42 Tempat Wisata di Padang Terbaru Yang Paling Bagus

Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat - Ketika kita mendengar kata padang, pasti yang ada di bayangan kita yaitu masakan padangnya yang begitu lezat. namun jangan salah, kota padang tak hanya memiliki masakan yang enak tapi juga memiliki tempat wisata yang rupawan dan tak kalah keren dengan tempat wisata lainnya di indonesia. Kota Padang yaitu ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Kota yang terkenal dengan legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya ini berbatasan pribadi dengan laut dan perbukitan.

Sehingga secara otomatis mempunyai beragam tempat wisata menarik. Kota Padang memiliki kultur yang beragam, tipe orangnya pun juga beragam, etika bersandi sarak, sarak bersandi Kitabullah itulah semboyan masyarakat minang yang melekat hingga kini. Kota sangat terkenal dengan kulinernya yang luar biasa enaknya. Kita bisa dengan mudah menemukan restoran di Kota Padang, dari yang kecil hingga yang mewah.

Baca ini : Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi

Selain itu, Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Padang sendiri semakin berkembang tiap tahunnya, dan makin menunjukkan daerah ini siap menyaingi Medan sebagai metropolisnya Sumatera. Namun demikian, Padang tetap menyimpan kearifan lokal yang membuatnya tetap bersahaja dalam segala modernitas yang mulai tumbuh di sana. Banyak orang yang bilang beruntung sekali jadi orang Padang karena diberkahi banyak keistimewaan.

Tempat Wisata di Padang Terbaru Yang Paling Bagus
Berikut 41 daftar Tempat Wisata di Padang yang wajib harus anda kunjungi kalau anda sedang berkunjung ke Padang.

1. Tempat Wisata Pantai Nirwana 
Pantai Nirwana
Pantai Nirwana merupakan salah satu pantai di padang yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama wisatawan lokal. Aksesnya yang mudah dan jaraknya yang tidak terlalu jauh yaitu sekitar 14 KM menjadi alasan kenapa wisatawan menyukai tempat ini. Selain aksesnya yang mudah pantai ini juga tak kalah cantik dengan pantai � pantai lainnya.

Nah waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai nirwana yaitu pada dikala sore hari karena pada dikala itu anda bisa menikmati keindahan sunset, dan pada dikala malam hari lampu sorot dari pelabuhan teluk bayur akan terlihat.

2. Tempat Wisata Pantai Padang
Pantai Padang
Pantai Padang Taplau berada di sentra kota Padang. Ke Padang, ibu kota Provinsi Sumatera Barat, dari luar Pulau Sumatera, bisa melalui pesawat menuju Bandara Internasional Minangkabau. Pantai Padang Taplau memang biasa dipadati masyarakat setempat maupun para pelancong yang kebetulan berwisata atau dalam rangka urusan urusan ekonomi di Padang. Pantai Padang Taplau menjadi temapat terbaik untuk menhilangkan penat. Di Pantai Padang Taplau kita dapat mengamati matahari yang perlahan-lahan turun. Lalu mulai menyentuh cakrawala dan menebar sinar terakhir. Kemudian, tanpa disadari, hari mulai gelap.

Pantai Padang Taplau memiliki garis pantai yang panjang. Di salah satu sisi, latar belakang laut dilengkapi dengan sebuah bukit yang disebut sebagai Gunung Padang. Pantai Padang Taplau juga memiliki beberapa warung tenda berdiri berjejer di tepi pantai, terutama pantai di depan Taman Budaya. Anda bisa menikmati minuman hambar berupa minuman bersoda dan kelapa muda. Sebagai sobat minum, bisa beli kacang rebus ataupun telur rebus. Makan rujak khas Padang seru juga dinikmati di sore hari. Coba juga pisang bakar yang biasa dijual di Pantai Padang Taplau ini.

Di salah satu sisi Pantai Padang Taplau terdapat area bermain untuk anak-anak. Anda bisa mengajak si kecil untuk mencoba banyak sekali wahana permainan. Pun, naik kendaraan beroda empat berbentuk kereta untuk menelusuri Pantai Padang Taplau. Sayangnya, Pantai Padang Taplau tak berpasir. Kalaupun ada, hanya tersisa sedikit di beberapa bagian. Pantai Padang Taplau ini telah mengalami erosi menahun. Tembok kerikil menjadi pemisah antara laut dengan tepi jalan, sekalligus berfungsi sebagai pemecah ombak. Batu-batu karang dengan ukuran besar terdapat di sekitar bibir Pantai Padang Taplau.

3. Tempat Wisata Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak
Di Padang banyak sekali tempat wisata pantai misalnya saja Pantai Pasir Jambak. Untuk hingga di pantai ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sepanjang 20 km dari sentra Kota Padang, dari sentra kota pengunjung bisa menuju ke arah jalan lintas Padang-Pariaman. Ciri khas dari pantai ini yaitu pasirnya yang putih, pantainya yang lebar, landai dan sejuk karena banyak pohon kelapa yang ada di pesisir pantai. Pintu gerbang yang menuju ke pantai ini membuat tempat wisata semakin nyaman.

Tidak hanya itu saja kemudahan lainnya berupa tempat parkir yang nyaman, panggung hiburan, warung makan, home stay bagi wisatawan yang ingin menginap, gazebo dan juga penyewaan perahu. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung bisa berjemur, berenang, berperahu, bersantai dan bisa melihat sunset di pinggir pantai. Pantai ini pemadangannya tidak jauh beda denan pantai yang ada di kota Padang lainnya. Pasir yang ada di pantai ini putih agak kecoklatan dan pantai ini juga dipenuhi pohon cemara juga pohon kelapa.

4. Tempat Wisata Pantai Air Manis
Pantai Air Manis
Pantai Air Manis menjadi lokasi wisata favorit yang ada di Kota Padang. Akses menuju daerah wisata Pantai Air Manis dengan melewati sebuah bukit, kalau akan ke Pantai Air Manis kita dihadapkan dengan tanjakan yang dibilang agak tinggi dan curam, kemudian sebelah kiri kita bisa melihat pemandangan Kota Padang dan pabrik Semen Padang, dengan tikungan yang agak tajam dan di samping kiri kanan masih ditumbuhi rumput liar, sehingga agak menyusahkan para sopir, dan juga ukuran jalannya yang sempit hingga muat untuk satu kendaraan beroda empat saja.

Pantai Air Manis yang terletak di Kecamatan Padang Selatan tersebut, bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 30 menit dari sentra kota. Pantai Air Manis berkaitan erat dengan legenda Malin Kundang di Sumatera Barat. Malin Kundang yaitu huruf dalam dongeng yang menjelma batu, gotong royong dengan kapalnya, setelah durhaka kepada ibunya. Di tepi Pantai Air Manis, terdapat kerikil Malin Kundang dan beberapa perlengkapan kapalnya, yang juga menjelma batu. Berdasarkan cerita, Malin Kundang dikutuk oleh ibunya karena menolak untuk mengakui ibunya setelah bepergian ke daerah lain dan menjadi kaya.

Pantai Air Manis yaitu tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal dan absurd karena memiliki gelombang yang rendah dan pemandangan rupawan Gunung Padang. Ada juga sebuah pulau kecil berjulukan Pisang Kecil. Dari pagi hingga sore, Anda bisa berjalan kaki ke pulau yang memiliki luas satu hektar ini melalui air dangkal. Di sore hari, air pasang mulai naik dan Anda harus menggunakan perahu untuk kembali. Di sebelah kanannya, ada pulau lain yang disebut Pisang Besar. Penduduk lokal di pulau ini sebagian besar petani dan nelayan.

5. Tempat Wisata Pantai di Mentawai
Pantai Mentawai
Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan ibu kota Tua Pejat � Sipora berada lebih kurang 135 km dari Kota Padang dapat dicapai melalui laut dengan memakan waktu antara 6-10 jam. Selain memilki pantai yang rupawan dengan hamparan pasir putihnya, acara wisata atraksi atau kelautan yang terkenal yaitu kegiatan selancar (surfing) yang dapat dilakukan disekitar pulau Siberut dan Sipora. Akomodasi bagi pengunjung terdapat di beberapa kota kabupaten dan kecamatan.

6. Tempat Wisata Pantai Caroline
Pantai Caroline
Pantai Caroline memiliki kharisma tersendiri. Pasir putih di tepi pantai Padang ini semakin lengkap dengan pepohonan hijau yang berbaris dipinggirannya. Mayoritas pepohonan tersebut yaitu pohon kelapa yang landai. Jika Anda berkunjung pada dikala cuaca cerah, riak ombak akan memanggil-manggil jiwa petualangan Anda untuk mencicipi riuhnya air laut. Pantai di Sumatera Barat ini juga merupakan surga bagi Anda yang gemar surving.

Ombaknya sangat menantang untuk ditaklukkan. Tidak hanya itu saja, memancing atau sekedar bermain sepak bola bersama teman-teman Anda juga akan menjadi acara menyenangkan, yang dapat Anda lakukan di Pantai Caroline. Pantai Caroline juga menyimpan panorama kekayaan alam bawah laut, berupa terumbu karang aneka macam dan ikan hias yang sangat menawan. Sehingga cocok sekali untuk sejenak Anda sapa dengan menyelam.

Seni alam ini akan terasa lebih lengkap dengan turut menjelajahi pulau-pulau kecil di daerah Teluk Bunguih dan Perairan Kota Padang Sumatera Barat. Diantaranya mirip Pulau Pisang Ketek, Pulau Pisang Gadang, Pulau Kasiak, Pulau Talena, Pulau Pasumpahan dan Pulau Sirandah. Cocok untuk para peselancarJika Anda merasa cukup penat dengan berkeliling pantai di Sumatera Barat ini, Anda bisa beristirahat di tepi pantai. Angin sepoi-sepoi bisa membujuk mata Anda untuk segera beranjak ke alam mimpi. Tetapi, sayang sekali bila Anda justru menghabiskan waktu untuk tidur di Pantai Caroline, karena Anda akan kehilangan momen untuk menikmati keindahan pantai.

Untuk masuk daerah wisata Pantai Caroline hanya dibebankan biaya Rp.5000 per orang. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan beroda empat pribadi ataupun kendaraan beroda empat rental, juga dikenakan biaya parkir Rp.5000. Penggunaan speedboat dari Pantai Caroline menuju Pulau Sikuai dipasok dengan tarif Rp.500.000 hingga Rp.600.000. Serta Rp.800.000 untuk ke Pulau Cibadak yang juga tidak jauh dari lokasi pantai Caroline.

Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Bungus Teluk Kabung, Bungus Sel., Bungus Tlk. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat 25226.

7. Tempat Wisata Air Terjun Tigo Tingkek
Air Terjun Tigo Tingkek
Air Terjun Tigo Tingkek terletak di daerah kota Padang, objek wisata Alam ini terletak di kaki Bukit Barisan. Ketinggian dari atas permukaan laut, sekitar 600 m. Pesona Air Terjun dengan tiga tingkatan yang cantik merupakan usulan wisata untuk anda di sini. Masyarakat Cindakir memberi nama Air Terjun ini Lubuk Hitam. Kita bisa mengunjungi Air Terjun ini dengan datang pribadi ke Desa Koto Lubuk Hitam Cindakir, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang. Sumbar. Jika Anda penggila Wisata Alam yuk coba takluk kan perjalanan menuju Air Terjun ini.

Untuk bisa menikmati Keindahan Air Terjun ini, butuh kesenangan sendiri dalam menghadapi jalan yang terjal. dikala berjalan kita bisa berpengan pada tali dan tonggak-tonggak yang berada di sisi jalan. Perjalanan diawali dengan mengunjungi tingkat pertama, jalannya lumayan masih belum rumit. Jika ingin melanjutkan ke tingkat dua dan tiga. kita harus mempersiapkan diri dengan menempuh jalan yang terjal dan licin. Ketinggian teladas di tingkat tiga ini mencapai 1080 meter. benar-benar teladas yang sangat indah.

Bagi wisatawan Pecinta Alam, ini merupakan destinasi wisata yang tidak akan rugi kalau dikunjungi. Setelah mencicipi adrenalin perjalanan yang terjal, kelelahan kita akan pribadi terbayar dengan keindahaan alam yang ditawarkan Air Terjun Tigo Tingkek ini. suasana alam yang alami dan sejuk menambah releksasi kita dalam menghilangkan stres selama malaksanakan kegiatan sehari-hari. Keindahan teladas yang memukau dan hiasan pohon-pohon disekitarnya tidak akan membuat anda ragu untuk datang kesini.

8. Tempat Wisata Air Terjun Nyarai
Air Terjun Nyarai
Air Terjun Nyarai merupakan salah satu teladas terindah yang kami temukan di Sumatera Barat. Air Terjun ini terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Butuh waktu 2 hingga 3 jam untuk mencapai air terjun, kalau mulai berjalan dari ekspresi hutan. Air Terjun Nyarai, kalau dideskirpsikan tinggi teladas ini kira-kira 7-8 meter, kalau ekspresi dominan panas guyuran airnya tidak terlalu deras. Hal yang menarik dari teladas ini yaitu kolam besar, dengan air bewarna kehijauan, kolam ini tepat berada di depan air terjun.

Aliran air dari teladas ke kolam, di bendung oleh dua kerikil mirip pintu, mirip bendungan yang mengatur debit air yang masuk dari kolam. Semua sisi yang saya ceritakan terbuat secara alami. Air Terjun Nyarai juga menyimpan potensi menarik lainnya, di dalam kolam hijau tersebut ada ikan, ikan bisa ditangkap dengan pistol tombak atau dengan memancing.

Dibutuhkan keahlian khusus untuk menangkap ikan dengan pistol tombak, karna harus menyelam sambil kejar-kejaran dengan ikan. Rasa ikannya luar biasa, enaaak !. Dagingnya lembut sekali, manis dan gurih. Manis karena rasa dagingnya dan gurih karena kulitnya. Makara disini kita bisa berenang sepuasnya, menangkap ikan dan bermain ayunan dari akar pohon. Waktu tidak akan terasa selama di air terjun, yang dirasakan yaitu rasa senang dan ucap syukur kepada Maha kuasa atas ciptaannya.

Alamat: Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat 25581

9. Tempat Wisata Air Terjun Sarasah Banyak Gariang
Sarasah Banyak Gariang
Sarasah Banyak Gariang terletak di desa Koto Baru, Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan.Kawasan Sarasah Banyak Gariang berjarak 17 km sebelah Timur Kota Padang atau 2 km dari LIK Gadut dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Akses ke lokasi ini dapat ditempuh dengan manaiki angkutan kota Jurusan Pasar Raya � Ulu Gadut, atau dengan Taksi. Setelah hingga di LIK Gadut lanjutkan perjalanan dengan menggunakan oplet Kuning Jurusan Koto Baru.

Sampai dipemberhentian oplet terakhir, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak memakan waktu � 1 � jam, dengan jarak tempuh � 6 km. Sarasah Banyak Gariang melewati perkebunan pisang, durian dan hutan. Sarah Banyak Gariang memiliki teladas dengan ketinggian sekitar 40 meter dikaki Bukit Barisan.Dahulunya kolam teladas tersebut banyak ikan Gariang, karena itu masyarakat Ulu Gadut menamakannya Air Terjun Sarasah Banyak Gariang.

10. Tempat Wisata Danau Singkarak
Danau Singkarak
Danau Singkarak menjadi salah datu tempat wisata yang ramai dikunjungi warga sekitar dan juga dari luar kota. Keindahan tempat wisata ini pertama kali dikenal luas pada tahun 1905 melalui jurnal biologi milik Ernst Haeckel, seorang peneliti dari Jerman. Tak hanya meneliti ekosistem Danau Singkarak dan sekitarnya, Haeckel juga terkagum-kagum dengan keindahan danau ini, sehingga membuatnya merangkum keindahan Danau Singkarak dalam sebuah lukisan.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menikmati Danau Singkarak. Anda bisa berenang di air danaunya yang jernih, naik sampan berkeliling danau, memancing di tepi danau atau ikut nelayan menangkap ikan. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan keindahan tempat wisata ini. Danau luas dengan latar Bukit Barisan yang hijau di seberangnya sayang sekali untuk dilewatkan.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, Anda juga bisa melaksanakan wisata masakan di warung-warung yang ada di sekitar tempat wisata ini. Jika makan di warung kurang memuaskan, cobalah memancing atau menangkap ikan dan membakarnya di tepi danau bersama teman-teman. Hal ini bisa jadi pengalaman yang menyenangkan.

11. Tempat Wisata Danau Di Atas dan Di Bawah
Danau Kembar
Kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Kedua danau tersebut terletak di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kab. Solok, berjarak kurang lebih 47 km dari Kota Solok dan 56 km dari Kota Padang. Keunikan dari danau kembar tersebut yaitu untuk menuju Danau Di atas, kita harus melalui jalan yang menurun sedangkan untuk menuju Danau Dibawah, kita harus melalui jalan yang mendaki. Di sekitar danau ditanam buah markisa dengan rasa yang manis, sayur-sayuran, dan kentang.

12. Tempat Wisata Danau Maninjau
Danau Maninjau
Danau Maninjau merupakan episode dari wilayah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Danau Maninjau bisa didatangi dari arah Kota Padang maupun Lubuk Basung. Tapi perjalananmu pasti akan lebih menarik kalo kau mendatangi Danau Maninjau dari arah Bukittinggi, karena di jalur ini kau akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan di sepanjang jalan yang berkelok-kelok atau yang populer disebut Kelok 44.

Danau Maninjau ada di ketinggian 461,5 meter dari permukaan laut sehingga udara di sekelilingnya cukup sejuk dan menyegarkan. Suasana di sekitar Danau Maninjau yang masih alami dan rapat dengan aneka pepohonan cocok buat kau yang pengen menyepi mencari ketenangan atau ketenangan batin. Di Danau Maninjau yang tenang inilah salah satu sastrawan ternama Indonesia, Buya Hamka, lahir dan dibesarkan. Dan keindahan Danau Maninjau menjadi ilham bagi novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wick yang membesarkan namanya hingga dikala ini.

13. Tempat Wisata Pulau Sikuai 
Pulau Sikuai
Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang letaknya di sisi barat Pulau Sumatera. Tepatnya di wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Pulau Sikuai merupakan salah satu dari 19 pulau yang terletak di daerah administratif kota Padang. Luas pulau ini sekitar 38,6 kilometer persegi atau kurang lebih sekitar 44,4 hektar. Pulau ini dikembangkan menjadi salah satu obyek wisata kelautan semenjak tahun 1994.

Di sini para wisatawan dapat menikmati keindahan kelautan dari mulai snorkeling, diving, berenang, memancing, trekking atau hanya sekedar duduk-duduk di pinggir pantai. Bagi para penikmat keindahan bawah laut, dapat dipastikan akan sangat kagum dengan pulau ini karena di pulau ini para penyelam dapat menyaksikan lukisan alam bawah laut yang sangat memukau. Pemandangan yang bisa dikatakan sangat eksotik ini dapat ditemukan di kedalaman beberapa meter saja.

Dari mulai terumbu karang yang berwarna - warni, ikan-ikan yang berenang kesana kemari hingga biota-biota laut yang sangat eksotik. Pulau ini juga menyajikan keindahan alam yang sangat asri dan alami. Selain banyak terdapat pohon-pohon kelapa yang berjejer di bibir pantai, di pulau ini juga terdapat hutan tropis yang masih sangat alami, asri dan tentunya terpelihara. Bahkan hutan Tropis ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan karena di hutan tropis ini juga terdapat sebuah bukit yang dapat dinaiki.

Terdapat resor yang menjadi satu-satunya resor di pulau ini yang berjulukan New Sikuai Island Resort. Tarif menginap di resor ini mulai dari Rp 750.000 per malam. Namun bagi wisatawan yang hanya ingin menikmati keindahan pulau ini selama satu hari tanpa menginap juga disediakan paket wisata satu hari dengan biaya yang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 250.000 per orang.

14. Tempat Wisata Pulau Cubadak
Pulau Cubadak
Pulau Cubadak merupakan salah satu dari puluhan pulau kecil yang terletak di lepas pantai Sumatera Barat, tepat nya di jarak 24 mil lepas pantai Padang. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 5.749 km persegi dan berada di ketinggian 0-1000 meter di atas permukaan laut. Di daerah ini, para pengunjung dapat menikmati udara yang bersih, laut yang biru, angin pantai yang semilir, rindangnya pohon kelapa yang tentu nya akan menjadikan efek relaksasi.

Selain itu, keistimewaan dari pulau ini yaitu terdapat beberapa spot menyelam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jika Pantai Senggigi merupakan surga bagi para peselancar, maka Pantai Pulau Cubadak merupakan salah satu surga bagi para penyelam. Pulau ini memiliki beragam terumbu karang dan biota laut yang berwarna warni dan memukau. Bagi yang hanya ingin menikmati keindahan pantai, bisa berjemur di sepanjang pantai di Pulau Cubadak ini.

Tidak hanya pantainya saja yang menawan, di Pulau Cubadak ini pengunjung yang memiliki hobi berpetualang di alam bisa menjelajahi hutan yang terdapat di pulau ini. Banyak terdapat hewan-hewan liar mirip monyet, rusa, babi, burung dan banyak sekali macam satwa lainnya. Dikarenakan masih terdapat hewan liar, sangat dianjurkan bagi wisatawan yang ingin menjelajahi hutan ini menggunakan jasa guide sebagai penunjuk jalan.

15. Tempat Wisata Lembah Anai
Lembah Anai
Lembah Anai merupakan daerah hutan lindung yang berada di Sumatera Barat, daerah ini memiliki hutan tropis yang lebat dengan beraneka jenis flora dan fauna. Keindahan alam serta flora dan fauna yang langka yaitu daya tarik dari Lembah Anai, keindahan alam tersebut di antaranya terdapat tiga teladas dan satu telaga yang airnya berwarna kebiru-biruan. Salah satu teladas tersebut berada di pinggir jalan, sedangkan dua diantaranya masih tertutup oleh rerimbunan pohon yang lebat namun masih bisa di jangkau sekitar 15 menit perjalanan dari teladas Lembah Anai, selain itu kalau kau ingin pergi ke telaga sekitar 15 menit dari tepi jalan raya.

Lembah Anai Sedangkan untuk floranya sendiri, bisa di jumpai antara lain, Bunga Bangkai ( Amorphyphalus titanum), Sampek, Cangar, madang siapi-api (litsea adinantera), cubadak/ cempedak air (Artocarpus sp), madang babulu (Gironneira nervosa) dan masih banyak lagi, dan untuk faunanya antara lain harimau sumatera (phantera tigris sumatrensis), siamang (hylobates syndactylus), rusa (cervius timorensis), , beruk (macaca nemestrena), monyet ekor panjang (macaca fascicu- laris) trenggiling (manis java- nica), kancil (tragulus sp), biawak dan tapir ada juga aneka burung seperti, burung balam (bolumbidae), burung puyuh burung punai, dan elang (accipitriade sp) dan juga kupu-kupu.

16. Tempat Wisata Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya
Berkunjung ke kota Padang maka belum lengkap rasanya kalau belum menikmati keindahan jembatan siti nurbaya. Jembatan dengan panjang kurang lebih 60 meter yang menghubungkan kota bau tanah Padang dengan Taman Siti Nurbaya ini merupakan jembatan ikonik yang namanya diambil dari dongeng terkenal Siti Nurbaya. Membentang gagah sejauh 260 meter, jembatan ini menjanjikan panorama yang memukau ketika senja mulai datang.

17. Tempat Wisata Museum Adityawarman
Museum Adityawarman
Museum Adityawarman mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. layak disebut sebagai 'Taman Mini' ala Sumatera Barat. Museum Adityawarman merupakan museum budaya terpenting di Sumatera Barat. Museum tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah mirip cagar budaya. Museum Adityawarman ini terdapat seluk beluk kebudayaan khas Minang, mulai dari pakaian etika hingga alat-alat musik tradisional. Terletak di sentra Kota Padang, Museum Adityawarman ini tidak pernah sepi pengunjung. Baik wisatawan domestik atau pun mancanegara hingga masyarakat sekitar, selalu mengunjungi Museum Adityawarman ini.

Anda bisa menerima segala jenis informasi mengenai kebudayaan Minang di Museum Adityawarman yang namanya merupakan nama seorang Raja Minangkabau di era ke-15 masehi ini. Koleksi museum terletak dalam sebuah bangunan rumah etika Minangkabau (Rumah Gadang) dengan satyle bangunan Gajah Maharam. Di depan bangunan museum tersebut, terdapat dua buah lumbung padi sebagai perhiasan bangunan Rumah Gadang, kemudian dipadukan dengan miniatur pedati, bendi dan pesawat perang sisa peninggalan perang dunia ke-II.

18. Tempat Wisata Panorama Sitinjau Lauik
Sitinjau Lauik
Sitinjau Lauik atau sering disebut sebagai Padang Scenic Point, merupakan sebuah tempat dengan ketinggian kurang lebih 1,000 meter di atas permukaan laut. Sesuai dengan namanya, kegiatan wisata utama yang paling disukai di lokasi ini yaitu menikmati pemandangan yang luas dan hijau, disertai dengan pemandangan Samudera Hindia di kejauhan. Ketika pagi hingga siang hari anda akan menerima view panorama khas pemandangan pegunungan.

Apabila Anda datang pada malam hari, maka Anda juga dapat menikmati pemandangan kota Padang yang berkelap-kelip, anda bisa mengabadikan kelap-kelip lampu rumah penduduk kota Padang. Selain itu, terdapat juga tempat permandian umum bagi mereka yang ingin beristirahat sejenak dari terjalnya jalanan di Panorama Sitinjau Lauik.

Sitinjau Lauik yang belum begitu terkenal hingga ke luar Sumatera Barat ini berada di kaki Gunung Talang yang masih termasuk wilayah kota Padang. Jarak Sitinjau Lauik dari sentra kota kurang lebih mencapai 30 km. Meskipun hanya berjarak 30 km saja harus membutuhkan waktu yang agak lama untuk mencapai Sitinjau Lauik. Dikarenakan kondisi jalan perbukitan yang terjal dan menanjak. Ketika anda hendak menuju kota Solok, anda terperinci akan melintasi jalan di punggung Bukit Barisan ini.

19. Tempat Wisata Pemandian Lubuk Minturun
Pemandian Lubuk Minturun
Bagi anda yang hobi bermain air tidak akan lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Pemandian Lubuk Minturun yaitu pemandian yang dibuka untuk umum. Pemandian ini sangat luas sehingga tidak mengherankan kalau dikala liburan tiba pemandian ini selalu dipadati oleh pengunjung. Bagi anda yang mengunjungi Makkah mini, anda bisa menuju ke pemandian Lubuk Minuturun ini. Hal itu dikarenakan pemandian ini sejalan dengan Makkah mini atau miniatur Makkah.

Bagi yang tidak cukup puas dengan pemandian, anda bisa bermain air di Lubuk Camin atau Air sungai. Namun lokasinya agak jauh dari pemandian minturun. Pemandian Lubuk Minturun bisa dijadikan sebagai tempat wisata keluarga, anda bisa mengajak anak anak anda untuk bermain air di Pemandian Lubuk Minturun ini. Namun bagi yang ingin mandi di sungai, tetap menjaga kehati hatian terutama bagi orangtua yang membawa anak anak.

20. Tempat Wisata Tirta Alami
Tirta Alami
Tirta Alami merupakan objek wisata pemandian alam yang terkesan sangat alami. Menurut masyarakat setempat air yang mengalir ke kolam-kolam yang ada di sini bersumber dari Gunung Tandikat. Terbayang kan betapa bersih dan segarnya air di kolam ini. Untuk spot pemandiannya di sini dibagi atas beberapa kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda pada masing-masing kolam. Makara kita bisa menyesuaikannya antara kolam untuk belum dewasa dengan orang dewasa.

Untuk menambah kesan alaminya, semua kolam di sini dibuat dari susunan kerikil alam yang disusun sedemikian rupa. Jadi, jangan dibayangkan ya pemandian di sini sama mirip tempat pemandian pada umumnya yang menggunakan keramik untuk lantai dan dindingnya. Selain itu di sekitar kolam banyak sekali tumbuh pepohonan yang rindang untuk melindungi kau dari sinar matahari.

Fasilitas lainnya yang terdapat di sini antara lain tempat rekreasi bersama keluarga dengan menyewa tikar yang sudah disediakan. Beberapa warung-warung kecil juga tersedia di sini yang menyediakan makanan ringan, tapi sayangnya tidak ada rumah makan atau restoran yang terdapat di sini. Sangat disarankan kepada semua pengunjung untuk menyiapkan bekal sebelum masuk ke tempat wisata ini. Oh ya, kabarnya di sini juga terdapat beberapa arena bermain lainnya mirip Flying Fox dan kemudahan untuk outbound.

21. Tempat Wisata Puncak Anai
Puncak Anai
Puncak Anai merupakan salah satu pariwisata pemandian alam yang berada di Nagari Kayutanam, Kabupaten Padang Pariaman. Puncak anai memiliki kolam kolam yang terisi oleh air jernih beserta sebuah air mancur yang muncul dari dalam tanah. 2 Puncak anai sendiri berada diketinggian yang dikelilingi oleh perbukitan asri yang terselimuti oleh embun pagi yang sejuk, dari puncak anai kita dapat melihat indahnya pesona pantai pariaman dari ketinggian yang tentunya hanya dapat dilihat pada siang hari dengan cuaca yang cerah.

Images Puncak anai juga dilengkapi dengan banyak sekali kemudahan dan sarana yang mendukung liburan wisata anda, tak hanya pemandian alam, daerah puncak anai juga terdapat penginapan berupa Villa Park dan Anai Golf Resort. Untuk itu kunjungilah Puncak Anai Kayutanam Padang Pariaman. Padang Pariaman a place blessed with natural beauty and as a spiritual gateway.

22. Tempat Wisata Sungai Lubuk Paraku
Lubuk Paraku
Di beberapa kota besar, sungai mungkin tak menjadi objek menarik karena sudah kotor karena limbah polusi. Namun di Kota Padang, Anda masih bisa mencicipi dinginnya air sungai yang masih asri di pinggiran Kota Padang. Kawasan wisata Sungai Lubuak Paraku terletak di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Tidak seberapa jauh dari pabrik Semen Padang yang terkenal itu. Air sungai Lubuk Paraku memang masih jernih hingga dasar sungai yang dipenuhi bebatuan kecil sangat terperinci terlihat.

Untuk mencapai objek wisata sungai Lubuak Paraku ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau juga bisa menggunakan angkutan umum yang menuju ke Kota Solok. Iya, objek wisata sungai Lubuak Paraku ini terletak di tepian jalan antara Kota Padang dan Kota Solok. Di daerah wisata ini terdapat beberapa kemudahan untuk memanjakan para pengunjung mulai dari tempat duduk berkanopi payung hingga ruang ganti baju. Untuk memasuki daerah wisata sungai Lubuak Paraku, setiap wisatawan harus membayar biaya masuk sebesar Rp. 5.000,- saja.

23. Tempat Wisata Batang Tabik
Batang Tabik
Batang Tabik Payakumbuh kini menjadi destinasi wisata yang menarik karena menunjukkan pengalaman yang tidak kalah dibandingkan Umbul Ponggok yang ada di Klaten. Di sini, para traveler pun bisa pula berpose dengan banyak sekali macam gaya di dalam air. Dan pemandangan underwaternya pun tidak kalah cantiknya dengan Umbul Ponggok.

Batang Tabik Payakumbuh ini bekerjsama sudah dikenal luas oleh masyarakat kota Payakumbuh dan sekitarnya. Tempat ini merupakan sebuah kolam pemandian umum yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik. Terlebih ketika berkunjung ke tempat ini pada simpulan pekan. Akan ada banyak traveler yang menghabiskan waktu berliburnya di tempat ini. Menariknya lagi, di sini traveler tak hanya bisa berpose unik di dalam air.

Sebagai bonusnya, traveler juga bisa berfoto sembari berenang dengan ikan-ikan yang ada di sana. Ikan-ikan di Batang Tabik jumlahnya cukup banyak dan terdiri dari banyak sekali jenis ikan. Termasuk di antaranya yaitu ikan yang oleh masyarakat setempat disebut dengan nama ikan zebra. Para pengunjung yang datang ke Batang Tabik Payakumbuh pun dilarang untuk menangkap ikan, apalagi memakannya.

24. Tempat Wisata Lubuak Mato Kuciang
Lubuak Mato Kuciang
Pemandian lubuk mato kuciang yaitu kolam pemandian yang disediakan untuk umum yang terletak di kelurahan pasa usang yang berada di daerah kota Padang panjang. Pemandian ini juga menjadi salah satu alternative wisata bagi masyarakat yang ada di kota padang panjang dan sekitarnya. Lubuk mato kuciang ini tepatnya berada di kaki gunung singgalang yang diapit bukit surungan dan sungai batang anai. Air yang di gunakan juga pribadi dari mata air pegunungan yang segar dan menyejukan.

Sejarah menyebutkan konon katanya lubuk mata kuciang ini di berdiri pada dikala zaman penjajahan belanda atau sekitar tahu 1918. Lubuk ini di namakan mato kuciang karena kalau dilihat dari atas warna air yang ada di kolam hampir ibarat mata kucing. Hampir seluruh masyarakat yang ada di padang panjang mengenal tempat pemandian lubuak mato kuciang ini. Bahkan masyarakat yang berada di luar kota pun banyak juga yang mengenal tempat wisata ini. Biasanya pengunjung ramai datang ketempat ini pada sore hari, mereka datang bersama keluarga atau sobat hanya untuk sekedar mandi-mandi di lubuk mato kuciang ini.

Hal ini mereka lakukan karena lubuk mato kuciang mempunyai sumber mata air yang jernih, bersih dan pribadi di ambil dari sumber mata air pegunungan.Jadi sangat cocok lubuk mata kucing ini di jadikan tempat melepas lelah dari kegiatan kita sehari-hari. Kalau hari libur tiba lubuk mato kuciang ini akan di penuhi oleh para pengunjung yang berasal dari dalam kota padang panjang dan banyak juga yang berasal dari luar kota mirip Bukittinggi, Solok, Padang dan kota-kota terdekat lainnya.

25. Tempat Wisata Lubuak Bonta
Lubuak Bonta
Lubuak Bonta terletak di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam. Objek wisata Lubuak Bonta memang sudah dikenal semenjak lama. Bahkan di era 70-80 an, objek pemandian ini begitu populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya masyarakat Padang Pariaman, tapi juga masyarakat yang berasal dari banyak sekali daerah di Sumatera Barat. Keindahan panorama alam pemandian Lubuak Bonta, terasa semakin lengkap dengan kehadiran teladas mini.

Pemandian ini bersumber dari mata air Gunung Tandikek dan terdiri dari dua kolam utama. Salah satu kolam tersebut terletak di episode bawah dan kolam lainnya berada di episode atas. Kelebihannya yaitu airnya jernih dan penuh dengan ikan-ikan yang berenang bebas. Beberapa tahun terakhir, pengunjung pemandian cenderung memilih mandi di lubuk yang terdapat di episode atas, karena di samping airnya tidak begitu dalam di daerah itu pengunjung juga dapat menikmati mata air dalam ukuran besar dan bergelombang yang pribadi muncul dari permukaan tanah.

Untuk lokasi bisa diakses dengan menggunakan kendaraan beroda empat ataupun motor. Jarak lokasi ke Jalan Raya Bukittinggi -Padang hanya berkisar 5 KM. Sangat mudah ditemui karena berdekatan dengan pabrik air minum kemasan. Apabila Anda yaitu orang yang suka dengan wisata yang akrab dengan alam, maka Lubuk Bonta dapat menjadi destinsai Anda selanjutnya. Jangan lupa, paket tour AET Travel juga tidak kalah eksotisnya dibanding Lubuak Bonta, mari cek paket-paket wisata kami atau hubungi kontak kami.

26. Tempat Wisata Pemandian Alam Sako Tapan
Pemandian Alam Sako Tapan
Pemandian Alam Sako Tapan yaitu sebuah lokasi objek wisata yang terkenal alami dan selalu dikunjungi oleh masyarakat Tapan dan sekitarnya terutama pada simpulan pekan dan hari libur. Objek wisata ini menjadi tempat melepas lelah dan menghilangkan kesuntukan bagi masyarakat Tapan dan luar Tapan mirip dari Kab. Mukomuko Prov. Bengkulu dan daerah lain di Kab. Pesisir Selatan.

Disini pengunjung bisa melepas lelah sembari menikmati pemandangan dan menghirup udara pegunungan yang menyegarkan. Ditemani bunyi kicau burung dan gemercik air yang merdu pengunjung dapat mandi secara gratis di sungai yang masih alami dengan batu-batu besar dan air yang jernih bebas dari polusi dan sampah di wisata sako ini pengunjung juga bisa menikmati makan empek-empek yang nikmat sekali.

27. Tempat Wisata Tapian Puti
Tapian Putri
Tapian Puti merupakan tempat pemandian berkonsep alami yang terbentuk karena proses alam dan tanpa campur tangan insan sedikitpun. Sebenarnya pemandian ini yaitu sebuah aliran air yang berasal dari perbukitan yang mengalir di atas bebatuan dan membentuk beberapa kolam kecil di atasnya. Yang menarik dari pemandian ini yaitu terdapatnya 7 tingkatan yang mana di setiap tingkatan tersebut memiliki beberapa kolam dan membentuk teladas kecil dan digenangi oleh air yang begitu jernih dan bersih.

Semua keunikan yang ditawarkan oleh pemandian yang satu ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia, sungguh luar biasa ciptaan-Nya. Terlepas dari keindahan dan keunikan yang dimilikinya, ternyata tempat ini memiliki dongeng legenda tersendiri yang menceritakan kisah Malin Deman dan Putri Bungsu. Konon katanya tempat ini dulu merupakan tempat pemandian yang biasa digunakan oleh 7 putri khayangan.

Masyarakat setempat percaya bahwa ke tujuh putri tersebut mandi di masing-masing tujuh tingkatan kolam tersebut. Itulah sebabnya kenapa tempat ini dinamakan Tapian Puti yang artinya pemandian para putri. Bagi kau yang suka berpetualang dan pencinta alam, mengunjungi tempat wisata yang cukup populer ini akan menyampaikan pengalaman tersendiri. Karena untuk mencapai tempat yang rupawan ini kita harus melaksanakan trekking ringan. Yang mana di sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang masih sangat asri.

28. Tempat Wisata Air Panas Bukik Kili
Air Panas Bukik Kili
Tempat wisata air panas Bukit Kili, Koto Baru di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, kini menjadi sebuah tujuan wisata kesehatan karena diyakini sebagian besar masyarakat bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit mirip rematik, asam urat, kram laut, lainnya. Banyak wisatawan dari sejumlah daerah mirip Sumbar, Kota Medan, Pekanbaru, Duri, Rengat, Natuna, Lombok berkunjung ke lokasi wisata kesehatan itu. Pada objek wisata tersebut tersedia kolam pemandian khusus untuk laki-laki dan perempuan. Pengunjung bisa mandi pada kolam air panas yang airnya pribadi dialirkan dari Gunung Talang.

Air panas pada kolam pemandian Bukit Kili pada hari biasa memiliki suhu sekitar 42 derajat Celcius dan khusus pada hari selasa dan sabtu suhu air bisa mencapai 45 derajat Celcius. Kawasan wisata air panas Bukit Kili terletak di Kecamatan Kubung, berjarak sekitar delapan kilometer dari Solok menuju arah Kota Padang. Dari Kota Padang berjarak sekitar 44 KM. Bagi pengunjung yang ingin datang ke objek wisata kesehatan itu, dari Kota Solok bisa menaiki angkutan umum dengan membayar Rp 2.000/ orang.

29. Tempat Wisata Jam Gadang
Jam Gadang
Jam Gadang yaitu nama untuk menara jam yang terletak di sentra kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Menara jam ini memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya sehingga dinamakan Jam Gadang, sebutan bahasa Minangkabau yang berarti Jam Besar. Selain sebagai sentra penanda kota Bukittinggi, Jam Gadang juga telah dijadikan sebagai objek wisata dengan diperluasnya taman di sekitar menara jam ini. Taman tersebut menjadi ruang interaksi masyarakat baik di hari kerja maupun di hari libur.

Acara-acara yang sifatnya umum biasanya diselenggarakan di sekitar taman akrab menara Jam Gadang ini. Jam Gadang memiliki skema dasar seluas 13 x 4 meter. Bagian dalam Jam Gadang setinggi 26 meter ini terdiri dari beberapa tingkat, dengan tingkat teratas merupakan tempat penyimpanan bandul. Bandul tersebut sempat patah hingga harus diganti akhir gempa pada tahun 2007. Jam Gadang tersebut didatangkan pribadi dari Rotterdam, Belanda melalui pelabuhan Teluk Bayur dan digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat 2 unit di dunia, yaitu Jam Gadang itu sendiri dan Big Ben di London, Inggris.

30. Tempat Wisata Lobang Jepang
Lobang Jepang
Tempat wisata di Sumatera barat yang bisa dikunjungi yaitu Lobang Jepang. Dahulu kala penjajahan jepang hingga di tanah Minang. Bisa dikatakan Lobang Jepang ini yaitu bangunan bekas peninggalan penjajahan Jepang yang ada di Bukittinggi. Lobang ini digunakan sebagai penjara dan juga benteng untuk pertahanan penjajah Jepang. Lobang Jepang ini dibangun pada tahun 1942 hingga dengan 1945.

Lobang Jepang ini dibangun para Romusa, warga Indonesia yang ditahan oleh penjajah Jepang ini dikerja paksa untuk membangun lobang. Tips bagi wisatwan yang gres saja datang kesini, sebaiknya menggunakan jasa tour guide. Tour guide itu memiliki kegunaan untuk memandu wisatawan yang datang ke Lobang Jepang pertama kali biar tidak tersesat di lorong Goa Jepang yang kebanyakan memiliki banyak lorong.

31. Tempat Wisata Ngarai Sianok
Ngarai Sianok
Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh bukit-bukit bertebing curam yang dihiasi dengan aliran sungai kecil di tengahnya. Kontur Lembah Sianok terbentuk karena proses turunnya sebagian lempengan bumi, sehingga menjadikan patahan berwujud jurang yang curam. Ngarai ini membentang sejauh 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku, dengan kedalaman tebing mencapai 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter.

Patahan di Sianok ini merupakan episode dari Patahan (Sesar) Semangko yang membelah Pulau Sumatera menjadi dua episode memanjang dari Aceh hingga Teluk Semangka di Lampung. Sesar Semangko sendiri merupakan lokasi patahan yang membentuk Pegunungan Bukit Barisan.

32. Tempat Wisata Anai Resort Golf Course
Anai Resort Golf Course
Tempat ini terletak di Provinsi Sumatera Barat Indonesia yang terkenal karena keindahan alam pegunungan berhutan tropis. Dari Bandara International Minangkabau (BIM) hanya berjarak 40 km menuju kota Bukittinggi atau sekitar 1 Jam perjalanan memakai kendaraan. Anai Resort seluas 400 ha terletak di kaki gunung Tandikat (2.439) pada ketinggian 600 hingga 700 m di atas permukaan laut dan tentu nya suhu yang sejuk sangat membuat nyaman para Golfer.

Lapangan golf ini merupakan satu satu nya lapangan golf ditengah hutan tropis alami di Indonesia. Demikian pula dengan bangunan villa tetap mengedepankan keaslian alam sekitar, Anai Resort akan tetap menjadi natural mountain resort bagi pecinta alam. Adapun kemudahan yang tersedia yaitu:18 Holes Lapangan Golf dengan Panjang 6270 Meter dan Par 73, Club House dengan Restoran, Ruang Locker untuk Laki - Laki dan Perempuan, Proshop dan 6 Kamar di Club House, serta Restoran yang menunjukkan pilihan menu atau buffeet menu untuk perseorangan atau group.

33. Tempat Wisata Ngalau Indah
Ngalau Indah
Ngalau Indah merupakan sebuah gua yang terdapat di lereng perbukitan Kota Payakumbuh. Gua yang terletak di Kabupaten payakumbuh, Sumatera Barat ini memiliki keeksotisan yang dapat membuat Anda berdecak kagum. Stalaktit dan stalakmit yang terbentuk akhir proses pengendapan kapur selama ratusan tahun siap menyambut Anda dikala memasuki Gua Ngalau Indah. Bebatuan yang berada di dalam gua memiliki keunikan tersendiri dengan aneka rupa goresan ditambah dengan ornamen-ornamen yang memukau.

Tidak hanya itu di tempat ini wisatawan akan banyak menemui jenis ukuran bebatuan dengan banyak sekali macam ukiran. Terdapat kerikil tira yang berwarna putih dan akan memantulkan cahaya.Untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Gua Ngalau Indah dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi darat. Sebelumnya Anda harus ke Kota Padang terlebih dahulu kemudian ke Kota Payakumbuh. Perjalanan dapat ditempuh selama 3 jam dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

34. Tempat Wisata Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung
Istana ini dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Di dalam istana terdapat barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Pagaruyung yaitu lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai sentra pemerintahan.

35. Tempat Wisata Lembah Harau
Lembah Harau
Lembah Harau terkenal karena mempunyai topografi yang sangat menarik dan merupakan episode dari Cagar Alam Harau. Tempat ini berada di dataran tinggi berkisar antara 500 hingga 850 meter di atas permukaan laut. Dari Lembah Harau, para traveler pun akan bisa menyaksikan eksistensi lima teladas indah. Keindahan alam Lembah Harau Payakumbuh pun ternyata sudah dikenal semenjak dulu lho.

Dulu tempat ini bukan disebut Harau, tapi Arau. Bahkan orang-orang Belanda pun menyukai pemandangan di sini. Buktinya yaitu eksistensi sebuah prasasti yang terletak di sekitar teladas Sarasah Bunta di Lembah Harau. Prasasti itu menyebutkan kalau tempat ini diresmikan oleh Belanda pada tanggal 14 Agutus 1926 dan oleh orang-orang Belanda diebut dengan nama Hemel Arau dan kini disingkat menjadi Harau.

Lembah Harau yang kini menjadi alah satu destinasi wisata populer di Sumbar merupakan episode dari wilayah administratif Kecamatan Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kota Payakumbuh merupakan kota yang terdekat dari tempat ini, berjarak kurang lebih 18 kilometer. Kota lain yang jaraknya cukup akrab dari Lembah Harau Payakumbuh yaitu kota Bukittinggi dan Padang. Jarak antara Bukittinggi menuju ke Lembah Harau kurang lebih 48 kilometer. Sementara kalau berangkat dari kota Padang menuju ke sini, jarak yang harus dilalui mencapai 138 kilometer.

36. Tempat Wisata Jembatan Akar Pesisir Selatan
Jembatan Akar
Jembatan Akar (Jambatan Aka) merupakan sebuah jembatan yang sangat unik yang terbuat dari rajutan akar pohon beringin dan pohon kubang yang tumbuh di kedua sisi sungai Batang Bayang. Jembatan yang berada tepatnya di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat ini memiliki panjang sekitar 25 meter. Bahkan jembatan ini lebih panjang dari jembatan akar yang ada di Badui, Jawa Barat dan Jembatan akar yang ada di Jepang. Untuk bisa merajut jembatan ini hingga terbentuk tepat tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1890 oleh seorang tokoh bau tanah cerdik ulama setempat yang berjulukan Pakiah Sokan. Barulah pada tahun 1916 jembatan ini bisa digunakan oleh masyarakat setempat. Dengan kata lain untuk bisa marajut akar-akarnya hingga menjadi sebuah jembatan utuh diharapkan waktu kurang lebih selama 26 tahun. Pembangunan jembatan ini awalnya bertujuan sebagai penghubung dua buah kampung yang dipisahkan oleh sebuah sungai, yakni Kampung Puluik-Puluik dengan Kampung Lubuk Silau.

37. Tempat Wisata Kawasan Bukit Langkisau
Bukit Langkisau
Bukit Langkisau yaitu salah satu objek wisata andalan bagi kota Painan,Bukit kecil yang tingginya lebih kurang sekitar 400 meter diatas permukaan laut dan terletak diantara Nagari Salido dan Kota Painan yaitu sebuah bukit yang indah. Dari puncak bukit Langkisau ini kita dapat memandang keindahan pantai samudera Indonesia,kita dapat melihat pantai salido dan sago yang membujur keutara,beralih pandang kearah lain kita juga dapat melihat ketenangan laut di teluk Painan,tak itu saja dari puncak bukit Langkisau ini kita dapat juga melihat hamper keseluruhan kota Painan.

Bagi pecinta fotografi yang ingin memotret keromantisan kota Painan,maka dating lah kepuncak Bukit Langkisau ini pada malam hari untuk mengabadikan pemandangan kota Painan dengan lampu-lampunya yang indah. Bukit Langkisau ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan,oleh pemkab Pesisir Selatan selalu mengajak setiap penjabat Negara yang berkunjung ke Painan untuk menikmati keindahan Bukit Langkisau,tak terkecuali Bapak Susili Bambang Yhudoyono bersama istri pernah ke bukit langkisau ini pada waktu berkunjung ke Painan dikala melihat gempa pengkulu tahun 2006 yang lalu.

Kelebihan bukit Langkisau bukan hanya pada keindahan pemandangan alamnya saja,bukit ini akan lebih romantis disaat matahari akan karam dibatas cakrawala,rona jingganya yang memantul diatas permukaan laut akan terlihat terperinci dari puncak bukit langkisau ini.Sungguh suatu moment yang sangat indah,jika kita berkesempatan bertemu dengan keadaan alam yang mirip itu akan terasa rugi seandainya moment tersebut tidak terabadikan dengan kamera.

38. Tempat Wisata Janjang Saribu Sianok Canyon Great Wall Bukittinggi
Janjang Saribu
Bagi anda yang ingin melihat great wall yang ada di China tidak perlu jauh jauh, hal itu dikarenakan di Sumatera Barat terdapat tempat wisata yang disebut Janjang Saribu. Janjang Saribu ini ada di kota Bukit Tinggi. Sama halnya dengan tembok besar yang ada di China, Janjang Saribu ini tembok besar dengaan panjang 1 KM. Ketika anda berada di Sumatera Barat jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Pastikan dikala anda mengunjungi Janjang Saribu kondisi kesehatan anda sedang baik, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Rute yang jauh dan jalan menanjak membuat anda membutuhkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Lokasi tempat wisata ini akrab denan Lobang Jepang. Bagi orang yang berguru di bidang geologi tempat wisata ini cocok bagi anda. Pengangkatan lempeng dan juga patahan patahan menjulang di bukit yang ada di Jajaran Saribu ini sungguh mengagumkan.

39. Tempat Wisata Taman Siti Nurbaya
Taman Siti Nurbaya
Tempat lainnya yang menarik untuk dikunjungi yaitu Taman Siti Nurbaya. Kisah Siti Nurbaya tidak hanya dijadikan sebagai nama jembatan ssaja namun juga dijadikan sebagai nama untuk taman di Bukit Padang. Bagi anda yang suka dengan pemandangan yang hijau nan asri anda bisa berkunjung ke tempat ini. Tempat ini terletak di Bukit Padang. Bukit Padang merupakan tempat wisata yang cocok dijadikan sebagai tujuan wisata.

Bukit Padang terletak di sebelah jembatan dari siti Nurbaya, tepatnya bukit ini berad di sebelah barat Jembatan Siti Nurbaya. Pemandangan yang ada di tempat ini sangat mirip dengan bukit di film kartun Doraemon. Bukit ini pun dinamakan juga dengan Bukit Nobita. Disini cocok bagi anda yang menyukai ketenangan. Di Taman ini anda bisa terlepas dari hiruk pikuk Kota Padang yang begitu padat mengingat jumlah penduduk kota Padang begitu padat dan banyak.

Baca ini : Tempat Wisata di Aceh yang Menarik Dikunjungi

Demikian mengenai 41 Tempat Wisata di Padang Terbaru Yang Paling Bagus nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar