36 Tempat Wisata di Karawang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Karawang - Kabupaten Karawang merupakan lokasi dari beberapa daerah industri, antara lain Karawang International Industry City KIIC, Kawasan Surya Cipta, Kawasan Bukit Indah City atau BIC di jalur Cikampek (Karawang). Salah satu industri strategis milik negara juga memiliki fasilitasnya di deretan daerah industri tersebut, yaitu Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia yang mencetak uang kertas, uang logam, maupun dokumen-dokumen berharga menyerupai paspor, pita cukai, meterai dan lain sebagainya.

Banyak yang tidak menyangka jikalau bahwasanya Karawang yaitu salah satu destinasi kota wisata yang menarik untuk dikunjungi loh. Karawang sendiri merupakan sebuah kabupaten yang ada di privinsi jawa barat. Karawang terletak dibagian utara jawa barat sehingga berbatasan pribadi dengan laut jawa. Mungkin Anda tak pernah terpikirkan untuk berlibur ke kabupaten ini, namun sebelum menilai ada baiknya untuk mengetahui wacana banyak sekali wisata Karawang yang ternyata seru juga untuk dikunjungi.

Baca ini : Tempat Wisata di Bandung Terbaru Yang Paling Bagus

Bosan dengan suasana kota yang penuh polusi, kemacetan, dan segala bentuk ketidak nyamanan kehidupan di kota yang padat penduduk? Akan sangat sempurna untuk menghabiskan weekend atau hari libur singkat Anda dengan berkunjung ke Karawang untuk menikmati banyak sekali wisata mulai dari wisata pantai, wisata Curug, hingga dengan wisata masakan yang akan memanjakan pengecap Anda.

Tempat Wisata di Karawang yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini yaitu destinasi Tempat wisata di Karawang mulai dari yang paling menarik dan populer yang Net kumpulkan serta dapat Anda jadikan tujuan wisata.

1. Tempat Wisata Pantai Tanjung Pakis Karawang
Pantai Tanjung Pakis
Pantai Tanjung Pakis berada di ujung Utara Karawang, pantai pasir putih dengan ombak yang mengalun hening dan indah, ini dikarenakan Pantai Tanjung Pakis terletak pada teluk di semenanjung antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang, panjang pantai 7 km meliputi Blok Bungin, Karangjaya dan Pakis I denagn luas 305 Ha.

Di pantai ini telah tersedia Penginapan dengan akomodasi AC dan TV, juga tersedia dengan akomodasi biasa, Warung Makan Tradisional dengan menu Ikan Bakar terhampar disepanjang pantai ini, tersedia pula Panggung Hiburan dengan Live Show Dangdut setiap Liburan Akhir Pekan, tersedia pula penyewaan perahu tradisional dan sarana bilas setelah puas berenang di laut yang jernih dan tenang.

Alamat: Tanjungpakis, Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

2. Tempat Wisata Pantai Tanjung Baru Karawang
Tanjung Baru Karawang
Salah satu tempat wisata yang recomended dikunjungi di Karawang yaitu Pantai Tanjung Baru Tanjung Baru yaitu nama sebuah pantai yang berada di Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang. Dibandingkan Pantai Tanjung Pakis lokasi pantai ini lebih dekat dari pusat kota Karawang yakni sekitar 45 km. Secara keseluruhan suasana yang ada di pantai ini tak jauh beda dengan Pantai Tanjung Pakis. Berpasir kehitaman dengan air laut yang tidak terlalu jernih. Untuk sekedar menikmati suasana pantai, Tanjung Baru bukanlah pilihan yang buruk.

Selain itu juga, Pantai ini layak anda jadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga kalau mengunjungi Kerawang. Di pinggir pantai ini anda juga dapat menikmati aneka masakan di pinggir pantai ini. Aneka masakan lezat bisa anda santap setelah bermain di pasir pantai atau setelah mandi-mandi di pantai. Pantai yang bagus ini menjadi salah satu tujuan wisata di Karawang yang tidak boleh dilewatkan. Disekitar pantai ini juga ada banyak penginapan yang bisa anda jadikan tempat menginap, nyaman dan ber-AC.

3. Tempat Wisata Pantai Samudra Baru Karawang
Pantai Samudra Baru
Pantai Samudera Baru merupakan pantai wisata andalan Kabupaten Karawang setelah Tanjung Pakis, di pantai ini telah tersedia sarana - sarana Wisata Pantai, pantai dengan pasir putih dan ombak mengalun tenang, bagus dan asri. Di pantai ini telah tersedia Warung Makan Tradisional dengan menu Ikan Bakar terhampar di sepanjang pantai ini.

Tersedia pula Panggung Hiburan dengan Live Show Dangdut pada hari libur besar, penyewaan perahu tradisional dan sarana bilas air bersih setelah puas berenang di laut. Lokasi Pantai Samudera Baru terletak di Kecamatan Pedes 30 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang.

Alamat: Jl. Raya Sungai Buntu, Sungaibuntu, Pedes, Sungaibuntu, Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41353.

4. Tempat Wisata Curug Bandung Karawang
Curug Bandung
Ternyata di Karawang juga terdapat sebuah jeram yang sangat menawan. Air terjun tersebut berjulukan Curug Bandung yang memiliki ketinggian 25 meter. Air terjun ini yaitu bab dari keajaiban alam dengan rangkaian tujuh jeram dalam satu anutan sungai, dari mulai Curug Peuteuy, Curug Picung, Curug Cadas, Curug Jodo, Curug Lesung, dan yang terbesar yaitu Curug Bandung.

Air terjun ini terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Propinsi Jawa Barat.Berjarak sekitar 43 kilometer dari ibukota Kabupaten Karawang. Sedangkan dari Kota Bandung berjarak sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam setengah. Untuk memasuki lokasi jeram ini Anda dikenakan tiket dan biaya masuk masing Rp5.000,-.

5. Tempat Wisata Danau Cipule Karawang
Danau Cipule
Danau Cipule yaitu sebuah danau yang berada di pinggir Sungai Citarum. Danau ini merupakan danau yang terbentuk akhir proses penambangan pasir. Proses penambangan pasir yang dilakukan secara terus menerus jadinya menyisakan lubang menganga yang menjadi cikal bakal Danau Cipule. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang dikenal dengan nama Pulau Cinta dengan luas sekitar 2 km�.

Anda bisa mengunjungi pulau tersebut menggunakan perahu yang banyak disewakan di sekitar danau Lokasi danau ini berada di Desa Walahar, Kecamatan Ciampel. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Karawang. Di pinggiran danau kita akan menemukan banak enceng gondok yang sekilas mengingatkan kita dengan Rawa Pening di Semarang.

6. Tempat Wisata Curug Cigentis Karawang
Curug Cigentis
Curug Cigentis berlokasi di kaki Gunung Sanggabuana, pada ketinggian 1000 mdpl, masuk di wilayah Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Berjarak 44 km dari pusat kota Karawang dan bisa dilalui dengan kendaraan roda empat atau roda dua dengan kondisi jalan beraspal. Lokasi Curug Cigentis berada satu jalur dengan kampung wisata Cigentis, Batu Tumpang, Curug Peuteuy, Curug Cipanundaan, Curug Cikarapyak dan Curug Bandung.

Jadi, kalau kau ingin mengunjungi curug Cigentis kau dapat bonus untuk berkunjung ke tempat wisata di sekitarnya. Harga tiket masuk daerah wisata Mekarbuana, kau cukup membayar Rp. 2.500 saja, parkir roda dua Rp. 5.000, dan roda empat Rp. 7000 dan kalau kau ingin berendam di Curug Cigentis, kau cukup bayar Rp. 10.000. Setelah urusan ticketing selesai, siapkan dirimu untuk berjalan sekitar 250 meter menuju Curug.

7. Tempat Wisata Vihara Sian Djin Ku Poh Karawang
Vihara Sian Djin Ku Poh
Berkunjung ke Kelenteng yang menawan ini akan menyampaikan nuansa liburan yang berbeda bagi perjalanan wisata Anda di Karawang. Kelenteng yang terletak di alan Rangga Gede No. 1, Desa Tanjungpura.

Karawang ini merupakan kelenteng terunik dan tertua yang dimiliki Kota Karawang. Kelenteng yang berada di pinggir sungai Citarum ini merupakan tempat yang sempurna untuk mengisi waktu libur dengan berfoto dengan latar bangunan yang sangat unik ini.

8. Tempat Wisata Candi Jiwa Karawang
Candi Jiwa
Candi Jiwa yaitu salah satu candi yang yang termasuk ke dalam situs Batujaya. Candi ini terletak di Desa Segaran, dan Tegal Jaya Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Candi peninggalan kebudayaan budha ini merupakan situs purbakala andalan kota Karawang.

Candi ini berjarak 51,8 kilometer dari pusat kota Karawang dengan waktu tempuh sekitar satu jam setengah melalui jalan proklamasi. Candi ini dapat menjadi alternatif yang sempurna mengisi waktu libur Anda di Karawang.

Alamat: Segaran, Batujaya, Segaran, Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41354

9. Tempat Wisata Curug Cikarapyak Karawang
Curug Cikarapyak
Curug Cikarapyak berada di sebuah desa wisata yang berlokasi di Gunung Sanggabuana. Desa tersebut berjulukan Desa Kutamaneuh yang berada di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Air Terjun Cikarapyak berjarak sekitar 42 KM dari pusat kota Karawang. Kita bisa menempuh jarak itu dengan waktu satu jam, itupun jikalau tidak ada halangan.

Halangan yang dimaksud yaitu jalan yang masih belum diaspal dan keadaan sungai dan jembatan yang masuh rapu. Sehingga tak jarang, ketika kita berkunjung ke sini, maka akan bergantian untuk menyeberang jembatan tersebut. Takutnya jikalau kita menggunakan dua sekaligus kendaraan beroda empat yang menyeberang, jembatan akan ambruk dan runtuh.

Wisata ke Curug Cikarapyak hanyalah bagi orang-orang yang benar-benar mencintai Alam dan Petualang pencari tantangan alam yang ingin menikmati suasana hutan dengan keanekaragaman Flora dan Fauna yang orisinil. Lokasi Curug Cikarapyak terletak di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, 42 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang.

10. Tempat Wisata Curug Cipanundaan di Karawang
Curug Cipanundaan Karawang
Curug Cipanundaan berlokasi di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Karawang. Curug ini terdiri dari 3 buah curug yang bermuara jadi satu. Dari kota Karawang kau hanya menempuh perjalanan sekitar 42 km. Jalan menuju curug, memang cukup menantang.

Melintasi jalan setapak yang berliku terjal, melewati sungai yang berhias batu-batu tua, dan dihiasi tebing dan jurang bisa jadi cara yang sempurna untuk menepi sejenak dari rutinitas dan tuntutan kehidupan kota. Kamu juga bisa sekaligus berolahraga ringan. Oh iya aktifitas outdoor bisa mengembalikan kesejukan dan semangat gres loh.

Aksesbilitas Berjarak sekitar 42 km dari pusat kota Karawang. Jalan menuju ke curug ini cukup menantang dengan jalan setapak yang berliku, naik turun, melewati sungai berbatu besar, sebelah kanan tebing dan sisi sebelah kiri jurang dengan sungai.

11. Tempat Wisata Cikoleangkak Karawang
Curug Cikoleangkak Karawang
Curug Cikoleangkak yaitu jeram terakhir. Curug ini berada diatas Curug Cikarapyak dan Curug Cipanundaan, untuk mencapai jeram ini perlu Stamina dan Keberanian merambah Hutan Rimba. Perjalanan menuju curug Cikoleangkak yaitu cukup menegangkan, kita akan melintasi Hutan Rimba yang mungkin dijamah oleh manusia.

Dalam hitungan jari menibir tebing padas dan watu yang terjal dan jurang yang dalam, meniti ketinggian dengan hanya berpegangan pada akar atau watu yang menonjol, menerabas semak belukar, menelusuri sungai berbatu besar dan puluhan jeram kecil dengan Relief dan Motif yang unik mungkin langka di temukan di daerah lainnya di Indonesia.

Wisata ke Curug Cikoleangkak hanyalah bagi mereka yang benar-benar Pencinta Alam Sejati dan bagi anda pencari tantangna alam yang memacu Adrenalin. Lokasi Curug Cikoleangkak terletak Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru 42 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang.

12. Tempat Wisata Danau Kalimati Karawang
Danau Kalimati Karawang
Danau Kalimati terjadi alasannya yaitu Alam, dimana Kali Citarum berubah anutan dari berbelok menjadi lurus, sehingga bekas anutan sungai tersebut terbendung maka jadilah Danau yang panjang dan luas ini. Pada bab depan Danau ini telah berdiri Warung - warung makan sederhana dengan Menu bervariasi, dari sate maranggi hingga jajanan umum menyerupai bakso dan lainnya.

Tersedia pula Warung Makan Lesehan dengan posisi menghadap ke arah Danau yang Panoramanya cukup Indah dan Nyaman. Lokasi Danau Kalimati terletak di Desa Walahar, Kecamatan Klari 11 km dari Ibu Kota, Kabupaten Karawang.

13. Tempat Wisata Situ Kamojing Karawang
Situ Kamojing
Situ Kamojing yaitu tempat wisata yang berada diantara Kabupaten Karawang dan Purwakarta. Situ ini yaitu tempat wisata yang memiliki pemandangan yang cukup eksotis dan menarik. Keberadaanya yang berada di dua perbatasan kabupaten yang terletak di Desa Kamojing memperlihatkan pesona alam dan potensi wisata yang sangat mengagumkan.

Situ Kamojing memiki stuktur dan infrastuktur yang jauh dari kata layak. Situ terlihat sangat biasa. Bahkan belum ada pengelolaan yang cukup signifikan untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Sehingga inilah yang akan menjadi nilai tambah untuk pemerintah daerah setempat jikalau bisa membuat Situ ini menjadi wisata andalan. Namun alasannya yaitu keterbatasannya itulah, yang menjadi kelebihan lain yang dimiliki.

Selain memiliki hamparan yang bias dinikmati, ditempat ini pengunjung dapat menyantap jajanan dan wisata masakan yang dijual pedagang. Salah satu menu menarik yang menjadi idaman yaitu sate maranggi daging sapi dan es kelapa muda. Jajanan murah meriah yang pas untuk disantap bersama proses tenggelamnya matahari sore bersama keluarga dan sahabat.

14. Tempat Wisata Green Canyon Karawang
Green Canyon Karawang
Green Canyon Karawang atau Ngarai Hijau yaitu tempat wisata yang berada di ujung selatan Kota Karawang. Menurut banyak pendapat para pengunjung, jikalau Green Canyon dikelola dengan baik, serius dan benar, maka akan bisa menandingi Cukang Taneuh di Pangandaran. Namun alasannya yaitu banyak sekali pembangunan yang terus signifikan, wisata yang dikenal dengan Curug Siomas ini begitu ramai dikunjungi.

Terutama dikala demam isu liburan tiba. Karena itulah, waktu terbaik untuk berkunjung di Grren Canyon yaitu dikala tidak demam isu liburan. Sehingga kita bisa menikmatinya dengan lebih nikmat. Apalagi letaknya yang begitu strategis berada di antara wilayah Jabodetabek lainnya.

Green Canyon memiliki lebar kira-kira 100 meter dengan tebing hijau yang menghiasi setinggi kurang 10 meter. Tempat wisata ini memiliki keindahan dan udara sejuk alami yang masih terasa di Green Canyon. Pengunjung bisa menikmati birunya air nan jernih dengan rimbunan pohon yang berada di sekitar lokasi wisata. Akar dari pohon terlihat menjulur dan kadang menjadi spot foto selfie wisatawan yang berkunjung.

Green Canyon Karawang atau Curug Ciomas berada di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

15. Tempat Wisata Bendungan Walahar Karawang
Bendungan Walahar Karawang
Sekitar 3 km ke arah selatan dari Waduk Cipule kita akan menemukan tempat lain yang tidak kalah menarik yakni Bendungan Walahar. Lokasi tempat ini berada di desa dan kecamatan yang sama dengan Waduk Cipule sehingga kau mungkin akan menimbulkan keduanya sebagai satu paket perjalanan. Meski memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi, bendungan ini juga banyak dikunjungi warga sekitar Karawang untuk rekreasi.

Di sekitar waduk sendiri kita akan menemukan banyak warung yang menjual ikan dan ayam pepes Bendungan ini dibangun di anutan Sungai Citarum. Luas kumpulan air yang dihasilkan oleh bendungan ini mencapai sekitar 15 hektar sehingga pemandangannya lebih menyerupai waduk. Bendungan Walahar sendiri dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda. Bendungan ini mulai dibuka tahun 1925. Awalnya bendungan ini memiliki nama Bendungan Parisdo.

Alamat: Kutapohaci, Ciampel, Kutapohaci, Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41363

16. Tempat Wisata San Diego Hills Karawang
San Diego Hills
San Diego Hills dikenal sebagai area pemakaman untuk orang kaya. Namun, San Diego Hills lebih dari sekedar makam. Pihak pengembangnya memang telah mendesign tempat ini sebagai tempat yang multi fungsi. Selain sebagai area makam juga sekaligus sebagai tempat wisata. Sebuah danau buatan dibangun di daerah San Diego Hills untuk mempercantik pemandangan.

Untuk yang hobi foto-foto, terdapat beberapa landmark yang bisa dijadikan background menarik San Diego Hills dilengkapi dengan beberapa akomodasi menyerupai track sepeda dan jogging, kolam renang, gedung pernikahan, camping ground serta tempat untuk outing. Jadi, selain untuk pemakaman, tempat ini memang dikembangkan untuk keperluan lainnya terkait rekreasi.

Alamat: Exit Tol Karawang Barat2, Km.46, Margakaya, Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41315

17. Tempat Wisata Monumen Rawagede Karawang
Monumen Rawagede Karawang
Monumen ini dibangun untuk mengenang tewasnya 200 orang warga sipil yang teguh mempertahankan tempat persembunyian Pejuang Kemerdekaan, demi mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam diorama ini digambarkan kebiadaban dan kekejaman Tentara Belanda yang sedang membantai rakyat yang tak berdosa, termasuk diantaranya bawah umur dan perempuan.

Di lingkungan Monumen Rawa Gede ini terdapat 200 makam rakyat yang rela mati demi mempertahankan kemerdekaan. Monumen Rawagede lokasinya terletak di pinggir sebelah utara jalan, Dusun Rawagede, Desa Rawagede, Kecamatan Rawamerta. Komplek monumen berpagar tembok. Lingkungan di sekitar monumen berupa perkampungan dan persawahan.

18. Tempat Wisata Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok
Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok
Salah satu tempat bersejarah yang paling sering disebut di dalam buku sejarah yaitu Rengasdengklok. Tempat yang dijadikan tempat yang menjadi saksi kebulatan tekad Pemuda Indonesia dalam memperjuangkan proklamasi Indonesia.

Di tempat ini perjaka membawa secara paksa Bung Karno dan Bung Hatta pada tanggal 16 agustus 1945. Monumen yang cukup luas ini dikelilingi pagar dan jalanan beton melengkung. Monumen ini sangat bersih dan layak Anda jadikan sebagai tempat berfoto dengan latar yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

19. Tempat Wisata Mall Karawang Central Plaza
Mall Karawang
Kalau anda ingin mencari tempat berbelanja berupa Mall, anda bisa ke Mall Karawang Central Plaza yang berlokasi di daerah Galuh Mas merupakan obyek wisata belanja dan masakan yang akan memuaskan anda dengan banyak sekali produk yang bisa anda jadikan oleh � oleh setelah berkeliling menikmati keindahan banyak sekali obyek wisata di Karawang.

Tempat wisata belnajar di Karawang ini juga menjadi tempat bermain yang seru untuk bawah umur bahkan orang dewasa. Kita bisa memilih banyak sekali pakaian dan keperluan sehari-hari

Alamat: Kawasan Galuh Mas, Jalan Galuh Mas Raya, Sukaharja, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361.

Baca ini : Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

20. Tempat Wisata Taruma Leisure Waterpark Karawang
Taruma Leisure Waterpak
Jika ingin menikmati momen liburan bersama keluarga di Karawang dengan bermain air, Taruma Leisure Waterpark mungkin bisa kau pertimbangkan. Tempat yang dibuka tahun 2013 ini berada di kompleks Perumahan Grand Taruma yang berada di jalan Tarumanergara arteri tol Karawang Barat.

Wahana yang ada di waterpark ini cukup banyak. Antara lain Wave Pool, Lazy River, Leisure Pool, Kiddy Pool. Terdapat juga beberapa gazebo untuk bersantai menikmati suasana.

Alamat: Perum Grand Taruma, Jalan Raya Tol Karawang Barat, Sukamakmur, Telukjambe Timur, Sukamakmur, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361

21. Tempat Wisata Wonderland Adventure Waterpark
Wonderland Adventure Waterpark
Waterpak lain di Karawang yang tidak kalah keren untuk seru-seruan bersama keluarga atau sahabat yaitu Wonderland Adventure Waterpark. Lokasinya berada di kompleks perumahan Galuh Mas Raya di Karawang Barat. Berbagai wahana menarik juga tersedia di waterpark ini. Beberapa wahana yang cukup menarik untuk dicoba antara lain Gorilla Slide, Splash Fun serta Tomorrow Land.

Untuk masuknya kita hanya membayar hari biasa Rp35 ribu dan untuk selesai pekan Rp50 ribu. Bagi pemegang kartu Galuh Mas Privilege Card, promo spesial menanti Anda. Tempat wisata di Karawan yang satu ini selalu menjadi primadona untuk liburan bersama keluarga apalagi anak-anak. Anda pasti akan betah berlama-lama menimati banyak sekali akomodasi yang disediakan.

22. Tempat Wisata Pusat Kerajinan Boneka Cikampek
Pusat Kerajinan Boneka
Berjarak tidak jauh dari Stasion Kereta Cikampek, di Kecamatan Kota Baru, tepatnya di Desa Cikampek Utara terdapat sebuah kampung berjulukan Mekar Jaya. Disana ,Anda akan menemukan sebuah gang yang dibagian depannya terdapat sebuah gapura bertuliskan �Sentra Industri Kecil Pengrajin Boneka.�

Menurut keterangan warga disana, setidaknya terdapat 50 rumah lebih dijadikan sebagai tempat produksi boneka. Rata-rata disetiap rumah terdapat 10 orang pengrajin, dimana mereka kebanyakan yaitu warga asli kampung tersebut, baik itu sanak keluarga, tentangga, bahkan ada juga warga luar, baik yang masih dari Karawang maupun luar Karawang.

23. Tempat Wisata Pendakian Gunung Loji Karawang
Gunung Sanggabuana Loji yaitu sebuah gunung yang secara administrasif masuk ke dalam wilayah Desa Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Kabupaten Karawang. Gunung yang memiliki ketinggian 1291 mdpl ini merupakan salah satu pilihan yang sempurna bagi Anda para pencinta petualangan. Untuk mendaki gunung ini Anda perlu melaksanakan perjalanan sekitar 50 kilometer untuk hingga di desa terdekat dengan gunung ini.

Di tempat ini Anda harus memarkir kendaraan Anda dengan biaya parkir yang cukup mahal. Untuk itu Anda harus arif tawar menawar. Bayangkan untuk parkir kendaraan beroda empat saja Anda dimintai bayaran Rp70.000,- sehari. Melalui jalur pendakian Cigentis Anda perlu melaksanakan hiking selama dua jam perjalanan. Sesampai di puncak gunung, hawa hambar khas puncak gunung begitu terasa.

Untuk mendaki gunung ini, Anda disarankan menyewa guide biar perjalanan Anda dapat berjalan aman dan nyaman.

24. Tempat Wisata Candi Blandongan Karawang
Candi Blandongan Karawang
Candi Blandongan yaitu candi yang termasuk kedalam Situs Batujaya. Secara administratif candi ini terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Beberapa orang yang berkunjung ke tempat ini, sering menyebut sebagai situs percandian. Hal ini alasannya yaitu situs Candi Blandongan terdiri dari banyak sekali candi yang tersebar di banyak sekali tempat dan titik.

Lokasi percandian ini yaitu danau yang dimana candi dibangun di banyak sekali tepi danau. Hal tersebut beralasan adanya nama desa yang ada, yaitu Segaran dan Telagajaya. Arti dari kedua kata tersebut yaitu laut atau kolam, menyerupai halnya danau dalam bahasa Sanskerta.

25. Tempat Wisata Pemancingan JAKA Tirta Mulya
Pemancingan Jaka Tirta Mulya
Bagi Anda yang gemar memancing, pemancingan Tirta Mulya yang terletak di Jalan Wadas-Cikampek, Desa Parakan, Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat ini yaitu pilihan yang tepat. Dari pusat kota Karawang pemancingan ini berjarak 23 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 40 menit melalui Jl. Raya Kosambi.

26. Tempat Wisata Panorama Indah Bukit Sempur Karawang
Bukit Sempur
Jika Anda ingin menikmati keindahan alam Karawang. Bukit Sempur yaitu destinasi hits yang berada di Karawang. Untuk mendaki puncak yang berada di daerah Loji ini Anda memerlukan waktu pendakian sekitar satu jam. Tempat ini memiliki pemandangan yang bagus dan sangat instagramable.

27. Tempat Wisata Situ Cibayat Karawang
Situ Cibayat
Suasana asri alami dan pemandangan yang menyejukkan mata akan Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di Situ Cibayat. Situ yang terletak di Kampung Cibayat, Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang ini memiliki luas sekitar 4 hektare.

Dengan pepohonan menghijau, jernihnya air berpadu bagus dengan bebukitan menghijau yang mengelilingi danau membuat tempat ini layak menjadi tempat berlibur dan bersantai sambil mengabadikan moment.

Alamat: Kampung Cibayat, Kutamaneuh, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362

28. Tempat Wisata Kuliner Alam Sari Restoran Karawang
Alam Sari Restoran
Tak lengkap rasanya jikalau perjalanan wisata Anda tidak diisi dengan wisata kuliner. Salah satu pilihan sempurna perjalanan wisata Anda yaitu menikmati masakan super lezat khas Alam Sari Restauran. Berbagai masakan mulai dari jenis masakan European, Japanese, Chinese, dan Sundanese tersedia di restoran terbesar di Karawang ini.

Restoran Alam Sari berlokasi di daerah Cikampek, tepatnya di Jl Raya Jendral Ahmad Yani, karawang. Restoran ini sangat layak Anda jadikan sebagai salah satu tempat favorit untuk memuaskan dahaga masakan Anda. Selain makanan dan minumannya enak, harga makanan di tempat ini juga cukup akrab untuk kantong Anda.

29. Belanja di Pasar Baru Karawang
Pasar Baru Karawang
Pasar Baru Karawang merupakan pasar tradisonal yang cukup bau tanah umurnya, berdiri semenjak tahun 1950 an, hingga kini masih dipergunakan oleh warga kota Karawang dan sekitarnya. Pasar ini sudah berulang kali direnovasi, alasannya yaitu faktor usia dan jumlah pedagang yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ini dapat dilihat kondisi sekarang, pedagang berjubel hingga keluar area pasar. Pasar ini diapit oleh dua jalan, didepan pasar jalan Tuparev, di belakang pasar �jalan pasar� namanya, dari ujung jalan dibelakang pasar ini, dari sore hari hingga subuh, pedagang berjualan dari ujung jalan �Gang Yanten�, hingga �Pegadaian�, alasannya yaitu ramai transaksinya mulai sore hingga subuh.

30. Tempat Wisata Kuliner Gabus Pucung Karawang
Gabus Pucung
Selanjutnya, jangan lupa juga untuk mencoba masakan Gabus Pucung. Gabus picung yang berada di warung mampu berdiri diatas kaki sendiri jalan pangkal usaha No.48, Tanjung Pura ini yaitu salah satu menu makanan enak dan juga khasnya orang Karawang.

Makanan ini dibandrol dengan harga yang relatif murah yaitu Rp.7.000,- saja untuk satu porsinya. Harga yang murah bukan? Kaprikornus buat kau yang penasaran dan juga tertarik untuk mencobanya, maka kau dapat datang dan juga mencicipinya di warung tersebut.

31. Tempat Wisata Kuliner Sorabi Hijau Karawang
Sorabi Hijau Karawang
Jika kau berkunjung ke Bandung atau kota besar lainnya, kau akan menemukan sorabi dengan banyak sekali varian rasa, menyerupai coklat, vanilla, durian, sosis, dan sebagainya. Nah, di Karawang juga ada sorabi modern yang dinamakan sorabi hijau. Penamaan ini mungkin alasannya yaitu warna sorabi ini berwarna hijau. Warna hijau sorabi ini berasal dari daun pandan. Rasanya jangan ditanyakan lagi.

Baik orang bau tanah maupun anak muda sangat suka dengan sorabi ini. Untuk bisa menerima sorabi hijau ini, kau bisa datang ke terminal Tanjung Pura. Disekitar terminal tersebut, kau bisa menemukan sorabi hijau. Peringatan! Jangan ngilir dikala menunggu sorabi matang.

32. Tempat Wisata masakan Soto Gempol Karawang
Soto Gempol Karawang
Selain soto tangkar, ada satu lagi tempat makan yang menyediakan soto dan sangat terkenal, yaitu soto gembol. Soto gembol ini memang sangat terkenal alasannya yaitu rasanya yang maknyuss. Bagaimana tidak, soto ini sudah buka semenjak tahun 1980-an. Jadi, sudah banyak racikan bumbu yang dicoba untuk menerima rasa yang enak untuk sotonya.

Makanya, tidak heran lagi jikalau soto gembol ini sangat terkenal. Pemilik resep soto gembol ini yaitu Pak H. Abdul. Untuk bisa merasakan resep soto tersebut, kau bisa datang ke Jalan Rangga Gede No. 33 Karawang. Waktu itu harga satu porsi soto gembol dbanderol Rp22.000,- (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Baca ini : Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 32 Tempat Wisata di Karawang yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar