18 Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah Paling Terkenal

Tempat Wisata di Blora - Blora merupakan sebuah kota kabupaten yang terletak di sebelah timur provinsi Jawa Tengah. Daerah ini memang dikenal dengan wilayahnya yang tandus, akan tetapi, daerah ini juga cukup dikenal sebagai penghasil minyak terbesar di Jawa Tengah. Dan jangan salah, meskipun kota ini tampak kecil, tapi di sini kau bisa menemukan beberapa tempat wisata yang tak kalah menyenangkan dari tempat lainnya.

Selain itu, Tempat wisata di Blora sebetulnya sangat banyak pilihannya namun sayangnya belum banyak orang yang mengetahui tempat wisata yang menarik ada di Blora ini. Maka dari itu, anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan sepi sehingga Anda bisa menerima ketenangan di beberapa tempat wisata yang ada di Blora ini.

Baca ini : Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah Paling Terkenal
Blora memiliki beberapa tempat wisata yang menarik, maka dari itu kalau anda berkunjung ke Kabapaten Blora sempatkanlah untuk mampir dan menikmati banyak sekali obyek wisata pemalang yang menarik ini.

1. Tempat Wisata Gunung Manggir Blora
Gunung Manggir Blora
Gunung Manggir merupakan gunung yang memiliki pesona keindahan yang terdapat di kabupaten Blora tampaknya telah mempesona banyak sekali masyarakat untuk terus datang dan menikmati seluruh keindahan didalam nya. Salah satu keindahan alam yang tidak boleh anda lewatkan dikala berkunjung ke Blora yaitu Gunung Manggir dimana anda bisa mencicipi eksklusif bagaimana treking menuju ke atas puncak.

Jika Anda berkunjung ke sana, objek wisata Gunung Manggir sendiri memiliki luas 4 hektar lebih. Selain berada di perbukitan batuan kapur, wisata ini semakin menarik alasannya yaitu berada pada ketinggian 250 meter dari permukaan laut. Selain udaranya alasannya yaitu lumayan tinggi, pemandangan yang asri di sekitar Gunung Manggir membuat daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Lokasi : Perbukitan Manggir, Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia

2. Tempat Wisata Gunung Pencu di Blora
Gunung Pencu Blora
Mungkin anda yang suka dengan wisata di alam bebas? maka tampaknya anda bisa berkunjung ke kabupaten Blora dimana ada satu destinasi wisata yang patut untuk anda kunjungi. Gunung Pencu merupakan wisata alam pegunungan yang menunjukkan pemandangan kota yang bisa dilihat dari ketinggian puncak Gunung Pencu yang tentu akan menyampaikan pengalaman tersendiri.

Sebelum anda hingga di Gunung Pencu tentunya harus melewati banyak sekali jalanan terjal yang dipenuhi dengan bebatuan dimana ini akan menjadi suatu tantangan tersendiri yang sangat menyenangkan. Ketika anda sudah berada di puncak Gunung Pencu maka anda akan terkagum melihat banyak sekali keindahan dari kabupaten Blora yang begitu mempesona serta hutan jati yang terhampar luas.

Lokasi : Desa Gayam, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia

3. Tempat Wisata Goa Sentono Blora
Goa Sentono
Mungkin anda termasuk traveler yang suka menelusuri banyak sekali wisata alam yang cukup menantang, anda bisa eksklusif saja mencoba wisata yang ada di Blora maka bisa mencoba untuk menikmati keindahan dari Goa Sentono. Goa Sentono merupakan salah satu goa yang berada di Dukuh Sentono dimana goa ini memiliki pemandangan alam yang tampak begitu cantik khususnya pada bab luar Goa Sentono.

Dimana dalam sepanjang perjalanan anda menuju ke Goa Sentono maka akan dimanjakan dengan pesona keindahan alam yang pastinya akan membuat liburan anda terasa lebih greget. Dengan pemandangan yang cantik maka Goa Sentono juga menjadi tempat yang pas untuk foto selfie dengan latar pemandangan perbukitan yang begitu mempesona.

Lokasi : Dukuh Sentono, Desa Mendenrejo, Kecamatan Kradenam, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia.

4. Tempat Wisata Goa Terawang Blora
Goa Terawang Blora
Goa Terawang ini menunjukkan pemandangan alam yang akan menyambut anda semua nya terpesona apalagi Goa ini sudah ada semenjak dahulu kala sehingga menjadi daya tarik sendiri untuk mengunjungi tempat ini. Pancaran sinar matahari eksklusif dari bawah tentu nya juga membuat pemandangan dari Goa Terawang ini semakin nikmati untuk dilihat serta menyampaikan kesan tidak terlupakan bagi anda yang mengunjungi nya.

Goa ini berada di tengah hutan jati yang dikelola oleh Perhutani. Kawasan wisata Goa terawang ini memiliki luas 13 hektar yang didalamnya terdapat satu goa induk yang berukuran agak besar, 5 goa kecil dan 1 sendang. Goa Terawang ini menjadi tujuan wisata alasannya yaitu keunikannya berupa goa yang terbentuk secara alami dan memiliki pemandangan yang luar biasa.

 Lokasi : Jalan Todanan-Blora, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

5. Tempat Wisata Monumen Hutan Jati Alam
Monumen Hutan Jati Alam
Selain wisata alam dan wisata keluarga, di kabupaten Blora anda juga dapat menemukan sebuah wisata edukasi yang sangat menarik yaitu Monumen Hutan jati alam. Monumen Hutan Jati Alam ini dibangun diatas sebuah hutan jati yang dikelola Perhutani KPH Cepu yang sering juga dikenal dengan tempat wisata alam Gubug Payung. Di tempat ini anda dapat menjumpai banyak tanaman jati dengan umur lebih dari 100 tahun dengan diameter lebih dari 80 cm.

6. Tempat Wisata Agrowisata Temanjang Blora
Temanjang
Objek Tempat wisata Temanjang atau Dungmandur ini banyak menarik perhatian wisatawan. Lokasinya terletak di desa Temanjang, tepatnya di tengah hutan jati yang sangat lebat nan sejuk. Untuk hingga di tempat ini, anda harus menempuh jarak sekitar 16 Km arah selatan kota Blora.

Tempat ini akan menunjukkan eksotisme yang berbeda untuk anda, apalagi lokasinya di tengan hutan jati Blora yang tentunya punya suasana khas yang berbeda dari hutan jati di daerah lain. Bagi anda yang tertarik, silahkan kemasi perbekalan anda dan segera meluncur ke Agro Wisata Temanjung ini, ajak juga teman-teman anda. Dijamin anda akan betah berlama-lamaan di tempat ini.

7. Tempat Wisata Kereta Uap Cepu, Blora
Kereta Uap Cepu
Satu lagi destinasi wisata menarik yang harus anda kunjungi di kabupaten Blora yaitu yaitu Wisata Kereta Uap Cepu dimana wisata ini menunjukkan perjalanan tour dengan melewati tengah hutan dari Cepu yang begitu asri dan sejuknya. Selain itu anda juga bisa mencicipi bagaimana sensasi naik kereta Uap Lokomotif yang merupakan peninggalan masa lalu yang dimana kini masih bisa digunakan.

Wisata Kereta Uap Cepu ini pun tidak hanya diminati oleh masyarakat sekitar saja namun banyak sekali turis mancanegara yang sangat antusias untuk bisa menikmati tour dengan kereta uap yang akan menyampaikan suatu pengalaman tersendiri. Dengan melewati hutan dengan banyak pepohonana tentu akan menambah keseruan tersendiri yang tentunya patut untuk anda coba juga dikala berkunjung ke Blora.

Lokasi : Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

8. Tempat Wisata Taman Budaya dan Seni Tirtonadi Blora
Taman Budaya
Taman Budaya dan Seni Tirtonadi yang merupakan salah satu tempat wisata di Blora yang cukup populer. Ketika anda berkunjung ke Taman Budaya dan Seni Tirtonadi maka anda bisa mencicipi bagaimana kesegaran udara yang begitu mempesona alasannya yaitu banyaknya pepohonan yang tumbuh didalam wisata ini.

Ada banyak sekali aktifitas yang bisa anda kunjungi dikala berada ditempat ini diantaranya menyerupai taman bermain anak, bermacam satwa serta bak renang anak yang dapat anda nikmati kapan saja. Bagian yang paling penting tentu yaitu anda bisa menikmati suasana yang begitu asri dan cocok sekali untuk berkumpul dengan seluruh anggota anda baik untuk makan bersama dan lainnya.

Lokasi : Jalan Sudarman, Kota Blora, Jawa Tengah, Indonesia.

9. Tempat Wisata Bukit Janjang Blora
Bukit Janjang Blora
Mungkin anda tidak tahu tempat wisata yang satu ini, tetapi percayalah di bukit Janjang anda bisa melihat pesona pemandangan alam yang sangat indah. Kamu bisa melihat keindahan area persawahan dan hutan jati dari puncak bukit. Selain pemandangan alam yang mempesona di desa Janjang kau juga bisa menemukan makam dari pendiri desa yakni Eyang Jati Kusworo dan Eyang Jati Kusumo.

Menurut legenda mereka yaitu pegeran dari kerjaan Pajang yang menetap dan mendirikan desa Janjang. Satu lagi yang unik dari desa ini yakni program sedekah bumi yang diadakan setahun sekali. Acara ini bisa menyedot ribuan orang untuk datang ke tempat ini. Menarik bukan? Makanya dikala berkunjung ke Blora jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini.

10. Tempat Wisata Air Terjun Kedung Mansur Blora
Air Terjun Mansur
Air Terjun Kedung Mansur merupakan sebuah penderasan yang dapat anda kunjungi kalau anda sedang liburan di blora dan di penderasan ini anda bisa menikmati keindahan alam penderasan yang mempesona dan dapat membuat anda betah.

Nah buat anda yang menyukai wisata penderasan bila datang ke tempat ini akan tetapi untuk menuju wisata ini anda membutuhkan usaha ekstra alasannya yaitu membutuhkan waktu 1 jam berjalan kaki tempat ini berada di Desa Jatisari, Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Jawa Tengah

11. Tempat Wisata Waduk Tempuran Blora
Waduk Tempuran Blora
Bagi anda yang tertarik dengan wisata bernuansakan alam bebas maka anda bisa mengunjungi Waduk Tempuran yang merupakan waduk yang cukup dikenal oleh masyarakat khususnya di kabupaten Blora.

Keindahan dari Waduk Tempuran tentu sudah terlihat terang dari pemandangan alam hijau yang sangat mendominasi dimana ada banyak sekali pepohonan yang membuat suasana makin sejuk saja. Aktifitas yang paling menarik yang bisa anda nikmati di Waduk Tempuran diantaranya menikmati pemandangan dan kesegaran angin sore hari sambil bersantai menikmati masakan yang anda bawa sendiri.

Lokasi : Desa Tempuran, Kecamatan Kota Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia.

12. Tempat Wisata Waduk Greneng Blora
Waduk Greneng Blora
Selanjutnya waduk yang patut untuk anda kunjungi apabila sedang berlibur ke Blora yaitu Waduk Greneng yang juga memiliki pemandangan alam yang begitu indah. Waduk Greneng lebih banyak dikelilingi oleh pepohonan maupun tanaman sehingga membuat suasana menjadi sangat sejuk dan menjadi destinasi yang cocok untuk liburan keluarga anda.


Waktu yang pas untuk berkunjung ke Waduk Greneng tentu pada sore hari dimana anda bisa mencicipi suasana yang lebih segar serta bisa menikmati banyak sekali macam masakan yang ditawarkan disekitarWaduk Greneng yang akan membuat liburan anda semakin menyenangkan.

Lokasi : Dukuh Greneng, DesaTunjungan, Kecamatan Tunjungan,Kabupaten Blora, Jawa Tengah,Indonesia

13. Tempat Wisata Taman Mustika Blora
Taman Mustika Blora
Taman Mustika Blora merupakan Taman yg diresmikan pada tanggal 16 Juni 2012 kemarin. Sebelum namanya dirubah menjadi Taman Mustika, lahan tersebut merupakan Taman Bhinneka Tunggal Ika yang kemudian direvitalisasi dengan konsep taman terbuka. Di dalam Taman Mustika juga telah dibangun panggung hiburan sebagai tempat olah kesenian bagi seniman yang ada di Blora.

Masyarakat yang khususnya para seniman dapat memanfaatkan panggung tersebut untuk unjuk kreatifitas dalam berolah seni. Yang menarik dari Taman Mustika yaitu seluruh dinding dan berdiri tembok hingga trotoar di hias lukisan grafiti. Dengan adanya Taman Mustika, diperlukan masyarakat Blora memiliki tempat rekreasi alternatif selain di alun-alun dan Taman Sarbini Water Splash.

Alamat: Kedungjenar, Kec. Blora Kota, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58218.

14. Tempat Wisata Waduk Bentolo Blora
Waduk Bentolo Blora
Obyek Wisata Waduk Bentolo merupakan obyek wisata alam buatan berupa waduk yang di berdiri Pemerintah Kabupaten Blora yang mempunyai fungsi utama yaiut sebagai irigasi tanah pertanian. Luas areal Obyek Wisata Waduk Bentolo + 270.795 m�. Karena letaknya yang cukup strategis , dengan alamnya yang cantik dan menawan serta tiupan angin yang nyaman membuat O.W.

Waduk Bentolo mempunyai daya tarik tersendiri , sehingga di samping sebagai fungsi irigasi O.W. Waduk Bentolo juga mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai tempat penggondokan badi pramuka (Lembaga Candika Pancasona) dan juga tak kalah pentingnya sebagai fungsi kepariwisataan. Obyek Wisata ini sering di kunjungi oleh masyarakat/anak-anak muda dari luar daerah untuk sejenak bersantai atau untuk menyalurkan hobi memancing.

15. Tempat Wisata Taman Seribu Blora
Taman Seribu Lampu Blora
Tempat Wisata menarik lainnya yang dapat anda kunjungi di Blora yaitu Taman Seribu Lampu yang mana ini merupakan sebuah taman yang berada di tengah kota Cepu yang cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat. Mengisi waktu luang pada sore hari di Taman Seribu Lampu tentu menjadi pilihan yang sangat sempurna sekali dimana anda bisa mencicipi suasana yang begitu sejuk.

Tentunya akan membuat liburan anda terasa menyenangkan. Ketika anda hingga di Taman Seribu Lampu maka tentu anda akan merasa terkejut dengan banyaknya lampu yang terpasang disepanjang taman dimana inilah yang membuat taman ini diberi nama Taman Seribu Lampu. Lokasi : Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia.

16. Tempat Wisata Taman Sarbini Blora Water Splash Blora
Taman Sabrini Water Splash
Selanjutnya tempat wisata keseruan liburan keluarga yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja yaitu Water Splash yang berlokasi di Jalan A Yani. Water Splash merupakan wisata keluarga yang sangat pas sekali alasannya yaitu ada banyak sekali keseruan yang bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung yang datang.

Bagi anda yang datang tentunya harus membawa baju ganti alasannya yaitu anda bisa berenang didalam bak yang juga telah dilengkapi dengan banyak sekali jenis permainan air. Selain itu juga ada taman yang cukup luas dimana para pengunjung bisa bermain maupun sekedar duduk kalem di taman sambil menikmati pemandangan alam yang segar sekali.

Lokasi : Jalan A Yani, Kelurahan Tempelan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Indonesia

17. Tempat Wisata Kampung Gojekan Blora
Kampung Gojekan Blora
Kampung Gojekan merupakan Salah lagi wisata seru yang bisa anda nikmati dikala berlibur di Blora yaitu Kampung Gojekan yang berlokasi di Desa Tempuran masih bersahabat dengan waduk Tempuran. Wisata Kampoeng Gojekan ini masih terbilang masih fresh alasannya yaitu masih gres di buka sehingga antusias dari masyarakat untuk datang ke Kampoeng Gojekan cukup tinggi.

Tentunya anda banyak sekali keseruan yang bisa anda nikmati selamat berlibur di Kampoeng Gojekan menyerupai permainan handboat, water roller, istana balon, ATV, Cartoon Fleck Dog dan masih banyak lagi. Tentunya Kampoeng Gojekan bisa menjadi pilihan wisata yang sangat pas untuk liburan keluarga anda sehingga terasa lebih menyenangkan lagi.

18. Tempat Wisata Kampung Bluron Blora
Kampung Bluron Blora
Kampung Bluron merupakan salah satu pilihan terbaru untuk berlibur yang menjadi favorit masyarakat Blora dan sekitarnya. Kawasan ini terletak 8 kilometer dari sentra kota atau tepatnya di daerah Waduk Tempuran Desa Tempuran Blora Jawa Tengah. Wahana ini selalu ramai dikunjungi oleh sejumlah keluarga yang ingin berlibur pada setiap final pekan dengan tempat yang bisa menampung sekitar 200 hingga 250 orang.

Wahana permainan yang ada yakni bak renang yang dilengkapi dengan bejana tumpah atau kali deres dalam bahasa Jawa. Tempat bermain air ini sangat digemari belum dewasa maupun orang dewasa, dan sangat cocok untuk wahana berlibur keluarga dengan harga terjangkau dan tidak terlalu jauh dari Kota Blora. Pengunjung wahana ini bisa menikmati resto dan pondok lesehan dengan banyak sekali menu yang cukup menarik untuk dicoba dan sebagian besar merupakan masakan khas Blora dan Jawa pada umumnya.

Baca juga : Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 18 Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah Paling Terkenal Pengunjung nah supaya ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar