10 Tempat Wisata Kuliner Kediri Paling Enak Harus Dicoba

Tempat Wisata Kuliner di Kediri - Indonesia selain memiliki keindahan alam yang bisa menarik wisatawan lokal maupun gila juga mempunyai masakan khas penggugah selera. Hampir di setiap daerahnya terdapat masakan khas dengan cita rasanya masing-masing. Salah satu masakan yang sayang bila dilewatkan para pelancong ialah wisata masakan Kediri.

Kediri sebuah kota kecil yang terletak di propinsi Jawa timur ini tidak hanya terkenal dengan wisata Gunung Kelud tersohor itu. Kamu juga bisa merasakan sedapnya masakan khas Kediri yang bisa membuat kau betah berlama-lama tinggal di sini. Kota yang juga sering disebut Parisnya Jawa Timur ini memang tidak sebesar kota Malang ataupun Surabaya namun untuk urusan makanan Kediri juga tidak bisa dinomorduakan.

Nah untuk kulinernya Kediri ini terkenal dengan julukan kota tahu, di Kediri banyak sekali pedagang tahu karena tahu merupakan salah satu makanan andalan kota ini. Selain itu masakan kediri juga beraneka dan memiliki rasa yang sangat enak dan juga lezat. akan membagikan ualasan mengenai beberapa tempat wisata masakan Kediri yang paling enak dan populer yang bisa kau ketahui.

Baca ini : Tempat Wisata Kuliner Blitar Paling Enak dan Murah

Tempat Wisata Kuliner Kediri Paling Enak Harus Dicoba
Bagi kau yang masih pertama kali datang ke kota ini tak perlu bingung, berikut ulasan daftar wisata masakan Kediri yang terkenal lezatnya.

Kuliner Kediri Stik Tahu
Stik Tahu
Stik Tahu Kediri ialah salah satu produk andalan masyarakat Kediri. Makanan ringan (snack) khas Kediri ini merupakan varian produk olahan tahu. Terbuat dari kedelai pilihan, dipadu dengan bumbu rempah alami, diolah dengan cara tradisional sehingga menghasilkan makanan ringan yang lezat dan sehat. Stik tahu telah lama menjadi salah satu oleh-oleh khas Kediri yang banyak digemari semua kalangan mulai belum dewasa sampai dewasa, bahkan para remaja seringkali menyebabkan stik tahu sebagai menu snack untuk diet. Stik tahu menjadi salah satu produk unggulan yang memperkaya menu wisata masakan di Kota Kediri.

Stik tahu ini juga diproduksi dengan cara tradisional, dengan materi utama yang pastinya tahu. Utuk membuat stik tahu biasanya ditambah dengan banyak sekali rempah-rempah sebagai bumbunya yang menyebabkan masakan Kediri ini gurih dan renyah ketika di gigit. Jika kau sedang berkunjung ke daerah Kediri, kau bisa membeli stik tahu ini di tempat wisata masakan Kediri yang berlokasi di Jl. Patimura atau Jl. Yos Sudarso. Kamu wajib coba masakan kediri yang sangat enak dan lezat ini.

Kuliner Kediri Tahu Poo
Tahu Poo
Wisata masakan kediri yang sangat khas dengan kota kediri ini ialah tahu poo. Kuliner kediri ini merupakan makanan camilan yang cocok sekali dinikmati pada cuaca atau hari yang masbodoh apalagi kalau ketika hujan. Jika kau ingin membeli tahu ini untuk oleh-oleh atau kau ingin eksklusif mencoba menyantap Tahu Poo, kau bisa datang ke penjual tahu ini yang berada di Jl. Yos Sudarso.

Kuliner kediri ini mempunyai ciri khas tahunya apabila digoreng, tengah tahunya mengembang. Dan untuk penyajiannya akan lebih nikmat lagi apabila kau memakannya dengan sambal petis atau cabe supaya semakin mantap.

Kuliner Kediri Sate Burung Emprit
Sate Burung Emprit
Setelah menikmati masakan ringan pastinya kau masih merasa lapar, bukan? Jika sudah memasuki waktu makan siang coba deh untuk merasakan sate emprit. Kediri ternyata juga memiliki wisata masakan yang unik berupa sate. Sate emprit menggunakan daging burung emprit yang banyak ditemukan di daerah persawahan. Burung Emprit sendiri merupakan hewan pengganggu yang bisa merusak tanaman petani.

Warga Kediri yang kreatif malah dengan sengaja mengolahnya menjadi salah satu hidangan nikmat. Dagingnya biasa dibakar layaknya sate kemudian disajikan dengan bumbu kacang plus irisan bawang yang menambah segar kudapan ini. Soal rasa tak perlu ditanya pastinya sedap dan menggugah selera. Harganya Rp12.000,- untuk sepuluh tusuk sate emprit ini. Kuliner satu ini bisa kau dapat di Jl Wahidin, Gurah, Kabupaten Kediri.

Kuliner Kediri Tahu Takwa
Tahu Takwa
Selanjutnya tempat wisata masakan Kediri ini juga menyediakan yang namanya tahu takwa. Tempat wisata masakan Kediri ini bisa kau temui di jl. trunojoyo. Kuliner kediri ini sudah ada semenjak tahun 1912 lalu, tahu takwa ini merupakan oleh-oleh khas yang ada di daerah Kediri, dan juga menjadi salah satu ikon dari kota kediri.

Nah di tempat wisata masakan Kediri ini pembuatan tahunya masih secara manual yaitu dengan mengandalkan tenaga manusia. Tahu Takwa memiliki ciri berwarna kuning dengan rasa tahunya yang sangat gurih, tidak masam, dan kenyal.

Kuliner Kediri Sate Bekicot
Sate Bekicot Kediri
Sebagian orang Indonesia mungkin menganggap makanan yang satu ini terlalu ekstrim. Namun tidak sedikit pula yang ketagihan akan rasanya. Kediri ternyata tidak hanya menghadirkan makanan berbahan dasar biasa tetapi ada juga yang tidak biasa. Sate bekicot ialah masakan yang terbuat dari daging hewan bekicot yang sering ditemukan di area persawahan maupun di tempat-tempat lembap.

Pusat pembuatan sate ini berada di Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten, kota Kediri, tepatnya 10 kilometer dari daerah Monumen Simpang Lima Gumul. Sate bekicot ini disajikan bersama bumbu kacang dan irisan bawang merah yang menyegarkan. Sate bekicot memiliki kontur yang kenyal dan membuat tubuh terasa hangat setelah menyantapnya. Makanan satu ini bahkan tak kalah dengan escargot yang merupakan makanan khas Perancis.

Kuliner Kediri Gethuk Pisang
Gethuk Pisang
Gethuk pisang juga menjadi salah satu masakan kediri yang sangat khas. Makanan khas Kediri yang satu ini bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga bagi kau yang sedang berkunjung ke derah Kediri. Untuk membeli masakan kediri ini sangat mudah sekali, kau bisa menemukan tempat wisata masakan kediri yang menjual gethuk pisang ini di sepanjang Jl. Dhoho.

Kuliner kediri ini terbuat dari olahan pisang yang rasanya manis, sedikit asam, dan juga legit. Kuliner kediri ini bentuknya hampir menyerupai mirip lontong, karena dibungkus dengan daun pisang. Jika kau ingin membeli gethuk pisang ini sebaknya berhati-hati, karena ada oknum pedagang yang menjual masakan kediri ini dengan bungkus yang tebal sedangkan isinya sedikit.

Kuliner Kediri Nasi Pecel Tumpang
Nasi Pecel Tumpang
Kuliner kediri yang sangat khas derah kediri ini berjulukan nasi pecel tumpang. Di daerah Jawa memang cukup mudah ditemukan yang namanya nasi pecel, terutama di Jawa Timur. Tetapi berbeda dengan pecel di Kediri, masakan kediri yang disajikan memiliki cita rasa tersendiri. Tempat wisata masakan kediri ini bisa kau temukan di alamat Jl. Dhoho, jalan ini memang jalan tempat masakan Kediri yang sangat populer.

Biasanya tempat wisata masakan Kediri ini mulai buka sektar jam 3 sore. Kuliner kediri ini disajikan dengan diberi beragam lalapan sayur, lalu disiram sambal tumpang dan peyek. Meskipun kau sering menyantap pecel, tapi tetap saja kau wajib mencoba pecel tumpeng khas kediri ini.

Kuliner Kediri Soto Branggahan
Soto Branggahan
Soto branggahan juga termasuk dalam masakan kediri yang paling enak dan juga populer. Soto branggahan ini banyak dijual di banyak sekali daerah di di kediri. Kuliner kediri yang satu ini sangat banyak digemari oleh masyarakat di banyak sekali macam kalangan. Tak heran kalau soto baranggahan menjadi masakan ediri yang sangat terkenal.

Dinamakan Soto Branggahan karena soto ini memang dijual di sepanjang Jl. Desa Branggahan. Meskipun di luar desa ada yang menjualnya tapi tak sebanyak di desa ini. Kuliner keidri ini memiliki ciri khas soto yang disajikan dengan mangkuk yang kecil khas mangkuk cina dan sendok bebek. Kuah dari soto barnggahan ini bersantan dengan di tambah kemiri dan ayamnya ayam kampung.

Kuliner Kediri Ayam Lodho Kediri
Ayam Lodho Kediri
Bagi beberapa orang masakan pedas memiliki kenikmatan tersendiri dan dapat menambah nafsu makan. Tidak heran kalau masakan bercita rasa pedas ini banyak disajikan di banyak sekali restoran untuk menarik banyak pelanggan. Kota Kediri juga memiliki makanan dengan rasa pedas yang bikin mata kau terbelalak.

Ayamnya memiliki tekstur empuk dan bumbu meresap sampai setiap lapisan dagingnya. Soal level pedasnya bisa membuatmu yang tadinya mengantuk eksklusif terjaga. Tentunya masakan satu ini sangat nikmat bila dimakan pada malam hari yang masbodoh dilengkapi dengan teh hangat sebagai penangkal pedas. Jangan lupa mampir di Jl. Raya Ngasinan, Rejomulyo, Ngronggo, Kediri (arah selatan STAIN Kediri) dan hubungi saja nomer telepon 0354-671616.

Kuliner Kediri Soto Ayam Depot Podjok Kediri
Soto Ayam Depot
Untuk kau yang lebih gemar dengan masakan berkuah, jangan khawatir, alasannya wisata masakan Kediri juga punya soto kediri. Salah satu soto kediri yang sudah lama bangkit ialah Soto Ayam Depot Podjok dan selalu menggunakan resep turun temurun yang sudah terjamin rasanya. Tak heran bila pembeli soto ini dominan merupakan pembeli langganan semenjak dulu. Soto Kediri sendiri memiliki kuah yang lebih keruh ketimbang soto pada umumnya.

Kuahnya pun lebih gurih dan isinya lebih lengkap. Tidak hanya suwiran ayam saja yang menjadi materi utamanya namun juga bisa ditambahkan uritan maupun rempelo ati. Soto yang berada di jalan Dhoho ini uniknya juga bisa disantap bersama tahu. Mungkin kau bisa mencobanya dengan tahu takwa yang gres kau beli untuk menerima sensasi soto yang berbeda. Jangan lupa juga menambahkan perasan jeruk nipis semoga rasanya semakin segar.

Baca ini : Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 10 Tempat Wisata Kuliner Kediri Paling Enak Harus Dicoba nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar