasi di Jl. Kepiting no. 29B, Banyuwangi. Di Tempat wisata masakan Banyuwangi memiliki area parker yang luas, dan kau bisa mengadakan program bersama keluarga atau sobat di sini.pasti seru ya sambil makan enak bersama-sama.

Kuliner Banyuwangi Bakso Jumbo
Bakso Jumbo
Bakso dengan ukuran Jumbo ada di Banyuwangi tepatnya di jl Dr Soetomo Banyuwangi depan Kantor Badan Pertanahan Negara Banyuwangi. Bakso dengan ukuran 30cm dan berat mencapai 2 kilogram ini dinamakan Bakso Hamil sembilan bulan, ada bakso dengan ukuran dibawahnya berat 1 kilogram namanya Bakso hamil 7 bulan dan bakso dengan berat 0.5 kilogram dinamakan Bakso hamil 3 bulan.

Bakso ini ada di Warung Bakso Pak Andre. Selain Bakso bakso hamil tadi , juga ada bakso beranak. Bakso hamil terlihat dari tingkatan ukuran besarnya, kalau bakso beranak disajikan dengan tampilan unik yaitu bakso dengan berat 0.5 kg namun ketika dibelah didalamnya terdapat 7 pentol lagi dengan ukuran kecil dan satu telur ayam. Lokasi Bakso Hamil atau Bakso beranak Pak Andre :JL.Jaksa agung suprapto No.7 / JL.Dr Sutomo No.57 Banyuwangi Jam Buka : 07:00 � 22:00

Warung Pesantogan Kemangi Kemiren Banyuwangi
Pesantogan Kemangi Kemiren
Pesantogan Kemangi merupakan tempat wisata masakan yang berada di desa wisata Kemiren Banyuwangi. Pesantogan memiliki arti tempat nongkrong sedangkan Kemangi kepanjangan dari Kemiren Banyuwangi. Pesantogan Kemangi menyajikan masakan khas Banyuwangi ibarat Pecel Pitik dan Uyah Asem.

Disamping ada juga makanan ringan yang lain yaitu kucur,serabi,tape buntut. Kalau Minumannnya ada beras kencur,kopi khas kemiren �Jaran Goyang� dan temu lawak serta teh. Pesantogan Kemiren Banyuwangi buka jam 11:00 � 23:00 Alamat Pesantogan Kemiren Banyuwangi : Kemiren, Glagah, Banyuwangi Regency, East Java 68432.

Minak Kopi Coffe Shop
Minak Kopi Coffe
Salah satu cafe yang menyajikan kopi asli Banyuwangi yaitu Minak Kopi Coffe shop. Minak Kopi Coffe shop terletak di jl Hos Cokroaminoto Cungking Banyuwangi, dengan interior yang unik dan menarik menambah wisatawan baik itu lokal ataupun mancanegara makin kerasan.

Minak Kopi Coffe shop hadir dengan citra rasa darah biru ditengah masyarakat Banyuwangi dengan harga yang sangat terjangkau. MInak Kopi Coffeshop buka dari pukul 16:00 sampai dini hari Alamat Minak Kopi Coffeshop : Jl. Hos Cokroamonoto, Banyuwangi 68425.

Heerlijk Osing Cafe Banyuwangi
Heerlijk Osing
Heerlijk Osing tempatnya terletak di komplek Kantor Pos Besar Banyuwangi , jl dr Soetomo Banyuwangi. Heerlijk dalam bahasa Belanda artinya lezat alasannya yaitu itu menu menu yang disajikan di tempat ini penuh dengan menu menu inovatif. Menu menunya ibarat soda perawan, roti itali,Sego mangkok, mie, mie ngamen, mie londo dan mie gepeng, segor, badhogan ndeso, Roti itali, jajanan tipis-tipis.

Dan menu minumannya Gelati , soda, teh, kopi, njus, ombenan campuran, ombenan tipis-tipis Dengan desain interiornya ibarat cafe sekarang tetapi tidak meninggalkan suasana lokal. Disamping itu juga menyediakan souvenir atau merchandise dengan khas cafe yang cocok untuk siapa saja.

D�Copiz Cafe Banyuwangi
Dcopiz Cafe Banyuwangi
D�Copiz Cafe Banyuwangi terletak di jl Brawijaya Sobo Banyuwangi,cafe ini menyediakan banyak sekali macam varian kopi ( arabica, robusta, kopi luwak, kopi lokal,dan lain sebagainya), namun begitu minuman lain juga tersedia dan juga makanan ringan lainnya ibarat tahu goreng, siomay , kentang goreng ataupun nasi goreng juga ada.

D�Copiz Cafe sangat cocok untuk ngumpul dan ngobrol bareng, selain tempatnya asri khas pedesaan dan suasana yang ramah bisa membuat kumpul kumpul anda menjadi ceria dan hangat. Alamat: Jl. Brawijaya, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Warung Biru Banyuwangi
Warung Biru Banyuwangi
Warung Biru merupakan tempat masakan di sentra kota Banyuwangi tepatnya di Jl. Kapten Pierre Tendean, Banyuwangi, Indonesia buka jam 09:00 � 17:00. Resto Warung Biru menyajikan aneka olahan laut, disamping itu juga menu menu lainnya khas masakan Banyuwangi. Dengan ciri khas sambel yang pedas,ikan bakar,cumi goreng dan ayam goreng menu andalannya.

Silahkan mencoba bagi anda yang sedang berwisata ke kota Banyuwangi, dengan harga yang murah dan menu yang enak dan dipusat kota menjadi Resto Warung Biru selalu dipenuhi dengan pengunjung. Alamat : Jl. Kapten Pierre Tendean, Banyuwangi, Indonesia ( bersahabat Hotel Selamet/Stasiun lama Banyuwangi) Jam Buka : 09:00 � 17:00.

Baca Juga : Tempat Wisata Kuliner di Blitar Paling Enak dan Murah

Demikian mengenai 16 Tempat Wisata Kuliner di Banyuwangi Paling Enak Harus Dicoba nah supaya ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar