25 Tempat Wisata di Ternate yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Ternate - Ternate merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di Indonesia episode timur, tepatnya di lereng Gunung Api Gamalama provinsi Maluku Utara. Namun, meskipun demikian, daerah ini menyimpan banyak tempat wisata yang sesungguhnya memang memiliki potensi sebagai tempat wisata yang bertaraf nasional dan bahkan mungkin mampu disebut internasional.

Dan juga Ternate sebuah daerah yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama pada sebuah Pulau Ternate di Provinsi Maluku Utara. Ternate menjadi satu kota otonom semenjak 4 Agustus 2010, dan menjadi Ibukota sementara Provinsi Maluku Utara hingga Sofifi yang menjadi ibukotanya di Pulau Halmahera siap secara infrastruktur.

Selain itu, memang akan lebih menyenangkan jikalau anda dapat berlibur ke pulau Ternate. Selain wilayah yang tidak begitu luas di mana anda dapat menjangkau dalam waktu singkat, anda juga dapat menghemat dari segi biaya dengan suguhan keindahan tempat wisata yang tak kalah dengan daerah lain. Apalagi jikalau anda merupakan penduduk yang tinggal tak jauh dari Ternate, tentunya akan menjadi tempat wisata yang sangat efektif untuk mengisi liburan anda.

Baca ini : Tempat Wisata di Tulungagung yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Ternate yang Wajib Dikunjungi
Pada kesempatan kali ini  akan menyampaikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Ternate, Berikut 25 daftar Tempat Wisata di Ternate yang wajib harus anda kunjungi jikalau anda sedang berkunjung ke Ternate.

1. Tempat Wisata Pantai Bobane Ici Ternate
Pantai Bobaneha Ici
Pantai Bobaneha Ici merupakan sebuah pantai yang berada di Kelurahan Aftador Kecamatan Pantai, berjarak kurang lebih 20 km di sebelah selatan. Ombak yang ganas serta dipenuhi kerikil karang yang besar, membuat wisatawan tidak disarankan untuk berenang disini.

Selain itu, Pantai Bobane Ici yang terkenal punya keunikan tersendiri, karena pantainya dipenuhi dengan kerikil hitam berukuran kecil. Embusan angin yang mengalir konstan akan membuaimu. Udaranya pun sangat sejuk dengan banyaknya pohon yang tertanam di dekat pantai.Uniknya ketika kau berlibur di sini kau tidak akan menemukan hamparan pasir yang luas tetapi kau akan menjumpai kerikil-kerikil kecil.

Tempat ini sudah dilengkapi akomodasi mirip penginapan, warung makan pinggir pantai dan kolam renang. Menu ikan bakar menjadi santapan yang wajib jikalau kita mengunjungi tempat ini. Kondisi perut yang lapar, serta disuguhi bunyi debur ombak dan angin sepoi-sepoi menambah nikmat suasana santap siang.

2. Tempat Wisata Pantai Jikomalamo Ternate
Pantai Jikomalano
Pantai Jikomalamo merupakan pantai berpasir putih bersih dengan bentangan pasir putih kurang lebih sekitar 100 meter. Terletak di sebuah teluk tersembunyi yang berhadapan pribadi dengan Pulau Hiri di seberangnya, membuat Pantai Jikomalamo ini terlihat sangat indah. Menurut kisah penduduk setempat nama Jikomalamo ini di ambil dari nama kampung yang ada di Pulau Hiri.

Selain itu, Pantai Jikomalano merupakan salah satu tempat yang cocok buat spot snorkeling. Disini anda dapat melihat indahnya alam bawah laut, tapi anda jangan hingga merusak termbu karang yang menjadi tempat tinggal iklan-iklan di ternate.

Alamat: Sulamadaha, Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara

3. Tempat Wisata Pantai Tobololo Ternate
Pantai Tobololo
Pantai Tobololo ialah pantai berpasir putih yang ada di Ternate, lokasinya terletak di Kelurahan Tobololo, Kecamatan Pulau Ternate atau sekitar 20 menit dari sentra kota. Selain memperlihatkan pantai berpasir putih, di pantai tablolo juga terdapat sumber air panas yang letaknya tidak banyak diketahui wisatawan, dikala air laut surut para wiaatawan dapat melihat karang yang mencuat ke permukaan sejauh puluhan meter.

4. Tempat Wisata Pantai Sulamadaha Ternate
Pantai Sulamadaha
Pantai Sulamadaha merupakan pantai eksotik yang masih sangat alami terletak di Ternate, Provinsi Maluku Utara. Pantai ini dijuluki sebagai Pantai Kaca. Pantai Kaca merupakan nama yang pantas untuk pantai ini, karena Pantai Sulamadaha merupakan pantai dengan air laut yang sangat jernih, jernih mirip kaca.

Apabila anda melihat perahu atau kapal diatas air lautnya, anda akan tertegun melihatnya karena kapal tampak mirip melayang. Yah, air laut yang begitu jernih bagaikan beling yang sangat bersih. Pantai Sulamadaha memiliki nuansa alam yang indah, walaupun tidak berpasir putih.

Selain itu, Pantai Sulanadaha memiliki banyak spesias dan biota laut yang sangat memukau, terumbu karang yang masih alami yang ada di dalam laut yang jernih, bebas dari sampah dan pencemaran. Pengunjung mampu melaksanakan banyak sekali macam aktifitas wisata mirip diving dan snorkeling.

5. Tempat Wisata Pantai Kahona Ternate
Pantai Kahona
Keunikan Pantai Kahona ialah adanya kerikil besar dengan lubang ditengahnya yang letaknya persis di bibir pantai. Memang belum banyak wisatawan yang tahu lokasinya, tapi tenang saja kau mampu bertanya pada masyarakat sekitar pasti akan di tunjukkan arah jalannya. Tentunya akan mendapat suatu pengalan berharga dan seru. Keindahan semakin terasa tatkala sudah hingga di Pantai Kahona, dengan cirri has pantai yang sedikit berbatu kerikil.

6. Tempat Wisata Pantai Sasa Ternate
Pantai Sasa
Jangan hingga lewatkan keindahan Pantai sasa ini, ketiaka anda sudah berada di Provinsi Maluku Utara cobalah sesekali mendatangi pantai nan eksotik ini. Kamu akan dibuat betah singgah berlama-lama, karena paronama alam dikawasan pantai ini masih sangat tejaga alaminya. Intinya kunjungi dan nikmati keunikan demi kuinikan yang ada di kawasanya.

7. Tempat Wisata Pantai Kastela Ternate
Pantai Kastela
Di pantai Kastela ini pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang cantik dibawah rindangnya pepohonan sembari melihat pesona matahari terbenam. Tempat wisata ini masih jarang dikunjungi, namun keindahan yang di sajikan seakan tak mau kalah dengan tempat-tempat wisata lain yang ada di kota Ternate.

Ketika berwisata disini Anda dapat sekaligus menikmati keindahan wisata sejarah dan wisata alam yang tentunya sangat eksotis. Sudah deh gak usah ragu, pribadi saja wisata pantai Kastela catat didalam acara rekreasimu.

8. Tempat Wisata Pulau Maitara dan Tidore Ternate
Pulau Maitara dan Tidore
Pulau Maitara dan Tidore ialah salah satu tempat wisata popular di Ternate. Tidak lengkap rasanya bila ke Ternate tidak mengunjungi spot yang sudah terkenal melalui uang cuilan seribu rupiah. Untuk mencapai tempat yang dituju, kita harus bergerak ke arah selatan ke tempat yang berjulukan Gambesi.

Sesampainya di Gambesi bagi yang membawa kendaraan bermotor diwajibkan memarkirkannya di jalan. Setelah itu kita harus berjalan masuk menyusuri rumah-rumah penduduk dan hutan-hutan kecil yang terdapat di setiap kampung untuk hingga di bibir pantai.

9. Tempat Wisata Gunung Gamalama Ternate
Gunung Gamalama
Gunung Gamalama atau yang bersahabat di sebut sebagai puncak Ternate ialah gunung berapi yang ada di Provinsi Maluku Utara. Gunung ini menyimpan pesona kecantikan yang luar biasa, tak heran jikalau banyak para penelusur alam yang sangat tertarik mendaki Gunung Gamalama,.hamparan perkebunan cengkeh dan pala akan senantiasa menemani pendaki selama perjalanan.

Sesampainnya di puncak sejauh mata memandang akan melihat landscape Pulau Ternate beserta pulau-pulau lainnya. Di puncak ini juga dapat ditemui mata air didalam lekukan kerikil sebesar Loyang besar, yang disebut air abdas. Usut punya usut dengan lantaran air tersebut dapat menyembuhkan banyak sekali penyakit. Sehingga warga Ternate mengkeramatkan mata air ini.

10. Tempat Wisata Danau Laguna Ternate
Danau Laguna
Danau yang begitu mempesona eloknya ini terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Maluku Utara. Danau Laguna juga sering di sebut Danau Ngade, yang disebabkan berada di Desa Ngade dan berjarak -+ 20 km dari Kota Ternate. Danau tersebut memperlihatkan keindahan alam yang masih alami dan mempesona bagi mereka yang berkunjung.

Kalian akan dimanjakan dengan bentangan paronama danau yang disekitarnya dikelilingi bukit nan hujau, laut biru serta gunung yang eksotis. Selain untuk wisata, Danau Laguna juga dimanfaatkan warga untuk budidaya ikan berjenis air tawar dan sebagai pengairan perkebunan. Dan tak ketinggalan sebgai obyek wisata pemancingan maupun berenang bagi kalian yang menginginkannya.

11. Tempat Wisata Teluk Jailolo Ternate
Teluk Jailolo
Teluk Jailolo sudah cukup dikenal sebagai tempat untuk diving. Panorama alam bawah laut yang berupa karang besar dan ikan hias yang berwarna-warni dengan air yang jernih menjadi daya tariknya yang paling utama. Selain itu, Anda juga mampu menyelam di area Pantai Sulamadaha, bahkan di laut yang ada di samping mall dan di depan Masjid Agung Ternate.

Baik Maluku maupun Maluku Utara ialah tempat yang paling menakjubkan untuk acara wisata maritim karena kondisi perairannya yang masih sangat terjaga. Anda juga mampu menyelam di area Halmahera Selatan mirip Pulau Gunange / Makian, Kepulauan Guraichi, Saleh, hingga ke Pulau Bacan. Beberapa situs diving lain di Pulau Halmahera ialah di Halmahera Timur, Weda dan Morotai.

12. Tempat Wisata Danau Tolire Ternate
Danau Tolire
Danau Tolire merupakan sebuah danau besar dengan latar Gunung Gamalama. Pemandangan di danau ini tentunya cukup memikat. Saat itu air di danau Tolire berwarna hijau tua. Danau ini terletak di Ternate Utara, sekitar 10 kilometer dari sentra kota. Terdapat 2 buah Danau Tolire, Tolire Kecil yang berwarna gelap berada sempurna di pinggir pantai dan Tolire Besar yang berwarna hijau.

Jejak acara vulkanik masih mampu kita lihat di danau ini. Untuk mengunjungi Danau Tolire Besar, kita harus berjalan sekitar 300 meter dari jalan utama. Di sekitar Danau Tolire, kita akan disuguhkan pemandangan yang rupawan sekaligus menyeramkan. Permukaan air yang berwarna hijau muda berdampingan dengan dinding tebing yang menjulang tinggi mengelilingi permukaan air. Di Danau Tolire Besar, kita mampu menemukan banyak sekali macam jenis ikan disini.

13. Tempat Wisata Benteng Kastela Ternate
Benteng Kastela
Benteng Kastela ialah benteng peninggalan Portugis terletak di Jalan Raya Benteng Kastela Santo Paulo, Desa Kastela. Lokasi benteng ini berada di sebelah utara. Benteng Kastela yang juga biasa disebut Benteng Gam Lamo yang merupakan sebutan dari Gunung Gamalama.

Benteng yang dibangun oleh Antonio de Brito pada tahun 1521 dengan nama Nostra Senora del Rosario ini dibangun secara bertahap yang kemudian dilanjutkan oleh Garcia Henriques pada tahun 1525 dan dilanjutkan oleh Gonzalo Periera hingga terakhir diselesaikan oleh Jorge de Gastro pada tahun 1540.

Ketika masuk ke dalam kastil, kita disambut sebuah tugu sebagai ucapan selamat datang dengan patung cengkeh yang besar. Melihat lebih ke dalam terdapat relief yang menceritakan pembunuhan Sultan Khaerun.

14. Tempat Wisata Batu Angus Ternate
Batu Angus
Batu Angus merupakan tumpukan sisa lahar letusan Gunung Gamalama yang telah bermetamorfosis kerikil yang tampilannya tampak mirip kerikil hangus terbakar, letaknya berada pinggir jalan raya Ternate sekitar 10 km dari Kota Ternate. Selain menyajikan lahar yang telah menjadi batu, dari tempat ini wisatawan juga dapat melihat puncak Gunung Gamalama serta birunya laut Ternate.

Selain itu di objek wisata Batu Angus terdapat sebuah situs sejarah mengenai tewasnya seorang tentara Jepang yang tewas akhir parasutnya yang tidak terbuka normal pada dikala terjun dari pesawat pada tahun 1945. Namun uniknya, bebatuan tersebut berwarna hitam mirip hangus terbakar. Kabarnya, kerikil angus tersebut merupakan sisa lahar letusan Gunung Gamalama pada periode ke-17.

15. Tempat Wisata Benteng Tolukko Ternate
Benteng Tolukko
Benteng Tolukko atau yang dikala ini lebih dikenal dengan nama Benteng Hollandia. Benteng yang dibangun pada tahun 1540 oleh seorang panglima Portugis ini dulu digunakan sebagai pertahanan terhadap bangsa Spanyol yang sedang menggempur pulau Ternate.

Selain itu, benteng ini juga dijadikan sebagai tempat untuk menggiring rakyat Maluku yang melarikan diri dari serangan Spanyol supaya mau kembali tinggal di tempat ini. Selain Benteng Tolukko, ada juga Benteng Kalumata dan Benteng Bernaveld.

16. Tempat Wisata Benteng Oranje Ternate
Benteng Oranye atau Oranje
Benteng Oranye atau Oranje merupakan benteng peninggalan Belanda dan termasuk yang pertama dibangun di Indonesia. Benteng ini berdiri pada tanggal 26 Mei 1607, didirikan oleh Cornelis Matclief de Jonge dan diberi nama oleh Francois Witlentt pada tahun 1609 atau pada masa pemerintahan Sultan Mudafar.

Nama awal benteng ini ialah benteng Melayu, karena benteng ini dibangun di atas benteng portugis yang pada dikala itu digunakan oleh orang Melayu. Lokasi benteng ini sangat strategis karena terletak di sentra Kota Ternate, yaitu kelurahan Gamalama.

17. Tempat Wisata Benteng Kalamata Ternate
Benteng Kalamata
Benteng Kalamata dibangun oleh seorang Bangsa portugis berjulukan Fransisco Serao ditahun 1540 guna menahan serangan Spanyol dari Rum, Tidore. Benteng ini juga sering disebut sebagai Benteng Kayu Merah karena terletak di Kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate Selatan. Awal hasilnya di beri nama Santa Lucia namun banyak dikenal dengan sebutan Benteng Kalamata.

Sebutan kata Kalamata tersebut berasal dari nama Pangeran Kalamata, yaitu adik dari Sultan Ternate Madarsyah. Konstruksi Benteng Kalamata berdesain ibarat empat penjuru mata angin yang juga mempunyai empat bastion berujung runcing serta memiliki lubang bidik. Benteng Kalamata berdiri dengan kokohnya di garis pantai, begian belakang benteng terlihat Pulau Tidore dan Maitara.

18. Tempat Wisata Kedaton Kesultanan Ternate
Kedaton Kesultanan Ternate
Kedaton Kesultanan Ternate ialah bangunan peninggalan Kesultanan Ternate yang kemudian dialih fungsikan menjadi sebuah museum. Letak museum ini berada di Bukit Limau, Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Sao Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara. Bangunan ini berbentuk segi delapan yang ibarat seekor singa duduk dengan dua kaki depannya menghadap ke laut.

Banyak sekali koleksi yang dimiliki Museum Kedaton Sultan Ternate ini mirip koleksi benda geologi, etnografi, arkeologi, sejarah numistik, filologi, teknologi, seni rupa, dan keramik. Berbagai peninggalan Kesultanan Ternate misanya mahkota, singgasana berwarna emas, alat-alat perang, peralatan upacara tabiat serta Al-Qur�an goresan pena tangan.

19. Tempat Wisata Benteng Kota Janji Ternate
Benteng Kota Janji
Dinamakan benteng Kota Janji karena benteng ini pernah menjadi saksi sebagai tempat yang digunakan untuk melaksanakan perjanjian tenang antara Sultan Khairun dengan Gubernur Portugis dikala itu. Benteng ini didirikan pada tahun. Berdasarkan sejarahnya, benteng Kota Janji ini dibangun pada tahun 1532 oleh Portugis dan diberi nama Benteng San Jao.

Namun karena insiden pembunuhan Sultan Khairun dari Ternate, Portugis diusir dari Pulau Ternate oleh Kesultanan Ternate yang dikala itu dipimpin oleh Sultan Babullah pada tahun 1575. Benteng ini kemudian dikuasai oleh pasukan Spanyol pimpinan Gubernur Don Pedro de Acuna yang datang dari Manila pada tahun 1606 yang ingin menguasai Pulau Ternate.

20. Tempat Wisata Masjid Sultan Ternate
Masjid Sultan Ternate
Masjid Sultan Ternate ialah sebuah masjid yang terletak di tempat Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Masjid ini menjadi bukti eksistensi Kesultanan Islam pertama di tempat timur Nusantara ini. Kesultanan Ternate mulai menganut Islam semenjak raja ke-18, yaitu Kolano Marhum yang bertahta sekitar 1465-1486 M.

Masjid Sultan Ternate terkenal akan keunikannya yang mempunyai aturan-aturan tabiat yang tegas, sepeti contohnya larangan memakai sarung / wajib menggunakan celana panjang bagi para jamaahnya, wajib memakai songkok, dan juga larangan bagi kaum hawa untuk beribadah di masjid ini. knon aturan ini berasal dari petuah para leluhur ( Doro Bololo, Dalil Tifa, Dalil Moro ) yang hingga dikala ini masih ditaati oleh warga Ternate.

21. Tempat Wisata Taman Nukila Ternate
Taman Nukila
Nama taman ini diambil dari nama seorang pejuang perempuan Ternate yang pada dikala itu melawan penjajahan Portugis. Beliau ialah pejuang wanita pertama di Indonesia, hal tersebut tertulis lengkap pada prasasti yang ada di Taman Nukila. Taman ini di resmikan oleh Walikota Ternate yakni DR. H Burhan Abdurrahman SH pada tanggal 30 Novemnber 2014.

Lokasi Taman Nukila berada di pinggir pantai yang memiliki pohon-pohon yang rindang, sangat cocok lah untuk mengisi hari libur. Di taman ini juga ada akomodasi tempat bermain belum dewasa dan dilengkapi dengan pedestrian yang cukup lebar. Karena adanya Taman Nukila ini membuat Kota Ternate semakin asri dan sejuk.

22. Tempat Wisata Masjid Al� Munawwaroh Ternate
Masjid Al-Munawwaroh
Masjid Al-Munawwaroh ialah masid yang dibangun oleh Pemerintah Kota Ternate di bibir pantai Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Masjid ini menjadi landmark kota tersebut, yang sangat menawan di pandang dari laut dengan empat menaranya yang memiliki cirri khas tersendiri. Pembangunanya memakan waktu yang tak singkat dari tahun 2003 dan selesai di tahun 2010.

Masjid Al-Munawwaroh tampak eksotik dengan 4 menara setinggi 44 meter, dua diantaranya sengaja dibangun dilaut. Maka dari itu, Masjid Al-Munawwaroh termasuk dalam kategori bangunan monumental dengan spesifikasi khusus. Dimana diantara beberapa materi bangunanya didatangkan pribadi dari Negara Turki mirip halnya keramik dan lampu.

23. Tempat Wisata Ternate Wonder Island Ternate
Ternate Wonder Island
Ternate Wonder Island Terletak di tempat wisata di propinsi Maluku Utara, sempurna di sebelah benteng Kalumata, Ternate Wonder Island ialah sebuah wahana wisata dan permainan air yang telah dibangun pada tahap I dan selesai pada tahun 2013.

Pembangunan Ternate Wonder Island ini memakan waktu hingga 2 tahun dengan beberapa kendala yang terjadi di lapangan baik permasalahan teknis dan non teknis. Akan tetapi dengan tenaga andal yang telah berdedikasi tinggi dalam pekerjaannya, semua permasalahan yang terjadi dapat tertangani dengan baik.

24. Tempat Wisata Pulau Morotai Ternate
Pulau Morotai
Pantai di Pulau Morotai sangat menajubkan, dikawasannya wisatawan mampu menemukan sekitar 25 titik penyelaman yang disetiap titiknya memiliki keindahan dan cirri khas tersendiri. Selai itu daratan pasir putihnya juga seakan melengkapi segenap keindahan yang akan memanjakan semua mata pengunjung. Dan tak ketinggalan pula paroama nan cantik dari terbit dan tenggelamnya matahari dari Pulau Morotai.

Spot terfavorit di tempat Pulau Morotai berada di Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil yang mana akan tersambung menjadi satu oleh pasir putih melengkung yang sangat unik ketika air laut sedang surut. Biasanya para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Morotai di tempuh dengan penerbangan perintis dari Ternate ke Galela yang kemudian dilanjutkan ke Morotai.

25. Tempat Wisata Jatiland Mall Ternate
Jatiland Mall Ternate 
Jatiland Mall ialah sentra perbelanjaan di Ternate. Jatiland Mall ini didirikan pada tahun 2009. Jatiland Mall ini terdiri dari 3 lantai dengan penyewa - penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional antara lain Gramedia, Papa Ron's Pizza, Solaria dan masih banyak lagi. Jatiland Mall merupakan family mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat. Jatiland Mall ini menjadi salah satu tempet untuk spendtime terbaik di Ternate.

Baca juga : Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 25 Tempat Wisata di Ternate yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar