21 Tempat Wisata di Cirebon yang Terkenal Dikunjungi

Tempat Wisata di Cirebon - Cirebon merupakan salah satu kota paling bau tanah yang ada di Jawa. Kota ini kaya akan sejarah dan kebudayaan. Selain itu, Kota Cirebon juga pernah jadi sentra peradaban islam yang ada di Indonesia. Secara geografis, Cirebon terletak di jalur sibuk antara wilayah Barat dan Timur pulau Jawa. Inilah potensi geografis yang mengakibatkan Cirebon sebagai jalur distribusi ekonomi dan pertanian yang strategis.

Cirebon ketika ini berkembang dengan pesat, dengan kondisi infrastruktur yang memadai dan membaik hari demi hari. Anda akan sangat mudah menjangkau banyak sekali tempat wisata Cirebon yang menarik untuk dikunjungi. Tersedia banyak taksi, angkot, hingga becak yang siap mengantarkan Anda untuk mengelilingi kota Cirebon. Menikmati masakan Cirebon yaitu salah satu acara wisata yang sayang untuk dilewatkan selain pula membeli batik Cirebonan yang terkenal itu di Kampung Batik Trusmi.

Baca juga : Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Cirebon yang Terkenal Dikunjungi
Di Cirebon banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik. Dihimpun dari banyak sekali sumber, berikut ini yaitu sejumlah tempat wisata di Cirebon paling menarik dan patut Anda kunjungi tatkala berada di Cirebon.

1. Tempat Wisata Keraton Kasepuhan Cirebon
Keraton Kasepuhan
Nah tempat wisata yang pertama yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton ini bangunannya masih terjaga dengan baik dan merupakan keraton paling megah yang ada di Kota Cirebon. Keraton Kasepuhan dibangun pada 1529. Sebelum dinamakan Keraton Kasepuhan, bangunan ini berjulukan Keraton Pakungwati. Nama tersebut dipakai sebagai simbol penghormatan terhadap Panembahan Pakungwati I (Pangeran Mas Mochammad Arifin). Keraton Kasepuhan dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati.

Bangunan ini kaya akan sejarah dan mempunyai sebuah museum yang di dalamnya terdapat bermacam koleksi benda pusaka serta lukisan milik kerajaan. Ketika tiba di obyek wisata yang satu ini, anda seolah tengah berada di masa dulu. Akulturasi budaya sangat terasa ketika menjelajah satu per satu sudut Keraton Kasepuhan Cirebon. Tak hanya ada budaya Sunda dan Jawa saja, melainkan juga Eropa, India, Cina, Arab.

Beberapa fakta percampuran kebudayaan dapat kita lihat pada tembok yang mengelilingi bangunan keraton terbuat dari bata merah (khas Jawa), gerbang ibarat pura yang ada di Pulau Dewata, pagar Siti Hingilnya yang terbuat dari keramik asal negeri tirai bambu, gesekan gaya Eropa di pintu gapura, patung macan putih yang ada di gerbang sebagai tanda bahwa Kesultanan Cirebon yaitu penerus dari Kerajaan Pajajaran dan terdapat pengaruh agama hindu kala itu. Apabila anda melangkah ke halaman belakang keraton, akan dijumpai sumur yang airnya berasal dari mata air keramat serta taman nan cantik. Untuk masuk ke lokasi wisata yang satu ini, anda harus membayar tiket seharga Rp 8.000,-.

Alamat: Jalan Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114.

2. Tempat Wisata Keraton Kanoman Cirebon
Keraton Kanoman
Keraton Kanoman pada awalnya yaitu sentra peradaban Kesultanan Cirebon yang dalam perjalanan kesultanan hasilnya terpecah menjadi Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Keprabon. Dibangun oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya, yang bergelar Sultan Anom I pada tahun 1588, Keraton Kanoman ini yaitu salah satu tonggak sejarah kota Cirebon dan perkembangan Islam di Cirebon.

Di keraton ini, terdapat museum yang menyimpan banyak sekali benda bersejarah, ibarat Kereta Perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana. Kereta Paksi Naga Liman memiliki dua sayap di kanan kiri. Inilah simbol paksi atau burung atau buroq yang mewakili kebudayaan Islam. Badan serta wajah kereta ibarat naga bertanduk (China), tetapi memiliki belalai ibarat gajah (Hindu).

Di keraton ini, juga akan Anda jumpai piring-piring porselen asli Tiongkok yang menjadi penghias dinding. Di masa lampau, akulturasi kebudayaan dunia terjadi di Cirebon. Untuk hingga di tempat wisata Cirebon yang satu ini, Anda harus menyusuri pasar kanoman hingga hasilnya menemukan keraton. Anda akan dikenakan biaya masuk Keraton Kanoman sebesar Rp 5 ribu per orang.

Alamat Keraton Kanoman: Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Cirebon

3. Tempat Wisata Taman Ade Irma Suryani Cirebon
Taman Ade Irma
Taman yang dahulu berjulukan Taman Traffic Garden Cirebon ini berlokasi persis di pinggir laut pantai utara Cirebon, letaknya berdampingan dengan pelabuhan Cirebon. Pesona tempat wisata Cirebon yang satu ini terletak pada ketersedian banyak sekali permainan anak-anak, kebun binatang, wisata pantai, hingga hiburan berupa program musik di hari Minggu yang didukung banyak artis terkenal. Inilah alasannya yaitu mengapa Taman Ade Irma Suryani yaitu salah satu destinasi wisata keluarga di Cirebon yang populer.

Daya tarik taman ini bahkan tak jarang mencatatkan kunjungan wisatawan dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Berdiri di areal lahan seluas 2.5 hektar, taman yang yaitu pula ruang terbuka hijau di Cirebon ini sedang berbenah untuk menjadi salah satu destinasi favorit di Cirebon. Pengembangan Taman Lalu Lintas di taman ini yaitu salah satu pilihan yang sedang dikerjakan dan menjadi adegan yang integral terhadap pembangunan sarana perhotelan dan daerah wisata air di tempat wisata Cirebon yang satu ini.

4. Tempat Wisata Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon
Gua Sunyaragi
Tempat wisata Cirebon yang satu ini yaitu sebuah daerah cagar budaya dengan luas area 1.5 hektar yang dibangun pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon. Di sinilah tempat bertapa dan beristirahat Sultan Cirebon dan keluarganya. Oleh karenanya, terkenal dengan sebutan Sunyaragi. Sunya artinya sepi, Ragi artinya raga, atau tempat untuk bermeditasi (menyepi).

Di area objek wisata Cirebon ini, terdapat sekitar 18 bangunan kuno yang secara arsitektural yaitu perpaduan antara Indonesia klasik dan China pada setiap ornamen bangunan. Inilah daya tarik tempat wisata di Cirebon yang satu ini.

Selain para penyuka tempat-tempat bersejarah, para pecinta fotografi juga menyukai daerah Taman Sari Gua Sunyaragi dengan kondisi yang artistik. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Taman Sari Gua Sunyaragi sebesar Rp 10 ribu per orang, terbuka untuk umum semenjak pukul 8 pagi hingga 4 sore.

5. Tempat Wisata Banyu Panas Palimanan Cirebon
Banyu Panas Palimanan
Banyu Panas Palimanan yaitu tempat pemandian air panas di Cirebon yang ramai dikunjungi, terlebih di ketika selesai pekan dan hari libur. Tempat wisata di Cirebon yang satu ini berada dalam wilayah sebuah pabrik semen, yakni PT Indocement Tunggal Prakarsa. Oleh alasannya yaitu itu, Anda harus melewati pos penjagaan yang ada di pabrik tersebut untuk dapat masuk.

Warna hijau pepohonan dan abu-abu batuan kapur Gunung Kromong cukup secara umum dikuasai di daerah pemandian air panas ini. Banyu Panas Palimanan dikenal masyarakat Cirebon dengan sumber air yang memiliki kandungan welirang cukup tinggi, sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tersedia banyak sekali jenis kolam mandi, dengan ketersediaan kamar bilas, kamar ganti, dan toilet. Untuk dapat masuk ke lokasi pemandian, Anda harus membayar tiket masuk Banyu Panas Palimanan sebesar Rp 4.500 per orang. Untuk berendam air panas, Anda akan dikenai tarif sebesar Rp 6 ribu per orang.

Alamat: Jl. Raya Cirebon - Palimanan, Palimanan Bar., Palimanan, Cirebon, Jawa Barat 45161.

6. Tempat Wisata Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Sang Cipta
Inilah masjid agung di Cirebon, terletak di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, persis bersebelahan dengan alun-alun keraton. Masjid agung ini pada awalnya berjulukan Masjid Pakungwati, mengikuti nama keraton yang dahulu berjulukan Keraton Pakungwati. Inilah juga masjid yang dibangun oleh para wali pada masa Sunan Gunung Jati memerintah sebagai sultan pertama di Kesultanan Cirebon. Pada lokasi mihrab, terdapat tiga buah kerikil tegel lantai khusus yang dulu dipasang oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, dan Sunan Kalijaga.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa yaitu landmark yang menarik di Cirebon, dengan sembilan pintu yang menyimbolkan Wali Songo. Pintu masuk ke bangunan utamanya yang sungguh kecil membuat Anda harus membungkuk untuk masuk, inilah filosofi penghormatan untuk masuk ke rumah Allah. Konon, Masjid Agung Sang Cipta Rasa yaitu pasangan dari Masjid Agung di Demak. Di masa ketika pembangunan Masjid Agung Demak dilakukan, Sunan Gunung Jati meminta izin untuk membangun pasangannya di Cirebon.

Alamat: Jl. Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114

7. Tempat Wisata Kerajinan Batik Trusmi
Kerajinan Batik Trusmi
Kerajinan Batik Trusmi yaitu satu sentra produksi batik yang ada di Cirebon. Nama Trusmi diambil dari nama salah satu murid Sunan Gunung Jati (Ki Gede Trusmi) yang mengajarkan agama islam sekaligus cara membatik pada penduduk Kota Cirebon. Ketika hingga sentra kerajinan batik ini, kita akan dapati dua jenis batik yaitu batik keraton dan batik pesisir.

Dari Keraton Kasepuhan dan Kanomanlah konon muncul beberapa corak batik cirebonan klasik yang hingga dengan ketika ini masih diproduksi oleh masyarakat di Desa Trusmi. Sama ibarat batik di wilayah nusantara lainnya, batik Cirebon juga ada yang dibuat menggunakan tangan (tulis), cap, maupun campuran batik cap dan batik tulis.

Beberapa teladan motif batiknya antara lain yaitu patran keris, patran kangkung, mega mendung, singa barong, singa payung, ayam alas, gunung giwur, simbar kendo, sawat penganten, dan lain sebagainya. Alamat : Trusmi Kulon, Plered, Cirebon.

8. Tempat Wisata Taman Wisata Siwalk Cirebon
Taman Wisata Siwalk
Salah satu lokasi outbond di Kota Cirebon yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu Siwalk. Taman wisata ini selain menarik karena outbondnya juga disebabkan oleh pemandangan alam dengan perbukitan hijau serta sawah di sekelilingnya. Taman dengan luas lahan 175 hektar ini memiliki beraneka ragam wahana permainan, antara lain yaitu flying fox, speed boat, ATV, zona petualangan, area mancing, hingga dengan kolam renang.

Kegiatan menarik yang dapat kita lakukan tatkala berada di Siwalk yaitu menyewa getek dan menyusuri Situ Patok yang pesona alamnya sungguh menawan serta main golf. Sangat cocok menjadi pilihan wisata untuk keluarga. Untuk masuk Taman Wisata Siwalk, anda harus membayar tiket seharga Rp 3.000,-.

Alamat: Setupatok, Mundu, Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat 45173.

9. Tempat Wisata Setu Patok Cirebon
Danau Setu Patok

Tempat wisata ini sangat rupawan dan mempunyai area pemancingan serta rekreasi air. Luas tempat wisata ini kurang lebih 175 hektar. Apabila ditempuh dari Kota Cirebon jaraknya sekitar 6 km. Pemandangan di situ patok ini sangatlah indah.

Khususnya pada ketika matahari mulai terbenam, warna langit yang mnguning akan memancarkan cahayanya di permukaan air. Sangat bagus untuk menikmati sunset di danau situ patok ini di sore hari.

10. Tempat Wisata Wanawisata Ciwaringin Cirebon
Wanawisata Ciwaringin
Salah satu pesona keindahan yang dapat anda nikmati apabila anda berwisata ke daerah ini yaitu keindahan alam yang begitu alami bersanding dengan suburnya pepohonan rindang yang berwarna hijau. Tak pelak, daerah ini akan menyejukkan hati anda. Terutama bagi anda yang ingin sekadar melepas kepenatan, daerah ini wajib anda kunjungi.

Apabila anda memiliki hobby memancing, daerah ini memiliki sebuah danau yang dinamai Danau Ciranca. Anda dapat menghabiskan waktu duduk hening sambil memancing di danau ini tanpa dipungut biaya. Anda pun dapat membawa pulang ikan hasil pancingan yang pastinya akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi anda. Selain memiliki danau, daerah ini juga memiliki arena motor cross yang pada ketika tertentu digunakan sebagai arena balap antarpengendara motor cross yang dapat dijadikan sebagai tontonan yang menarik.

11. Tempat Wisata Kuliner Desa Cikalahang
Desa Wisata Cikalahang
Mencuatnya nama Desa Wisata Cikalahang tak lepas dari eksistensi tempat wisata Telaga Remis yang memang lebih dulu populer di kalangan wisatawan. Lokasi keduanya berdekatan, sehingga tingginya tingkat kunjungan ke Telaga Remis dimanfaatkan masyarakat di Desa Cikalahang untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan.

Seiring berjalannya waktu, Desa Wisata Cikalahang pun ikut terangkat dan makin terkenal dengan area pemancingan, kelezatan ikan bakarnya, serta suasana yang sejuk karena berada di bawah kaki Gunung Ciremai. Nggak heran, Desa Wisata Cikalahang ini berkembang pesat dan sering dipadati travelers, khususnya ketika selesai pekan atau ekspresi dominan liburan.

Dengan didukung fasilitas lain ibarat cottage, kolam renang serta telaga, membuat eksistensi Desa Wisata Cikalahang makin terdongkrak, bahkan membuat daerah ini dikenal sebagai pusatnya masakan olahan ikan tawar Cirebon, ibarat ikan mas, nila, gurame, patin, dan lain-lain. Serunya lagi, kau nggak hanya sekadar menyantap lezatnya ikan tawar olahan, tapi mampu lebih dulu menangkap ikan dengan memancing. Banyak restoran di daerah Desa Wisata Cikalahang yang sengaja menyediakan kolam supaya pengunjung mampu menyalurkan hobi mereka sebelum mengisi perut yang keroncongan.

12. Tempat Wisata Situ Sedong Cirebon
Situ Sedong
Situ Sedong merupakan obyek wisata berupa danau buatan atau waduk yang banyak dikunjungi terutama menjelang sore hari. Sinar matahari yang mulai karam akan semakin memperindah pemandangan sekitar danau layaknya melihat sunset di pantai.

Tempat ini letaknya kurang lebih 26 km dari sentra kota Cirebon. Tempat wisata ini tak terlalu luas dan belum memiliki kemudahan yang memadai. Akan tetapi, sunset di Situ Sedong sangatlah indah, jadi banyak fotografer yang mengabadikan momen tenggelamnya sang surya itu dari daerah Situ Sedong.

13. Tempat Wisata Taman Ade Irma Suryani
Taman Ade Irma Suryani
Taman yang dahulu berjulukan Taman Traffic Garden Cirebon ini berlokasi persis di pinggir laut pantai utara Cirebon, letaknya berdampingan dengan pelabuhan Cirebon. Pesona tempat wisata Cirebon yang satu ini terletak pada ketersedian banyak sekali permainan anak-anak, kebun binatang, wisata pantai, hingga hiburan berupa program musik di hari Minggu yang didukung banyak artis terkenal.

Inilah alasannya yaitu mengapa Taman Ade Irma Suryani yaitu salah satu destinasi wisata keluarga di Cirebon yang populer. Daya tarik taman ini bahkan tak jarang mencatatkan kunjungan wisatawan dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Berdiri di areal lahan seluas 2.5 hektar, taman yang yaitu pula ruang terbuka hijau di Cirebon ini sedang berbenah untuk menjadi salah satu destinasi favorit di Cirebon.

Pengembangan Taman Lalu Lintas di taman ini yaitu salah satu pilihan yang sedang dikerjakan dan menjadi adegan yang integral terhadap pembangunan sarana perhotelan dan daerah wisata air di tempat wisata Cirebon yang satu ini.

Alamat: Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111.

14. Tempat Wisata Pantai Kejawanan Cirebon
Pantai Kejawanan Cirebon
Cirebon yang lebih dikenal dengan kota Udang atau kota Wali ini tak hanya memiliki objek objek selain sejarah Kewalian dan juga keraton yang dimilikinya, tentunya selain Cirebon merupakan daerah pelabuhan yang terletak di pinggiran pulau jawa pastinya mempunyai destinasi wisata berupa pantai yang ramai di kunjungi oleh masyarakat setempat maupun wisatawan, yaitu pantai Kejawanan jawabannya.

Merupakan sentra wisata pantai di Cirebon pantai Kejawanan sangat ramai dikunjungi apalagi ketika weekend, para pengunjung berbondong bondong berwisata ke pantai ini, dengan hanya Rp.1000,- and a dapat menikmati keindahan pantai Kejawanan. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso Kota Cirebon, terletak akrab Pelabuhan Cirebon serta Ade Irma Traffic Garden Cirebon, kalau menggunakan transportasi umum anda mampu bertanya dan meminta sopir untuk menurunkan anda di sana.

Di sini selain kita dapat bersantai sambil menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi, kita juga dapat menyewa perahu karet dengan biaya sebesar Rp 20.000,- untuk berkeliling pantai. Pantai ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Apalagi mengajak buah hati, pasti akan asyik bermain di pasir dan air laut.

15. Tempat Wisata Apita Waterboom Cirebon
Apita Waterboom
Apita Waterboom adalah obyek wisata yang cocok dikunjungi bersama dengan keluarga. Tempat ini cocok untuk liburan keluarga dan akan lebih ramai pengunjung ketika ekspresi dominan liburan. Banyak bawah umur akan puas bermain air dan menikmati wahana permainan air ketika berkunjung kemari.

Sehingga tempat ini tak pernah sepi pengunjung dari segala kalangan dan usia. Untuk harga tiket masuk tempat wisata di cirebon ini terbilang cukup murah meriah, yaitu hanya berkisar sebesar Rp. 10.000,- hingga dengan Rp. 15.000,-. Lokasi tempat wisata ini beralamat di Jalan Kedawung (samping Hotel Apita).

16. Tempat Wisata Bukit Gronggong Cirebon
Bukit Gronggong
Ketika anda memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, ada baiknya anda mengunjunginya di waktu senja atau sekalian di malam hari alasannya yaitu tempat ini akan menunjukkan keindahannya pada waktu malam hari. Ada beberapa pilihan tempat atau rumah makan yang dapat anda jadikan referensi, salah satunya rumah makan kelapa manis. Duduk kalem di siang hari di rumah makan ini juga perlu anda coba.

Selain itu, Banyak hal yang dapat anda lakukan ketika mengunjungi Bukit Gronggong, salah satunya yaitu menikmati keindahan kota Cirebon dari atas ketinggian sambil bersantai dan mencoba beberapa makanan khas yang disediakan. Di tempat ini banyak menyediakan makanan laut atau seafood, ikan dan cumi-cumi segar yaitu andalannya. Jadi, selain mampu menikmati kota Cirebon dari ketinggian anda juga mampu melaksanakan barbeque bersama teman-teman. Ada juga jagung bakar yang patut anda coba.

Alamat: Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat 45172.

17. Tempat Wisata Makam Sunan Gunung Jati
Makam Sunan Gunung Jati
Salah satu obyek wisata religi yang terkenal di Kota Cirebon yaitu Makam Sunan Gunung Jati. Hingga kini masih banyak peziarah baik dari Cirebon atau luar kota yang datang kemari. Tempat wisata di cirebon yang satu ini sangat ramai pengunjung maka tak heran bila wisata religi ini cukup terkenal di banyak sekali tempat. Makamnya mempunyai arsitektur yang unik (campuran Jawa, Arab, dan Cina pada hiasan keramiknya) dengan sembilan tingkat. Makam ini akan lebih ramai kunjungan pada hari-hari tertentu saja.

Alamat: Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Gunung Jati, Astana, Cirebon, Jawa Barat 45151

18. Tempat Wisata Plangon Cirebon
Plangon
Mengunjungi obyek wisata Plangon, kita mampu jumpai adanya Makam Pangeran Kejaksan serta Pangeran Panjunan. Selain itu magnet dari Plangon yaitu terdapat kera-kera liar yang menghuni tempat ini di samping panorama alamnya yang juga cantik.

Pemandangan layaknya hutan dengan kera-kera liar di banyak sekali tempat ini akan semakin membuat suasana hutan lebih terasa. Terlebih bagi para wisatawan pecinta binatang dan pecinta alam. Udara di tempat ini pun cukup sejuk dan jauh dari bunyi gaduh nan ramai.

Alamat: Babakan, Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45612

19. Tempat Wisata Telaga Remis 
Telaga Remis
Telaga Remis ini terlihat begitu rupawan dengan kealamiannya. Suasana alamnya begitu asri dan menyejukan. Telaga Remis ini ada di kaki gunung Ciremai, terletak di desa Kaduela, Kuningan, Cirebon. Telaga Remis memiliki air yang super jernih kehijauan, bahkan dasarnya terlihat sangat jelas.

Di sini juga terdapat remis (kerang air tawar) yang mampu dimakan, bahkan memiliki rasa yang lezat dan mengandung protein tinggi. Di sisi telaga yang berbatasan dengan hutan menghadirkan background yang keren banget buat foto Pre Wedding. Untuk masuk wilayah telaga Remis, WOvger hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000,-

20. Tempat Wisata Kuliner Sate Kalong Khas Cirebon
Sate Kalong
Tempat Wisata masakan cirebon yang pertama ini yaitu sebuah makanan khas dari Cirebon, yang walaupun namanya yaitu sate kalong akan tetapi materi dasar dari sate kalong ini bukanlah daging kelelawar akan tetapi materi dasar dari sate kalong ini yaitu daging kerbau. Kuliner di cirebon sate kalong ini di jajakan pada waktu mulai magrib hingga dengan tengah malam. Sekedar berita saja, untuk rasa dari sate kalong ini terdiri dari rasa asin dan rasa manis.

21. Tempat Wisata Kuliner Empal Gentong Khas Cirebon
Empal Gentong
Tempat Wisata masakan di cirebon yang wajib anda coba selanjutnya yaitu makanan yang berjulukan empal Gentong. Sebenarnya makanan empal gentong ini yaitu gulai daging sapi yang ketika proses pemasakan di masukkan kedalam gentong.

Rasa dari empal gentong ini yaitu legit dan juga menunjukkan sensasi rasa daging yang lembut dengan kuah ibarat dengan soto, maka rasa yang di hasilkan akan sangat lezat. Biasaya sebagai variasinya anda mampu memilih toppingnya ibarat kerupuk, sambal kering dan juga kucai.

Baca ini : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 21 Tempat Wisata di Cirebon yang Terkenal Dikunjungi nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar