19 Tempat Wisata di Pandeglang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pandeglang - Pandeglang merupakan bentuk kontradiksi dari kabupaten Banyuwangi dalam urusan julukan. Jika Banyuwangi dikenal sebagai The Sunrise of Java maka Pandeglang yaitu The Sunset of Java. Benar, menyerupai diketahui bahwa kabupaten di provinsi Banten ini terletak di ujung barat pulau Jawa. Selain dikenal dengan julukan Kota Matahari Terbenam, Pandeglang juga menyandang julukan kece lainnya berupa Kota Badak.

Julukan ini merujuk pada eksistensi salah satu Taman Nasional tertua di Indonesia yang sekaligus tercatat sebagai Situs Warisan Dunia, UNESCO berupa Taman nasional Ujung Kulon yang menjadi habitat terakhir dari warak bercula satu. Kini kabupaten Pandeglang mulai banyak berbenah dalam sektor pariwisata dan menghasilkan banyak tempat wisata keren yang wajib traveler kunjungi.

Baca Juga : Tempat Wisata di Banjarnegara yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Pandeglang yang Wajib Dikunjungi
Berada di tepian barat pulau jawa membuatnya memiliki cukup banyak pantai. Namun bukan hanya pantai saja karena terdapat aneka macam jenis wisata Pandeglang. Apa saja wisata di tepi barat pulau Jawa ini? Simak berikut dibawah ini.

Tempat Wisata Pulau Peucang Ujung Kulon
Pulau Peucang
Peucang merupakan nama sebuah Pulau yang berada di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Letaknya berada di selat panaitan, Pandeglang, Banten. Lokasinya memang cukup jauh, dari Jakarta ke Pulau Peucang menempuh perjalanan sekitar 7-8 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Pulau Peucang Ujung Kulon punya pantai dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih, saking jernihnya saat anda tiba di dermaga Pulau Peucang anda mampu melihat ikan-ikan kecil dari atas kapal yang anda tumpangi.

Pemandangan di Pulau ini cukup indah, saat anda berada di pantai dan menghadap ke arah laut, di depan dan kiri terdapat bukit-bukit yang ditumbuhi dengan pepohonan. Tidak hanya itu saja, di Pulau ini anda mampu melihat hewan yang berkeliaran menyerupai Kera, Rusa dan Babi Hutan. Meskipun ada hewan yang berkeliaran, anda tidak perlu khawatir karena cukup aman untuk melaksanakan kegiatan disini.

Tempat Wisata Pantai Carita Pandeglang
Pantai Carita
Pantai Carita Terletak di pesisir barat Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang, Pantai Carita yaitu salah satu tempat wisata di Banten yang paling terkenal di Indonesia. Yang paling menarik dari Pantai Carita yaitu anda dapat melihat Gunung Krakatau dari tepi pantai. Karakteristik ombak di Pantai Carita yaitu ombak kecil yang menghembus tepian pantai dengan pasir putihnya.

Seperti selayaknya daerah wisata populer lainnya, tentu saja fasilitas yang dimiliki Pantai Carita sangatlah lengkap, jadi anda tidak perlu kuatir dengan fasilitas yang ada di Pantai Carita. Berlokasi sekitar 160 KM dari Jakarta, Pantai Carita yaitu tempat wisata di sekitar Jakarta yang cocok untuk anda kunjungi dikala bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja.

Tempat Wisata Pantai Batu Hideung Pandeglang
Pantai Batu Hideung
Dua pantai yang paling populer sebagai tempat wisata di Pandeglang yaitu Tanjung Lesung dan Carita. Tapi kalau kalian mencari pantai keren yang masih alami dengan suasana sepi datang saja ke Pantai Batu Hideung. Pantai ini berjarak sekitar 10 kilometer dari pantai Tanjung Lesung. Sebelumnya siapkan kendaraan yang fit serta hindari penggunaan motor matik alasannya yaitu medan yang akan dilalui cukup menantang.

Pantai Batu Hideung terbagi menjadi dua, Batu Hideung Besar dan Batu Hideung Kecil dimana keduanya terpisah jarak sekitar 2 kilometer saja. Pantai ini belum banyak diketahui wisatawan pun juga belum dikelola sebagai tujuan wisata komersil. Al hasil kalau datang ke pantai ini, pasir pantainya masih steril dari jejak kaki manusia. Kalau ada sampah itupun hanya sampah kayu yang terbawa arus sungai bukan sampah plastik hasil nyampah manusia.

Tempat Wisata Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung
Pantai Lesung merupakan pantai yang terpopuler selain pantai carita. Menawarkan pasir putih sama dengan pantai carita namun dengan pesonanya tersendiri. Ingin menikmati pantai yang bersih maka pantai lesung akan menyampaikan anda keindahan tersebut. Apalagi dengan terbing yang tidak terlalu curam membentuk laguna semakin menambah keindahan dari pantai yang satu ini.

Untuk fasilitasnya tak jauh berbeda dengan pantai carita selain penginapan ada juga fasilitas snorkeling, banana boat, jetsky, hingga memancing. Berbagai permainan tersebut tentu akan menyenangkan apalagi kalau dinikmati bersama orang-orang tersayang. Pantai yang ada di Desa Tanjung Jaya ini juga mudah untuk diakses yaitu membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam kalau ditempuh dari Jakarta.

Tempat Wisata Curug Ciajen Kembar
Curug Ciajeng Kembar
Masih berada satu wilayah dengan Pantai Carita yaitu di kecamatan Carita ada surga tersembunyi yang minim pantauan radar traveler. Surga tersembunyi tersebut berbentuk sebuah penderasan cantik berjulukan Curug Ciajeng Kembar. Curug nan cantik ini berada di wilayah administratif desa Cinoyong, kecamatan Carita, kabupaten Pandeglang.

Ukuran curug Ciajeng Kembar tidak terlalu tinggi. Terjunan airnya dipisahkan oleh batuan cadas dan menghasilkan dua penderasan yang bersandingan layaknya curug pengantin di sejumlah tempat di pulau Jawa. Tempat ini sangat pas untuk bersantai maupun bermain air, dengan suasana yang masih alami dan sepi dijamin traveler bakal betah di sini.

Tempat Wisata Curug Sawer Pandeglang
Curug Sawer
Curug Sawer terdiri dari dua air terjun, satu berjulukan Curug Lalakina yang berada di bab atas dengan ketinggiannya mencapai 25 m, sedangkan yang berada dibagian bawah yaitu Curug Bikang yang ketinggiannya sekitar 7 meter. Di bab bawah permukaan air Curug Bikang terdapat gua bawah air yang panjangnya mencapai 8 km dan berujung di daerah Muara daerah Babakan Nangka.

Curug Sawer banyak menyimpan mitos tradisional, terutama di bab Curug Bikang, konon di curug ini bersemayam buaya putih yang menjaga keperawanan Curug Bikang dari pengaruh ulah kotor manusia. Buaya ini selalu menampakan diri sebagai kakek bau tanah kalau bulan purnama tiba.

Tempat Wisata Curug Gendang Pandeglang
Curug Gendang
Curug Gendang berada satu daerah dengan Curug Putri yaitu sama-sama berada di dalam wilayah Taman Hutan Raya Pandeglang di kecamatan Carita. Curug setinggi 7 meter ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang berlibur ke Tahura.

Daya tarik curug ini terletak pada suasana sekitarnya yang masih alami dan sepi. Tempatnya pas untuk menyendiri dan menenangkan pikiran. Hanya saja mulai tanggal 1 April kemarin untuk sementara Curug Gendang ditutup dalam upaya revitalisasi dan juga perbaikan. Kalau ingin ke curug ini ditahan dulu ya.

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cisolong
Pemandian Air Panas Cisolong
Pemandian Air panas Cisolong dikunjungi oleh banyak wisatawan, terutama pada hari libur. Lokasinya terletak di daerah Kampung Cisolong, tepatnya di Desa Sukamanah Kecamatan Kadu Hejo, Pandeglang Banten. Jika Anda berminat untuk datang ke sini, Anda tidak akan mengalami kesulitan karena letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Pandeglang, yaitu sekitar 10 km dan sekitar 5 km dari Labuan Jalan Raya Pandeglang.

Di tempat wisata Pemandian Air Panas Cisolong Pandeglang ini, banyak juga orang yang datang untuk mengobati aneka macam penyakit menyerupai halnya penyakit kulit, pengakit tulang, dan penyakit lain yang dipercaya dapat disembuhkan dengan air panas yang bersumber dari Gunung Karang tersebut. Yang jelas, tempat ini tentu akan jadi tempat mengasyikkan untuk Anda yang senang berlibur dengan keluarga sehingga kegembiraan semakin mengakibatkan liburan menjadi bermakna. Anda tidak hanya mampu datang bersama orang sampaumur saja karena di pemnadian air panas ini juga terdapat tempat permainan bagi anak-anak.

Tempat Wisata Pemandian Cikoromoy Pandeglang
Pemandian Cikoromoy
Nah ada lagi pemandian lainnya yaitu pemandian alam cikoromoy dan torong. Kolam pemandian yang satu ini juga cukup populer untuk menjadi destinasi wisata keluarga. Pemandian menyerupai cikoromoy, torong maupun cisolong memang cocok untuk bersantai dan rileks bersama keluarga. Walaupun sama-sama pemandian, namun tentunya masing-masing memiliki keunikannya tersendiri.

Jika cisolong dan torong dengan air panasnya maka cikoromoy memiliki keunikan pada sisi kolamnya yaitu kolam dengan dasar alam. Bebatuan dan pasir menjadi dasarnya ditambah pemandangan kolamnya yang rupawan serta airnya yang jernih. Bisa juga anda bawa peralatan foto underwater karena tempat ini akan cocok untuk melaksanakan sesi foto underwater.

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Kampung Torong
Pemandian Kampung Toromg
Rekreasi Pemandian Air Panas di daerah ini terdapat di dua tempat yaitu di Kampung Torong dan Kampung Cisolong yang terletak di Desa Sukamanah Kecamatan kadu Hejo kabupaten Pandeglang. Lokasinya yang bersahabat dengan kota Pandeglang dapat ditempuh dengan jarak 5Km dari Jalan Raya Pandeglang Labuan.

Tepatnya dari Cipacung Pandeglang atau 4Km dari jalur jalan AMD Pandeglang. Pemandian Air Panas ini tidak hanya untuk rekreasi tapi untuk menyembuhkan aneka macam penyakit, menyerupai penyakit tulang, atau penyakit kulit lainnya, telah dilengkapi dengan fasilitas menyerupai tempat permainan anak dengan kolam yang luas.

Tempat Wisata Pulau Badul Pandeglang
Pulau Badul
Pesona pulau-pulau kecil di sekitaran Taman Nasional Ujung Kulon memang tidak ada habisnya. Satu lagi pulau kecil tak berpenghuni yang jadi tren di kalangan traveler yaitu Pulau Badul. Berbeda dengan Pulau Peucang dan Pulau Umang, Pulau Badul ukurannya sangat kecil dan mampu dikelilingi dengan jalan kaki kurang dari 10 menit.

Pulau Badul hanya terlihat menyerupai gundukan pasir di tengah laut yang begitu gersang, hanya semak belukar yang tumbuh di tengah pulau. Perahu tidak mampu bersandar hingga ke tepi pulau, sehingga memaksa para traveler harus berenang sejauh 25 meter kalau mau menapakkan kaki di pulau ini. Pun begitu, kalian akan puas menikmati keindahan panorama dari Pulau Badul.

Tempat Wisata Pulau Umang Banten
Pulau Umang
Pulau Umang berlokasi bersahabat dengan Tanjung Lesung, Banten, sekitar 180 KM dari Jakarta. Pulau Umang yaitu pulau dengan luas sekitar 5 hektar dan di khususkan sebagai tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta. Fasilitas yang dimiliki Pulau Umang sangat lengkap, mulai dari kolam renang, karaoke, sarana olahraga, ruang pertemuan, permainan air, dan lain-lain. Apabila anda berminat untuk berwisata ke Pulau Umang, jangan lupa membawa tabir surya.

Tempat Wisata Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon
Menikmati pulau-pulau disekitaran Taman Nasional Ujung Kulon tentu juga harus menikmati sudut lainnya di Taman konservasi ini. Destinasi wisata di Pandeglang Banten yang satu ini sangat cocok untuk anda yang berwisata bersama keluarga apalagi bersama dengan anak-anak.

Anda mampu mengajarkan ihwal aneka macam flora dan fauna khas Indonesia yang dilindungi. Mengajari anak semenjak dini untuk mencintai dan lemestarikan kekayaan alam tentu akan menjadi wisata yang berkualitas. Ditambah suasana disini asri dan indah, nyaman untuk bersantai bersama keluarga.

Tempat Wisata Alun-alun Pandeglang
Alun Alun  Pandeglang
Selain tempat wisata alam pandeglang yang asik untuk menciptakan moment bersama dengan keluarga, alun-alun kota Pandeglang pun cocok untuk temat bersantai anda dan keluarga. Seperti kebanyakan kota lainnya, alun-alun Pandeglang pun mampu menjadi destinasi wisata anda.

Mengunjungi aneka macam tempat wisata di Pandeglang tentu kurang lengkap kalau tak singgah di alun-alunnya. Selain mampu duduk kalem sambil mengambil foto bersama sobat berlibur anda, mampu juga menikmati jajanan yang ada disana. Alun-alun memang menjadi tempat yang cukup asik untuk bersantai, apalagi di sore hari. Makara sempatkanlah singgah di alun-alun kotanya saat anda ke Pandeglang.

Tempat Wisata CAS Water Park Pandeglang
Tempat Wisata CAS Waterpark Pandeglang
Tempat wisata yang satu ini cocok untuk berwisata bersama teman-teman atau keluarga. Beramai-ramai bermain air dan aneka macam wahana akan sangat menyenangkan. Memasuki tempat wisata ini mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang rupawan juga udaranya yang sejuk. Selanjutnya anda mampu memilih untuk pribadi menikmati wahana airnya atau terlebih dahulu bersantai bersama keluarga.

Tersedia aneka macam fasilitas yang akan menunjang anda untuk bersantai. Tentunya ada pula aneka macam masakan untuk mampu anda nikmati. Beberapa wahana yang ada disana diantaranya yaitu roler coaster, sepeda layang, kereta mini, dan masih banyak wahana lainnya. Untuk hingga kesini anda hanya perlu melaksanakan perjalanan sekitar satu jam dari arah Serang Banten.

Tempat Wisata Curug Cimanggung Pandeglang
Curug Cimanggung
Satu lagi penderasan di kecamatan Carita yang juga belum banyak terekspose ke media yaitu Curug Cimanggung. Meski beberapa videonya telah nangkring di Youtube namun belum ada deskripsi lengkap mengenai curug tersembunyi yang satu ini. Curug Cimanggung terletak di desa Cinoyong, kecamatan Carita, kabupaten Pandeglang. Debit airnya tidak terlalu deras sedangkan air tersebut jatuh dari tebing yang cukup tinggi menghasilkan fenomena menyerupai tirai putih yang keren. Coba deh kalau liburan ke Pandeglang kalian sedikit blusukan ke curug ini.

Tempat Wisata Curug Putri Pandeglang
Curug Putri Pandeglang
Mungkin Anda Mau bermain air di sungai yang jernih menyerupai Green Canyon, Pangandaran? Di kabupaten Pandeglang tersedia Curug Putri untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan akan wisata alam yang memperlihatkan kegiatan air seru. Curug Putri yang kita bicarakan ini yaitu curug yang berada di dalam daerah Taman Hutan Raya (Tahura) Pandeglang.

Di Kabupaten Pandeglang ada dua penderasan yang mempunyai nama Curug Putri. Yang satu mampu traveler temukan di wilayah Pulosari dan satunya lagi ada di Tahura Pandeglang. Di Curug Putri yang ada di daerah Tahura ini traveler mampu bermain air sepuasnya di pedoman sungai yang diapit oleh tebing tinggi menyerupai Green Canyon Pangandaran.

Tempat Wisata Sungai Cigenter Pandeglang
Sungai Cigenter
Sungai Cigenter Berada di daerah Taman Nasional Ujung Kulon, Sungai Cigenter dikelilingi dengan alam yang masih perawan sehingga menyusuri sungai ini dengan perahu berasa sedang menyusuri sungai Amazon. Kegiatan wisata berperahu di sungai ini cukup membuat jantung berdetak cepat. Pasalnya selama susur sungai tak jarang traveler akan disuguhkan pemandangan buaya yang tiba-tiba menyembul dari permukaan sungai.

Begitu pula aneka binatang liar yang berlalu lalang di bantaran sungai hingga ular-ular yang melilit di dahan dan ranting pepohonan. Berani berperahu di Sungai Cigenter? Datang saja ke Pulau Handeleum yang berada di antara gugusan pulau-pulau kecil di ujung timur laut pantai Semenanjung Ujung Kulon.

Baca ini : Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 19 Tempat Wisata di Pandeglang yang Wajib Dikunjungi nah biar ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya ihwal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar