32 Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Lumajang - Hai guys pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan mengenai Tempat Wisata di Lumajang, Nah sebelum kita membahas ke topiknya alangkah baiknya kita harus tahu mengenai Lumajang. Lumajang merupakan sebuah daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat. Kabupaten Lumajang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Nama Lumajang berasal dari nama tempat �Lamajang� yang diketahui dari penelusuran sejarah, data prasasti, naskah-naskah kuno, bukti-bukti petilasan dan hasil kajian pada beberapa seminar dalam rangka menetapkan hari jadinya. Lumajang yaitu sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur. Ibu kotanya yaitu Lumajang. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat.

Baca ini : Tempat Wisata di Gresik yang Wajib Dikunjungi

Lumajang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Di Lumajang Terdapat aneka macam tempat wisata Lumajang dan sebagian besarnya yaitu wisata alam. Keadaan geografis Lumajang yang dikelilingi aneka macam gunung yaitu gunung Semeru yang ada di sebelah barat, pegunungan Tengger Bromo yang ada di sebelah utara, juga gunung Lamongan membuat wilayah ini kaya akan tempat-tempat eksotis. Belum lagi bab selatan Lumajang yang dibatasi oleh Samudra Hindia membuat pesona wisata daerah ini semakin lengkap.

Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi
Nah Jadi, kalau kau sedang merencakan sebuah perjalanan liburan ke Lumajang dan sedang men-check list tempat mana saja yang ingin kau kunjungi, beberapa tempat berikut mungkin bisa kau masukkan dalam daftar.

Tempat Wisata Gunung Lemongan Lamongan 
Gunung Lemongan
Gunung Lemongan atau yang sering disebut Lamongan merupakan gunung yang berada diantara Pegunungan Yang dan Pegunungan Bromo Tengger Semeru. Lanscape view lautan awan dan sunrise dari balik Gunung Argopuro dengan puncak Rengganisnya sangatlah cantik.

Ketinggian 1671 mdpl yang tergolong tidak terlalu tinggi bukan berarti puncak Lemongan mudah digapai, medan extreamly hard plus kerikil berpasir hingga bebatuan yang mudah longsor sebagai sisa muntahan lahar ratusan tahun lalu menguji siapapun yang ingin bercumbu dengan puncak terindahnya.

Keindahannya alamnya juga tak kalah cantik. Disini matamu akan dimanjakan dengan keindahan triangle lake yaitu ranu klakah, ranu pakis dan ranu bedali. Disebut triangle lake alasannya yaitu memang ranu-ranu tersebut kalau dihubungkan akan membentuk segitiga. Lokasi gunung lamongan ini berada pada daerah klakah tempat utara lumajang.

Tempat Wisata Gunung Semeru Lumajang
Gunung Semeru
Gunung Semeru yaitu sebuah gunung berapi tertinggi di Jawa Timur dan kedua tertinggi se Jawa, tepatnya terletak di Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3,676 meter di atas permukaan laut dan juga dikenal sebagai Mahameru atau Gunung Agung. Nama Semeru berasal dari mitos Hindu-Buddha, yaitu gunung Meru atau Semeru, yang merupakan tempat tinggal para dewa.

Gunung Semeru merupakan gunung berapi yang masih sangat aktif dan setiap lebih kurang 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan debu vulkanik berwarna hitam dan pasir. Orang pertama yang mendaki gunung ini yaitu CLIGNET (1838) spesialis geologi berkebangsaan Belanda dari sebelah barat daya lewat Widodaren, selanjutnya Junhuhn (1945) spesialis botani berkebangsaan Belanda dari utara lewat gunung Ayet-ayek, gunung Inder-inder dan gunung Kepolo.

Tahun 1911 Van Gogh dan Heim lewat lereng utara dan setelah 1945 umumnya pendakian dilakukan lewat lereng utara melalui Ranupane dan Ranu Kumbolo mirip sekarang ini. Flora yang hidup di Semeru bervariasi, namun sebagian besar didominasi oleh pohon pinus, akasia dan jamuju. Ada juga anggrek Edelweis dan endemik yang dapat ditemukan disekitar puncak Semeru.

Tempat Wisata Ranu Pani Lumajang
Ranu Pani
Ranu Pani merupakan sebuah objek wisata di jawa timur yang terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. dan merupakan bab dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (tnbts), sebuah danau hijau seluas 1 hektar. Dari tempat ini, kita bisa melihat Gunung Semeru Mahameru yang berdiri megah dengan kaldera di sekitar kawah.

Ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi pecinta Pendakian Ke Gunung Semeru karna danau ranu pane merupakan lokasi (tempat) transit trekking Pendakian Ke Ranu Kumbolo dan jalur hiking ke gunung semeru (3.767m dpl), dan bisa di katakan jalur melalui ranu pane ini yaitu jalur yang paling aman untuk dilalui dan merupakan jalur eksplorasi.

Tempat Wisata Puncak B29 Lumajang
Puncak B29
Puncak B29 merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Lumajang. Tempat ini termasuk dalam tempat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Disebut B29 alasannya yaitu letak puncak tersebut berada di ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pemandangan di puncak sangatlah istimewa, itulah mengapa hingga disebut negeri di atas awan.

Letaknya sempurna di sisi tenggara dari wisata Gunung Bromo. Terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten lumajang. Sekitar 40 km dari kota Lumajang. Perjalanan menuju pucak B29 bisa dikases melalui beberapa jalur. Akan tetapi jalur yang paling umum dan aman untuk dilalui yaitu melalui Kabupaten Lumajang, kemudian Ranu Pani lalu Senduro Lumajang. Puncak B29 hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda.

Untuk para traveler yang membawa kendaraan beroda empat tidak perlu khawatir, alasannya yaitu setelah melewati Desa Argosari terdapat tempat parkir kendaraan beroda empat dan motor. Warga sekitar menyediakan ojek yang bersedia mengantar pulang pergi untuk menuju puncak B29. Untuk biaya ojek bervariasi tergantung tawar menawar. Akan tetapi rata-rata Rp 50.000 s/d Rp 100.000 per orang. Apabila Anda berniat tracking khas pecinta alam, dari parkiran hingga puncak dapat ditempuh 4-5 jam.

Tempat Wisata Ranu Kumbolo Lumajang
Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektare. Ranu Kumbolo yaitu bab dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terletak di ketinggian 2.400 meter dpl, Ranu Kumbolo merupakan sumber air bersih bagi para pendaki Gunung Semeru yang tengah berkemah atau yang akan mendaki ke Mahameru, puncak Gunung Semeru.

Dengan debit air yang melimpah dan tak pernah surut, Ranu Kumbolo menjadi titik berkumpulnya para pendaki untuk mendirikan tenda. Keindahan Ranu Kumbolo memang tak perlu diragukan lagi. Di sana, para pendaki biasanya berburu sunrise yang memang begitu mengagumkan. Matahari pagi muncul di sela-sela dua bukit hijau berpadu dengan beningnya air danau menjadi sebuah panorama yang tak terucap.

Tempat Wisata Ranu Regulo Lumajang
Ranu Regulo
Nah Di Kawasan pegunungan Wisata Bromo Tengger-Semeru di Jawa Timur memiliki danau mengagumkan yang tersembunyi yang lokasinya bersahabat dengan Ranu Pane, yaitu desa dan pos masuk kalau pengunjung ingin melaksanakan pendakian ke Puncak Gunung Semeru maupun kalau ingin mendaki sekedar ke obyek wisata Bromo Ranu Kumbolo. Di lereng Gunung Semeru ada 2 danau alami lainnya yaitu Ranu Pane dan Ranu Kumbolodengan keindahannya yang khas untuk masing-masing danau.

Ada dua jalur yang umum untuk menuju Ranu / danau ini yaitu melalui jalur Kota Malang menuju Tumpang, dilanjutkan hingga ke Gubug Klakah dan Ngadas untuk mencapai Ranu Pane. ALternatif lain melalui Kabupaten Lumajang, melalui Senduro pribadi menuju ke desa Ranu Pane. Ranu Regulo mempunyai panorama alam yang sangat mengagumkan serta udaranya yang dingin. Terdapat area untuk camping ground bagi wisatawan sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam serta kesegaran udaranya.

Tempat Wisata Ranu Klakah Lumajang
Ranu Klakah
Ranu Klakah, terletak di ketinggian 900 Mdpl dengan luas danau mencapai 22 Ha dengan kedalaman 28 meter dengan view gunung Lemongan yang memiliki ketinggian 1668 Mdpl. Letaknya sekitar 20 Km dari kota Lumajang dengan saluran jalan dan transportasi yang cukup mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Jalan menuju ke Ranu Klakah cukup bagus dan beraspal mulus. Ranu Klakah ini dikenal sebagai tempat segitiga Ranu yang letaknya berada di antara kecamatan Klakah dan kecamatan Ranuyoso yang juga memiliki ranu lain yaitu Ranu Pakis dan Ranu Bedali.

Ranu Klakah memiliki keistimewaan tersendiri alasannya yaitu memiliki air yang cukup jernih dengan kondisi alam sekitar yang masih alami. Ranu Klakah ini selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata juga digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat perikanan yang ditempatkan didalam keramba-keramba. Masyarakat sekitar juga menyediakan kendaraan tradisional dokar yang bisa di sewa oleh para pengunjung untuk berkeliling menikmati alam sekitar Ranu Klakah yang indah.

Selain itu tersedia juga perahu-perahu yang bisa digunakan untuk berwisata air dan memancing. Bagi pengunjung dari luar kota yang ingin bermalam telah disediakan beberapa hotel dan penginapan disekitar Ranu Klakah juga beberapa kemudahan olahraga mirip lapangan tenis. Di sekitar jalanan Ranu Klakah banyak dijual aneka buah-buahan mirip nangka yang merupakan hasil tanaman para penduduk di sekitar Ranu Klakah. Buah-buahan ini bisa dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang atau sekedar dinikmati pribadi sambil berwisata.

Tempat Wisata Ranu Lading Lumajang
Ranu Lading
Ranu Lading terletak di desa Papringan, kecamatan Klakah sekitar 25 Km ke arah utara dari kota Lumajang. Lokasi Ranu Lading ini terletak di lereng gunung Sadeng, persis tengah perkebunan kopi yang merupakan peninggalan zaman Belanda, lengkap dengan sebuah bangunan loji bau tanah yang terletak di pinggiran danau.

Untuk mencapai ke Ranu Lading dari kota Lumajang cukup mudah bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Ranu Lading sendiri terletak di ketinggian 900 mDpl, dengan luas perairan mencapai 22 Ha dengan kedalaman 28 meter. Suasana tempat ini cukup hening dan sejuk, disaat ekspresi dominan kopi tiba terlihat kegiatan para pekerja pemetik buah kopi yang bekerja di perkebunan di sekitar Ranu Lading.

Tempat Wisata Ranu Bedali Lumajang
Ranu Bedali
Ranu Bedali masih termasuk rangkaian 3 Ranu, terletak di kecamatan Ranuyoso, sekitar 15 Km arah utara dari kota Lumajang. Posisi Ranu Bedali hanya berjarak sekitar 7 Km dari Ranu Pakis dan 6 Km dari Ranu Klakah. Terletak di ketinggian 700 mDpl dengan luas danau mencapai 25 Ha dan kedalaman perairan mencapai 28 meter. Meski belum terkenal mirip Ranu - Ranu lain di Lumajang, namun keindahan Ranu Bedali ini tidak kalah dengan Ranu Kumbolo yang ada di lereng gunung Semeru. Rute dari kota Lumajang ke arah kecamatan Ranuyoso disana akan terdapat petunjuk atau plang arah ke Ranu Bedali.

Setelah hingga di pos pintu masuk, pengunjung bisa menitipkan kendaraan di rumah-rumah warga, kemudian berjalan melalui jalan menurun dan melewati sebuah kolam renang yang terdapat juga sebuah kincir angin yang sudah lapuk yang konon peninggalan zaman Belanda. Setelah berjalan 10 menit dari kolam renang sampailah ke Ranu Bedali dengan alam sekelilingnya penuh dengan pohon-pohon hijau dan di sekitar Ranu Bedali ini juga terdapat 2 buah riam yang salah satunya persis terdapat di pinggiran Ranu Bedali.

Tempat Wisata Ranu Pakis Lumajang
Ranu Pakis
Ranu Pakis terletak didesa Ranu Pakis kecamatan Klakah, bersahabat dengan Ranu Klakah, dengan perjalanan sekitar 10 menit saja atau sekitar 1 Km dari Ranu Klakah. Ranu Pakis terletak di ketinggian 600 m Dpl dengan luas danau mencapai 50 Ha dan memiliki kedalaman sekitar 26 meter. Dengan view gunung Lemongan di belakangnya dan kondisi alam sekitar yang masih alami menimbulkan Ranu Pakis mempunyai keistimewaan tersendiri.

Berbeda dengan Ranu Klakah, Ranu Pakis berada didataran yang lebih rendah, sehingga dari atas terlihat hijau kebiruan airnya dan untuk mencapai tepian danau, pengunjung harus menuruni jalan yang cukup curam. Alasan inilah yang membuat para pengunjung hanya bisa melihat keindahan Ranu Pakis dari kejauhan di atas perbukitan.

Masyarakat di sekitar Ranu Pakis memanfaatkan tempat ini sebagai tempat untuk mencari ikan tapi tidak sebanyak aktifitas masyarakat di sekitar Ranu Klakah. Di siang hari tempat ini cukup sepi hanya terlihat kawanan kera-kera liar dan burung-burung di pepohonan dan beberapa kemudahan umum di Ranu Pakis masih belum tersedia ditempat ini, mirip tempat parkir dan toilet.

Tempat Wisata Pantai Bambang Lumajang
Pantai Bambang
Pantai Bambang terletak di pantai selatan, Ombaknya besar bisa mencapai tiga meter. sebagaimana Layaknya Ombak Pantai Selatan, Tepatnya berlokasi di desa Bago Kecamatan Pasirian, 24 kilometer dari kota Lumajang. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2 dengan saluran jalan beraspal. Konon Pantai Bambang yaitu tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul.

Keindahan Pantai Bambang memang tidak diragukan lagi, namun demikian perlu adanya kemudahan pendukung lain. Fasilitas yang dimaksud yaitu misalnya penambahan area bermain atau pembangunan pantai yang bisa menarik minat pengunjung untuk datang. Saat hari-hari libur mirip liburan sekolah maupun hari-hari besar, Pantai Bambang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Wisata Pantai Bambang merupakan bab dari deretan pantai selatan, dengan ciri khas ombaknya yang besar. Sepanjang pinggir pantai terhampar butiran pasir hitam menghampar luas. Sedangkan disisi sebelah barat berjajar deretan pegunungan menambah keindahan panorama pantai. Dengan potensi wisata pantai Bambang yang ada, dibutuhkan bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi. Peningkatan kemudahan meski sudah ada perlu terus dilakukan, supaya pengunjung lebih nyaman.

Tempat Wisata Pantai Watu Godeg Lumajang
Watu Godeg
Tempat wisata Watu Godeg yaitu pantai, yang terletak di kecamtan Tempursari, 80 Km arah selatan kota Lumajang. Pantai ini merupakan pantai dengan pemandangan yang indah, dengan hijaunya perbukitan menjadi latar belakang yang sangat hidup. Masyarakat sekitar percaya bahwa dengan mengunjungi dan mandi di laut ini bisa menyembuhkan aneka macam macam penyakit kulit.

Wisata Watu Godeg berasal dari dua suku kata, yaitu Watu yang berarti Batu dan Godeg yang berarti Bergoyang, nama ini diambil dari kejadian alam yang sangat unik sekali yaitu, adanya sebuah watu besar yang menjulang tinggi dan berada di pinggir pantai yang pada waktu air laut sedang pasang watu ini bergoyang dikarenakan terjangan ombak. dengan adanya kejadian ini masyarakat sekitar memberi nama Pantai Watu Godeg.

Tempat Wisata Goa Tetes Lumajang
Goa Tetes Lumajang
Goa tetes merupakan wisata goa yang didalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit dengan warna yang beraneka ragam. Letaknya di desa sidomulyo kecamatan pronojiwo, sekitar 55 km ke arah selatan lumajang.

bagi anda yang menyukai wisata goa, tempat wisata goa tetes ini dapat menjadi tujuan wisata yang sangat menarik. Kesan pertama ketika anda datang ke tempat ini tentu akan sangat menakjubkan alasannya yaitu memang medan yang harus anda lalui cukup menantang dan akan terbayar ketika anda hingga di tempat wisata ini.

Goa ini dihiasi dengan stalaktit dan juga stalakmit dengan warna yang beranekaragam. Jika anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini, perlu untuk anda ketahui bahwa goa tetes terletak di desa sidomulyo, kecamatan pronojiwo dan memiliki jarak tempuh sekitar 55 km dari sentra kota lumajang.

Tempat Wisata Pantai Tlepuk Lumajang
Pantai Tlepuk
Pantai Tlepuk yaitu pantai dengan panorama yang mengagumkan dan deburan ombak yang menakjubkan. Ditambah algi, pantai ini memiliki rawa yang sangat ideal sebagai tempat pemancingan. Tempat ini mudah dijangkau terletak di kecamatan pasirian sekitar 31 km arah selatan kota Lumajang.

Pengunjung yang datang ke pantai ini bisa memanfaatkan waktu dengan berenang, berjemur, memancing, voli pantai atau hanya sekedar jalan-jalan menikmati gelitik pasir putih dan udara khas pantai yang semilir dan romatis. Pantai dengan panorama mengagumkan dan deburan ombak yang menakjubkan. Memiliki rawa yang sangat ideal untuk pemancingan.

Tempat Wisata Air Terjun Manggisan Lumajang
Air Terjun Manggisan
Air terjun Manggisan merupakan salah satu riam yang bisa anda temukan di Lumajang Jawa Timur. Air terjun dengan tinggi sekitar 55 m ini menyampaikan pemandangan alam yang eksotis. Gemericik airnya bisa menciptakan ketenangan jiwa. Bagi anda yang suka berpetualang atau menelusuri alam maka destinasi wisata Lumajang yang satu ini akan sangat cocok untuk anda.

Pasalnya untuk hingga di keindaham riam Manggisan anda terlebih dahulu harus berjalan kaki sekitar 1,5 jam dari tempat parkir. Setelah berjalan sekitar 1,5 jam maka keringat anda akan terbayar oleh indahnya riam ini. Bukan hanya itu, selama perjalanan anda juga akan disuguhkan pemandangan alam yang mengagumkan sehingga anda tak akan merasa bosan.

Tempat Wisata Goa Bima Lumajang
Goa Bima
Goa Bima terletak di desa Bades Kecamatan Pasirian kurang lebih 8 km jalur timur dan 11 kilo dari jalur barat, dimana lokasi tersebut merupakan berbatasan antara tiga desa yakni desa Bades dengan desa Gondoruso dan desa Bago.

Jarak tempuh bisa lewat dua arah yaitu jalur timur (melewati desa condro, bago dan kajaran) dan jalur barat (pasirian, kalibendo, Bades, Gondoruso, Dampar), semuanya bisa dilalui kendaraaan bermotor. Objek ini masih alami alasannya yaitu belum banyak terjamah dan goa ini diyakini tempat terbaik untuk pertapa dan di dalam goa tersebut dapat dijumpai watu mirip bekas bertapa.

Tempat Wisata Pemandian Alam Selokambang Lumajang
Pemandian Selokambang
Selokambang yaitu pemandian alam yang berlokasi di Desa Purwosono, sekitar 7 km arah barat Kota Lumajang. Cukup mudah untuk mencapai lokasi ini alasannya yaitu jalanan beraspal cukup mulus dan kendaraan umum pun tersedia, mengendarai motor sendiri pun tak akan menemui hambatan. Aktivitas yang dapat dilakukan selain olah raga renang, juga dapat menikmati sarana permainan anak, berperahu, sepeda air, olah raga tennis.

Berbagai macam kedai yang menjanjikan makanan tradisional siap untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga disamping itu ditunjang areal parkir yang cukup luas dan representatif Kegersangan ekspresi dominan kemarau tak terasa di Kompleks Permandian Selokambang yang luasnya 12 hektar itu. Teriknya sinar matahari pada ekspresi dominan kemarau tidak bisa mengalahkan keteduhan yang ditebarkan pepohonan rindang di sekitarnya.

Tempat Wisata Air Terjun Coban Pawon Lumajang
Coban Pawon
Coban Pawon atau biasa disebut Antrukan Pawon memiliki keunikan tersendiri, di mana riam ini berada di dalam goa yang mirip pawon (dapur tempat memasak). Setiap percikan riam ini diyakini bisa membantu penyembuhan penyakit. Nah, kalau kau berminat datang ke sini, lokasinya terletak di Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Coban ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, dengan air yang menimpa lobang goa yang ada di bawahnya.

Kalau dilihat dari kejauhan, bentuk pawon tersebut sangatlah terang dan terlihat detailnya. Bahkan, cahaya matahari yang menerawang masuk pun jadi terlihat lebih indah. Terlebih lagi, kalau kau masuk ke dalam goa yang berdiameter sekitar 6 meter ini, maka kau akan mendapati sebuah sungai yang mengalir menuju hilir. Udah kebayang, kan? Nah, untuk biaya masuknya dipatok dengan harga Rp. 5000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

Tempat Wisata Watu Pecak Lumajang
Watu Pecak
Pantai Watu Pecak terletak di desa Selok Awar-awar, kecamatan Pasirian, 18 Km arah selatan dari kota Lumajang, dengan jarak tempuh berkendara sekitar 35 menit dari kecamatan Pasirian. Pantai ini berdekatan dengan lokasi pantai Bambang, yang terletak di sisi timur pantai.

Seperti layaknya obyek wisata pantai selatan, pantai ini memiliki karakteristik ombak yang besar dan berbahaya yang biasa digunakan sebagai tampat upacara Melasi atau sesuci bumi bagi para pengikut Hindu Dharma Bali.

Tempat Wisata Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang
Perkebunan Teh
Wisata Perkebunan Teh Kertowono Gucialit Lumajang, berlokasi di desa Gucialit Kecamatan Gucialit Lumajang, merupakan perkebunan teh yang memiliki panorama yang cukup mengesangkan dan pastinya memiliki udara sejuk. Berjarak sekitar 45 KM dari arah Kota Lumajang. Disini juga ada pabrik teh peninggalan kolonial belanda yang hingga ketika ini masih beroperasi. Hamparan kebun teh yang sangat luas menjadi pemandangan yang sangat memikat mata.

Tak heran dengan hamparan yang penuh nuansa hijau itu membuat banyak wisatawan datang berkunjung sembari turut menikmati sejuknya udara tempat pegunungan. Dengan suhu 16 derajat celcius, menikmati kebun teh ini sangat eksotis. Ditambah lagi pemandangan Gunung Bromo atau Semeru di sisi selatannya, belum lengkap bila tidak mencoba jalur pendakian alam di sekitar dua gunung terkenal di Jawa Timur itu.

Kebun teh ini berada di atas ketinggian 650 hingga 1.250 meter dari permukaan laut (dpl) dengan luas sekitar 931,82 hektare. Berjalan kaki menyusuri kebun teh di bawah suhu sekitar 16 derajat Celsius menjadi keasyikan tersendiri. Namun, jangan berharap menjumpai kerasnya jalan aspal.

Pengunjung hanya perlu membayar uang untuk keperluan parkir. Untuk kemudahan sendiri, perkebunan Teh Kertowono Gucialit ini menyediakan penginapan untuk para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di wilayah perkebunan Teh Kertowono.

Tempat Wisata Pura Mandaragiri Semeru Agung Lumajang
Pura Mandaragiri
Pura Mandaragiri Semeru Agung (PMSA) dibangun pada tahun 1991 di Desa Senduro Kabupaten Lumajang. Latar belakang pemilihan lokasi PMSA di kaki Gunung Semeru berkaitan dengan mite pemindahan puncak Gunung Maham�ru dari India ke Jawa dengan maksud semoga Pulau Jawa tidak jungkat-jungkit, sebagaimana dikisahkan dalam naskah Tantu Pangg�laran. Dengan demikian Gunung Semeru dianggap suci oleh masyarakat Jawa semenjak dahulu.

Gaya, struktur dan komponen-komponen arsitekturnya mengikuti gaya arsitektur akal-akalan di Bali, yaitu arsitektur trdisional Bali yang masih mengikuti gaya arsitektur zaman kerajaan Majapahit. Gaya arsitektur ini dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu dengan dasar-dasar filsafat dalam anutan agama Hindu. Landasan filosofis arsitektur terteliti dipaparkan dengan latar belakang alam pikiran keagamaan pemangkunya, yaitu agama Hindu, yang visualisasinya tergambarkan pada tata ruang (tata letak), bentuk bangunan dan materi bangunan yang digunakannya.

Tempat Wisata Hutan Bambu Lumajang
Hutan Bambu
Hutan Bambu Terletak di desa Sumber Mujur kecamatan Candipuro, 30 km dari kota Lumajang.. Luas 14 ha dengan hamparan pohon bambu yang luas, juga terdapat banyak monyet (untuk anda yang ingin menyamakan muka) dan kalong (pteropus vampirus). Hutan Bambu Sumbermujur ini terlihat elok dan sama sekali tidak ada kesan seram mirip kalau anda mendengarnya.

Areal sekitarnya terasa sejuk sepanjang hari. Selama di dalam Pengunjung dijamin tidak akan terkena sengatan sinar matahari, meski datang siang hari bolong yang panas. Sorotan matahari bisa diredam oleh daun � daun bambu yang rimbun. Memasuki hutan bambu ini kolam menyeruak sebuah terowongan raksasa.

Tempat Wisata Kolam Renang Veteran Lumajang
Kolam Renang Veteran
Kolam Renang Veteran Lumajang merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi alasannya yaitu pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Lumajang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota Lumajang juga terkenal akan wisata Kolam Renang Veteran yang sangat menarik untuk dinikmati. Kolam Renang Veteran yaitu Kolam renang yang berada di jalan Veteran Lumajang yang mempunyai luas 2 Ha dan kolam renang ini sering dipakai perlombaan kabupaten, baikk nasional. Kolam Renang ini sering dipakai oleh belum dewasa les renang.

Kolam renang ini mudah dijangkau alasannya yaitu letaknya disekitar jalan raya. Terdapat kolam remaja dan kolam belum dewasa dengan harga tiket yang cukup terjangkau. Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini cukup mendukung kenyamanan para pengunjung mirip kolam renang yang bersih dan luas.

Tempat Wisata Agrowisata Bunga Lumajang
Agrowisata Bunga Lumajang
Agro wisata Bunga terletak di Desa Wotgalih, Krai, dan Karanganyar Kecamatan Yosowilangun, 25 kilometer dari Kota Lumajang. Di tempat ini, wisatawan bisa berburu buah tangan bunga hasil budidaya warga. Maklum, di tiga desa ini, warganya sebagian besar aktif berbagi perjuangan budidaya bunga. Karena inisiatif pengembangan ini pula, nuansa yang muncul di tempat ini juga terasa sangat memanjakan mata. Karena lingkungannya terasa asri dan menyegarkan.

Tempat Wisata Water Park KWT Lumajang
Waterpark KWT Lumajang
Water Park KWT merupakan kolam renang gres di Lumajang, yang terletak di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) desa Wonorejo. Kolam ini memiliki banyak sarana yang menarik mirip arus air dan sarana seluncuran. Selain kolam renang, kegiatan lain yang dapat dinikmati yaitu kereta gantung, komedi putar dan kemudahan bom-bom car.

Tempat Wisata Danau Segitiga Lumajang
Danau Segitiga
Danua Segitiga Lokasinya terletak di Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Di tempat Danau Segitiga ini kau bisa mengakses tiga buah danau sekaligus, yakni Danau Klakah, Danau Bedali, dan Danau Pakis. Oleh alasannya yaitu itu, danau ini disebut dengan sebutan Danau Segitiga. Jarak antara Danau Klakah dan Danau Bedali sekitar 6 km, sedangkan Danau Bedali dan Danau Pakis memiliki jarak kurang lebih 7 km.

Nah, untuk memasuki ketiga obyek wisata tersebut, kau akan dikenai biaya masing-masing tempat sebesar Rp. 5000,00. Selain murah, di sini kau juga bisa menikmati pemandangan Gunung Lamongan yang tingginya mencapai 1.668 mdpl. Ohya, alasannya yaitu ketika danau ini terletak di ketinggian 700 mdpl dan memiliki udara yang cukup dingin, maka kami sarankan semoga kamu-kamu semua memakai jaket biar nggak masuk angin. Ya, kau siap berpetualang?

Tempat Wisata Pantai Dampar Lumajang
Pantai Dampar Lumajang
Obyek wisata pantai Dampar terletak di dusun Dampar, desa Bades, kecamatan Pasirian, 1 jam perjalanan dari kota Lumajang. Pengunjung yang akan menuju lokasi pantai Dampar akan terlebih dahulu menjumpai danau Dampar yang terletak berdampingan. Antara danau dan pantai Dampar hanya di batasi oleh hamparan pasir pantai Dampar. Setelah menyeberangi danau menggunakan sampan, pengunjung akan hingga ke pantai Dampar, dan pribadi di sambut oleh pasir berwarna hitam dan bersih.

Dari pantai ini, kita bisa melihat pulau Barong secara samar berikut tebing-tebing yang menjulang tinggi dan terjal. Lokasi pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat peristirahatan alasannya yaitu hening dan jauh dari keramaian. Pengunjung yang datang bisa memanfaatkan waktu dengan berjemur, selancar air, menyelam ataupun berenang. Bisa juga dilanjutkan dengan berenang di danau untuk sekaligus membersihkan sisa-sisa air laut yang asin dan pekat di tubuh.

Tempat Wisata Pantai Wotgalih Lumajang
Pantai Wotgalih
Pantai Wotgalih terletak di Yosowilangun dan merupakan obyek wisata pantai andalah kabupaten Lumajang Timur. Pada bibir pantai Wotgalih, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Karena pasir di sini sangat halus, bersih dan hitam. Bahkan, pasir hitam di pantai Wotgalih dikenal dengan pasir besi yang mengandung mineral tambang bermutu tinggi.

Ombak di pantai Wotgalih juga sangat menakjubkan, merupakan ombak berlapis alasannya yaitu gulungan ombak seolah-olah berkejaran untuk saling mendahului. Ombak yang mirip ini sangat cocok untuk digunakan sebagai ajang selancar. Warna air lautnya pun sangat eksotik dengan bibir pantai yang mendatar. Selain keindahan pantai, kita juga bisa melaksanakan aktifitas memancing di sungai payau bersahabat jembatan bambu.

Tempat Wisata Air Terjun Kapas Biru Lumajang
Air Terjun Kapas Biru
Lokasinya terletak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, atau masih searah dengan jalur yang menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu dan Goa Tetes. Nah, kalau kau dari arah Malang, kau bisa lewat jalur Malang � Turen � Dampit � Pronojiwo. Sesampainya di kecamatan Pronojiwo, carilah Kantor Polsek Pronojiwo. Tak jauh dari situ, ada jalan tikungan dan di sebelah kanan jalannya ada goresan pena �Air Terjun Kapas Biru�. Maka ikuti saja penunjuk arah tersebut.

Benar, setelah hingga di lokasi, kau akan dikenai biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000,00 (motor) dan Rp. 5000,00 (mobil). Sedangkan biaya masuknya berkisar antara Rp. 5000,00 � Rp. 7000,00 (tergantung pada hari apa kau berkunjung ke lokasi). Di sini kau bisa menikmati pesona riam yang mengalir deras dari ketinggian 50 meter. Tak hanya itu, Genks. Air terjun ini juga dihiasi oleh tebing-tebing watu yang menjulang tinggi, yang akan menambah kesan artistik obyek wisata ini.

Tempat Wisata Air Terjun Watu Lapis Lumajang
Air Terjun Watu Lapis
Air terjun Watu Lapis terletak di Mbenciran, Dusun Tawonsongo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. Lokasi wisata riam ini bisa ditempuh dengan aneka macam jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Perlu kau ketahui, bahwa di sini tidak ada angkutan umum yang bisa mengantarkanmu ke sana. Jadi, kau harus memakai kendaraan pribadi. Jarak tempuhnya dari sentra Kota Lumajang sekitar 35 km, atau sekiranya dengan estimasi waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Obyek wisata Air Terjun Watu Lapis ini masih tergolong gres di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah, alasannya yaitu gres ditemukan pada tahun 2013 silam. Nah, istimewanya lagi, di sini kau juga bisa melihat pemandangan perkebunan kopi yang cukup luas. Karena memang, letak riam ini berada di tempat perkebunan tersebut. Untuk biaya masuknya dipatok dengan harga Rp. 7000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

Baca ini : Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 32 Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar