28 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Klaten - Klaten ialah sebuah Kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Klaten memiliki banyak sekali macam potensi tempat wisata dari wisata alam, wisata buatan, wisata keluarga hingga wisata religi. Tempat Wisata Klaten ini ada yang sudah dikembangkan degan baik namun ada juga yang masih perlu banyak pembenahan dari Pemerintah Daerah.

Kabupaten Klaten terletak diantara dua sentra kebudayaan besar yaitu Kerajaan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Hal itu menjadikan di Kabupaten Klaten juga masih kental dengan budpekerti kebudayaan yang hingga sekarang masih banyak dilestarikan ibarat perayaan nyadran, apeman, kupatan dll. Selain wisata alam dan wisata budaya, tempat wisata yang tak kalah pentingnya di Kabupaten Klaten ialah wisata religi.

Klaten mempunyai banyak tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, mungkin anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jikalau anda berkunjung dengan sanak saudara, ataupun keluarga dijamin liburan kalian akan lebih mengasikan.

Baca juga : Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Nah pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beberapa tempat wisata yang paling menarik dikunjungi di daerah Klaten, di klaten tempat wisata yang paling terkenal yaitu Candi Prambanan mungkin kalian sudah tahu wacana Candi Prambanan yang merupakan situs warisan indonesia. Maka dari itu saya akan mengajak anda untuk berkeliling daerah Klaten yang sangat menarik.

Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi
Nah kali ini saya akan membahas beberapa diantara tempat wisata di Klaten yang sangat cantik sehingga sangat sayang apabila tidak dikunjungi. Berikut ialah Tempat Wisata di Klaten Pilihan Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan.

Tempat Wisata Sejarah Candi Prambanan Klaten
Candi Prambanan
Tempat wisata pertama yaitu Candi Prambanan merupakan salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 selain Candi Borobudur. Tidak sama dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, Candi Prambanan ialah sebuah kompleks candi Hindu.

Kompleks Candi Prambanan juga disebut memiliki seribu buah candi alasannya adanya dongeng rakyat Roro Jonggrang, namun sesungguhnya hanya ada sekitar 240 candi di kompleks tempat wisata ini. Tempat wisata ini menghadap timur, tetapi terdapat empat pintu masuk di masing-masing mata angin. Gerbang utama candi ini ialah yang berada di sebelah timur.

Candi Prambanan terletak di dua kabupaten dan dua provinsi sekaligus yaitu Sleman, Yogyakarta, dan Klaten, Jawa Tengah. Jika anda ingin berkunjung ke candi prambanan anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp30.000 untuk orang remaja sedangkan Rp12.500 untuk anak-anak.

Tempat Wisata Air umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok
Tempat wisata setelah candi prambanan yaitu Umbul Ponggok ialah salah satu tempat wisata di Klaten Jawa Tengah, yang sekarang ini lagi ramai ramainya. Nama obyek wisata ini terdiri dua kata Umbul yang berarti mata air dan Ponggok ialah nama sebuah desa. Kaprikornus jikalau diartikan secara eksklusif mempunyai arti mata air yang berada di desa Ponggok.

Tempat ini berupa mata air yang dijadikan sebagai kolam besar yang mampu dijadikan tempat untuk snorkeling, berenang ataupun diving. Disini kita mampu melaksanakan hal tersebut alasannya disediakan tempat penyewaan alatnya ibarat Snorkel, kaki katak dan juga pelampung. Kaprikornus anda yang tidak mampu berenang, jangan khawatir untuk mencoba menceburkan diri ke kolam ini.

Selain itu, disini terdapat jasa foto untuk prewedding didalam air dan juga pernak pernik suplemen ibarat sepeda, TV beserta stik playstation yang tentunya hanya untuk properti foto di dalam air. Untuk foto pre wedding sendiri pada ketika menanyakan pada salah satu tempat penyewaan disitu, mematok satu setengah juta dan itu belum dengan pakaiannya yang mampu kita bawa sendiri dari rumah. Harga tiket masuk wisata ini sebesar Rp.5000/orang.

Tempat Wisata Mata Air Cokrotulung Klaten
Cokrotulung
Tempat wisata air seluas 10 hektar ini sesungguhnya berjulukan Objek Wisata Mata Air Cakra. Namun, lebih terkenal dengan sebutan Cokro Tulung alasannya letaknya di Desa Cokro, Kecamatan, Tulung, Klaten. Istimewanya ialah air di tempat wisata ini jernih dan segar alasannya eksklusif dari mata air Cakra. Tak hanya itu, tempat wisata di sini juga menyuguhkan wahana lainnya, ibarat waterboom, kolam arus, kolam slinder, jembatan goyang, dan flying fox.

Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, Klikers dikenai biaya retribusi hanyna sebesar Rp 10.500 per orang. Letak tempat wisata ini lebih bersahabat jikalau ditempuh Klikers yang berangkat dari Solo menuju Jogja, yakni di simpang tiga arah pemancingan Janti, sebelum pertigaan Pakis, Delanggu.

Tempat Wisata Riverboarding di Kali Pusur Klaten
Riverboarding
Riverboarding merupakan salah satu wisata alam yang mampu dipilih untuk mengisi waktu luang ataupun liburan kita biar menyenangkan. Wisatawan mampu melaksanakan river boarding di Sungai Pusur. River Boarding ini melintasi tiga desa di kecamatan Tulung dan juga Kecamatan Polanharjo. Jalur sepanjang 10 kilometer yang mampu ditempuh selama tiga jam.

 Arus sungai sepanjang jalur river boarding ini bervariasi dari yang mengalir deras, teladas atau juga ada yang mengalir pelan. Arus akan bertambah deras jikalau debit air meningkat ketika demam isu hujan. anda bakal mencicipi sensasi mengarungi sungai dengan arus sungai yang bervariasi, ada kalanya deras, teladas dan pelan. Tapi jangan khawatir, setiap pengarungan boarding bakal didampingi dua orang operator.

Tempat Wisata Pemandian Jolotundo Klaten
Pemandian Jolotundo
Pemandian Jolotundo terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten, sekitar 8 kilometer dari arah Utara sentra Kabupaten Klaten. Pemandian ini memiliki luas sekitar 220 meter persegi dari kompleks areal objek wisata seluas 500 meter persegi. Terdapat 3 kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, 2 meter, 1.5 meter dan 1meter.

Tiket masuk pemandian ini Rp.4000,-/orang. Air di pemandian ini masih alami, tidak dikasih kaporit kaya pemandian-pemandian umum kebanyakan. Ada banyak sekali kemudahan yang disediakan pengelola, antara lain: toilet, kamar ganti pakaian, mushola, dan kantin.

Tempat Wisata Air Lepen Kencono Klaten
Wisata Air Lepen Kencono
Wisata murah di Klaten yang satu ini juga mampu menjadi alternatif liburan bersama keluarga. Namanya wisata air Lepen Kencono, berlokasi di Desa Polanharjo. Tempat ini merupakan sebuah objek wisata gres di Klaten. Disini terdapat beberapa jenis wahana permainan ibarat jembatan goyang, slider, tubbing anak, dan yang pasti airnya sangat jernih alasannya memanfaatkan sumber mata air Si Gedang. Untuk menikmati semua wahana tersebut pun tidak dipungut biaya.

Tempat Wisata Air Umbul Kapiler Klaten
Umbul Kapiler
Umbul Kapilaler ialah tempat pemandian putri yang masih digunakan masyarakat setempat untuk mandi. Dasar kolam ini masih berupa watu dan tanah. Umbul ini berada di bersahabat sumber mata air Si Gedang yang juga dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan air minum untuk dikemas menjadi air minum kemasan.

Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar. Berada di bawah rerimbunan pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya. Tempatnya yang rindang membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di tempat ini. Tidak dipungut biaya khusus untuk menikmati umbul ini alias gratis. Hanya saja waktu sore dan pagi hari umbul ini digunakan masyarakat setempat untuk mandi. Umbul ini berada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo.

Tempat Wisata Galuh Tirto Nirmolo Klaten
Galuh Tirto Nirmolo
Waterpark Galuh Tirtonirmolo lokasinya terletak di Jln. Manisrenggo Km 1 Pemukti Baru,Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. yaitu sekitar 1km kearah timur dari Candi Prambanan, dari jalan Solo masuk kearah utara kira-kira 300 meter kanan jalan ada Hotel Galuh. Tempatnya sangat nyaman. Cocok sebagai Wahana bermain bawah umur dan juga untuk berlibur bersama keluarga.

Di galuh Tirto Nirmolo terdapat 8 kolam yang masing-masing ukurannya dan ada banyak prosotannya, ada yang untuk bawah umur dan juga untuk dewasa. Juga terdapat wahana permainan ibarat bom bom car, bom bom boat, komedi putar, dan becak mini, dan masih banyak lagi. Yang tak kalah menariknya ada Flying fox. Ada juga untuk menyewa ban. Di dalam banyak juga yang jualan makanan dan minuman. Disini juga ada Mushola.

Tempat Wisata Sejarah Candi Merak Klaten
Candi Merak
Candi Merak ialah peninggalan purbakala berupa kompleks percandian di Dukuh Candi, Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasi ini berada di sebelah barat laut dari wilayah Klaten, berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Sleman. Menurut Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah luas kompleks candi Merak sekitar 2.000 meter persegi.Candi Merak terdiri dari satu candi induk yang menghadap ke timur dan tiga candi perwara yang semua menghadap ke barat ke arah candi induk.

Keelokan arsitektur bangunan candi Merak sejatinya tidak kalah manakala dibadingkan dengan candi-candi yang sepantaran pembuatannya ibarat candi Sewu, candi Prambanan, dan candi Plaosan. Bahkan, konon candi ini seusia dengan candi Bima yang ada di Kompleks candi Dieng. Prakiraan ini atas dasar adanya kudhu dan kala makara di candi Merak yang identik dengan yang ada di candi Bima di wilayah dataran tinggi kabupaten Wonosobo tersebut.

Biaya tiket masuk ke Candi Merak Klaten gak mahal kok pemirsa. Cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 1.000. Sedangkan kalo mau pake guide dan berfoto-foto di komplek candi dipungut biaya Rp 10.000.

Tempat Wisata Museum Gula Gondang Winangan Klaten
Museum Gula Gondang
Museum Gula Winangan terletak di Gondangwinangun, kecamatan Jogonalan, kabupaten Klaten, yang berbatasan dengan Propinsi Jogjakarta di sebelah barat dan Surakarta di sebelah timur. Bagi kebanyakan orang, museum layaknya ibarat tempat rosokan (barang bekas) yang tidak lagi berfungsi dan tidak perlu banyak dilihat. Maka tak heran kalau museum merupakan tempat wisata terakhir yang menjadi alternatif terakhir oleh kabanyakan masyarakat.

Didalam museum dipamerkan peta perkebunan gula yang ada diseluruh Jawa Tengah, termasuk semua pabrik gula yang masih beroperasi maupun tidak beroperasi. Diperkenalkan juga cara menaman tebu serta proses pemanenan di sawah, banyak foto-foto menjadi gosip yang berharga wacana perkebunan gula jaman dulu, keadaaan gedung pabrik ketika masa awal didirikan.

Untuk biaya tiket masuk museum satu orang dikenakan Rp. 5.000,- . Lokasi museum ini letaknya hanya sekitar 10 km ke arah timur dari ujung Candi Prambanan (perbatasan Klaten � Jogja) atau perjalanan 10 menitan.

Tempat Wisata Alam Bukit Clongop Klaten
Wisata Bukit Clongop Klaten
Bukit Clongop ialah nama suatu tempat di wilayah Watugajah Gedangsari. Terletak di sebelah utara kecamatan Gedangsari kira-kira berjarak 3 km dari kota kecamatan Gedangsari, atau berjarak 3 km kearah selatan dari balai desa Watugajah.

Karena letaknya yang tinggi, maka dinamakan Clongop. Menurut bahasa Jawa clongop berasal dari istilah tansah angop (menguap). Atau mampu juga berasal dari kata clong-clongan kemudian angop yang artinya setelah kita jalan-jalan kemudian istirahat melepas penat kemudian kita menguap alasannya ngantuk.

Pada hari ahad atau libur bukit Clongop Gedangsari ini banyak dikunjungi orang, baik kaum remaja, bawah umur atau orang bau tanah terutama pada sore hari untuk refresing atau ingin melepaskan lelah, tak ketinggalan para komunitas pothograper yang ingin mengambil momen pemandangan yang indah.

Tempat Wisata Sejarah Candi Lumbung Klaten 
Candi Lumbung
Tempat wisata setelah bukit Clongop, yaitu Candi Lumbung. Candi ini berada di satu kompleks dengan Taman Wisata Candi Prambanan, yaitu di sebelah candi Bubrah. Candi ini telah masuk ke wilayah Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Klaten.

Candi Lumbung memiliki ukuran yang tidak begitu besar, hanya berukuran 8,7 m x 8,7 m. Tinggi bangunan candi 8 m. Pada bab tengah candi terdapat sebuah sumur candi yang difungsikan sebagai tempat menyimpan kotak peripih. Candi Lumbung tidak memiliki candi pendamping (candi perwara) dan hanya berdiri sebagai candi tunggal.

Tempat Wisata Sejarah Candi Sewu Klaten
Candi Sewu
Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur di Jawa Tengah. Candi Sewu berusia lebih bau tanah daripada Candi Borobudur dan Prambanan. Candi Sewu Klaten berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Dari namanya kita mampu ketahui, bahwa candi ini memiliki jumlah seribu, tapi ternyata tidak demikian.

Tepatnya, gugusan Candi Sewu terdiri atas 249 buah candi, terdiri atas 1 candi utama, 8 candi pengapit atau candi antara, dan 240 candi perwara. candi ini berdekatan dengan Candi Prambanan, yaitu kurang lebih 800 meter di sebelah selatan arca Rara Jongrang. Candi utama terletak di tengah, di ke empat sisinya dikelilingi oleh candi pengapit dan candi perwara dalam susunan yang simetris.

Tempat Wisata Agrowisata Gondang Winangoen
Agrowisata Gondang Winangoen
Agrowisata Gondang Winangoen merupakan tempat wisata yang berada di tempat pabrik gula gondang, lokasinya berada di Desa Gondang, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Disini para wisatawan mampu melihat bagaimana proses pembuatan gula pasir dan mengunjungi museum gula dimana anda mampu mengetahui sejarah industri gula dari masa ke masa, selain itu disini juga ada Green Park yang menyediakan waterpark serta permainan ibarat outbound, flying fox dan lain sebagainya.

Tempat Wisata Rowo Jombor Klaten
Rowo Jombor Klaten
Rowo Jombor merupakan sebuah cekungan atau rowo yang dikembangkan menjadi obyek wisata daerah. Dahulu Rowo Jombor hanya dimanfaatkan sebagai penampung air. Kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata dengan cara membuat gethek (perahu penumpang dari bambu) di rowo dan masyarakat dapat membayar sejumlah uang jikalau ingin menaikinya.

Setelah itu Rowo Jombor dikembangkan lagi dengan membuat warung apung, yakni tempat makan yang terapung di atas rowo. Warung apung ini jumlahnya puluhan dan masing-masing memiliki nama tersendiri. Pembangunan warung ini dari rangkaian bambu dan dibawahnya dipasang drum supaya dapat terapung.

Tempat Wisata Alam Deles Indah Klaten
Deles Indah
Deles Indah merupakan objek wisata yang terletak di lereng sebelah timur kaki Gunung Merapi, sekitar 25 km dari sentra kota Klaten. Deles Indah berada di wilayah desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, dengan ketinggan antara 800 � 1300m di atas permukaan laut. Lokasi ini mempunyai potensi khusus suasana pemandangan alam pegunungan.

Dari lokasi objek wisata Deles Indah dapat dilihat pemandangan puncak merapi dengan nyata, termasuk pemandangan kota Klaten, cerobong perusahaan Pabrik Gula Gondang Baru dan perusahaan Pabrik Gula Ceper Baru, demikian juga Rawa Jombor dengan jajaran gunung kapurnya. Lokasi Deles Indah sendiri terletak di bawah radius 10 km dari puncak Merapi ini sudah dihuni kembali

Untuk masuk ke wisata alam ini cukup murah . Cuma Rp 2.000 saja.dan untuk Ongkos parkir juga cuma Rp 2.000 saja. Cukup dengan dana yg murah meriah kau mampu menerima pemandangan asik ibarat ini.

Tempat Wisata Goa Suran Klaten
Goa Suran Klaten
Gua Suran ialah Sebuah gua yang terletak di Kalurahan Jatinom, Kecamatan Jatinom. Gua ini dipergunakan sebagai tempat sujud dan semedi Kyai Ageng Gribig pada waktu belum bias membuat masjid. Gua berbentuk leter L dengan kedalaman � 4 m. Disamping gua terdapat Sendang Suran sebagai tempat wudlu Kyai Ageng Gribig. Lokasi ini sekarang dipergunakan untuk tempat penyebaran apem yang dilakukan tiap tiap bulan Syapar.

Tempat Wisata Kuliner Warung Apung Rowo Jombor Klaten
Warung Apung Klaten
Warung Apung Rowo Jombor Klaten ketika ini menjadi salah satu wisata air unggulan di Kabupaten Klaten. Pada hari Minggu dan hari libur banyak sekali warga Klaten dan sekitarnya yang menyempatkan datang untuk menikmati wisata masakan sajian masakan air tawar di Warung Apung Rowo Jombor Klaten.

Warung Apung Jombor terletak di Desa Krakitan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Lokasi Rowo Jombor sendiri ialah berupa cekungan yang luas dan dapat menampung air hingga 4 juta meter kubik. Awalnya Rowo Jombor ini difungsikan sebagai waduk, namun lambat laun dikembangkan menjadi daerah wisata. Untuk masuk ke tempat Wisata Rowo Jombor anda akan dikenakan tarif karcis sebesar 5 ribu rupiah.

Tempat Wisata Religi Makam Sunan Pandanaran Klaten
Makam Sunan Pandanaran
Sunan Pandanaran merupakan salah satu tokoh penyebar agama islam di Jawa, khususnya di Klaten dan sekitarnya. Beliau hidup se-jaman dengan Wali Songo, namun memang tidak termasuk salah satu dari 9 wali tersebut. Makamnya terletak di perbukitan Jabalkat desa Paseban yang termasuk wilayah kecamatan Bayat, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Hingga ketika ini kompleks pemakaman tersebut banyak diziarahi masyarakat dari seluruh penjuru tanah air.

Makam terletak di perbukitan gunung Jabalkat, Paseban, Bayat, Klaten. Posisi makam berada pada ketinggian membuat suasana sangat hikmat dan tenang. Bahkan, pada malam hari banyak pengunjung yang melaksanakan ziarah dan melaksanakan tirakatan di lingkungan makam. Agar dapat masuk, Anda harus membayar retribusi seharga Rp2.000 per orang.

Tempat Wisata Taman Lampion Klaten
Taman Lampion Klaten
Tempat wisata di Klaten berikutnya ialah sebuah taman yang menjadi tempat nongkrong bawah umur muda juga keluarga, baik siang hari juga malam hari. Taman ini sendiri menjadi salah satu icon wisata gres yang terdapat di Kota Klaten tepatnya di Bareng Lor, Klaten Utara belakang kantor PMI. Pernah dengar ada Taman Lampion di Klaten ? Jika belum, anda harus update gosip obyek wisata di Kabupaten Klaten. Taman Lampion ialah sebuah icon wisata gres yang terdapat di Kota Klaten tepatnya di Bareng Lor, Klaten Utara belakang kantor PMI.

Tujuan awal dari pembangunan taman ini ialah untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Klaten. Waktu terbaik untuk datang ke Taman Lampion ialah pada waktu sore hingga malam hari alasannya pada malam hari akan ada banyak lampu berwarna warni yang akan menambah semarak Taman LAmpion Bareng Lor ini. Pada siang hari suasana masih panas alasannya pepohonan yang ditanam di taman ini masih kecil jadi belum mampu diandalkan sebagai peneduh taman ini. Taman yang dibangun dengan tujuan untuk menambah ruang terbuka hijau ini, kini semakin diminati oleh masyarakat Klaten untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.

Untuk anda yang tertarik menghabiskan waktu liburan di taman lampion ini, silahkan datang kapan saja, namun waktu terbaiknya ialah sore hingga malam hari alasannya pada malam hari akan ada banyak lampu berwarna warni yang akan menambah semarak Taman LAmpion Bareng Lor ini. Pada siang hari suasana masih panas alasannya pepohonan yang ditanam di taman ini masih kecil jadi belum mampu diandalkan sebagai peneduh taman ini.

Tempat Wisata  Pemandian Lumban Tirto Klaten
Lumban Tirto Klaten
Tempat wisata di Klaten selanjutnya ialah pemandian lumban tirto yang ada di Desa Daleman, Kecamatan Tulung Jarak dari kota Klaten � 17km Luas 25m x 8m = 200m2 Luas tempat 700m2 Kedalaman rata rata 1,5m Fungsi sebagai kolam renang Disebelah barat laut lokasi pemandian Lumban Tirto tersebut terdapat Umbul Ingas dengan pemandangan panorama yang bagus, disini sumber air ini digunakan untuk air minum Kraton Surakarta Hadiningrat atas prakarsa Paku Buwono X hingga sekarang

Tempat Wisata Umbul Manten Klaten
Umbul Manten
Umbul Manten, atau ada juga yang mengenal dengan nama Umbul Janti ialah sumber air segar sebening beling yang ada di Klaten. Tempat wisata terbaru ini sekarang ikut meramaikan pariwisata Klaten. Iya, belakangan ini nama Klaten makin sering terdengar jawaban eksistensi Umbul Ponggok yang memang keberadaannya sudah banyak dikenal warga setempat dari dulu.

Sekarang ini, ada satu wisata gres di Klaten, yang namanya dikenal dengan Umbul Manten. Seperti apakah sesungguhnya tempat wisata terbaru di Klaten ini? Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu kalau di Klaten itu sesungguhnya terdapat banyak sumber mata air alami yang dalam Bahasa Jawa disebut dengan umbul.

Untuk menikmati kesejukan tempat wisat terbaru Klaten ini tidaklah terlalu mahal. Kalian hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar IDR 2 ribu. Murah sekali bukan? Namun sayang alasannya belum digarap secara professional, kemudahan dasar ibarat kamar mandi juga belum tersedia. Disini hanyalah ada sebuah kamar ganti yang masih sangat sederhana. Namun, tentu itu nggak menyurutkan kalian untuk berlibur ke Umbul Manten di Klaten Bukan?

Tempat Wisata Umbul Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani
Umbul Tirto Mulyono dan Mulyani
Tempat wisata di Klaten yang menarik untuk kita kunjungi selanjutnya ialah umbul mulyono dan mulyani. Dimana umbul mulyono diperuntukan untuk laki-laki dan umbul mulyani untuk perempuan. Lokasi pemandian umbul tirto mulani dan mulyono ada di Desa Pluneng Kec. Kebonarum, Kabupaten Klaten.

Pemandian (Kolam Renang) Tirtomulyono yang merupakan pemandian dengan sumber air alam yang besar yang dahulu digunakan untuk mandi para putera (laki-laki).

Tempat Wisata Candi Sojiwan Klaten
Candi Sojiwan Klaten
Candi Sojiwan merupakan perpaduan antara candi hindu dan budha. Di candi ini wisatawan dapat menyaksikan aneka relief yang berisikan fabel atau bersantai di tamannya nan cantik dan asri. Mungkin tak banyak orang yang tau mengenai eksistensi Candi Sojiwan. Hal ini mampu saja dikarenakan candi ini gres selesai dipugar dan dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2011. Sebelum itu candi ini hanya berupa reruntuhan dan bongkahan-bongkahan watu yang tidak menarik untuk dikunjungi.

Padahal, lokasi candi ini tidak jauh dari Candi Prambanan dan Candi Plaosan yang sudah dikenal wisatawan lebih dulu. Sepintas lihat bentuk Candi Sojiwan memiliki gaya bangunan yang sama dengan Candi Prambanan, ramping dan tinggi. Namun ada 1 hal mendasar yang membedakannya, jikalau Candi Prambanan merupakan candi hindu, maka Candi Sojiwan merupakan perkawinan antara candi hindu dan budha. Atap candi bersusun tiga. Pada tiap tingkatannya terdapat jajaran stupa kecil, sedangkan di puncak candi terdapat stupa yang besar.

Candi Sojiwan terletak di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Meski secara administratif masuk wilayah Jawa Tengah, lokasi Candi Sojiwan cukup bersahabat dengan Yogyakarta. Jika datang dari arah Yogyakarta, Anda cukup belok kanan di lampu merah Gerbang Candi Prambanan. Setelah itu ikuti jalan hingga menyeberang rel kereta api dan areal persawahan. Di pertigaan pertama silahkan belok kiri (timur), Candi Sojiwan terletak tidak jauh dari situ.

Tempat Wisata Hutan Kota Gergunung Klaten
Hutan Kota Gergunung
Tempat wisata di Klaten yang terakhir dari kami ialah hutan kota Gergunung yang merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hits di Klaten. Hutan Kota Gergunung sendiri merupakan rumah-rumah burung warna-warni yang berdiri memesona. Lokasinya di Jalan Ki Ageng Gribig, Klaten Utara. Waktu terbaik mengujungi tempat ini ialah ketika sore hari.

Baca juga : Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 28 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi semoga mampu bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar