26 Tempat Wisata di Bajarnegara Paling Populer Dikunjungi

Tempat Wisata di BanjarnegaraBanjarnegara merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan begitu banyak keindahan alam dataran tingginya. Bagi anda travelling khususnya pecinta dataran tinggi maka Banjarnegara merupakan tempat yang sayang untuk dilewatkan. Jika anda pernah atau tau ihwal dataran tinggi dieng.

Maka itulah salah satu kekayaan alam Banjarnegara yang sudah terkenal kemana-mana. Benar, dataran tinggi dieng secara administratif juga masuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara. Destinasi wisata eksotis ini masuk ke dua kabupaten yaitu Wonosobo untuk Dieng Wetan dan Banjarnegara untuk Dieng Kulon.

Bukan hanya dataran tinggi dieng saja yang disuguhkan oleh Banjarnegara, namun masih banyak aneka macam destinasi wisata Banjarnegara lainnya yang tak kalah eksotis.

Baca ini : Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Bajarnegara Paling Populer Dikunjungi
Namun, kota ini juga memiliki obyek wisata yang tak kalah indahnya dengan wisata wonosobo ataupun magelang. Banjarnegara mempunyai beragam tempat wisata, mulai dari wisata buatan hingga wisata alam yang sungguh mempesona.

Tempat Wisata Curug Mrawu Banjarnegara
Curug Mrawu Banjarnegara
Nah curug yang pertama ini sangat cocok untuk anda yang menyukai tracking sebelum hingga ke wisata utama. Ya, untuk mencapai curug Mrawu anda terlebih dahulu harus berjalan kaki melewati jalan setapak. Dalam perjalanan anda akan disuguhi pemandangan persawahan dan hutan yang tentu memanjakan mata. Menikmati pemandangan selama perjalanan akan membuat lelah tak terasa.

Objek wisata di Banjarnegara Jawa tengah yang satu ini jauh dari pemukiman, tentu terbayang betapa syahdunya suasana disana. Hadiah untuk usaha anda mencapai tempat wisata ini yaitu disana bukan hanya curug Mrawu saja yang menanti namun ada pula mata air Giritirta dan curug Genting yang juga memiliki pesonanya sendiri. Ketiga objek wisata ini ada di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Purbalingga.

Tempat Wisata Curug Sikopel Banjarnegara
Curug Sikopel
Tempat wisata tak jarang menyimpan mitos yang kadang entah darimana mulanya namun tetap menjadi daya tarik yang membuat tempat tersebut semakin sayang untuk dilewatkan, alasannya seringkali membuat para wisatawan penasaran pada kebenaran mitos tersebut. Salah satu wisata alam Banjarnegara Jawa Tengah dengan mitos yang ada didalamnya ialah curug Sikopel Banjarnegara.

Mitosnya kalau mandi di curug atau gerojokan yang satu ini dapat membuat kita kekal muda. Mitos ini tentu sangat menarik. Namun keindahan curug Sikopel juga tak kalah menarik. Berada di Desa Babadan, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara. Curug dengan tinggi 70 meter ini tentu sayang untuk dilewatkan. Apalagi untuk anda yang ingin tetap kekal muda.

Terletak di Desa Babadan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah.

Tempat Wisata Curug Pitu Banjarnegara
Curug Pitu Banjarnegara
Curug Pitu merupakan gerojokan yang ada di bersahabat pusat Salak Pondoh (agak bersahabat dengan wilayah Wonosobo). Curug ini memiliki tujuh buah tingkatan dari atas ke bawah sehingga diberi nama Curug Pitu. Untuk melihat keselurahan rangkaian tingkatan curug ini harus berjalan kaki naik ke atas/ke arah hulu, dimana jalan yang harus dilalui berupa jalan setapak yang sempit dan cukup licin.

Diantara rangkaian tingkatan ini curug yang ke tujuh, yang terletak paling bawah, merupakan curug yang paling besar dan tinggi. Ketinggian curug ke tujuh ini sekitar 30 m dengan kolam dibawahnya yang dapat digunakan untuk mandi atau berenang.

Curug Pitu Berjarak 10 km dari kota Banjarnegara ke arah timur. Dapat ditempuh dengan berkendara roda dua dan empat selama sekitar 10-15 menit dari pertigaan jalan Tekidadi yang terletak di jalan Propinsi Banjarnegara - Wonosobo. Pintu masuk ke curug ini ditandai dengan plang yang bertuliskan Obyek wisata Curug Pitu yang berada sempurna di sebelah Balai Desa Sigaluh.

Tempat Wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara
Curug Pundung Sewu Banjarnegara
Tempat Wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah ialah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Timur, Indonesia.. Wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah ialah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini sangat rupawan dan mampu memberikan sensasi yang berbeda dengan acara kita sehari hari. Wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan kalau anda berada di kota Banjarnegara tidak mengunjungi wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi dikala liburan panjang menyerupai libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di bersahabat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Curug Pundung Sewu di kota Banjarnegara.

Lokasi : Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara

Tempat Wisata Waduk Mrica Banjarnegara
Waduk Mrica Banjarnegara
Dataran tinggi Dieng hanya satu dari sekian banyak wisata di banjarnegara jawa tengah. Masih banyak destinasi wisata di tempat lainnya. Waduk Mrica salah satunya. Di Waduk Mrica anda mampu menikmati hamparan permukaan air yang begitu luas. Kemudian kalau anda ingin melihat danau buatan terbesar di Asia Tenggara, maka inilah danaunya. Waduk ini merupakan waduk yang membendung Sungai Serayu.

Panorama alamnya tentu tak usah ditanya, anda mampu menikmati pesona alam disekitar waduk ini apalagi dengan aneka macam akomodasi wisatanya. Wisata keluarga akan terasa nyaman di objek wisata Banjarnegara yang satu ini. Bisa dilakukan kegiatan menyenangkan menyerupai memancing, naik perahu, hingga main golf. Dan tahukah anda bahwa waduk ini merupakan salah satu pemasok listrik untuk Jawa dan Bali? Wah, kita yang menerima pasokan listrik dari sini harus berterimakasih pada waduk Mrica ini.

Lokasi : Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara

Tempat Wisata Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas
Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas
Nah Tempat wisata selanjutnya yaitu Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas, Waktu Anda masuk ke areal wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas, Anda bakal rasakan situasi sejuk serta nyaman. Pohon-pohon rindang terdapat banyak di tempat wisata ini, memanjakan pengunjung yang menginginkan berjalan-jalan sembari nikmati situasi ruang wisata.

Wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara menarik untuk dikunjungi, lantaran pengelola menggabungkan sebagian tempat wisata dalam satu tempat. Anda bukan sekedar dapat lihat bermacam koleksi binatang, kolam renang dengan sarana waterboom ada. Wahana permainan juga di buat untuk memanjakan pengunjung anak-anak. Pada hari spesifik umumnya di gelar hiburan rakyat menyerupai musik dangdut atau campur sari, dipanggung terbuka yang disiapkan dengan cara spesial.

Lokasi : Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara

Tempat Wisata Arum Jeram Sungai Serayu Banjarnegara
Arum Jeram Sungai Serayu
Berwisata arung jeram sungai serayu atau rafting sungai serayu banjarnegara jawa tengah merupakan pilihan yang sempurna bagi anda yg berjiwa suka dengan tantangan air. arung jeram sungai serayu atau rafting sungai serayu banjarnegara jawa tengah akan memberikan anda kepuasan tersendiri karna jeram sungai serayu, rafting sungai serayu mempunyai kelas jeram-jeram yang memiliki tingkatan ancaman yang rendah.

Terutama bagi anda yang menyukai tantangan, belum lengkap kalau belum mencoba uji adrenalin di Sungai Serayu. Objek wisata Banjarnegara rafting Sungai Serayu begitu menarik alasannya sembari menikmati lika-liku Sungai Serayu anda juga disuguhi pemandangan alam nan eksotis.

Lokasi Desa : Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara

Tempat Wisata Surya Yudha Park Banjarnegara
Surya Yudha Park
Di banjarnegara terdapat sebuah tempat wisata keluarga yang sangat bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tempat wisata tersebut ialah surya yudha park. Berfoto di depan maskot Singapura dan Amerika secara bersamaan tanpa aplikasi edit foto hanya mampu dilakukan di tempat yang satu ini. Surya Yudha Park memiliki patung Merlion dan patung Liberty yang berdiri bersebelahan.

Belum memiliki kesempatan ke dua negara maju tersebut maka mampu terlebih dahulu mengunjungi Surya Yudha Park. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah taman rekreasi air yang paling lengkap di Banjarnegara. Tempat wisata di Banjarnegara ini mengusung konsep wisata terpadu dengan aneka macam kelengkapan akomodasi menyerupai hotel berbintang, arena olahraga, rafting, juga wisata outbound. Merupakan salah satu alternatif wisata keluarga yang menarik.

Lokasi : Jl. Raya Karang Kobar KM. 1, Desa Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara.

Tempat Wisata Anglir Mendung Banjarnegara
Anglir Mendung
Di Anglir Mendung Memiliki iklim sejuk yang sejuk membuat Anglir Mendung sangat cocok untuk sejenak melepas lelah atas beragam rutinitas yang cukup menguras energi dan pikiran. Secara keselurihan daerah ini dikelilingi oleh hutan lindung yang memperlihatkan pemandangan alam yang mengagumkan, di lokasi ini pengunjung juga dapat menguji keahliannya dalam berburu.

Anglir Mendung menyediakan akomodasi yang cukup lengkap untuk mendukung aneka macam acara rekseasi bersama keluarga diantaranya ialah kolam renang dengan air yang jernih alasannya mata airnya berasal dari pegunungan, arena bermain anak-anak, bumi perkemah dan penginapan. Untuk dapat hingga ke objek wisata di Banjarnegara ini, pengunjung diharuskan untuk menesuri jalan yang berkelok-kelok dimana sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang idah dari sawah, hutan, sungai hingga bukit.

Tempat Wisata Wadas Tumpang Banjarnegara
Wadas Tumpang
Wadas Tumpang Banjarnegara merupakan objek wisata yang berada di desa majalengka, kec. bawang, banjarnegara. Wadas Tumpang sendiri merupakan gunung yang terbentuk alasannya dua watu yang bertumpukan dan dipeluk oleh pohon beringin yang berukuran besar dimana konon yang usianya sudah mencapai ratusan tahun.

Aktivitas yang mampu dilakukan di lokasi ini ialah pendakian hingga ke puncang yang memiliki tinggi sekitar 20 m. Selama perjalanan menuju lokasi pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih alami dan sejuk, terdapat juga sangkar macan dari akar pohon beringin hingga simpanse atau monyet-monyet berwarna putih. Pada zaman dahulu wisata di Banjarnegara ini merupakan tempat pertapaan (wadas tumpang).

Tempat Wisata Komplek Percandian Arjuna
Candi Arjuna
Candi Arjuna merupakan salah satu candi di dataran tinggi dieng yang sangat terkenal. Setiap wisatawan yang datang ke Dieng tak akan melewatkan komplek percandian yang satu ini. Jika anda pernah melihat kawan kerabat atau siapapun berfoto ria di komplek candi di Dieng maka mampu dipastikan disinilah mereka berada, di salah satu destinasi wisata Banjarnegara.

Dikatakan komplek alasannya memang ada banyak candi disini, bukan hanya Candi Arjuna saja namun ada Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra. Disini pula lah Dieng Culture Festival yang terkanal itu diselenggarakan. Udara sejuk hambar khas dieng dan pemandangan alamnya yang eksotis akan memanjakan jiwa anda.

Lokasi : Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara

Tempat Wisata Wisata Dieng Banjarnegara
Wisata Dieng
Satu lagi lokasi wisata di Banjarnegara menjadi destinasi berlibur favorit di Jawa Tengah, Wisata Dieng Banjarnegara. Dataran Tinggi Dieng sendiri merupakan daerah vulkanik aktif yang berada di Jawa Tengah dan termasuk daerah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, tepatnya berada di barat kompleks Gunung Sindoro dan juga Gunung Sumbing. Secara umum sebagian besar wilayah Banjarnegara ialah Dataran Tinggi Dieng.

Tidak mengherankan kalau di daerah ini sangat terkenal dengan keindahan alam pegunungannya yang mempesona. Ada banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi di daerah Dataran Tinggi Dieng, masing-masing memiliki keistimewaanya sendiri termasuk kompleks Percandian Arjuna. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, dalam waktu-waktu tertentu pengunjung juga dapat menyaksian upacara potong rambut gimbal yang merupakan program utama dalam Dieng Culture Festival.

Tempat Wisata Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara
Kawah Sikidang
Satu lagi objek wisata Dieng yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Banjarnegera yaitu Kawah Sikidang yang juga tak kalah terkenal dengan objek wisata lainnya. Tempat wisata di Banjarnegara ini cukup mudah dijangkau.

Sesampainya disana anda akan disambut oleh pesona alam nan hijau dan udara yang menyejukkan jiwa. Melihat acara kawah secara pribadi tentu akan menjadi pengalaman yang menarik. Kawah Sikidang ada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Lokasi : Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Tempat Wisata Telaga Merdada Banjarnegara
Telaga Merdada
Telaga Merdada merupakan telaga terluas di wilayah Dataran Tinggi Dieng. Telaga ini memiliki luas daerah tangkapan sekitar 75 ha, dengan luas genangan sekitar 22 ha. Telaga Merdada memiliki kontor menyerupai di sebuah cekungan bekas kaldera letusan gunung berapi.

Kontur cekungan ini akan terang terlihat ketika Anda mendaki bukit di sekitar telaga. Telaga Merdada memang memiliki latar belakang pemandangan yang indah, dikelilingi oleh deretan perbukitan, deretan perkebunan sayur milik warga, dan juga hamparan hutan mini di sekitar bukit. Kebun-kebun sayur milik warga ini selain terletak di sekitar perbukitan, juga terletak di pinggiran telaga.

Tempat Wisata Sumur Jalatunda Dieng
Sumur Jalatunda
Namannya saja sudah terkesan sangar. Kawasan dataran tinggi Dieng memang dipercaya sebagai rumahnya para dewa, hawa mistis begitu terasa. Berbagai nama tempat wisata dieng Banjarnegara menyimpan kegagahannya sendiri.

Sumur Jalatunda ini ada di desa Pekasiran Batur, Kabupaten Banjarnegara. Semacam sumur lebar dengan diameter hingga 90 meter serta kedalaman lebih dari 150 meter. Sumur ini terbentuk dari letusan kawah vulkanis yang terjadi beratus tahun yang lalu. Coba kunjungi sumur yang satu ini dan rasakan sensasinya.

Lokasi : Desa Wisata Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Tempat Wisata Kawah Candradimuka Dieng
Kawah Candradimuka
Kawah Candradimuka merupakan salah satu dari banyak kawah yang ada di Dieng. Nama Candradimuka memang sudah tidak gila ditelinga kita. Kawah yang konon merupakan tempat Gatutkaca di Jedi hingga memperoleh kesaktian mandraguna otot kawah tulang besi itu menjadi nama yang diberikan pada kawah yang berada di Desa Pekasiran Batur Banjarnegara. Kawah Candradimuka hingga kini masih dalam keadaan aktif. Lokasi Kawah Candradimuka memungkinkan para wisatawan mampu melihat acara kawah dari aneka macam sisinya.

Tempat Wisata Candi Gatotkaca Dieng
Candi Gatotkaca
Selain menikmati keindahan alam dan udara yang sejuk, di daerah Dataran Tinggi Dieng banyak terdapat peninggalan sejarah dari masa lampau berupa bangunan candi dalam jumlah yang cukup banyak. Kebanyakan candi di daerah Dieng dibangun sekitar era ke 8, salah satunya ialah Candi Gatotkaca. Candi Gatotkaca Dieng Candi Gatotkaca secara administratif berada di Kabupaten Banjarnegara, candi ini terletak di atas bukit tidak terlalu jauh dari Komplek Candi Arjuna, terdapat jalan setapak yang menghubungkan keduanya dan mampu ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dengan kontur yang cukup menanjak.

Bangunan candi Gatotkaca tidak terlalu besar dan berbentuk persegi dengan pintu menghadap ke barat. Di sekitar candi Gatotkaca terdapat reruntuhan candi lain yang terlihat hanya berbentuk tumpukan batu, sepertinya candi Gatotkaca merupakan komplek candi menyerupai halnya Candi Arjuna, namun candi-candi yang lain di dekatnya telah hancur sehingga sulit untuk direkonstruksi. Museum Kailasa Dieng Tepat di depan Candi Gatotkaca terdapat Museum Kailasa, sebuah museum yang menyimpan beberapa peninggalan arca dan artefak candi yang ditemukan di sekitar daerah Dieng, di museum ini juga diputarkan film dokumenter mengenai sejarah Dataran Tinggi Dieng.

Tempat Wisata Kawah Sileri Dieng
Kawah Sileri
Kawah Sileri merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di daerah Dieng. Jika berkunjung ke Dieng, tidak ada salahnya melihat sejenak Kawah Sileri yang mempesona. Dieng, Daerah yang terletak di Kabupaten Wonosobo ini memang selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun internasional. Daerah yang terkenal alasannya Golden Sunrise Sikunir ini tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, tapi juga cuacanya yang adem, tenang dan damai. Ditambah pula sikap para penduduknya yang ramah.

Selain rupawan kalau dilihat dari kejauhan, kawah ini juga mampu dinikmati dari dekat. Tapi tetap harus berhati-hati alasannya belum ada pengamanan di bibir kawah. Jarak kawah ini dari lokasi parkir kendaraan hanya sekitar 30 menit perjalanan dengan mengikuti jalan setapak. Terkadang kita harus melewati jalan menurun dan bahkan melewati semak belukar, jadi harus berhati-hati kalau hendak mendekati bibir kawah.

Tempat Wisata Gunung Lanang Banjarnegara
Gunung Lanang
Tempat Wisata Gunung Lanang Banjarnegara Jawa Tengah ialah salah satu tempat wisata yang berada di desa wiradrana, kecamatan bawang, kabupaten banjarnegara, provinsi jawa tengah, negara indonesia. Wisata Gunung Lanang Banjarnegara Jawa Tengah ialah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini sangat rupawan dan mampu memberikan sensasi yang berbeda dengan acara kita sehari hari. Wisata Gunung Lanang Banjarnegara Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan kalau anda berada di kota banjarnegara tidak mengunjungi wisata alam yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Wisata Gunung Lanang Banjarnegara Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi dikala liburan panjang menyerupai libur nasional, ataupun hari libur lainnya.

Tempat Wisata Museum Kaliasa Dieng
Museum Kailasa
Museum Kailasa merupakan Tempat yg menyimpan sejarah ihwal dieng dalam bentuk arca tempat ini menjadi favorit para arkeolog untuk mengupas ihwal sejarah dieng ,Tempat ini menyimpan banyak benda,pusaka,arca, dan masih banyak lagi yg tersimpan pada museum ini yg menjadikannya sangat berharga dimata wisatawan dan merupakan peninggalan penting untuk dijaga dan dilestarikan,Benda benda maupun Arca di Museum ini tidak ternilai harganya maka dari itu keamanan dijadikan Prioritas utama pada Museum ini.

Tujuan utama didirikan Museum ini ialah untuk menjaga dan melestarikan arca maupun benda peninggalan tersebut ,banyak arca dari museum ini yang menggambarkan ihwal yang kuasa dewa ,Museum ini juga menyajikan pemutaran film ihwal dieng pada jaman dulu ,Museum ini sangat cocok untuk para arkeolog maupun prasajarah yang mungkin dapat memberikan arti dari arca tersebut.

Tempat Wisata Candi Dwarawati Dieng
Candi Dwarawati
Meskipun tidak sepopuler Candi Arjuna dan Gatotkaca ataupun Candi Bima. Candi yang satu ini berukuran kecil dan lokasinya tersembunyi. Candi yang dulunya dibangun sebagai pemujaan terhadap yang kuasa Syiwa ini bahwasanya memiliki sahabat menyerupai Candi Margasari, Candi Pandu dan Candi Parikesit. Namun untuk dikala ini, hanya Candi Dwarawati yang kokoh berdiri. Bangunan candi lainnya sudah hancur.

Lokasi : Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Tempat Wisata Candi Bima Dieng
Candi Bima
Tempat wisata di Banjarnegara ini pernah dipugar kembali alasannya kondinya yang memburuk pada tahun 2012. Pemugaran ini dilakukan sebagai wujud pelestarian supaya benda-benda peninggalan sejarah tinggal hancur atau rusak dimakan zaman. Dan untuk arsitekturnya, Candi Bima ini menyerupai dengan candi-candi di India. Dan terbilang unik alasannya berbeda dengan candi-candi populer lainnya yang ada di Dieng.

Lokasi : Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Tempat Wisata Tampo Mas Banjarnegara
Tempo Mas
Tempat wisata di Banjarnegara yang satu ini memiliki keterikatan cukup berpengaruh dengan Waduk Mrica. Ya, Tampo Mas inilah yang menjadi salah satu pendukung adanya Waduk Mrica. Dulunya Tampo Mas ini merupakan gunung atau disebut dengan gunung Tampo Mas. Kemudian gunung ini dihancurkan seiring dengan dibangunnya Waduk Mrica.

Namun justru reruntuhan bekas bukit inilah yang menarik minat wisatawan, khususnya mereka yang memburu spot untuk foto. Sisi menarik dari Tampo Mas ialah tekstur tebingnya. Selain itu waduk yang ada di tengah-tengah bukit batunya pun menjadi daya tarik tersendiri.

Tempat Wisata Telaga Dringo Banjarnegara
Telaga Dringo
Telaga dringo merupakan telaga yang tertinggi di dataran tinggi Dieng. Bisa dikatakan juga yang terindah. Jika anda sangat ingin melihat eksotisme Ranukumbolo di kaki Mahameru, maka mampu pula anda menikmatinya di wisata dieng Banjarnegara.

Benar, banyak yang mengatakan bahwa Telaga Dringo ini merupakan Ranukumbolo-nya Jawa Tengah. Sedikit berjuang melaksanakan tracking sekitar 20 menit di medan tanah dan berbatu tentu bukan persoalan kalau di final perjalanan anda akan menikmati keindahan Telaga yang satu ini. Telaga ini juga cukup bersahabat dengan Kawah Candradimuka. Kaprikornus anda mampu sekaligus mengunjungi dua objek wisata Banjarnegara ini.

Tempat Wisata Kuliner Soto Krandegan Khas Banjarnegara
Soto Krandegan
Soto Banjarnegara atau yang lebih dikenal oleh orang Banjarnegara yaitu soto Krandegan merupakan soto yang unik. Berbeda dengan soto-soto lainnya sperti soto bancar dan soto sokaraja yang merupakan kombinasi kuah bening dan kacang tanah, soto grombyang yang hitam pekat alasannya kluwek, soto bangkong alasannya kuah beningnya, ataupun soto kudus dengan khas daging kerbaunya. Soto Banjarnegara berkuah kuning sekilas menyerupai dengan opor, tapi setelah anda merasakannnya rasanya jauh berbeda dengan opor.

Soto Banjarnegara di asalnya sendiri belum banyak yang menjual, beberapa penjual soto Banjarnegara ada di belakang SMK Cokroaminoto, di alun-alun depan kantor pemda, di daerah krandengan ada 2, tepatnya di jalan MT. Haryono depan toko olahraga RC Sport dan di bersahabat Baracell, dan satu lagi pedagang keliling yang biasanya mangkal di pertigaan toko jam Santosa dan lapangan tenis Kab. Banjarnegara pada siang hari.

Baca Juga : Tempat Wisata di Wonosobo yang Menarik Untuk dikunjungi

Demikian mengenai 26 Tempat Wisata di Bajarnegara Paling Populer Dikunjungi nah biar ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya ihwal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar