25 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Mojokerto - Mojokerto merupakan salah satu wilayah tersohor yang terletak di Provinsi Jawa Timur selain Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan dan yang lainnya. Hal yang membuat Kota Mojokerto layak dikunjungi yaitu di sana terdapat beragam obyek wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan lokasi wisata lain di Indonesia.

Berbagai jenis atau tema pariwisata dapat dijadikan alternative untuk mengisi liburan bersama keluarga tercinta, mulai dari wisata alam yang mengasyikkan hingga wisata tempat bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit yang dapat menambah wawasan anak.

Hal yang membuat mojokerto harus anda kunjungi alasannya ialah di mojokerto terdapat banyak sekali macam tempat wisata yang meliputi wisata alam hingga wisata budaya. Anda mampu berwisata di tempat bersama keluarga dan juga kerabat bersahabat ataupun sahabat pastinya akan lebih menyenangkan.

Baca juga : Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi
Berikut 25 Tempat Wisata di Mojokerto yang wajib harus anda kunjungi jikalau anda sedang berkunjung ke Mojokerto.

1. Tempat Wisata Air Terjun Coban Canggu Mojokerto
Air terjun coban canggu
Air terjun coban canggu merupakan sebuah wana wisata alam yang terletak di desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto dan gerojokan ini mempunyai ktinggian 70 meter, selain itu berada pada lereng gunung sulfur dan berada pada ketinggian 800 mdpl membuat suasana sejuk disini begitu terasa sekali.

Sebagai gambaran gerojokan ini memiliki ketinggian 70 meter dengan dinding kerikil cadas yang sangat keras dan kokoh, terdapat kerikil dibawahnya yang akan dihantam air yang jatuh dari atas gerojokan ini, selain itu dibawahnya juga terdapat mirip kolam air penampungan dari air yang dijatuhkan coban canggu ini sehingga anda, keluarga bahkan bawah umur anda dapat bermain air disana. Airnya juga terasa sangat segar sekali, bahkan cenderung hambar tapi sangat menyegarkan.

2. Tempat Wisata Gunung Penanggungan Mojokerto
Gunung Penangguan Mojokerto
Gunung Penanggungan merupakan gunung berapi kerucut (istirahat) yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Posisinya berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Mojokerto (sisi barat) dan Kabupaten Pasuruan (sisi timur), berjarak kurang lebih 55 km dari Surabaya. Gunung Penanggungan merupakan gunung kecil yang berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang jauh lebih besar. gunung ini memiliki ketinggian 1.653 mdpl

Gunung Penanggungan sering disebut sebagai miniatur dari Gunung Semeru, alasannya ialah hamparan puncaknya yang sama-sama terdapat pasir dan batuan yang luas. Menurut kepercayaan Jawa Kuna, Gunung Penanggungan merupakan salah satu bab puncak Mahameru yang dipindahkan oleh penguasa alam. Penanggungan merupakan salah satu gunung suci dari sembilan gunung suci di Jawa.

3. Tempat Wisata Air Terjun Grenjengan Mojokerto
Air Terjun Grenjengan
Air Terjun Grenjengan berada di sebelah selatan dari pemandian air panas Padusan. Di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun, Anda akan selalu melihat pohon-pohon pinus di sebelah kanan kiri jalannya. Bagi Anda yang mengaku pecinta alam jangan pernah melewatkan berkunjung di gerojokan ini alasannya ialah mampu dilalui dengan berjalan kaki, sembari menikmati pemandangan alam yang begitu elok.

Sesampainya di loaksi air terjun, Anda pun mampu menikmati bermain-main dengan air yang jernih, dingin, serta menyegarkan. Bagi Anda yang membawa bawah umur selalu ekstra mengasinya biar mampu selalu aman, terutama dikala bermain-main air di sana. Anda mampu mengunjunginya besama seluruh anggota keluarga, teman, ataupun orang terdekat. Antara pemandian air panas dengan dua gerojokan cukup bersahabat lokasinya untuk dituju.

4. Tempat Wisata Air Terjun Dlundung Mojokerto
Air Terjun Dlundung
Air Terjun Dlundung ialah tempat yang cocok buat anda yang menyukai suasana alam yang sejuk dan merindukan suasana alam yang menenangkan. Masih berada di Kecamatan Trawas di Mojokerto jikalau Anda datang ke desa Kemloko maka Anda mampu menemukan sebuah wisata alam berupa gerojokan yang indah. Air terjun dikenal dengan nama gerojokan Dlundung.

Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun cukup membuat suasana di sekitar gerojokan menjadi sejuk, bagus sekali bagi Anda yang membutuhkan udara segar setelah penat dengan udara kota yang penuh polusi.
Banyak aktifitas yang mampu di lakukan di daerah obyek wisata gerojokan dlundung di antaranya pengunjung mampu menikmati kesejukan gerojokan serta anda juga mampu berfoto bersama kelurga dan kerabat. Dikawasan gerojokan dlundung juga terdapat beberapa akomodasi pendukung di antaranya ialah kamar mandi, warung makan, juga terdapat outbound.

5. Tempat Pemandian Air Panas Ubalan Mojokerto
Pemandian Ubalan
Pemandian Air Panas Ubalan yang letaknya berada di Desa Padusan dan masih berada di lokasi yang sama yaitu Kecamatan Pacet, Mojokerto. Di tempat ini, anda juga mampu mengajak anak bermain di taman bermain dan melihat ikan dengan suasana yang hening dan asri. Pemandian yang berloasi di sesa padusan ini cocok anda kunjungi bersama keluarga.

Karena tempat ini merupakan wisata keluarga yang ada di mojokerto. Pastinya akan menyenangkan jikalau Anda datang ke tempat wisata ini bersama dengan keluarga, alasannya ialah pemandian yang ada bukan hanya sekedar pemandian biasa, melainkan terdapat wahana sederhana mirip perosotan yang pastinya disukai oleh bawah umur Anda.

6. Tempat Wisata Kolam Segaran Mojokerto
Kolam Segaran
Kolam ini yang cukup luas ini juga peninggalan dari kerajaan majapahit sekaligus menjadi bahwa pada jaman dahulu kerajaan majapahit merupakan sempat berjaya pada masa lampau. Kolam yang berlokasi di desa Segaran ini juga di anggap sebagai kolam kuno yang terbesar di indonesia.

Kolam ini memiliki ukuran yang sangat besar sehingga dianggap sebagai salah satu symbol atau bukti kejayaan Kraton Majapahit pada masa itu. Kolam yang dikala ini merupakan salah satu kolom yang paling besar alasannya ialah mempunyai ukuran panjang sekitar 375 m dan tinggi dari kolam ini sekitar 1,5 m.

7. Tempat Wisata Candi Kedaton Mojokerto
Candi Kedaton
Candi Kedaton merupakan sebuah candi yang letaknya berada di sisi kiri Situs Kedaton, di bab bawah bangunan candi ada pendopo yang bentuknya berupa persegi datar mirip pendopo kuno yang dibuat dengan kerikil bata merah dengan tinggi sekitar 2 meter.

Pengunjung juga mampu melihat galian purbakala yang diduga sebagai sisa dari tempat tinggal penduduk yang dikala itu hidup di era Kerajaan Majapahit. Galian dari Situs Kedaton ini memang cukup luas namun galian di tempat ini hanya ditutupi dengan seng rendah sehingga di beberapa titik pengunjung harus menahan panas dan harus merundukkan kepala.

8. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Padusan Mojokerto
Pemandian Padusan
Pemandian Air Panas Padusan merupakan salah satu wisata alam yang berada di Desa Padusan, Pacet di desa tersebut terdapat sebuah sumber air panas dari kaki gunung Welirang yang cukup populer. Oleh alasannya ialah itu, obyek wisata yang satu ini dinamakan pemandian air panas Padusan mirip nama lokasinya.

Bukan hanya populer di masyarakat Pacet dan Mojokerto saja. Namun, hampir seluruh masyarakat Jawa Timur juga mengenal pemandian ini. Beberapa orang bahkan percaya dengan berendam di dalam kolam air panasnya mampu menghilangkan banyak sekali penyakit kulit serta penyakit tulang.

9. Tempat Wisata Candi Brahu Mojokerto
Candi Brahu Mojokerto
Candi Brahu ialah salah satu candi di Mojokerto yang masih berada di dalam daerah situs arkeologi Trowulan, bekas ibu kota Majapahit. Candi ini bertempat di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kab. Mojokerto atau sekitar 2 km ke arah utara dari jl. raya Mojokerto - Jombang. Asal nama dari candi ini, yaitu "brahu" diduga diambil dari kata wanaru atau warahu.

Nama ini diperoleh dari sebutan sebuah bangunan suci yang disebutkan dalam Prasasti Alasantan. Anda mampu menemukan prasasti tersebut tidak jauh dari Candi Brahu. Candi Brahu dibangun menggunakan kerikil bata merah dan menghadap ke araha barat. Bentuk Candi Brahu tidak tegas dan memiliki sudut banyak, berlekuk-lekuk dan juga tumpul.

10. Tempat Wisata Candi Tikus Mojokerto
Candi Tikus
Candi Tikus merupakan salah satu tujuan wisata sejarah di Mojokerto. Candi Tikus berada di Desa Temon, sama mirip Candi Bajang Ratu. Bentuk Candi Tikus berbeda dengan bentuk kebanyakan candi pada umumnya dimana candi itu berada di tengah-tengah kolam air.

 Untuk menuju ke tempat ini pengunjung harus menempuh jarak 13 km dari sentra kota Mojokerto. Untuk menuju kesini pengunjung mampu menempuh jalan raya Mojokerto hingga Jombang, setelah hingga di perempatan Trowulan anda belok ke timur, anda akan melewati Kolam Segaran dan lokasi candi itu ada di sebelah timur Candi Bajangratu.

11. Tempat Wisata Candi Bajang Ratu Mojokerto
Candi Bajang Ratu 
Candi Bajang Ratu merupakan candi yang cukup populer di Mojokerto dan banyak dijadikan ajang foto selfie bagi anak muda-mudi yang ada di Jawa Timur itu sendiri dan juga wisatawan dari luar daerah. Sayangnya candi ini belum diketahui secara pasti siapa yang membuat candi ini, tahun pembuatan candi, fungsi candi ini pada jaman dahulu kala dan juga aspek-aspek lainnya yang menyangkut candi ini.

Bentuk atap gapura mirip tangga naik turun dan mirip dengan pintu gapura masuk Kerajaan Majapahit. Candi Bajang Ratu terletak di Kecamatan Trowulan. Lebih tepatnya, salah satu candi Trowulan peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di Mojokerto ini terletak di Desa Temon wilayah tersebut.

12. Tempat Wisata Situs Trowulan Mojokerto
Situs Trowulan
Situs Trowulan merupakan salah satu wisata sejarah. Di sini lah kita mampu melihat sisa-sisa kejayaan kerajaan Majapahit yang pernah berkuasa di Jawa. Berbagai benda purbakala mirip candi, makam dan kolam mampu kita lihat di kompleks Situs Trowulan. Lokasi kompleks Situs Trowulan ini berada di desa Trowulan, kecamatan Trowulan.

Luasnya mencapai 100 km�. Di daerah Situs Trowulan kita dapat mengunjungi beberapa candi mirip Candi Brahu, Candi Menak Jingga, Candi Tikus, Candi Kedaton serta Candi Bajang Ratu. Selain banyak sekali candi tersebut, ada beberapa objek lain mirip Gapura Wringin Lawang, Pendopo Majapahit, Makan Putri Cempa.

13. Tempat Wisata Candi Wringin Lawang Mojokerto
Candi Wringin Lawang
Candi Wringin Lawang ialah sebuah gapura peninggalan kerajaan Majapahit era ke-14 yang berada di Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Bangunan ini terletak tak jauh ke selatan dari jalan utama di Jatipasar. Candi Wringin Lawang ini terbuat dari materi bata merah dengan luas dasar 13 x 11 meter dan tinggi 15,5 meter.

Diperkirakan dibangun pada era ke-14. Gerbang ini lazim disebut bergaya candi bentar atau tipe gerbang terbelah. Gaya arsitektur mirip ini diduga muncul pada era Majapahit dan kini banyak ditemukan dalam arsitektur Bali.

Kebanyakan sejarawan sepakat bahwa gapura ini ialah pintu masuk menuju kompleks bangunan penting di ibu kota Majapahit. Dugaan mengenai fungsi asli bangunan ini mengundang banyak spekulasi, salah satu yang paling populer ialah gerbang ini diduga menjadi pintu masuk ke kediaman Mahapatih Gajah Mada.

14. Tempat Wisata Situs Kedaton Mojokerto
Situs Kedaton
Situs Kedaton merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari beberapa bangunan kuno yang dibangung dengan kerikil batau dan merupakan sisa bangunan dari Kerajaan Majapahit pada era ke-13. Situs Kedaton terletak di Dusun Kedaton, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Nah yang mampu anda temukan disini ialah anda akan menemukan sisa-sisa Candi Kedaton yang terbuat dari kerikil bata merah. Diduga bangunan itu didirikan semenjak era ke-13 dan merupakan sisa peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Di Situs Kedaton ini pengunjung juga mampu melihat Sumur Upas selain Candi Kedaton.

15. Tempat Wisata Candi Jolotunda Mojokerto
Candi Jalotunda Mojokerto
Candi Jolotunda merupakan salah satu objek tempat wisata sejarah di mojokerto. Menurut para jago sejarah Candi Jalatunda dikatakan sebagai petirtaan yang disiapkan untuk Raja Udayan, yaitu seorang Raja Bali yang akan mempersunting putrid Gunapriyadharmapatni dari Pulau Jawa.

Dan perkawinan mereka lahirlah Airlangga. Candi Jalatunda terbuat dari kerikil kali dengan ukuran lebar 13,52 meter, panjang 16,85 meter dengan tinggi 5,2 meter. Terdapat goresan pena Gempeng di dinding sebelah kiri belakang candi, terdapat juga goresan pena di sebelah sudut tenggara. Candi ini terletak di Lereng Gunung Bekal, Desa Seloliman Kecamatan Trawas.

16. Tempat Wisata Museum Trowulan Mojokerto
Museum Trowulan Mojokerto
Museum Trowulan merupakan museum arkeologi yang terletak di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Museum ini dibangun untuk menyimpan banyak sekali artefak dan temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar Trowulan. Tempat ini ialah salah satu lokasi bersejarah terpenting di Indonesia yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit.

Kebanyakan dari koleksi museum ini berasal dari masa kerajaan Majapahit, akan tetapi koleksinya juga mencakup banyak sekali era sejarah di Jawa Timur, mirip masa kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singhasari. Museum ini terletak di tepi barat kolam Segaran. Museum Trowulan ialah museum yang memiliki koleksi relik yang berasal dari masa Majapahit terlengkap di Indonesia.

17. Tempat Wisata Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto
Balai Pelestarian
Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto di tempat ini anda akan melihat banyak sekali macam peninggalan purbakala yang ada di Mojokerto. Sayangnya bagi pengunjung yang ingin memotret banyak sekali macam benda purbakala yang ada disini harus ada ijin tertulis dari kepala balai yang ada disini.

Banyak sekali benda purbakala yang akan anda temukan disini misalnya saja ialah lempengan besi tipis yang didalamnya berisi mantra-mantra dan dikala lempengan besi dibagian tengah dibuka di dalam lempengan besi tersebut tertancap lingga emas kecil yang dibuat dari emas murni.

Tidak hanya itu saja pengunjung yang ada disini mampu melihat banyak sekali macam arca yang diperkirakan peninggalan kerajaan Hindu yang dikala itu ada di Mojokerto.

18. Tempat Wisata Reco Lanang Mojokerto
Reco Lanang
Reco Lanang ialah seorang Buddha yang berada dalam posisi Buddha Aksobya. Mirip dengan arca-arca yang terdapat di Candi Borobudur. Arca yang memiliki tinggi 5,7 meter ini merupakan gambaran dari salah satu Dhani sang Buddha.

Sekitar 50 meter dari Reco Lanang kita akan menemukan arca lain yakni Reco Wadhon yang berposisi tengkurap. Dengan eksistensi dua arca Buddha di desa Kemloko, ada yang berpendapat bahwa desa ini dulunya merupakan sentra pembuatan arca pada masa kerajaan Majapahit. Reco Lanang berada di desa Kemloko.

19. Tempat Wisata Makam Troloyo Mojokerto
Makam Troloyo Mojokerto
Makam Troloyo merupakan salah satu destinasi obyek wisata bersejarah yang layak dikunjungi dan berhasil menciptakan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Makam ini berada di Kecamatan Trowulan, lebih tepatnya di wilayah Sentonorejo yang sering dijadikan tempat wisata berziarah oleh masyarakat ataupun wisatawan.

Makam Troloyo ini dipercaya sebagai makam dari kakek Sunan Ampel yang dikenal dengan nama Sayyid Muhammad Jumadil Qubro. Kompleks makam tersebut merupakan tempat atau makan Islam kuno. Dilihat dari kerikil nisan yang tertulis disana, menunjukkan kelahiran dia tahun 1350 hingga dengan tahun 1478. Jika ditilik dari tahun kelahiran hingga dengan tahun wafatnya dia hidup di masa pemerintahan Kerajaan Majapahit.

20. Tempat Wisata Pendopo Agung Trowulan Mojokerto
Pendopo Agung Trowulan
Pendopo Agung Trowulan merupakan salah satu wisata sejarah. Pendopo Agung Trowulan berada di Desa Temon Mojokerto. Di sini setiap tahunnya banyak wisatawan yang datang dan letaknya tidak begitu jauh dari museum trowulan.

Sehingga jikalau Anda datang ke museum trowulan tanpa singgah di pendopo agung trowulan maka rasanya kurang lengkap. Di pendopo agung trowulan, dari gerbang depannya Anda akan di sambut dengan pintu utama masuk ke pendopo yang mirip dengan pintu masuk yang ada di tempat-tempat suci di Bali. Anda tidak akan menyesal jikalau datang ke tempat wisata ini.

21. Tempat Wisata Api Abadi Mojokerto
Api Abadi
Tempat wisata Api Abadi merupakan salah satu obyek wisata peningalan kerajaan Majapahit, menurut sejarah yang beredar Api Abadi dulunya di gunakan kerajaan Majapahit untuk membuat senjata dan peralatan kerajaan. Apabila anda ingin mengunjungi tempat wisata ini anda mampu datang di Desa Tempuran, Dusun Bekucuk, Kecamatan Soko, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.

Apabila dari jantung Kota Mojokerto kurang lebih berjarak 3 Km. Waktu yang sempurna untuk menikmati keindahan wisata "Api Abadi" ialah pada malam hari karna pada malam hari kobaran api akan terlihat dengan terperinci dan anda mampu mencicipi keindahan tersebut.

22. Tempat Wisata Mahavihara Majapahit Patung Budha Tidur Mojokerto
Patung Budha
Mahavihara Majapahit ialah salah satu tempat wisata yang terbilang unik dan menarik. Karena di sana, anda akan melihat patung budha tidur yang sangat identik dengan tempat peribadatan umat Budha. Patung tersebut berada di samping vihara, memiliki ukuran yang besar dan menjadi patung budha tidur berwarna emas terbesar ketiga di dunia. 

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut. Patung budah tersebut tepatnya berlokasi di desa bejijong Trowulan. Makara orang-orang yang datang ke sana bukan hanya ingin beribadah, orang-orang non Budha pun mampu datang ke tempat itu untuk melihat keunikan dari patung budha yang tersohor itu.

23. Tempat Wisata Pacet Mini Park Mojokerto
Pacet Mini Park
Pacet mini park ialah tempat wisata yang menjadi salah satu favorit warga jawa timur alasannya ialah lokasi tempat ini ialah di daerah Jawa Timur. Tempat wisata ini ialah wisata alam yang menarik dan juga dilengkapi dengan wahana-wahana yang lain mirip lokasi pemandian, kolam renang, dan lain-lain.

Daerah yang sejuk dan cantik menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya sehingga tak jarang banyak orang yang suka mengunjungi tempat ini, khususnya warga daerah Jawa Timur. Bagi anda yang ingin berekreasi di Pacet Mini Park maka da dua paket tiket yang mampu anda pilih yakni Paket Rp 30.000/orang dan Paket Rp 50.000/orang.

24. Tempat Wisata Joglo Park Mojokerto
Joglo Park Mojokerto
Joglo Park merupakan sebuah tempat wisata Pacet yang menunjukkan arena pemandian dan permainan air. Obyek wisata yang satu ini memang belum lama berdiri, sehingga bangunan fisiknya masih terlihat baru. Pada bangunan utamanya berbentuk rumah Joglo khas Jawa. Oleh alasannya ialah itu, tempatnya dinamakan Joglo Park Pacet.

Sangat cocok untuk liburan keluarga, terutama bagi bawah umur kecil yang pastinya suka bermain wahana air dan di pemandiannya. Beberapa peralatan mampu disewa dari pengelola di sana dengan harga cukup terjangkau. Anda sebagai orang renta harus selalu mengawasi dikala buah hatinya bermain-main. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

25. Tempat Wisata Kuliner Sate Bangil Bang Soleh Mojokerto
Sate Khas Mojokerto
Ditiap kota yang kau kunjungi, pasti selalu bertemu dengan warung sate. Kedai sate kambing ini dapat membebaskan pengunjung untuk memilih sendiri mirip apa sate yang diinginkan. Satu porsi sate berisi 10 tusuk sate yang pastinya bikin kau kenyang.

Kedai sate in berlokasi di Jl. Majapahit No. 428, Mojokerto mulai beroperasi pukul 9 pagi hingga jam 10 malam. Cocok dimakan dikala berbuka puasa bareng keluarga.

Baca ini Juga : Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 25 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

1 komentar: