31 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Gorontalo - Gorontalo merupakan sebuah provinsi yang tergolong gres di indonesia karena merupakan provinsi urutan ke 32. Gorontalo resmi menjadi provinsi sendiri pada tahun 2000 tanggal 22 desember berpisah dengan provinsi sulawesi utara dengan manado sebagai ibu kota provinsi tersebut. Letak Gorontalo sangat strategis bila dipandang secara ekonomis, karena berada pada poros tengah wilayah pertumbuhan ekonomi, yaitu antara 2 Kawasan Ekonomi Terpadu Batui Provinsi Sulawesi Tengah dan Manado - Bitung Provinsi Sulawesi Utara.

Gorontalo juga sering di juluki sebagai kota serambi madinah karena memiliki masjid yang unik. Selain mempunyai julukan yang terbilang beda dengan kota lainya di indonesia, gorontalo ternyata juga mempunyai objek wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata religi hingga wisata alam pun sangat banyak.

Baca ini : Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

Letaknya yang strategis ini dapat dijadikan sebagai daerah transit seluruh komoditi dari dan menuju kedua daerah tersebut. Karena kondisi geografis Gorontalo laut dan perbukitan, membuat Gorontalo menyimpan beberapa destinasi wisata alam yang cukup indah. Destinasi alam tersebut dipadukan dengan keindahan rumah Adat Gorontalo, peninggalan sejarah Limboto Otanaha, dan lain sebagainya membuat Gorontalo sebagai tujuan wisata yang komplit dan menyenangkan.

Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi
Selain kekayaan wisata alamnya yang beraneka jenis, mengingat sejarah kota Gorontalo yang panjang, maka terdapat beberapa tempat warisan sejarah yang dapat dijadikan tujuan wisata. Di beberapa tempat ini, mungkin Kamu akan menerima wisata budaya dan sejarah dari penduduk setempat.

1. Tempat Wisata Bukit Layang Gorontalo
Bukit Layang
Bukit layang merupakan sebuah bukit di pinggiran kota Gorontalo yang akan memperlihatkan kepada Anda betapa indahnya kota Gorontalo dar ketinggian. Terletak di Kecamatan Hulonthalangi Kelurahan Siendeng, bukit ini menunjukkan kenyamanan dan ketenangan bagi Anda. Lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan dari bukit ini.

Selain itu, Melihat pemandangan kota yang mengagumkan dari ketinggian sungguh sangat asyik dan tentu membuat anda ketagihan. Di Wisata gorontalo anda mampu melihat pemandangan mengagumkan kota gorontalo dari ketinggian yaitu di bukit layang dengan ketinggian kira-kira 700 mdpl. Dengan suasana langit biru beserta awan yang awut-awutan tentu akan menimbulkan suatu pengalaman yang tak terlupakan.

2. Tempat Wisata Masjid Walima Emas Gorontalo
Masjid Walima Emas
Masjid Walima Emas terletak di puncak Desa Wisata Religius Bubohu, Bongo, sekitar 250m dpl, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Masjid ini diresmikan pada tanggal 12-12-2012 pukul 12.12 WITA. Peresmian Masjid WalimaEmas dilakukan dengan sholat bersama, dzikir serta pagelaran budaya Islam. Empat kubah pada setiap sudut masjid terlihat berdiri kokoh dengan warna kuning keemasan, berbentuk walima yang terperinci dan bersinar ketika menjelang malam.

Tak hanya itu, Kalender Islam atau Kalender Hijriah terbesar di dunia terdapat di Masjid ini. Bersebelahan dengan Masjid, terdapat Kolam Miem, Sebuah kolam dengan air pegunungan alami, yang cuek dan sejuk. Tak terlalu jauh untuk menuju Desa Wisata Religius Bubohu. Hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua atau toda empat dari pusat Kota Gorontalo. Sepanjang perjalanan yang berliku, kita akan ditemani pemandangan alam TelukTomini yang indah.

3. Tempat Wisata Pulau Diyonumo Gorontalo
Pulau Diyonumo
Pulau Diyonumo terletek di Desa Deme 2 Kecamatan Sumalata, Gorontalo Timur. Pulau ini sangat mengagumkan dan masih sepi pengunjung. Selain itu bebas sampah dan penat karena belum terjamah oleh banyak orang. Bukit-bukit mengagumkan di pulau ini merupakan salah satu daya tarik dari pulau ini. Sesampai di sini Anda pastinya tak akan ketinggalan mengabadikan gambar dari atas bukit dengan latar belakang pulau-pulau dan birunya laut.

Kalau kau berada di Kota Gorontalo, kau mampu menggunakan kendaraan beroda empat maupun motor ke Sumalata. Hanya menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan lalu menyebrang ke pulau ini via Desa Deme 2. Sampai deh. Perlu diingat ya guys, pulau ini masih sangat alami jadi belum ada fasilitas yang cukup, bila tertarik untuk menginap jangan lupa bawa tenda ya. Bawa bekal dan keperluan perjalanan yang lainnya juga yak biar gak baper.

4. Tempat Wisata Desa Wisata Religi Bongo
Desa Bongo
Desa Bubohu atau lebih dikenal dengan Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo merupakan sebuah desa yang terletak di pesisir teluk tomini. Berbatasan pribadi dengan wilayah Kelurahan Tanjung Kramat Kota Gorontalo. Suasana religius, berpadu dengan warna warni kebudayaan, kebersahajaan penduduknya dan suasana alam yang asri terasa begitu anda mengunjungi desa ini.

Desa wisata Bongo mempunyai banyak nilai sejarah dan merupakan salah satu tempat wisata yang sangat cocok bagi mereka yang berminat mempelajari dan mengetahui lebih dalam mengenai sejarah dari desa ini. Ada banyak obyek mampu dinikmati di sini, sebut saja pesantren alam yang dirimbuni pepohonan ringan, dengan dua kolam renang berbentuk unik, berjulukan kolam santri dan kolam asmaul husna, mampu diakses cuma-cuma oleh siapapun.

Pesantren ini dihuni oleh 600 santri yang terdiri dari penduduk setempat, selain agama, pelestarian kebudayaan juga turut diajarkan. Di tempat yang sama, juga terhampar ratusan fosil kayu yang ditata serupa karya instalasi seni, yang dinamakan sebagai museum fosil kayu.

5. Tempat Wisata Pulau Cinta Gorontalo
Pulau Cinta Gorontalo
Tempat wisata Pulau Cinta merupakan salah satu salah tempat wisata kelautan yang menyajikan pemandangan laut lepas dengan sejuta pesona keindahan yang unik dan menarik bagi siapapun yang mengunjungi destinasi wisata di pulau yang satu ini. Pemandangan sebuah pulau kecil berbentuk hati dengan hamparan pasir putih bersih di tengah laut lepas yang dikelilingi penginapan berbentuk resort yang terbuat dari kayu menimbulkan daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Pulau Cinta.

Bahkan tempat ini menjadi destinasi liburan bagi pengunjung yang akan menghabiskan wkatu liburan bersama pasangannya tercinta. Untuk menuju Pulau Cinta, para wisatawan dapat menggunakan perahu nelayan dengan merogoh kantong untuk ongkos Rp 25.000,- / orang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Asal muasal penyebutan Pulau Cnta di obyek wisata ini, dikarenakan di tengah pulau terdapat balutan pasir putih yang ibarat hati sebagai simbol cinta.

6. Tempat Wisata Air Terjun Hiyaliyo Da�a Gorontalo
Air Terjun Hiyaliyo
Gorontalo juga tak kalah dengan Bogor yang mempunyai banyak wisata air terjunya. Yaitu jeram didigga yang berlokasi di Ds Didingga Kec. Biawu, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. Wisata ini patut anda kunjungi karena lokasinya yang belum banyak terjamah oleh wisatawan sehingga wisata alam tersebut masih terlihat sangat alami.

7. Tempat Wisata Pantai Kurenai Gorontalo
Pantai Kurenai
Pantai Kurenai merupakan satu dari 20 dive spot yang ada di Gorontalo, termasuk Olele, Biluhu, dan lainnya. Sekitar 80 persen lokasi diving dapat dicapai dengan kendaraan dan tak jauh dari tepi pantai (shore dive). Eksplorasi lokasi diving di Gorontalo dimulai sekitar tahun 2000.

Dilihat dari banyak sekali faktor, lokasi diving disana dapat disebut kelas dunia. Temperatur perairannya relatif hangat dan arusnya tidak terlalu kuat.Tipikal karang yang terbentuk juga lengkap variasinya. Mulai dari terumbu karang yang slope, jurang (drop off).

8. Tempat Wisata Pantai Dunu Gorontalo
Pantai Danu
Pantai Dunu berada di Kabupaten Gorontalo Utara. Pantai ini tidak hanya menjadi tujuan destinasi masyarakat Gorontalo Utara untuk menghabiskan weekend atau pun libur panjang bahkan masyarakat dari luar Gorontalo Utara juga datang kesini. Pantai dengan ombak yang ramah ini sering digunakan oleh wisatawan untuk berenang, main pasir, bercengkrama dengan keluarga, foto-foto, atau sekedar duduk menunggu sunset tiba.

Di Pantai Dunu ini belum ada fasilitas apapun jadi bila ingin berkunjung, kau sebaiknya membawa semua keperluan dan bekal dari rumah ya guys. Akses menuju Pantai Dunu mudah. Pantai ini gak jauh kok dari Kota Gorontalo, hanya berjarak sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Terletak di Desa Dunu Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara, pantai ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat.

9. Tempat Wisata Air Terjun Taludaa Gorontalo
Air terjun taludaa
Air terjun taludaa memiliki ketinggian jeram ini mencapai 42m serta bentangan 15 m menimbulkan suatu fenomena alam yang diminati pengunjung. Tidak hanya fenomena alamnya saja tetapi habitat flora dan fauna yang ada di sekitar air terjun. Air terjun ini memiliki air yang segar dan cukup bersih. Untuk mencari lokasi jeram taludaa sangatlah mudah karena berada dalam wilayah agrowisata.

Air terjun taludaa terbilang masih perawan, karena belum dikelola oleh siapapun. Sehingga untuk menuju obyek wisata dan melaksanakan acara disini masih gratis. Fauna yang sering terlihat disekitar jeram mirip serangga: kupu-kupu, jangkrik, dll. Dengan suasana tenang, pengunjung dapat menikmati kesegaran jeram tulada.

Untuk menuju kelokasi mampu ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu pemandangan yang dilalui akan membayar rasa lelah pengunjung karena pemandangannya mengagumkan dan alami. Selain itu jeram ini terdapat pada daerah agrowisata mirip pohon nangka, durian, langsat, dll. membuat perjalanan pengunjung yang berjalan kaki akan tidak terasa karena udara yang sejuk.

Alamat: Taludaa, Bone, Bone Bolango, Kota Gorontalo

10. Tempat Wisata Danau Limboto Gorontalo
Danau Limboto
Danau Limboto merupakan objek wiasata berupa danau yang banyak di kunjungi para turis, baik lokal maupun asing yang terdapat di kabupaten Gorontalo, Sulawasi Tengah. Danau yang memiliki luas sekitar 3000 hektar ini merupakan muara dari Sungai Molalahu, Sungai Daenaa, Sungai Alo dan sungai Bone Bolango. Kini, danau yang dahulunya memiliki kedalaman hingga 27 meter, dikala ini berkurang dan hanya sekitar 8 meter saja.

Danau Limboto memiliki pesona pemandangan yang menakjubkan, aksara dari danau ini memiliki permukaan berlumpu, dibagian tengan dan pinggir danau banyak dijumpai tumbuhan flora air mirip bunga teratai, enceng gondok dan gelagah. Apabila ingin menikmati pesona danau Limboto ini, akan terasa lebih mengagumkan apabila pada pagi hari ataupun di sore hari menjelang matahari terbenam.

Dengan begitu, suasana mengagumkan di danau akan terasa lebih menakjubkan. Di Danau Limboto, Anda dapat mencicipi dan menikmati udara segar dan tentu saja airnya yang jernih dengan ditumbuhi aneka tumbuhan hijau yang begitu eksostis, menimbulkan Anda merasa betah berada di danau ini.

11. Tempat Wisata Taman Wisata Laut Olele Gorontalo
Taman Laut Olele Gorontalo
Tempat Wisata taman laut yang berada di Gorontalo ini berjulukan Taman Laut Olele, keindahan bawah laut yang tersaji sudah banyak mengundang rasa ingin tahu para penyelam. Ciri khas biota lautnya menimbulkan lokasi ini berkesan spesial bagi mereka yang bersnokerling.

Taman Laut Olele merupakan sebuah spot mengagumkan bagi mereka pecinta kegiatan menyelam dan acara bawah laut. Bagi Anda yang belum menguasai teknik menyelam, tidak usah cemas karena Anda tetap mampu melaksanakan snokerling di areall yang dangkal, meskipun demikian keindahan termbu karang banyak sekali macam warna tetap mampu Anda temui.

Secara umumnya ada beberapa lokasi andalan yang berada di Taman Laut Olele yaitu Goa Jin, Coral Pole dan Salvador Dali. Goa Jin memiliki gerbang masuk vertical tegak ke bawah yang berkedalaman hingga 22 meter dan menympan keindahan yang sulit terlukiskan.

Alamat: Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Gorontalo.

12. Tempat Wisata Pulau Saronde Gorontalo
Pulau Saronde
Pulau Saronde merupakan sebuah pulau kecil yang terletak 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo tepatnya di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalu Utara. Pulau yang hanya memiliki luas mencapai 1 Kilometer ini dikelilingi oleh keindahan yang sangat mengagumkan yakni pasir putih, kerikil karang dan hamparan air laut biru mengagumkan yang tenang. Pulau ini dikenal sebagai lokasi yang hening dan indah, beragam fasilitas juga sudah banyak tersedia.

Sehingga lokasi ini cukup sempurna untuk dijadikan lokasi liburan dan wisata bagi anda beserta keluarga. Dari banyak sekali kegiatan yang mampu anda lakukan, snorkeling dan diving tetap menjadi agenda utama yang sudah menjadi hal wajib dan adegan tidak terpisahkan dari wisata di Saronde. Keindahan taman bawah laut yang menyimpan beragam terumbu karang terasa sangat sulit bila hanya didengarkan melalui kisah saja, harus anda sendiri yang menyaksikan dan mencicipi pengalaman itu sendiri.

13. Tempat Wisata Pantai Mananggu Gorontalo
Pantai Mananggu
Tempat wisata pantai yang terakhir yaitu Pantai mananggu yang berlokasi di Boalemo, Gorontalo. Karakteristik panati ini hampir sama dengan pantai di pacitan dengan aksara terdapat banyak kerikil karang yang ada di pantai. Nah ini cocok buat anda yang ingin menikmati suasana alam pantai yang mengagumkan untuk meghilangkan rasa penat atau bosan sehabis bekerja.

14. Tempat Wisata Air Terjun Tenilo Gorontalo
Air Terjun Tenilo

Air Terjun Tenilo merupakan salah satu destinasi wisata Gorontalo yang mengagumkan dan memikat hati. Air Terjun Tenilo berada di Boalemo Gorontalo dan keindahan alam jeram ini masih terjaga dan alami dari kerusakan yang disebabkan atas tangan-tangan jail manusia. Air Terjun Tenilo ini hanya setinggi sekitar 20-25 meter, dikala hujan debit airnya lumayan banyak tapi banyak lumpurnya.

Baca ini : Tempat Wisata di Palu yang Wajib Dikunjungi

Selain mengunjungi dan mandi di jeram ini anda juga patut untuk mengelilingi desa dan jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk ngobrol dengan masyarakat setempat sambil menyeruput kopi, dijamin akan menjadi perjalanan yang berkesan juga, Datang dan nikmatilah keindahan dari destinasi wisata ini bersama semua keluarga.

15. Tempat Wisata Pantai Tenilo Gorontalo
Pantai Tenilo Gorontalo
Nah Tempat wisata Pantai yang terakhir yaitu pantai tenilo, pantai ini berlokasi di Boalemo Gorontalo. aksara pantai ini mirip dengan pantai pantai yang ada di bali dengan air pantai dangkal yang luas. nah ini cocok buat mengabadikan foto anda di pantai ini bersama keluarga ataupun sobat anda, dijamin anda betah deh bila berkunjung ke pantai Tenilo ini yang ada di Gorontalo.

16. Tempat Wisata Pantai Bolihutuo Gorontalo
Pantai Bolihutou
Pantai Bolihutuo merupakan salah satu obyek wisata alternatif untuk menghabiskan final pekan. Pantai ini berada di Kelurahan Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Propinsi Sulawesi Utara. Dari Kota Gorontalo berjarak sekitar 130 km. Keindahan Pantai Bolihutuo ibarat hamparai mutiara di pesisir Teluk Tomini. Hamparan pasir putihnya dipadu dengan gulungan ombak yang berkejaran terlihat memutih menghiasi lautnya yang biru akan memanjakan mata anda untuk menikmati keindahan pantai ini.

Di daerah pinggir pantai terdapat pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang, semakin menambah sejuknya suasana. Tersedia perahu untuk disewa bagi yang ingin melihat berkeliling pantai. Tarif sewa perahu Rp. 3.000 per 10 menit. Selain perahu, tersedia pula sepeda air, kapal motor, alat diving dan sejumlah fasilitas lain yang disewakan bagi para pengunjung di Pantai Bolihutuo. Di pinggir pantai terdapat saung dan gazebo yang dapat anda gunakan untuk bersantai dan beristirahat.

Sarana dan prasarana lainnya pun juga telah tersedia di sini mirip : rumah makan, cottage dan pusat informasi wisata. Jika ingin bermalam di pantai ini anda mampu menyewa cottage dengan tarif mulai dari Rp. 150.000 per malam. Untuk dapat masuk ke daerah Pantai Balihutuo, pengunjung dikenakan tiket seharga Rp. 3.000 per orang.

17. Tempat Wisata Desa Suku Bajo Gorontalo
Desa Torosiaje Gorontalo
Desa Torosiaje merupakan nama kampung eksotis yang dihuni oleh suku bajo yang terletak di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato berjarak tujuh jam perjalanan ke arah barat dari Kota Gorontalo. Berlibur di desa ini merupakan salah satu pengalaman berharga bagi siapa saja yang merasakannya.

Kehidupan masyarakat Bajo yang bersahaja dan keindahan serta kekayaan laut teluk tomini akan membuat Anda betah berlama-lama di desa ini. Untuk fasilitas dan Akomodasi desa ini Anda tak perlu khawatir, karena dinas pariwisata setempat telah menyiapkan penginapan dengan biaya Rp100.000, permalam. Kampung ini merupakan kampung yang mengagumkan dan benar-benar layak kau kunjungi.

18. Tempat Wisata Teluk Tomini Gorontalo
Teluk Tomini Gorontalo
Teluk Tomini merupakan salah satu hamparan pulau-pulau mengagumkan dan menakjubkan berada sangat dekat dengan kota Gorontalo. Meskipun bukan termasuk wilayah administratif propinsi Gorontalo, Teluk Tomini sangat dekat dari kota Gorontalo hanya menyeberang menggunakan ferry dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit dengan biaya Rp89.000,- hingga dengan Rp100.000.

Banyak wisatawan yang berdecak kagum dan menjuluki Tomini sebagai surga kecil nan indah. Bagi para penyelam karang dan keajaiban bawah laut Tomini merupakan surga bagi mereka. Tak heran banyak wisatawan datang ke Tomini untuk menikmati keajaiban bawah lautnya.

19. Tempat Wisata Benteng Otanaha Gorontalo
Benteng Otanaha Gorontalo
Benteng Otanaha merupakan salah satu benteng renta yang amat bersejarah yang terletak di atas perbukitan Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo yang didirikan oleh Portugis pada tahun 1522. Untuk hingga ke lokasi Benteng Otanaha, pengunjung harus mendaki dengan melewati 4 buah tempat persinggahan dan 348 buah anak tangga.

Ketika hingga di puncak, rasa lelah Anda terbayar dengan keindahanan benteng, keindahan Danau Limboto, sawah-sawah yang terbentang luas dan hijau, serta keindahan Kota Gorontalo. Di sekitar Benteng Otanaha ini tidak tersedia akomodasi.

Karena benteng ini letaknya tidak terlalu jauh dari kota Gorontalo maka para penelusur mampu menerima kemudahan dari Gorontalo yang termasuk penginapan sederhana hingga berbintang. Harga tergantung dari fasilitas yang akan para penelusur dapatkan. Harga tiket masuk ke Benteng Otanaha Rp3.000/orang dan juga sekaligus tiket untuk parkir kendaraan.

20. Tempat Wisata Bahari Hiu Paus
Wisata Bahari Hiu Paus
Salah satu fenomena langka yang hanya akan anda dapatkan di Gorontalo yaitu munculnya Hiu Paus yang letaknya di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolange, Gorontalo. Jaraknya kurang lebih 20 km dari pusat kota Gorontalo atau bila ditempuh dengan kendaraan membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Akhir-akhir ini tempat wisata menarik di Gorontalo ini terus ramai di datangi pengunjung, baik pengunjung domestik maupun pengunjung mancanegara. Bagaimana tidak, di sini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hiu paus yang hidup bebas di alamnya. Uniknya, binatang air yang tergolong sangat besar ini bersifat jinak, bahkan terlihat sangat dekat dengan para nelayan dan para wisatawan. Bahkan anda dapat berenang bersama hiu paus jinak ini.

Yah, itulah sensasi yang dapat anda rasakan bila anda mengunjungi tempat wisata Gorontalo hiu Paus ini. Bagi anda yang pertama kali datang ke sini mungkin takut atau cemas dengan eksistensi hiu paus tersebut dikala berenang, tetapi anda tak perlu khawatir karena di sini ada nelayan yang setia menjadi guide anda dikala berenang. Anda dapat mengabadikan moment langka ini bersama ikan raksasa jinak.

21. Tempat Wisata Pantai Pasir Putih Leato
Pantai Pasir Putih Leato
Tempat wisata di kota Gorontalo berikutnya yang layak anda kunjungi bersama keluarga yaitu Pantai Putih Leato yang terletak di Gorontalo, tepatnya di Leato Utara, sekitar 12 km dari pusat kota Gorontalo. Bagi anda yang menginginkan tempat wisata dengan keadaan tenang, pantai ini layak dikunjungi. Bagaimana tidak, pantai Putih Leato menghadirkan suasana pantai yang sangat indah.

Dengan hamparan pasir putih meluas disertai dengan ombak yang tenang, serta suasana pantai yang sepi. Sangat cocok sebagai tempat relaxasi melepas rasa penat anda yang menumpuk. Objek wisata Gorontalo ini dapat pula bersantai bersama keluarga anda di sini atau bermain air di pinggir pantai bersama anak karena suasana ombak hening tidak berbahaya bagi anak-anak.

22. Tempat Wisata Kolam Renang Potanga Gorontalo
Kolam Renang Potanga
Setelah dari tadi mengupas tempat wisata alam, sekarang kita beralih ke tempat wisata selanjutnya yang merupakan hasil karya insan yaitu Kolam Renang Potange. Kolam renang ini sangat cantik dan bersih. Tak heran setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari banyak sekali daerah di Gorontalo, khususnya pada final pekan.

Bagi anda yang penasaran dengan kesegaran air kolam yang ada di sini, anda dapat pribadi pergi ke sini. Tak perlu khawatir, jarak yang akan anda tempuh hanya memakan waktu sebentar, karena hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Gorontalo. Air kolam renang ini menyajikan air yang sejuk segaer karena fatwa airnya pribadi dari pegunungan sehingga menunjukkan kesan yang lebih menarik bagi pengunjung bila dibandingkan dengan kolam renang pada umumnya.

Kolam renang Potanga juga dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas menarik, mirip cottage, kolam renang, serta kolam mata air panas. Tempat wisata di Gorontalo yang wajib dikunjungi ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga anda.

23. Tempat Wisata Pakaya Tower Limboto Gorontalo
Tower Limboto Gorontalo
Menara keagungan Gorontalo ini bia dibilang sedikit mirip dengan menara eiffel yang ada di Paris. Meupakan Landmark kota Gorontalo yang memiliki ketinggian 65 meter. Menara ini sangat unik karena pengunjung dapat menikmati banyak sekali fasilitas mulai dari lantai satu yang memiliki tinggi 10 meter digunakan sebagai aula. Pada lantai setinggi 14 meter merupakan restoran.

Di lantai tiga yang tingginya 30 meter digunakan sebagai tempat penjualan suvenir khas Gorontalo. Sedangkan lantai empat yang tingginya 39 meter dan lantai 5 yang tingginya 58 meter dari sini Anda dapat memandangi keindahan kota Gorontalo pada siang dan malam hari. Pada malam hari menara ini benar-benar terlihat mengagumkan dan menarik dengan lampu sorot tajam yang semakin menambah keindahan menara ini.

24. Tempat Wisata Pulau Bitila Gorontalo
Pulau Bitila Gorontalo
Pulau Batila merupakan pulau yang tak berpenghuni. Pulau Bitila dikhususkan sebagai wisata kelautan oleh pemerintah Kabupaten Boalemo. Pulau Batila memang memiliki keindahan yang luar biasa menarik para wisatawan domestik juga mancanegara.

Pulau ini memang tak begitu luas namun mempunyai vegetasi yang kaya. Inilah yang membuat Pulau Bitila rimbun dan terasa sangat sejuk. Pasir putihnya yang lembut membentang di sepanjang garis pantainya. Di sini, Anda dapat berbaring menikmati hangatnya sinar matahari.

25. Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote Gorontalo
Tangga 2000 Gorontalo
Saat Anda mengunjungi Tangga 2000 Anda jangan hingga terkecoh dengan jumlah anak tangga yang mungkin Anda kira ada 2000 buah. Jumlah anak tangga disini hanya sekitar 500 anak tangga. Dari anak tangga yang ada disini Anda mampu menaikinya dan menikmati keindahan alam Teluk Tomini yang indah. Bagi Anda yang menyukai fotografi ini merupakan salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan pada dikala berkunjung ke Gorontalo.

Anda dapat mengunjungi tempat ini di pagi hari untuk menerima waktu matahari terbit yang sangat indah. Selain dapat menikmati keindahan alam, Anda juga dapat melihat sebuah peninggalan sejarah yang ada di tempat ini. Terdapat sebuah kerikil besar yang terdapat jejak kaki dari Lahilote seorang cowok yang dipercaya menikah dengan seorang malaikat. Untuk mencapai lokasi ini anda hanya membutuhkan waktu 20 menit dari pusat Kota Gorontalo. Anda dapat menggunakan sejumlah kendaraan umum yang terdapat disana.

26. Tempat Wisata Pentadio Resort Gorontalo
Pentadio Resort
Pentadio Resort yaitu salah satu lokasi objek wisata bertaraf internasional di Kecamatan Telagabiru, Kabupaten Gorontalo.Fasilitas yang ada di Pentadio Resort ini, antara lain, restauran, toko suvernir, kolam renang, pondokan, sauna, air mancar, lokasi pemancingan, dan kolam air panas. Di lokasi ini juga terdapat sumber air panas yang mengalir ke Danau Limboto. Di lokasi tersebut para pengunjung dapat menyaksikan semburan mata air yang cukup panas.

Bagi pengunjung yang hobby menyandemai, di lokasi ini tersedia jga pub dan karaoke. Fasilitas lain yang tersedia di daerah ini yaitu restaurant dan tempat parkir yang cukup luas.Dan Bagi yang ingin menginap, tersedia Cottage atau pondok-pondok kecil yang di lengkapi dengan fasilitas hotel mirip TV, kulkas, AC, springbed dan kamar kecil dengan desain yang menonjolkan nuansa tradisional khas Gorontalo. Para pengunjung juga dapat membeli barang-barang cendera mata yang tersedia di toko-toko souvenir di daerah objek wisata di pentadio resort.

27. Tempat Wisata Rumah Adat Gorontalo
Rumah Adat Gorontalo
Rumah Adat Gorontalo disebut dengan Bantayo Poboide. Secara harfiah Bantayo artinya bangunan dan Poboide berarti tempat pertemuan. Selain sebagai budaya Gorontalo, Bantayo Poboide juga berfungsi sebagai tempat kegiatan seni budaya Gorontalo. Tempat ini memiliki banyak ruangan dengan fungsi masing-masing, ornamen pada dinding juga menyimbolkan setiap acara penghuninya.

28. Tempat Wisata Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo
Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo
Nama Ayuhulalo berarti kayu bulan. Air terjun ini airnya tidak pernah kering sekalipun di demam isu kemarau. Terletak di Desa Ayuhulalo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Propinsi Gorontalo. Air Terjun Ayuhulalo terletak sekitar 8 km dari pusat Ibukota Tilamuta kabupaten Boalemo, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan angkutan darat, umum maupun kendaraan pribadi. Air Terjun Ayuhulalo memiliki ukuran yang tidak begitu besar. D

i tempat ini para wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan Air Terjun Ayuhulalo, tanpa harus berpikir berapa harga yang harus dibayar. Keaslian jeram yang berada diperbukitan hijau nan cantik ini, membuat wisatawan dapat berlama-lama untuk bersenang-senang menikmati hempasan air terjun. Air Terjun Ayuhulalo sangat cocok untuk wisata final pekan bersama keluarga.

29. Tempat Wisata Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo
Taman Bogani nani Wartabone
Dulu taman ini berjulukan Dumoga Bone yaitu sebuah taman rekreasi yang mempunyai aneka ekologi langka. Secara geografi daerah ini terletak diperbatasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah Barat, Papua-Australia sebelah Timur (Wallaceae Area). Anda akan dibuat takjub dikala memasuki daerah cagar alam ini. Terdapat banyak sekali jenis anggrek, serta aneka tanaman hias dan bunga bangkai (Amorphophallus companulatus).

30. Tempat Wisata Monumen Nani Wartabone Gorontalo
Monumen Nanti Wartabone Gorontalo
Monumen ini dibuat untuk mengenang jasa-jasa satria yang berasal dari Gorontalo. Umur dari monumen ini masih terbilang muda yaitu 28 tahun. Pencetus pendiri monumen ini yaitu Walikota Gorontalo yang bertugas pada dikala itu yaitu Drs. A. Nadjamudin.

Sementara itu Nani Wartabone sendiri merupakan seorang pemimpin perang di Gorontalo. Dia sangat berjasa bagi rakyat Gorontalo dan masyarakat Indonesia. Monumen ini dapat Anda temukan di Taman Taruna Remaja Gorontalo. Anda mampu mengunjugi salah satu masjid tertua di Gorontalo yang berusia sekitar 300 tahun.

31. Tempat Wisata Pusat Kerawang Gorontalo
Pusat Kerawang Gorontalo
Kerawang merupakan salah satu ciri khas kota Gorontalo. Kata Kerawang berasal dari kata Karawo yang merupakan sulaman dengan tangan. Kerajinan ini berkembang semenjak lama dan kini sudah menjadi pusat kerajinan khas Gorontalo. Bahkan sulaman kain kerawang kerap dijadikan baju umum bahkan dijadikan seragam para jemaah haji dari Gorontalo dan menjadi tren dalam kehidupan masyarakat Gorontalo khususnya, bahkan telah sering menjadi pertunjukan fashion show.

Proses membuat sulaman kain kerawang dapat dikatakan cukup rumit. Terlebih dulu membuat desain sulaman di kertas milimeter blok. Kemudian, kain dipotong sesuai ukuran. Lapisan kain dibuka benang-benangnya untuk ruang sulaman. Ukurannya sesuai jenis kain yang dipakai dan besar motifnya. Setelah itu kain pribadi disulam berbentuk disebut dengan kerawang.

Selain sulaman kain dan baju, dihasilkan pula banyak sekali macam barang yang dihiasi sulaman kain kerawang, mirip tas, sapu tangan, dasi, kopiah, taplak meja, sprei, tatakan gelas, topi materi rotan, mukena, dan kipas. Semuanya mampu jadi buah tangan menarik sepulang dari Gorontalo.

Baca juga : Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 31 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, bila anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar