28 Tempat Wisata di Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Situbondo - Pada kesempatan kali ini akan mengajak kau untuk menjelajahi setiap jengkal daerah di Jawa Timur yang memiliki moto pariwisata �East Side of Paradise�, siapa lagi kalau bukan Kabupaten Situbondo. Di daerah ini traveler akan menemukan banyak sekali tempat-tempat yang masih perawan bernuansa alam. Penasaran apa saja yang bisa kita singgahi di kabupaten ini?

Situbondo merupakan sebuah kabupaten yang berada di pesisir propinsi Jawa Timur. Kabupaten ini bertetangga dengan Banyuwangi yang namanya kian terkenal sebagai salah satu destinasi wisata harapan di Jawa Timur Layaknya daerah pesisir, Situbondo punya banyak pantai yang bisa kita kunjungi untuk mengusir penat dan rasa bosan. Di kabupeten ini juga terdapat Taman Nasional Baluran dengan Savana Bekol nya yang sering disebut sebagai Afrika versi Jawa Timur.

Baca ini : Tempat Wisata di Gresik yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Situbondo yang Wajib Dikunjungi
Karena letaknya yang strategis di ujung utara pulau Jawa, kabupaten Situbondo banyak meninggalkan destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Berikut ini daftar tempat wisata yang ada di Situbondo.

1. Tempat Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo
Pantai Pasir Putih Situbondo
Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan sebuah pantai yang terletak di Selat Madura dengan pasir putih bersih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Pantai ini sangat populer bagi masyarakat Jawa Timur hal itu dikarenakan wisata ini menunjukkan sejuta panorama yang menakjubkan. Ketika berkunjung ke wisata ini wisatawan akan menjumpai warna warni koral dan ikan ikan lucu yang berkerumun di terumbu karang.

Ombak nya yang damai menyampaikan pesona tersendiri dan memungkinkan wisatawan untuk ber-eksplorasi melihat lihat pemandangan di bawah laut. Di sekeliling pantai ini terdapat pepohonan yang rimbun. Sehingga wisatawan yang berkunjung pada siang hari dapat berteduh di rimbun nya pepohonan ini. Pada ketika demam isu liburan, di wisata Pasir Putih ini sering diadakan aneka macam macam event, mulai dari konser musik, lomba perahu, memancing dan lain lain.

Pantai Pasir Putih Situbondo terletak di jalur Pantura Jawa Timur, tepatnya di Kab. Situbondo, Kec. Bungatan, Desa Pasir Putih, Dsn. Kembangsambi. Lokasi nya yang strategis membuat Wisata Pasir Putih ini mudah untuk ditemukan.

2. Tempat Wisata Pantai Bilik Situbondo
Pantai Bilik
Nah tempat wisata selanjutnya yaitu Pantai bilik, pantai ini terletak di dalam daerah taman nasional baluran tepatnya di labuan merak kecamatan banyu putih kabupaten situbondo, wisata di situbondo tentunya pantai pasir putih lah yang menjadi destinasi utama anda.namun di balik ramainya pengunjung pantai pasir putih situbondo.

Situbondo juga banyak menyimpan tempat tempat wisata laut yang cantik dan tersembunyi salah satunya pantai bilik. Secara keseluruhan pantai bilik terbagi menjadi 4 pantai dengan karakter yang berbeda beda mulai dari warna pasir serta kejernian air dan ombak. Pantai bilik merupakan salah satu pantai yang bernuansa gunung di jawa timur.

3. Tempat Wisata Pantai Lempuyang Situbondo
Pantai Lempuyang
Pantai Lempuyang masuk ke dalam wilayah konservasi TNI Baluran. Pantai berpasir putih ini sangat bersih dengan pemandangan karang laut yang masih alami. Garis Pantai Lempuyang menjorok ke dalam sehingga terlihat menyerupai karakter U bila disaksikan dari ketinggian.

Di sisi kanan dan kirinya terlihat pohon mangrove yang tumbuh menjorok ke lautan. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar pohon mangrove dan melihat ikan-ikan berseliweran di antara akar pohon. Sarana dan prasarana belum tersedia di obyek ini.

Alamat : Kompleks Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur.

4. Tempat Wisata Pantai Tangsi Situbondo
Pantai Tangsi
Pantai Tangsi berlokasi di Desa Semiring Kecamatan Mangaran, Pantai ini cukup bersih dengan pantai yang lebar, di pantai ini terdapat mercu suar yang digunakan untuk navigasi kapal. Dulunya disekitar area pantai ini akan digunakan untuk kilang minyak, ketika ini areal tersebut digunakan untuk tambak ikan.

Dengan pantai yang cukup bersih dan lebar ditambah dengan pemandangan tambak ikan.Dengan pohon bakau merupakan daya tarik tersendiri untuk pengembangan pantai tangsi menjadi sebuah obyek daya tarik wisata.

5. Tempat Wisata Pantai Keperan Situbondo
Pantai Keperan
Pantai Keperan merupakan sebuah daerah pesisir yang mencakup hutan bakau dan pantai. Lokasi tempat ini berada di Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran. Lokasinya berada di sebelah timur Pantai Tangsi. Menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata ketika traveling di Situbondo bukanlah pilihan yang salah karna selain berkunjung ke pantai.

Kita juga bisa menyusuri area hutan dan tambak bakau menggunakan sepeda ontel Lokasi Pantai Keperan sendiri berada di sebelah utara tambak bakau. Pantai tersebut merupakan salah satu pusat aktivitas para nelayan di Situbondo. Para nelayan biasanya menjual hasil tangkapan mereka di pantai ini. Deretan perahu nelayan akan banyak kita temui di Pantai Keperan.

6. Tempat Wisata Pantai Pathek Situbondo
Pantai Pathek
Pantai Pathek yaitu salah satu pantai yang bisa dikunjungi ketika berada di Kabupaten Situbondo. Terletak 5 Km ke arah utara kota Situbondo, pantai Pathek merupakan pantai yang masih alami dan tidak terlalu ramai di kunjungi. Pantai Pathek menunjukkan keindahan alam yang cukup asri. Pesona matahari terbenam dan obyek bawah laut menjadi daya tarik bagi Anda yang menyukai wisata laut.

Jika langit tidak mendung anda dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam yang menyuguhkan keindahan tiada tara. Di jalan sisi barat dari pantai Pathek, Anda dapat melihat saksi sejarah berupa jalan Anyer - Panarukan, yang dibangun pada jaman Belanda. Pantai Pathek terdapat di desa Gelung, kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

7. Tempat Wisata Pantai Tampora Situbondo
Pantai Tampora
Pantai ini terletak di Kecamatan Banyuglugur. Kamu harus menempuh waktu sekitar 1 jam ke arah barat dari pusat Kabupaten Situbondo untuk bisa hingga ke lokasi ini. Suasananya cukup damai dengan pemandangan yang tak kalah cantik dari pantai-pantai lain di Indonesia. Kamu harus mengagendakan suatu ketika nanti akan ke tempat-tempat ini. Pantai ini tak kalah keren dengan pantai lainnya yang ada di situbondo.

8. Tempat Wisata Pantai Balanan Situbondo
Pantai Balanan
Tempat wisata selanjutnya yaitu Pantai Balanan, pantai ini berjarak sekitar 3 km ke arah barat untuk hingga di sebuah lokasi yang tak kalah cantik dari pantai bama. Ini ia pantai balanan yang jernih itu. Akses jalan yang berupa tanah bercampur pasir ini akan membawamu menuju sebuah pantai dengan hamparan pasir putih, tebing batu, dan jejeran pohon kecil yang tumbuh di tengah laut. Seolah pohon-pohon itu tumbuh di atas air.

9. Tempat Wisata Pantai Bama Situbondo
Pantai Bama
Pantai Bama merupakan episode dari gugusan pantai yang menjadi batas daerah Taman Nasional Baluran, dengan vegetatif bakau disekitar pantai. Pantai Bama memiliki karakteristik pantai dengan pasir yang putih. Saat mengunjungi obyek wisata ini akan terlihat beberapa jenis simpanse sedang mencari kepiting. terletak 3 km sebelah timur Pos Bekol.

Pengunjung juga bisa menikmati sunrise pribadi dengan latar belakang Taman Nasional Bali Barat. Untuk menuju ke Pantai Bima bisa diakses dengan aneka macam rute atau melalui pintu masuk utama. Terdapat beberapa sarana akomodasi, dengan jumlah yang terbatas sebab area ini termasuk dalam area konservasi.

Pantai Bama cukup bersih dan dikelilingi oleh hutan mangrove yang asri, terumbu karang untuk aktivitas snorkeling dan terdapat beberapa pantai guest house untuk menginap. Terdapat juga jalan setapak untuk mengelilingi pantai dan padang sekitar konservasi. Di tempat konservasi, terdapat Tower pemantauan satwa, untuk memantau setiap aktivitas satwa atau untuk memantau segala hal yang mungkin terjadi.

10. Tempat Wisata Pantai Banongan Situbondo
Pantai Banongan Situbondo
Pantai Banongan yaitu salah satu pantai di Situbondo yang menunjukkan keaslian suasana dengan udara laut yang segar. Di sekitar pantai terdapat jajaran pohon kelapa yang merupakan miliki pemerintah kabupaten Situbondo sebagai salah satu perkebunan kelapa miliki negara. Hadirnya jajaran pohon kelapa menambah susanan sejuk dan semilir di sekitar pantai Banongan.

Ditambah dengan birunya laut dan segarnya udara pantai menambah daya tarik tersendiri ketika mengunjungi pantai ini. Ditambah lagi, para pengunjung dapat menikmati panorama laut dengan melaksanakan beberapa aktivitas pantai, seperti, bermain kano, berjemur, berenang, dll. Berjalan di sepanjang pantai juga menarik untuk dilakukan.

11. Tempat Wisata Padang Rumput Sikasur Situbondo
Padang Rumput Sikasur
Padang Rumput Sikasur merupakan sebuah hamparan padang rumput hijau dan asri yang terletak di Situbondo. Padang rumput Sikasur terletak di antara Gunung Hyan atau lebih dikenal dengan Argopuro dan Puncak Rengganis, tepatnya berada di desa Baderan, kecamatan Sumbermalang, sekitar 18 Km arah selatan dari Besuki. Saat mengunjungi padang rumput Sikasur, akan ditemukan danau berjulukan Sitanjung yang akan menambah keeksotisan padang rumput ini secara nyata.

Pengujung yang datang ke Sikasur selalu meluangkan waktu untuk berkemah dan menikmati suasana alam yang indah. Di padang rumput ini terdapat lapangan terbang yang sudah tidak beroperasi lagi, dan dibangun semenjak tahun 1940 an oleh AJM Ledeboer sevagai aktivitas pembudidayaan rusa yang di datangkan dari luar negeri.

12. Tempat Wisata Puncak Rengganis Argopuro
Puncak Rengganis
Gunung Argopura merupakan bekas gunung berapi aktif yang terletak di Situbondo dan memiliki ketinggian 3.088 Meter yang merupakan episode dari pegunungan Iyang yang berada di Kabupaten Probolinggo. Gunung Argopuro memiliki beberapa puncak, salah satunya yaitu puncak Rengganis.

Selain memiliki daya tarik khas puncak gunung, di Rengganis juga terdapat situs peninggalan jaman purbakala berupa teras berundak yang terdiri dari 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan di dalamanya. Reruntuhan bersejarah itu dipercaya sebagai bekas reruntuhan kerajaan Dewi Rengganis.

13. Tempat Wisata Padang Savana Situbondo
Padang Savana
Situbondo memiliki padang savana yang sangat luas di daerah Taman Nasional Baluran. Padang savana ini menyerupai dengan yang dimiliki oleh negara-negara di Amerika, Afrika, dll. Sama-sama eksotis, indah, dan luas. Background gunung Baluran yang gagah dan menjulang tinggi semakin memperindah pemandangan di sekitar padang savana ini. Bahkan di tempat ini anda bisa melihat hewan bebas berkeliaran keluar masuk hutan, menyerupai hewan rusa, banteng, merak, dan kera.

14. Tempat Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo
Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, tepatnya berada di sebelah utara Kabupaten Banyuwangi. Taman nasional ini merupakan perwakilan ekosistem hutan di Pulau Jawa yang cenderung kering, menyerupai savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai dan hutan rawa. Nama Baluran untuk taman nasional ini diambil dari gunung yang berada di daerah ini yaitu gunung Baluran.

Taman Nasional ini memiliki sekitar 444 jenis tumbuhan dan di antaranya merupakan tumbuhan asli yang khas dan bisa menyesuaikan diri dalam kondisi yang sangat kering. Sedangkan untuk satwa, terdapat 26 jenis satwa yang tinggal di di daerah ini, diantaranya banteng yang merupakan ikon dari taman nasional ini, kerbau liar, kijang, rusa, macan tutul, kancil dan kucing bakau.

Selain itu, juga terdapat 155 spesies burung yang hidup di daerah ini. Taman Nasional Baluran memiliki beberapa pos pengamatan yang bisa dikunjungi dan memiliki keistimewaan sebagai sub obyek wisata di dalam Baluran. Seperti: Batangan; di sini terdapat goa peninggalan masa kolonial Jepang, makam putri Maulana Malik Ibrahim dan pengunjung juga bisa melihat atraksi tarian burung merak di ketika demam isu kawin.

15. Tempat Wisata Bekol Savannah Situbondo
Bekol Savannah
Bekol Savannah merupakan sebuah objek wisata alam andalan di Taman Nasional Baluran. Padang rumput yang luas yang terdapat di savana ini menyerupai dengan alam liar yang ada di Afrika, yang sering kita lihat di Televisi. Karena kesamaan tersebut, banyak yang menyebut bahwa wilayah ini sebagai Bekol Savana miniatur Afrika di Jawa Timur. Secara administratif, Bekol Savanna merupakan episode dari wilayah Situbondo. Jaraknya sekitar 13 km dari pintu masuk ke taman nasional.

Nah adapun saluran ke sana bisa dilakukan dengan sepeda motor dan mobil. Setelah tiba di lokasi Bekol Savanna kita akan disambut oleh padang rumput yang sangat luas yang membuat mata tidak pernah bosan melihat. Gunung Baluran yaitu latar belakang pemandangan yang akan kita lihat, yang terlihat sangat cantik dan anggun. Sekitar Bekol Savanna kita dapat menemukan aneka macam hewan liar yang hidup di sekitar taman nasional menyerupai Rusa, kerbau liar dan aneka macam jenis burung.

Keberadaan tanaman liar Acacia nilotica membuat pemandangan di sekitar Bekol Savanna menjadi semakin menarik dan benar-benar alami. Jika Anda ingin menerima pengalaman yang luar biasa di Bekol Savanna, usahakan tiba di sana pada waktu fajar untuk melihat matahari terbit nan indah. Percikan sinar matahari yang menyinari rumput sekitar savana yaitu pemandangan yang benar-benar membuat mata tidak ingin berkedip.

16. Tempat Wisata Air Terjun Talempong Situbondo
Air Telempong
Jarak Kota Situbondo menuju Air Terjun Telempong sekitar 53 km, atau bisa kau tempuh dengan estimasi waktu sekitar 1 jam perjalanan. Tepatnya, teladas ini terletak di Desa Telempong, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Untuk hingga ke lokasi, saluran jalannya terbilang gampang-gampang susah. Kamu harus berjalan kaki melewati rumah warga dan areal sawah.

Sementara kendaraanmu hanya bisa dititipkan di rumah-rumah warga dengan membayar biaya parkir sebesar Rp. 2000,00/ motor. Perjalanan ke teladas ini bisa kau tempuh sekitar tiga puluh menit perjalanan dari lokasi penitipan kendaraan.

Kamu masih harus melewati lereng bukit yang naik turun dan jalanan berbatu. Meskipun begitu, tapi semua akan terbayar ketika kau hingga di lokasi. Ohya, istimewanya lagi, kau tidak perlu membayar biaya masuk, sebab tempat ini belum ada yang mengelola.

17. Tempat Wisata Air Terjun Setancak Situbondo
Air Terjun Setancak
Air Terjun Setancak terletak di Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kalau kau dari pusat Kota Situbondo, kau bisa menempuhnya dengan estimasi waktu sekitar 4 jam perjalanan. Nah, kalau udah hingga lokasi, maka kau harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000,00.

Tapi sayangnya, kendaraan yang kau bawa tidak bisa diparkirkan di tepi air terjun. Oleh sebab itu, kau harus menempuh perjalanan dengan melewati jalan setapak dengan jarak sekitar 2 km. Selain menikmati keindahan alamnya yang memukau, kau juga bisa melihat populasi burung walet yang berada di samping air terjun. Hebatnya lagi, teladas ini mengalir cukup deras dari ketinggian sekitar 9 meter.

18. Tempat Wisata Pelabuhan Jangkar Situbondo
Pelabuhan jangkar
Pelabuhan Jangkar merupakan pelabuhan utama Kabupaten Situbondo dan merupakan pelabuhan dengan daya tarik tersendiri sebab masih merupakan pelabuhan tradisional di masa kini. Pelabuhan Jangkar terletak di kecamatan Asembagus, 35 Km arah timur kota Situbondo.

Disekitar pelabuhan, pengunjung yang datang bisa menikmati waktu dengan memancing, berjalan di pantai, berenang atau melaksanakan pelayaran dari Situbondo ke Kalianger, Madura.

Pelabuhan Jangkar yaitu tempat bersandar perahu dengan tujuan sejumlah pulau dan kabupaten di Madura, menyerupai pulau Sapudi, Raas, Kangean dan juga Kalianget. Selain kapan ferri, terdapat kapal motor yang semuanya terbuat dari kayu.

19. Tempat Wisata Bendungan Curah Cottok Situbondo
Bendungan Curah Cottok
Bendungan Curah Cottok berlokasi di desa Curahcottok, kecamatan Kapongan. Waduk ini merupakan waduk alami yang di gunakan sebagai sarana irigasi untuk areal pertanian sekitarnya, air di waduk ini berasal dari sumber mata air di sekitar Waduk dan air hujan.

Pada demam isu kemarau debit air sedikit, Waduk ini berjarak kurang lebih 1 km dari jalan desa. Ramai dikunjungi pada hari libur khususnya hari minggu. Waduk ini memiliki cukup potensi untuk dikembangkan mengingat waduk ini merupakn waduk alami, di mana debit air tersedia sepanjang tahun.

20. Tempat Wisata Pelabuhan Rakyat Panarukan Situbondo
Pelabuhan Panarukan
Pelabuhan Panarukan merupakan dermaga sisa Belanda yang didirikan pada sekitar tahun 1980 dengan nama Maactschappij Panaroekan dulunya pelabuhan ini di gunakan untuk berlabuhnya kapal-kapal besar namun seiring dengan mendangkalnya pantai, ketika ini pelabuhan panarukan digunakan untuk dermaga kapal kecil. Kapal-kapal yang berlabuh umumnya berasal dari kepulauan madura dan juga dari luar pulau (Sulawesi, Kalimantan Selatan).

Kapal-kapal yang masuk ke panarukan umumnya membawa hasil laut, sedang yang keluar dari pelabuhan panarukan membawa hasil bumi atau sembako,dll. Disekitar pelabuhan terdapat perkampungan penduduk khas pesisir dengan perahu nelayan berjejer, nilai histories pelabuhan panarukan ditambah aktifitas bongkar muat pelabuhan serta aktifitas nelayan sekitar, merupakan daya tarik tersendiri untuk penyusunan sebuah paket wisata.

21. Tempat Wisata Arung Jeram Situbondo
Arum Jeram Situbondo
Nah selain lokasi wisata yang memanjakan mata dan sifatnya santai, ada pilihan wisata gres di Dusun Samir, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Kalau kau memilih jenis wisata ini, bisa dipastikan bukan lagi rasa kalem yang ada.

Lokasi wisata ini kira-kira berada pada jarak 40 km dari pusat kota Situbondo. Kamu akan menikmati derasnya aliran sungai dengan pemandangan sawah serta tebing tinggi di sepanjang pinggir sungai. ini cocok buat yang suka dengan hal yang menantang deh.

22. Tempat Wisata Perkebunan Kopi Kayu Mas Situbondo
Perkebunan Kopi Kayumas Situbondo
Perkebunan kopi Kayumas terletak di kecamatan Arjasa, sekitar 47 Km dari kota Situbondo dan terletak diketinggial 760 - 1550 M dari atas permukaan laut. Awal mulanya di tahun 1886, perkebunan ini merupakan kebun kopi arabika dan beberapa tanaman kina dengan nama NV Mijt dan berkembang menjadi Van Landem Kayumas hingga 1957.

Lalu di tahun 1958, perkebunan ini di nasionalisasikan menjadi Pusat Perkebunan Negara Baru. Saat ini, Perkebunan Kopo Kayumanis di bawah pengelolaan PTPN XII yang sudah berlaku semenjak 1996 dengan menggunakan merek dagang Java Coffee Kayumanis. Selain penyumbang komoditas kopi arabika, perkebunan ini juga sedang gencar berbagi budidaya kopi luwak sebagai produk unggulan mereka.

23. Tempat Wisata Industri Genteng Kalibagor Situbondo
Industri genteng kalibagor
Tempat Wisata Sentra industri genteng terletak di desa Kalibagor, kecamatan. Situbondo, lokasi pusat ini berada di pinggir jalan raya arah menuju ke bondowoso, proses pembuatan genteng akan sangat menarik jikalau di jadikan sebuah paket wisata. Lokasi pusat ini layak untuk di kembangkan menjadi obyek wisata psndidikan. nah bagaimana? menarik bukan, ini pas buat anda yang ingin menambah wawasan wacana proses pembuatan genteng.

24. Tempat Wisata Pabrik Gula Olean Situbondo
Pabrik Gula Olean
Pabrik Gula Olean yaitu salah satu warisan kolonial belanda yang hingga ketika ini masih beroperasi, dari 4 pabrik gula sisa peninggalan colonial belanda yang ada di kabupaten situbondo, PG.Olean merupakan pabrik gula tertua yang didirikan tahun 1846. Menggunakan mesin uap dalam operasionalnya PG.Olean di usulkan untuk menjadi salah satu warisan dunia(world heritage).

Lokasi PG. Olean berada di kecamatan situbondo kurang lebih 3 Km dari pusat kota. Dengan segala fasilitas yang di miliki (mesin uap, ketel uap) PG. Olean menunjukkan daya tarik tersendiri untuk dikembangkan.Wisata sejarah pendidikan sangat sempurna untuk di kembangkan di PG. Olean, guna pengembangkan PG.

25. Tempat Wisata Rumah Residen Besuki Situbondo
Rumah Resident Besuki
Rumah Resident Besuki terletak di sebelah selatan Alun-Alun Kota Besuki. Tepat di pinggir jalan raya. Rumah ini didirikan sekitar tahun 1803, struktur rumah ini bergaya campuran Eropa dan China. Kondisi bangunan ketika ini cukup memprihatinkan, perlu adanya pemeliharaan mengingat bangunan ini memiliki nilai histories yang tinggi terkait dengan sejarah keresidenan Besuki.

26. Tempat Wisata Kolam Renang Tirta Pandawa Situbondo
Kolam Renang Tirta Pandawa
Kolam renang Tirta Pandawa merupakan kolam renang yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Situbondo maupun dari luar Situbondo. Kolam renang ini memiliki kejernihan air yang bagus dan suasana yang mendukung untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Kolam renangnya bersih. Terdiri dari dua kolam renang, yang satu untuk remaja dan satu lagi untuk anak-anak. Kolam remaja berukuran sekitar 25 x 15 m. Kedalamannya secara gradual berubah sepanjang kolam, mulai dari 125 cm menjadi 150cm dan 175 cm. Setelah itu kembali menjadi 150cm di ujung yang satu lagi.

27. Tempat Wisata Rumah Dalem Tengah Situbondo
Rumah Dalem Tengah
Rumah Dalem Tengah merupakan rumah Ke Pate Alos. Beliau mempunyai nama asli Bagus Kasim putera dari Kyai Wiroborto asal Desa Tanjung Pamekasan Madura. Beliau pernah menjadi demang di daerah Demung (Besuki) Rumah ini tepatnya berada di gang masuk sebelah utara Alun-Alun Besuki.

Rumah ini dulunya dipergunakan sebagai tempat pertemuan antara Ke Pate Alos dan masyarakat bawahannya, menurut gosip rumah ini ditempati sejaman dengan lahirnya kota Besuki. Bangunan ini merupakan cagar budaya yang perlu di lestarikan.

28. Tempat Wisata Kuliner Bakso Raksasa Situbondo
Bakso Raksasa Situbondo
Jika Anda ada di situbondo, kau harus mencoba merasakan bakso rakasa yang sudah terkenal di situbondo. Bakso raksasa ini merupakan bakso berukuran besar dan juga memiliki kuah yang segar dan juga rasa yang mantap. Lokasinya ada di jl. diponegoro utara, kota situbondo.

Baca juga : Tempat Wisata di Jombang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 28 Tempat Wisata di Situbondo yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar