32 Tempat Wisata di Makassar Terbaru Yang Paling Bagus

Tempat Wisata di Makassar -  Makassar merupakan sebuah ibu kota yang berada provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, Makassar juga termasuk kota Internasional serta terbesar di daerah Indonesia Timur dan pada masa lalu pernah menjadi ibukota Negara Indonesia Timur Provinsi Sulawesi.

Makassar terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan.

Tempat wisata di Makassar mempunyai daya tariknya yang sangat menawan, mulai dari keindahan alam bahari, kekayaan budaya dan sejarah, wahana permainan, hingga panorama alam yang menyejukan dan pastinya ini dapat membuat anda terpesona jikalau sedang di daerah tempat wisata yang ada di Makassar.

Pantai Losari merupakan ikon kepariwisataan di Makassar, tetapi Anda harus mengunjungi Pulau Samalona atau Pulau Kodingareng Keke untuk mengetahui betapa menyenangkannya snorkel di laut nan jernih dan bermain di hamparan pasir yang putih.

Baca ini : 23 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini ialah sejumlah tempat wisata di Makassar yang wajib Anda kunjungi, beberapa di antaranya ialah destinasi wisata di Sulawesi Selatan yang populer di kalangan penikmat perjalanan.

1. Tempat Wisata Pulau Kodingareng Keke Makassar
Pulau kodingareng Keke
Pulau kodingareng Keke merupakan pulau kecil yang memanjang dari timur laut hingga barat daya. Meski begitu pemandangan di pulau ini tak kalah cantik dengan pemandangan yang ada di Pulau Samalona. Hamparan pasir pantai yang ada di pulau ini berwarna putih halus. Air lautnya berwarna biru dan jernih. Terumbu karangnya pun juga masih alami.

Sangat cocok untuk melaksanakan kegiatan diving maupun snorkeling. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pulau ini ialah sekitar bulan Juni hingga bulan September atau ketika tidak sedang dalam ekspresi dominan hujan. Pulau ini memang merupakan pulau yang tak berpenghuni. Namun beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berisitirahat atau berteduh mulai dibangun di daerah ini.

Sedangkan untuk warung makan atau penginapan, Anda bisa mendapatkannya di sekitar daerah Pulau Samalona. Pulau ini jaraknya sekitar 14 km dari Pantai Losari Makassar atau sekitar 20 hingga 30 menit dari Pulau Samalona.

2. Tempat Wisata Tanjung Bira Makassar
Tanjung Bira
Tanjung Bira merupakan tempat wisata yang terletak di Kabupaten Bulukumba. Jarak dari Makassar sekitar 200 km atau berada di paling ujung selatan daratan Sulawesi Selatan. Tanjung Bira dikenal dengan pasir putihnya yang mirip tepung bedak. Alam bawah laut juga tak kalah dengan tempat lain. Pemandangan di kala senja pun tak kalah indahnya.

Gradasi warna langit dan cahaya redup matahari terbenam membuat penikmatnya terbuai oleh keindahannya. Keindahan tempat wisata ini tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja, tapi juga wisatawan mancanegara. Mereka biasa berenang, berjemur, snorkeling atau hanya duduk menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari.

3. Tempat Wisata Pantai Losari Makassar 
Pantai Losari Makassar
Pantai Losari ialah sebuah pantai yang sangat terkenal yang terletak di makassar. pantai yang sangat bagus yang berada Jalan Penghibur sebelah barat kota Makassar. Pantai ini adlaah sarana berkumpul dan hiburan bagi warga Makassar danpar awisatawan untuk sekedar melepas penat dan sarana hiburan .

Pantai ini ramai hampir di setiap waktu pagi, sore dan malam hari Pantai losari juga akan terlihat lebih bagus ketika menjelang senja, Selain cuaca sudah tidak panas, fenomena matahari tenggelam atau sunrise pantai losari makassar sangat indah. Banyak fotografer lokal maupun wisatawan yang mengabadikan keindahan sunrise di pantai losari makassar ini.

Selain sunset yang indah, pantai losari makassar terkenal akan beraneka kuliner. Yang paling banyak dicari wisatawan ialah masakan khas pantai losari yaitu pisang epe. Jajanan yang terbuat dari pisang mentah yang di geprek lalu dibakar dan disajikan dengan air gula merah yang di encerkan.

4. Tempat Wisata Pulau Lae Lae Makassar
Pulau Lae Lae
Pulau Lae-Lae sendiri termasuk dalam gugusan pulau-pulau yang berada didalam daerah wisata pulau kota Makassar. Selain Samalona, Kodingareng Keke, Barangcaddi dan Baranglompo, Pulau Lae-Lae juga termasuk salah satu alternatif tempat wisata bagi para pecinta wisata bahari.

Bagi sebagian besar masyarakat kota Makassar, Pulau Lae-Lae sudah tidak dianggap lagi sebagai pulau wisata bagi mereka dikarenakan Pulau Lae-Lae mempunyai jarak ketika ini sudah sangat bersahabat sehingga pengunjungnya pun tidak banyak.

Pulau Lae-Lae merupakan surga sunset kota Makassar. Tidak heran jikalau sore menjelang para pemburu sunset pun akan memenuhi Dermaga Kayu Bangkoa untuk menyeberang menuju Pulau Lae-Lae. Sunset yang disajikan oleh Pulau Lae-Lae pun akan sangat memberi kesan yang bagus bagi para pengunjung dan banyak juga pengunjung yang memilih untuk menginap di Pulau Lae-Lae apabila weekend tiba.

5. Tempat Wisata Pantai Akkarena Makassar
Pantai Akkarena
Pantai Akkarena ialah pantai berpasir hitam yang mempesona, menjadikan pantai ini sebagai pilihan yang tepat untuk rekreasi bersama keluarga. Pantai Akkarena menunjukkan banyak sekali sarana untuk bersantai, bermain serta berolahraga bagi seluruh keluarga.

Taman ini di sebut Akkarena Tanjung Bunga,yang dibangun di area seluas 12 hektar dan biasa buka pada pukul 07.00 hingga 12 malam. Di taman ini menyajikan aneka makanan dan minuman lokal maupun internasional, Akkarena Tanjung Bunga dilengkapi dengan hiburan live musik.

Dengan tarif sebesar Rp 5000 untuk masuk dan Rp 2000 untuk parkir kendaraan beroda empat sedangkan untuk tarif parkir motor yaitu Rp. 1000, pengunjung dapat menikmati banyak sekali aktifitas olahraga air maupun aneka permainan mirip banana boat, jet sky, hingga dengan permainan yang memacu adrenalin yaitu ATV disamping menikmati angin sepoi-sepoi serta keindahan pantai Akkarena.

6. Tempat Wisata Pulau Kapoposang Makassar
Pulau Kapoposang
Pulau Kapoposang ialah salah satu pulau spermonde yang ada di Selat Makassar. Tepatnya berada dalam wilayah Kec. Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Di pulau berpenghuni ini, Anda akan dijamu dengan pemandangan hamparan pasir putih sekitar pantai, lambaian teduhnya pepohonan serta kejernihan air laut yang membuat Anda bisa menikmati kerikil karang tanpa harus menyelam.

Panorama sunrise dan sunset juga hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Jika Anda berniat menikmati pesona pulau ini dalam beberapa hari, maka tidak perlu khawatir karena di pulau ini telah tersedia resort serta kemudahan olahraga milik pengusaha swasta dan juga beberapa home stay yang dikelola masyarakat.

7. Tempat Wisata Pulau Bulupoloe Makassar
Pulau Bulupaloe
Keindahan dari Pulau Bulupoloe yang menjadikannya sebagai salah satu objek wisata yang patut dikunjungi ialah keindahan alam pegunungan serta keasrian baharinya. Bentangan pantai dengan pasir putih yang mengitari pinggiran pulau menjadi nilai tambah tersendiri. Selain itu, beberapa tempat di Pulau ini terdapat sumber air tawar yang semakin menambah keunikan pulau ini.

Keindahan Laut yang disajikan Pulau Bulupoloe ini semakin menambah kagum karena kondisi pantainya yang masih sangat alami dan belum terkontaminasi polusi. Tidak hanya itu, air laut di Pulau ini sangat jernih, dihiasi aneka ragam terumbu karang yang mempesona, dan ikan yang berwarna-warni serta biota laut lainnya yang semakin menambah semarak kehidupan bawah laut di Pulau Bulupoloe ini.

Pulau Bulupoloe ini termasuk ke dalam wilayah administrative Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Kabupaten Luwu Timur berjarak sekitar 500 km dari Kota Makassar.

8. Tempat Wisata Pulau Samalona Makassar
Pulau Samalona
Pulau Samalona merupakan sebuah pulau yang memiliki pantai dengan hamparan pasir berwarna putih. Air lautnya masih berwarna biru jernih. Di pulau ini terdapat banyak pohon kelapa yang semakin menambah kecantikannya. Pulau Samalona juga terkenal dengan keindahan dunia bawah lautnya. Selain berenang, Anda juga bisa menyelam/diving di sini. Terumbu karangnya masih cantik dengan ikan lautnya yang berwarna-warni.

Selain itu, pulau ini juga menyimpan misteri perihal karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia Ke-2. Setidaknya ada tujuh buah kapal yang tenggelam di daerah pulau ini. Diantaranya ialah Kapal Maru sebuah kapal perang milik Jepang yang tenggelam di kedalaman sekitar 30 meter, Kapal Lancaster Bomber, Kapal Kargo Hakko Maru buatan Belanda dan beberapa kapal lainnya.

Pulau Samalona terletak di Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar tujuh kilometer dari kota Makassar.

9. Tempat Wisata Taman Laut Taka Bonerate
Taman Nasional Taka Bonerate
Taman Nasional Taka Bonerate merupakan taman laut yang mempunyai daerah atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Disini, Ada sebanyak lima belas buah pulau di Taman Nasional Taka Bonerate sehingga sangat bagus untuk kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata maritim lainnya.

Topografi daerah sangat unik dan menarik, di mana atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau-pulau dengan jumlah yang cukup banyak. Di antara pulau-pulau gosong karang, terdapat selat-selat sempit yang dalam dan terjal. Sedangkan pada episode permukaan rataan terumbu, banyak terdapat kolam kecil yang dalam dan dikelilingi oleh terumbu karang.

Pada ketika air surut terendah, terlihat dengan terang daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam-kolam kecil. Taman Laut Nasional ini terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Jarak dari Benteng, ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar ialah 25 kilometer. Sementara kalau dari Kota Makassar sekitar 300 kilometer.

10. Tempat Wisata Pulau Dutungan Makassar
Pulau Dutungan
Pulau Dutungan merupakan sebuah pulau yang berjarak sekitar 130 kilometer dari Kota Makassar, perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Jalan ke sana cukup mudah karena hanya mengikuti jalan dan dari jalan tersebut sebagian besar kita dapat melihat laut jadi tidak perlu khawatir akan tersesat.

Dermaga kecil untuk menyebrang ke sana tidak terletak di pinggir jalan, dermaga tersebut terletak di jalan kecil tidak jauh dari jalan utama.

Pulau dengan luas sekitar 9 Ha ini memiliki hamparan pasir putih yang bagus di sisi luarnya. Dikelilingi pemandangan laut yang biru anda dijamin akan merasa betah untuk tinggal berlama-lama di tempat ini. Berlokasi di Desa Cilelang sekitar 48 Km dari Kota Baru.

11. Tempat Wisata Pulau Kayangan Makassar
Pulau Kayangan
Pulau Kayangan ialah sebuah pulau kecil berpasir putih dengan luas sekitar 1 hektare dan ditinjau secara administratif pulau khayangan masuk pada wilayah Kel. Bulo Gading, Makassar, Sulawesi Selatan. yang lokasinya berjarak satu km dari Kota Makassar.

Pulau kecil ini sangat terkenal akan panorama pemandangan alam yang begitu bagus dan hamparan pantai pasir putih bersih membentang disepanjang pantai pulau Khayangan. Terdapat juga pemandangan bebatuan karang yang nampak terang terlihat disebabkan karena begitu jernihnya air laut di sekitar pulau khayangan ini. pulau khayangan ini sebelumnya berjulukan Meraux atau Marrouw.

Selain itu anda bisa menikmati banyak sekali acara mirip berolahraga air jetski ataupun memancing, bersantai di tepi pantai, para pengunjung pulau kayangan juga dapat melihat lebih bersahabat biota/hewan laut yang begitu cantik dengan cara snorkeling atau melihat di sejumlah aquarium berisi aneka ragam ikan laut hias yang ada di sana.

12. Tempat Wisata Pegunungan Karst (Rammang-rammang) Makassar
Pegunungan Karts
Rammang-rammang merupakan sebuah daerah karst yang terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jika anda ingin menuju daerah karst tersebut dapat ditempuh melalui jalur darat menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Makassar.

Jarak daerah karst ini dari kota makassar ialah sekitar 40 km, sehingga akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Disini, ada beberapa tempat yang dapat kita kunjungi ketika kita berada di daerah karst yang termasuk daerah yang komplks ini, mirip Taman Batu, Telaga Bidadari, Gua Bulu Tianang, Gua Karama� atau Gua Telapak Tangan, Gua Pasaung, dan juga Wisata Sungai Pute.

Untuk masuk ke desa berua, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000. Terdapat beberapa rumah makan yang disediakan dengan pemandangan bagus dan menakjubkan. Bagaimana? bagus bukan tempat wisata di sini, ini cocok buat anda yang ingin berlibur ke makassar bisa mamping kesini juga bersama sahabat ataupun keluarga anda.

13. Tempat Wisata Taman Nasional Bantimurung
Bantimurung
Bantimurung merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Sulawesi Selatan. Benar, banyak sekali jenis keindahan dan pesona alam yang di tawarkan pada obyek wisata Sulawesi ini. Diantaranya, penangkaran kupu-kupu, goa, cagar alam dan yang paling terkenal ialah pesona air terjunnya.

Tempat wisata ini luasnya mencapai 43.750 hektar dengan wilayahnya yang melingkupi bukit kapur, riam dan juga gua. Taman nasional ini pertama kali ditemukan oleh spesialis botani dari Inggris, Alfred Russel Wallace. Saat itu, Wallace menyebut tempat ini sebagai kerajaan kupu-kupu karena ada sekitar 250 jenis kupu-kupu di sini.

14. Tempat Wisata Pulau Gusung Makassar
Pulau Gusung
Pulau Gusung merupakan pulau terluar episode barat Kabupaten Kepulauan Selayar. Disekitar pulau biasanya digunakan sebagai lokasi diving dan tempat memancing terutama yang mengarah ke Laut Sulawesi. Beberapa warga memanfaatkan daerah dipinggir pulau sebagai area tambak beberapa jenis ikan laut yang berkualitas ekspor dan jenis lobster.

Lokasi Pulau Gusung tidak jauh dari Kota Makassar, anda bisa menuju ke Pulau Gusung melalui Dermaga Popsa yang berada di depan Benteng Fort Rotterdam dengan menyewa kapal cepat, yang akan memakan waktu kurang lebih 10 menit.

15. Tempat Wisata Air Terjun Takapala Makassar
Air Terjun Takapala
Air Terjun Takapala ialah salah satu dari dua riam yang dimiliki Malino. Air Terjun Takapala memiliki ketinggian 100 meter dengan debit air cukup besar yang dapat membuat kabut sekitar 20 meter, sehingga jangan heran jikalau kau dapat melihat cahaya mirip pelangi di riam ini. Dan di sekeliling riam terdapat tebing curam dengan corak unik yang membuat kesan riam ini nampak masih alami.

Air terjun Takapala tingginya mencapai 109 meter dengan volume air yang dicurahkannya sangat besar terlebih lagi dikala ekspresi dominan hujan tiba. Curahan airnya menimpa bongkahan batu-batu besar di dasarnnya, mengakibatkan bunyi gemuruh dan percikan air membentuk kabut tipis sejauh 20 m.

Karena objek wisata ini masih ditangani orang lokal, maka segala fasilitasnya masihlah sederhana namun sudah lengkap. Jika ingin berlama-lama menikmati gemuruh air terjun, kau bisa menyewa pendopo atau bisa juga menginap di rumah warga didalamnya. Semua terasa lokal sehingga menunjukkan bahwa riam ini masih alami dan alami.

Air Terjun Takapala Terletak di Desa Bulutana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Propinsi Sulawesi Selatan.

16. Tempat Wisata Air Terjun Bantimurung Makassar
Air Terjun Bantimurung
Air Terjun Bantimurung merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi di Sulawesi Selatan terutama waktu libur. Obyek wisata riam Bantimurung ini terletak di Kota Maros , kurang lebih berjarak 140 Km dari Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan. dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum.

Di Air Terjun Bantimurung, Anda dapat pribadi mandi di bawah kucuran pribadi air terjun, berselancar dengan ban pelampung, dan mandi di beberapa kolam buatan sumber mata air pegunungan. Di sini juga terdapat �Gua Mimpi�, yaitu sebuah gua yang sangat dalam yang tembus ke sumber mata riam di atas pegunungan.

17. Tempat Wisata Perkebunan Teh Malino Makassar
Perkebunan Teh Malino
Perkebunan Teh Malino merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Sulawesi Selatan. Malino dijuluki sebagai kota bunga. Daerah dengan banyak sekali macam tumbuhan yang bisa tumbuh subur, sehingga tidak heran jikalau Malino kini bisa menjadi daerah agrowisata.

Kawasan ini berada sekitar 90 km dari sentra kota Makassar. Selama perjalanan menuju Malino, Anda akan melewati pemandangan hutan pinus dan kerikil kapur yang indah. Malino berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di sini berkisar antara 10 � 26 derajat Celcius.

Kawasan ini sudah terkenal semenjak zaman Belanda dan dijadikan tempat wisata favorit mereka, oh iya, jangan hingga lupa membawa jaket dan pakaian hangat, karena disini lumayan dingin.

18. Tempat Wisata Danau Tempe Makassar
Danau Tempe
Danau Tempe merupakan danau yang terletak di episode Barat Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Tempe, Kecamatan Belawa, Kecamatan Tanah Sitolo, Kecamatan Maniangpajo dan Kecamatan sabbangparu, letaknya sekitar 7 km dari Kota Sengkang menuju tepi Sungai Walanae.

Danau Tempe yang luasnya sekitar 13.000 hektare ini memiliki spesies ikan air tawar yang jarang ditemui di tempat lain. Hal ini karena danau tersebut terletak di atas lempengan benua Australia dan Asia.Danau ini merupakan salah satu danau tektonik di Indonesia.

Di tempat wisata ini, Anda bisa memancing atau berkeliling dengan meyewa perahu nelayan. Selain itu, Anda juga bisa membeli ikan segar dan juga sayuran yang ditanam di sekitar danau. Setiap tanggal 23 Agustus, di sini diadakan sebuah ritual tahunan untuk menyucikan danau yang disebut dengan Maccera Tappareng.

19. Tempat Wisata Desa Wisata Lakkang Makassar
Desa Lakkang
Desa Lakkang merupakan sebuah daratan yang kerap disebut delta, terbentuk karena berkumpulnya sedimentasi dalam kurun waktu tertentu dengan luas daratannya sekitar 195 hektare dan dihuni oleh sekira 300 kepala keluarga. Kebanyakan mereka bekerja sebagai petambak dan nelayan. Sebagian kecil juga menghidupi diri dari sawah yang tidak seberapa luas di dalam wilayah Lakkang.

Di desa yang masih asri itu, anda bisa berwisata dengan mengunjungi sejumlah bungker peninggalan Jepang. Dahulu, Lakkang merupakan tempat bersembunyi tentara Jepang pada ketika Jepang menguasai Makassar. �Pasukan Jepang pernah menduduki perkampungan untuk dijadikan camp, biar bisa mengatur serangan kembali buat orang Indonesia,� kata salah satu warga perkampungan.

Jika anda ingin mencapai desa tersebut, anda tinggal memilih jalur yang mana, karena ada tiga jalur dermaga yang bisa dipilih untuk menyeberangi sungai ke desa kecil tersebut. Salah satu dermaga yang banyak dipilih oleh warga ialah Dermaga Kera-kera, yang berada di kampus Tamalanrea, lebih tepatnya di lokasi Teaching Farm Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Hasanuddin.

20. Tempat Wisata Benteng Somba Opu Makassar
Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu merupakan sebuah benteng peninggalan Kesultanan Gowa yang dibangun oleh Raja Gowa ke-9 Daeng Matanre Karaeng Tumapa'risi' Kallonna pada era ke-16. Benteng ini terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Benteng ini juga menjadi sentra perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah yang ramai dikunjungi pedagang dari Asia dan Eropa. Pada tahun 1669, benteng ini dikuasai oleh VOC kemudian dihancurkan hingga terendam oleh ombak pasang. Tahun 1980-an, benteng ini ditemukan kembali oleh sejumlah ilmuawan.

Dan pada tahun 1990, benteng ini direkonstruksi sehingga tampak lebih baik. Kini, Benteng Somba Opu menjadi sebuah objek wisata bersejarah di Kota Makassar.

21. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Lejja Makassar
Pemandian Air Panas Lejja
Pemandian air panas Lejja berada di daerah hutan lindung di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Pemandangan sekitar kolam pemandian sangat bagus dengan banyak pepohonan rindang dan udaranya yang sejuk.

Selain itu, Disini ada juga gazebo yang disewakan dengan tarif 50.000 Rupiah per dua jam. Di tempat wisata ini, terdapat lima buah kolam dengan kedalaman dan ukuran suhu yang beragam. Suhu terpanas dari sumber air ini ialah 60 derajat Celcius. Air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit kulit dan rematik karena kandungan belerangnya.

22. Tempat Wisata Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam) 
Benteng Ujung Pandang
Benteng Ujung Pandang merupakan sebuah bangunan megah peninggalan Kerajaan Gowa yang dibangun sekitar tahun 1545. Jika dilihat dari atas, maka benteng fort rotterdam ini terlihat mirip penyu. Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam ini berada tak jauh dari daerah Pantai Losari. Benteng ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9.

Pada awalnya, benteng dibangun dengan menggunakan tanah liat dan putih telur, hingga kemudian bangunan disempurnakan oleh raja ke-14. Jika dilihat dari atas, bentuk benteng ini mirip seekor penyu yang sedang merangkak ke arah laut. Penyu dipilih karena binatang ini dapat hidup di air dan di darat, hal ini sesuai dengan Keajaan Gowa-Tallo yang berjaya di lautan maupun daratan.

23. Tempat Wisata Museum Balla Lompoa Makassar
Museum Balla Lompoa
Museum Balla Lompoa ialah sebuah rekonstruksi dari Istana Kerajaan Gowa yang didirikan oleh pemerintahan Raja Gowa ke-31 pada tahun 1936. Arsitektur bangunan ini berbentuk rumah khas orang Bugis, yaitu rumah panggung yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi. Dibangun di atas lahan seluas satu hektar yang dibatasi oleh pagar tembok yang tinggi.

Balla Lompoa yang berbentuk mirip rumah panggung ini awalnya merupakan sebuah istana kerajaan yang dibangun tahun 1936 oleh Mangngi-mangngi Daeng Matutu, Raja Gowa XXXI. Balla artinya �rumah� dan Lompoa artinya �besar�. Balla Lompa yang dibangun dengan arsitektur Makassar ini dibangun dengan kayu ulin merupakan rumah panggung dengan struktur bangunan kayu yang terbesar di dunia.

Museum Balla Lompoa ini terletak di Jalan Sultan Hasanuddin No. 48 Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa, yang berbatasan pribadi dengan Kota Makassar.

24. Tempat Wisata Kawasan Adat Ammatoa Makassar
Kawasan watak ammatoa kajang
Kawasan watak ammatoa kajang merupakan salah satu sentra destinasi wisata budaya di Kabupaten Bulukumba. Terkenal dengan sebutan suku kajang daerah ini begitu kental dengan watak istiadat yang dipegang teguh. Suku kajang merupakan satu dari banyaknya suku di indonesia, dikatakan tana toa yang berarti tana tertua yang masih menganut kepercayaan nenek moyang dan tanah warisan leluhur.

Disini, memiliki keindahan alam berupa kelestarian daerah hutan, serta budaya hidup masyarakatnya yang jauh dari contoh hidup modern. Ciri masyarakat kajang yang ada di Desa Tana Toa yang tampak sehari-hari yaitu pakaian dengan warna serba hitam, sedangkan ciri bangunan rumahnya seragam menghadap ke Utara. Masyarakatnya dipimpin oleh seorang yang bergelar Amma Toa dengan masa kepemimpinan seumur hidup.

Kawasan Adat Ammatoa Terletak di Kecamatan Kajang, sekitar 56 Km dari kota Bulukumba.

25. Tempat Wisata Kete Kesu Makassar
Kete Kesu
Kete Kesu merupakan suatu desa wisata di daerah Tana Toraja yang dikenal karena watak dan kehidupan tradisional masyarakat dapat ditemukan di daerah ini.  Di dalam Kete Kesu terdapat peninggalan purbakala berupa kuburan kerikil yang diperkirakan berusia 500 tahun lebih.

Di dalam kubur kerikil yang mirip sampan atau perahu tersebut, tersimpan sisa-sisa tengkorak dan tulang manusia. Hampir semua kubur kerikil diletakkan menggantung di tebing atau gua. Desa Kete Kesu merupakan daerah cagar budaya dan sentra banyak sekali upacara watak Toraja yang meliputi pemakaman watak yang dirayakan dengan meriah (Rambu Solo).

Upacara memasuki rumah watak gres (Rambu Tuka), serta banyak sekali ritual watak lainnya. Pada bulan Juni - Desember, banyak sekali upacara dan perayaat watak umumnya dilakukan oleh masyarakat sekita di lokasi ini.

26. Tempat Wisata Trans Studio Makassar
Trans Studio 
Trans Studio Makassar ialah taman hiburan indoor terbesar ke-2 di Indonesia setelah Trans Studio Bandung. Di atas lahan seluas 2.7 Hektar, Trans Studio Theme Park menyajikan 22 wahana permainan dan bermacam bentuk hiburan yang terdapat dalam 4 daerah dengan tema yang berbeda dan unik.

Selain itu, Keberadaan taman dengan konsep indoors ini terasa lebih nyaman karena tidak khawatir akan cuaca panas maupun hujan lebat anda senantiasa dimanjakan dengan aneka hiburan dan permainan yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Beberapa diantara anda mungkin bertanya mengenai harga tiket yang dikenakan bagi pengunjung Trans Studio Makassar ini, Untuk Hari Biasa : Rp100.000 rupiah dan untuk Hari libur atau tamat pekan : Rp175.000 Rupiah

27. Tempat Wisata Pusat Kerajinan Perahu Phinisi Makassar
Add caption
Tana Beru terkenal sebagai tempat pembuatan kapal / perahu tradisional. Anda akan merasa kagum melihat kepiawaian masyarakat membuat kapal tradisional dengan konstruksi kayu dan peralatan tradisional pula. Mereka bisa membuat perahu yang sangat kokoh dan megah .

Hanya berdasarkan pada pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari nenek moyang mereka, tanpa menggunakan gambar atau kepustakaan tertulis. Sejarah menunjukan bahwa Perahu Phinisi Nusantara telah berhasil berlayar ke Vancouver Kanada, amerika Serikat pada tahun 1986.

Bagamana? Menarik bukan tempat wisata di Tana Beru, disini anda bisa melihat masyarakat membuat sebuah kapal yang unik dan bagus.

28. Tempat Wisata Kuliner Coto Daeng Khas Makassar
Coto Daeng Makassar
Coto Daeng merupakan makanan yang lezat dan enak, Selain dagingnya yang enak kuah kental yang ada di Coto Daeng ini sangat luar biasa lezat dan enak.

Tempat wisata masakan yang satu ini termasuk tempat makan yang menunya bisa anda santap dengan harga yang terjangkau, yakni hanya dengan merogoh kantong anda sedalam Rp. 8.000 saja anda sudah bisa melahap coto makassar yang lezat.

29. Tempat Wisata Kuliner Mie Hengki Makassar
Mie Hengki Makassar
Mie Hengki Makassar sendiri merupakan sebuah olahan yakni mie china yang tentu mempunyai rasa lezat. Sajian mie hengki di tempat wisata masakan makassar yang satu ini di sajikan dengan irisan ayam, cumi-cumi, hati dan jamur yang tentu menambah daya lezat yang luar biasa.

Bumbu rempah-rempah yang ada di mie kering makassar ini mempunyai cita rasa yang sangat khas, jikalau anda tertarik untuk datang ke tempat wisata masakan Makassar yang satu ini, anda bisa datang ke Mie Hengki mulai jam 7 malam hinga jam 12 malam. Untuk harga mie hengki ini di bandrol dengan harga Rp. 18.000 saja.

Baca ini : 21 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 29 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar