34 Tempat Wisata di Kudus yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Kudus - Jika anda mendengar kota Kudus kota ini sangat identik dengan wisata religi yang menimbulkan ciri khas keindahan wisata kota Kudus tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di Kudus bisa menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Kudus yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota Kudus bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Kudus merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berada di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pati dan di sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Demak (Kota Wali), serta di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Jepara (Kota Ukir). Kota Kudus terkenal dengan sebutan Kota Kretek karena Kudus sebagai kota penghasil rokok terbesar di Jawa Tengah. Kota Kudus juga merupakan sentra perkembangan agama Islam pada kala pertengahan.

Baca ini : Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Kudus yang Wajib Dikunjungi
Walaupun Kudus bukanlah kota yang luas tetapi, Kudus memiliki daya tarik tersendiri di bidang pariwisatanya. Berikut yaitu beberapa tempat wisata dari wisata religius, wisata edukasi hingga wisata alam di Kota Kudus yang wajib saudara kunjungi baik bersama keluarga, teman, ataupun pasangan saudara.

Tempat Wisata Air Terjun Gonggomino Colo kudus
air terjun Gonggomino
Perlu Anda ketahui bahwa jeram Gonggomino tersebut merupakan sebagai salah satu obyek wisata alam yang memang cukup terkenal ada di kudus. Tempat ini sangat ramai di kunjungi, terlebih untuk animo liburan. Tidak jauh dari dari jeram Gonggomino ini di dekatnya juga terdapat jeram Montel. Yang pada dikala ini juga menjadi salah satu favorit tujuan untuk wisatawan dalam menikmati keindahan alam.

Pada dasarnya untuk obyek wisata jeram tersebut juga menyajikan banyak sekali pemandangan air yang jatuh dari atas perbukitan dan juga dengan pemandangan yang ada disekitarnya. Akan tetapi pastinya mempunyai keindahan dan juga keunikan yang cukup berbeda.

Untuk para wisatawan yang suka dengan obyek wisata alam serta kebetulan berada di dekat kota kudus. Mungkin tidak ada salahnya kalau mencoba untuk menengok panorama untuk Air Terjun Gonggomino yang terdapat di Kudus Jawa Tengah tersebut.

Tempat Wisata Colo Kudus
Colo Kudus
Colo kudus merupakan sebuah tempat tempat wisata alam di kudus yang berjarak sekitar 18 kilometer dari sentra kota kudus ke arah utara. tepatnya berada di tempat pegunungan muria, Ds Colo, Kec. Dawe Kudus. Wisata alam colo ini hampir menyerupai dengan wisata alam kopeng yang ada di magelang yaitu menyuguhkan pemandangan khas pegunungan dan anda mersakan udara sejuk ala pegunungan yang tidak bisa di dapatkan di kota kota besar.

Dan bagi anda yang beragama muslim juga bisa sekalian ziaroh atau wisata religi makam sunan muria. makam sunan muria sendir berlokasi di puncak pegunungan dan di buthkan sedikit usaha untuk hingga ke makam tersebut. Namun di tempat tersebut juga terdapat tukang ojek yang siap untuk mengantar anda hingga ke puncak apabila anda enggan unutk berjalan kaki.

Tempat Wisata Air Terjun Montel Kudus
Air Terjun Montel
Air terjun Montel berlokasi di tempat wisata alam colo kudus. Air terjun tersebut tepatnya terletak di sebelah utara makam wali sunan muria di Desa Kajar, Dawe, Kudus. Air terjun tersebut mempunyai ketinggian air sekitar 50 meter. Para wisatawan dapat menikmati guyuran jeram yang menawan, melihat pemandangan yang tak kalah mempesona disana.

Rindangnya perkebunan kopi serta udara yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati bersama keluarga. Jangan khawatir apabila tidak membawa bekal dapat membeli makanan di warung-warung yang berada di sana. Dan untukk harga tiket masuk ke jeram montel ini yaitu Rp. 5000 per orang.

Tempat Wisata Alam Rejenu Kudus
Wisata Alam Rejenu
Kawasan wisata alam rejenu ini masih berada di kecamatan colo kudus. Kawasan ini berada di ketinggian sekitar 1150 mdpl. Untuk menemukan tempat wisata alam ini cukup mudah kok karenna jaraknya yang hanya 3 kilometer dari makam sunan muria.

Nah yang bisa anda dapatkan apabila bekunjung ke tempat wisata ini yaitu anda dapat melihat dan juga mengamati pelbagai jenis tumbuhan dan alam pegunungan yang memanjakan mata.

Tempat Wisata Sumber mata Air Tiga Rasa
Sumber mata tiga rasa
Salah satu peninggalan di masa Sunan Muria yaitu tiga sumber mata air yang mempunyai rasa berbeda. Masyarakat setempat sering menyebutnya dengan Air Tiga Rasa. Air Tiga Rasa terletak di dekat makam Syaikh Syadzali. Ia merupakan murid dari Sunan Muria yang berasal dari Baghdad. Ketika Syaikh Syadzali menghadap Sunan Muria untuk berguru, ia dianjurkan untuk pergi ke sebelah utara, tepatnya di daerah Rejenu, Dawe, Kudus.

Berdasarkan kepercayaan setempat mata air 3 rasa ini memiliki khasiat sebagai berikut yaitu air pertama berguna menjadi obat penyakit, air kedua berguna menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi permasalahan hidup, dan air ketiga dipercaya berguna dalam bidang rezeki. Tapi itu semua kembali kepada diri masing-masing karena hidup manusia, Allah yang pegang kendali seutuhnya.

Tempat Wisata Makam Syekh Zadzali Kudus
Makam Syeh Sadzali
Tempat wisata kudus yang berikutnya yaitu wisata religi ke makam Syeh Sadzali. Syeh Sadzali ini dulunya merupakan salah satu murid dari Sunan Muria. Beliau juga membantu Suan Muria dalam mengembangkan islam di Nusantara terutama Tanah Jawa.

Jadi, kalau anda pergi ke wisata alam rejenu, ada baiknya sekalian berkunjung ke Makam Syeh Sadzali untuk berziarah. Bagi anda yang beragam muslim mungkin makan ini kami rekomendasikan untuk di ziarahi setelah makam sunan muria.

Tempat Wisata Waterboom Mulia Kudus
Mulia Wisata Waterpark
Mulia Wisata Waterpark merupakan salah satu obyek wisata keluarga yang menarik dan juga popular di Kudus, Jawa Tengah. Di Mulia Wisata Waterpark Anda bisa menemukan tempat bermain dan juga berenang dan juga sebagai wahana yang disediakan untuk para pengunjung. Selain itu juga dilengkapi dengan sejumlah akomodasi yang dapat Anda manfaatkan untuk para wisatawan yang memang sedang berkunjung kesini.

Di Waterboom Mulia Wisata ini menjadi salah satu wahana wisata yang terbesar ada di Kudus. Disini memiliki akomodasi dan juga dengan wahana yaitu berupa kolam renang berstandart nasional dengan panjangnya yang mencapai 50 meter. Anda bisa menggunakannya untuk berenang dan juga terdapat pula Waterboom yang memiliki kolam arus, yang pastinya seru digunakan untuk bermain.

Supaya bisa masuk ke tempat wisata Kudus tersebut maka untuk setiap wisatawan dikenakan tarif masuknya sebesar 15 ribu saja. Sedangkan kalau untuk tarif parkir ini dikenakan dengan biaya sebesar 2 ribu untuk motor dan kemudian 5 ribu untuk mobil.

Tempat Wisata Bumi perkemahan dan Wana Wisata Kajar
Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar
Tempat ini merupakan merupakan hutan pohon pinus yang teduh dan sejuk dengan sejuta keindahan alam yang menghiasi di sekitarnya. Karena tempatnya yang begitu mendukung dengan acara yang bernuansa alam, makanya sering dimanfaatkan untuk acara perkemahan. Selain digunakan untuk acara perkemahan, tempat ini juga sering digunakan untuk acara outbond.

Tempat ini berlokasi di tempat hutan pinus dan berjarak sekitar 3 kilometer dari makam sunan muria. Kawasan wisata tersebut sangat cocok sebagai bumi perkemahan karena lokasinya yang berada di ketinggian 600 mdpl dan banyak terdapat pepohonan pinus.

Tempat Wisata Releigi Menara Kudus
Masjid Menara Kudus
Masjid Menara Kudus merupakan perbaduan antara budaya Hindu dan Islam. Pemilihan arsitektur tersebut merupakan salah satu cara Sunan Kudus untuk mengembangkan pemikiran Islam kepada masyarakat sekitar Kudus yang waktu itu beragama Hindu dan Buddha. Bangunan menara yang menjadi landmark utama masjid sendiri berbentuk sebuah candi Hindu. Bangunan menyerupai ini lazim kita temui di Bali. Di beberapa bab kompleks Masjid kita juga akan menemukan bangunan candi bentar sebagai gerbang masuk ke masjid.

Masjid Menara Kudus dibangun pada tahun 1549 M. Masjid Menara Kudus yang terkenal dengan menaranya yang sangat ikonik. Foto menara tersebut bahkan pernah dijadikan gambar pada mata bagian 5.000. Masjid Menara Kudus merupakan salah satu peninggalan Sunan Kudus. Bangunan Masjid Menara Kudus memiliki arsitektur yang unik karna menggabungkan beberapa kultur.

Tempat Wisata Museum Kretek Kudus
Museum Kretek Kudus
Museum Kretek Kudus merupakan sebuah museum yang terletak di Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Museum Kretek Kudus didirikan bertujuan untuk membuktikan bahwa kretek berkembang sangat pesat di tanah jawa khususnya di kota kudus. Di Museum Kretek Kudus ini diperkenalkan mulai dari sejarah wacana kretek hingga proses produksi rokok kretek, mulai dari pembuatan secara manual hingga menggunakan teknologi modern.

Museum Kretek Kudus merupakan satu-satunya museum rokok di Indonesia. Di sana juga bisa ditemukan siapa saja tokoh-tokoh yang berperan besar dalam memajukan urusan ekonomi rokok di Indonesia. Bangunan Museum Kretek Kudus yang berdiri di atas areal seluas 2 hektar ini terbilang sangat bagus dan megah. Di depannya ada dua bangunan terpisah berasitektur rumah adab Kudus dan surau gaya Kudus.

Interior Museum Kretek Kudus dipenuhi dengan patung-patung dan banyak sekali macam perlengkapan pembuatan rokok. Patung-patung yang apik itu yaitu hasil karya seniman-seniman Kudus, khususnya dari kalangan pendidik. Lokasi Museum Kretek Kudus ini tak terlalu sulit untuk dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Tempat Wisata Desa Wisata Rahtawu Kudus
Rahwatu
Rahtawu merupakan sebuah desa yang berada di dataran tinggi. Desa ini merupakan desa tertinggi di Kecamatan Gebog, Kudus. Ketinggiannya sekitar 1.627 mdpl. Di desa ini terdapat sebuah gunung yang dikenal dengan Gunung Wukir yang lokasinya berada di sebelah Gunung Muria. Lokasinya yang berada di tempat pegunungan membuat Desa Rahtawu memiliki potensi yang melimpah.

Pemkab Kudus sendiri kabarnya berencana mengembangkan desa ini lebih lanjut dengan membuat waduk buatan serta gondola Secara natural, beberapa potensi wisata yang dapat kita temui di Desa Rahtawu yaitu Puncak Songolikur, Air Terjun Gonggomino serta Mata Air Kali Gelis. Khusus untuk yang menyukai wisata bernuansa mistis, di Rahtawu juga terdapat beberapa petilasan yang dapat dikunjungi.

Tempat Wisata Situs Pati Ayam Kudus 
Museum Pati Ayam
Museum serta situs purba tidak hanya ada di Sangiran, Sragen saja. Di Kudus juga ada sebuah situs purba yang dilengkapi dengan museum untuk menyimpan fosil-fosil yang ditemukan di sekitar situs. Situs dan museum purba yang ada di Kudus tersebut dikenal dengan Situs Pati Ayam.

Di museum Situs Pati Ayam kita akan menemukan banyak fosil binatang purba dengan ukuran raksasa. Replika insan purba juga akan kita temukan di museum ini. Lokasi Situs Pati Ayam juga masih berada di tempat Gunung Muria. Tepatnya Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

Tempat Wisata Air Terjun Kalibanteng Kudus
Air Terjun Kalibenteng
Salah satu lokasi yang wajib di kunjungi ketika berkunjung ke desa wisata Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus ialah jeram Kali Banteng, jeram yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini tidak eksklusif jatuh ke bawah. Melainkan melalui beberapa undakan menyerupai penampungan air yang bisa kita gunakan untuk berenang dengan kedalam 100 cm di bab atas dan di bab bawah kedalaman sekitar 50 cm. Sehingga bagi pengunjung yang mungkin belum bisa berenang tidak perlu khawatir, karena bisa memilih lokasi berenang.

Akses menuju jeram ini cukup mudah, selain sudah di sediakan papan petunjuk arah. Di lokasi obyek wisata jeram ini juga di sediakan titipan sepeda motor sehingga anda tidak perlu khawatir untuk berlama-lama menikmati kesejukan jeram ini, untuk titipan sepeda motor bisa di pilih sesuai impian , bisa di bawah ataupun di bawa naik dekat air terjun.

Namun jalannya cukup curam sehingga para pengunjung banyak yang memililih prakir kendaraan di bawah. Tiket masuk ke obyek wisata Kali Banteng cukup murah, hanya Rp. 2500 per orang, bisa di bilang sangat terjangkau dimana kita bisa menikmati keindahan alam serta segar dan jernihnya jeram kali Banteng.

Tempat Wisata Air Terjun Kedung Gender
Air Terjun Kedung Gender
Air Terjun Kedung Gender yang berada di Dukuh Ceglik , Desa Japan, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus kini mulai rame di Kunjungi wisatawan setalah di liput oleh tim Isk Jalan � jalan. Air terjun yang masih alami bisa anda kunjungi lewat jalur wisata Colo. Sampai di terminal wisata ambil arah gembong via desa Japan.

Setalah melewati Jembatan sebelum tanjakan belok kakan , lalu menemukan pemukiman warga. Tenang saja , Anda tidak akan kebingungan lagi . Karena karang taruna Wandansari desa Japan , Minggu pagi ini melaksanakan kerja bakti untuk membuat petunjuk arah serta membuka jalur semoga lebih mudah di susukan oleh wisatawan.

Tempat Wisata Pendakian Gunung Muria Kudus
Gunung Muria Kudus
Gunung muria ini terletak di desa Rahtawu, gebog kabupaten kudus jawa tengah yang memiliki ketinggian 1.602 Mdpl. Gunung muria ini mempunyai banyak puncak, ada puncak 29 (puncak tertinggi), puncak natas angina, puncak argowiloso, puncak argojembangan, dan puncak abiyoso.

Pemandangan bagus yang ditawarkan dari atas puncak Gunung Muria menyampaikan daya tarik tersendiri bagi para pencinta pendaki gunung. Di Puncak Gunung Muria ini banyak pendaki yang mengabadikan moment-moment bagus baik di dikala matahari terbit maupun sekedar menikmati suhu hambar namun sejuk.

Tempat Wisata Gray Canyon Kudus
Grey Canyon
Jika kau melihat foto ini, sekilas mungkin kau akan berfikir bahwa tempat tersebut berada di luar negeri, tetapi faktanya tempat ini berada di Indonesia lebih tepatnya di Kabupaten Kudus. Warga sekitar Kudus sering menyebutnya Grey Canyon. Sebenarnya, lokasi ini merupakan tempat galian C. Namun, tidak ada salahya jikalau anda melihat dan berfoto di tempat ini.

Grey Canyon di Kudus ini hampir menyerupai dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran dan Brown Canyon yang ada di Semarang. Ketiga tempat tersebut digadang-gadang sebagai Grand Canyon-nya Indonesia. Warga Kudus pun boleh besar hati karena mereka juga memiliki tempat yang menyerupai itu, mereka menyebutnya dengan Grey Canyon. Untuk Lokasi Gray Canyon kudus sendiri berada di daerah tanjung rejo kecamatan jekulo kudus.

Tempat Wisata Air Terjun Pengantin Kudus
Air Terjun Pengantin Kudus
Dari namanya aja, pasti udah bikin kau penasaran sama tempat ini. Kalau begitu kau bisa eksklusif meluncur ke dukuh Bakaran, desa Piji, kecamatan Dawe. Kenapa dinamakan jeram Kembar, karena jeram ini punya dua sisi aliran air kayak anak kembar gitu.

Air terjun ini masih alami dan sepi banget soalnya masih kalah terkenal sama jeram yang lain. Tapi untuk pemandangannya tidak kalah sama jeram yang lain. Di tempat ini, kau cuma akan nemuin beberapa orang aja yang merupakan penduduk setempat. Biasanya sih mereka lagi melaksanakan acara bertani atau nyari rumput buat ternak mereka.

Tempat Wisata Menara Pisang Kudus
Menara Pisang Kudus
Menara Pisang yang lagi hits di media umum instagram ini ternyata berada di Wisata Outbound dan Perkemahan Taman Sardi .Wisata Taman Sardi merupakan sebuah wahana wisata alam yang memiliki pemandangan yang bagus dan Taman Sardi juga dapat menikmati outbound yang seru bersama keluarga maupun teman.

Lokasi Taman Sardi tidaklah jauh dari Colo tepatnya di Dukuh Watu Lumpang Desa Kajar ,Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Di Taman Sardi para wisatawan juga dapat menikmati area Camping yang berkonsep kerakyatan. Dilokasi Taman Sardi juga memiliki sarana penunjang lainya menyerupai air bersih,listrik,kamar mandi , area camping ground dan pemandangan alam yang indah.

Tempat Wisata The Peak View Waterboom and Resto
The Peak View Waterboom & Resto
The Peak View Waterboom & Resto merupakan tempat wisata yang lengkap di kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Terletak di Jalan UMK Utara, Gondang Manis, tidak jauh daripusat kota Kudus Disini wisatawan maupun warga kudus bisa bermain Air di Waterboom ini. Disini terdiri dari 4 Kolam yakni Kolam renang, Kolam dangkal atau Kolam bermain, Kolam pancuran, Kolam sedang. Berbagai macam wahana yang sediakan di kolam-kolam tersebut, antara lain Ember tumpah, Pool Slide, Family Slide dll.

Sambil menunggu keluarga atau teman-teman bermain di wahana ini, Pengunjung bisa menikmati Hidangan Kuliner dengan citarasa tinggi di Pool Resto pinggir kolam renang. Atau jikalau ingin menikmati liburan keluarga di Resto Kebun diluar Kolam Renang dengan view sawah yang terhampar menyerupai suasana di Bali. Gazebo di pinggir sawah dengan makanan lezat, sedangkan putra-putrinya bisa bermain ATV, Egrang, ataupun sekedar bermain di Playground yang kami sediakan.

Tempat Wisata Taman Oasis Kudus
Taman Oasis Kudus
Taman Oasis terletak di jalan Lingkar Utara tepatnya di desa Gondangmanis, kecamatan Bae, kabupaten Kudus dekat dengan Universitas Muria Kudus. Dengan dua jalan searah sepanjang kurang lebih 500 meter, Oasis menyampaikan kasrian taman yang dirawat dengan baik. Pada bab depan taman ini, anda telah disambut dengan sebuah monumen artistik dengan goresan pena �Djarum Oasis Kretek Factory� yang cukup besar dan menyedot perhatian setiap orang yang melewatinya.

Kedua jalan diapit oleh taman yang hijau dengan deretan pepohonan yang terjejer sedemikian rupa serta rerumputan yang dipotong rapi secara berkala. Pada ujung taman yang diperbolehkan dimasuki oleh masyarakat umum, terdapat lagi satu monumen yang menunjukkan identitas dari pabrik ini yaitu monumen rokok lengkap dengan kepulan asapnya. Taman yang dibangun semenjak tahun 2005 ini merupakan tempat tongkrongan favorit muda-mudi Kudus.

Tempat Wisata Sendang Jodo Kudus
Sendang Jojo Kudus
Jika anda pernah mendengar kata Sendang Jodo, harusnya anda sudah mengenal tempat ini. Ya, obyek wisata berwujud mata air (sendang) yang memancarkan air tak henti-hentinya ini juga menjadi salah satu destinasi yang wajib kau datangi selama berada di Kabupaten kudus. Sendang Jodo terletak di desa Purworejo, kecamatan Bae. Namun untuk hingga di lokasi tidaklah mudah karena traveler akan dihadapkan pada kondisi jalan yang rusak.

Pun demikian tidak akan mengurangi niat muda-mudi untuk berkunjung setelah tahu sendang tersebut memiliki mitos mendekatkan jodoh. Kaprikornus bagi mereka yang belum bertemu dengan jodohnya jikalau berkunjung ke Sendang Jodo dipercaya akan segera bertemu jodoh. Sedangkan mereka yang datang dengan pasangan maka akan dilanggengkan hubungannya. Bagaimana menurutmu?

Tempat Wisata Desa Wisata Wonosoco Kudus
Desa Wonosoco
Desa Wonosoco terletak di Selatan Kota Kudus, desa ini berjarak sekitar 45 menit dari sentra pemerintahan. Jalur untuk menuju ke sana banyak dilalui oleh kendaraan yang melaksanakan perjalanan Kudus-Purwodadi. Menuju ke desa yang berada di Kecamatan Undaan ini tidaklah sulit. Papan penanda desa wisata ada di setiap persimpangan. Jika kau melaksanakan perjalanan ke sana, dijamin kau akan disuguhi dengan keindahan alamnya berupa hamparan hijau sawah dan pegunungan kars kendeng yang membentang dari Timur ke Barat.

Semilir angin sepoi-sepoi yang berhembus pun akan menemani kita selama di perjalanan. Hanya satu jalan selebar sekitar 2 meter untuk menuju ke sana. Wisata alam yang ada di desa ini terdiri dari wisata goa, sendang, dan petilasan. Kegiatan budaya disuguhkan oleh masyarakat Wonosoco secara rutin tiap tahun. Hanya dengan mengocek uang sebesar 3000 rupiah per orang mata pengunjung sudah dapat dimanjakan akan indahnya pemandangan khas pegunungan itu.

Wonosoco juga menyediakan pemandu yang dibentuk oleh masyarakat bersama perangkat desa. Itu bertujuan untuk menemani para wisatawan berkeliling desa termasuk menemani keliling goa. Desa Wisata Wonosoco ini telah menjadi perhatian para netizen instagram karena keindahan alamnya. Tempat � tempat yang menjadi sorotan di Desa Wisata Wonosoco ini antara lainnya Pegunungan Kendeng, Hutan Jati, Sendang dewot, serta Persawahan Kacang.

Tempat Wisata Desa Jurang Gebog Kudus
Desa Jurang Kudus
Mencari keindahan alam di Kabupaten Kudus, memang tidak ada habisnya. Apalagi bagi kau yang menyukai suasana pedesaan, kau bisa berkunjung ke desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Berada di aliran kali gelis tepatnya di dekat bendungan Karanggayam. Disinilah kau bisa temukan tempat yang begitu mempesona, lokasi Desa Jurang memang cukup sulit di jangkau.

Namun, hamparan persawahan yang sangat hijau akan membuat kau terpesona. Selain persawahan di sini juga terdapat jembatan gantung yang usianya terbilang sangat tua. Itu terbukti dari kawat jembatan yang sudah sangat berkarat hingga bantalan jembatan yang terbuat dari kayu juga terlihat sedikit rapuh. Berhati � hatilah jikalau melintas di jembatan ini, karena dikala kaki anda melangkah jembatan ini kau akan terasa �mbliyut-mbliyut�.

Oleh karena itu berhati�hatilah dikala kau berjalan beramai � ramai bergantian melintas di atas jembatan tersebut semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Tak hanya itu, selain jembatan gantung renta yang bisa menjadi spoot untuk berfoto, hamparan persawahan hingga batuan yang berada di tengah persawahan juga bisa menjadi tempat untuk berfoto bahkan menikmati sejuknya udara sembari melepas rasa penat.

Tempat Wisata Gerbang Kudus Kota Kretek
Kudus Kota Kretek
Gerbang Kudus Kota Kretek merupakan sebuah landmark gres yang ada di Kabupaten Kudus. Namanya seolah semakin menegaskan status Kudus sebagai kota kretek. Bangunan yang final dibangun tahun 2015 dan konon menghabiskan anggaran 16 milyar ini dibangun persis di sebelah Jembatan Tanggul Angin yang memisahkan Kabupaten Kudus dan Demak.

Pembangunan gerbang perbatasan ini difasilitasi oleh PT Djarum Bentuk bangunan ini sekilas mengingatkan kita dengan Opera House di Sidney. Tapi ternyata, bentuk tersebut merupakan replika daun tembakau. Tulang daun yang jumlahnya mencapai 100 buah konon dibuat dari materi baja khusus dari Australia.

Lentong Tanjung, Pilihan Menu Sarapan Pagi
Lentong Tanjung Kudus
Kuliner khas Kudus sudah tersebar di banyak sekali daerah di Indonesia. Satu di antarnya lentog tanjung. Seporsi masakan ini antara lain terdiri dari potongan lontong, lodeh sayur nangka serta irisan tempe serta tahu. Bagian atas ditaburi bawang merah goreng. Warung makan Lentog Tanjung Kudus Bu Ning di tempat Jalan Tino Sidin Bantul termasuk yang menyediakan masakan khas Kudus tersebut.

Sebagai pemilik warung setempat, Nuning atau bersahabat disapa Bu Ning pernah 25 tahun bekerja di Kudus, sehingga bisa menguasai cara memasak masakan khas daerah tersebut. Diberi nama Lentog Tanjung, karena masakan ini berasal dari Tanjung yang ada di Kudus. Lentog sama artinya dengan lontong.

Masakan Lentog Tanjung, materi utama menyerupai lontong ia membuat sendiri. Termasuk juga sayur lodeh nangka muda. Kuah dari sayur nangka muda ini kian menambah lezatnya masakan, apalagi ketika masih hangat ataupun panas lalu ditambah sambal pedas. Semua perpaduan bahan-bahan ini bisa memberi sensasi tersendiri di pengecap hingga perut.

Baca ini : Tempat Wisata di Sragen yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 34 Tempat Wisata di Kudus yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar