5 Obyek Wisata di Kawasan Merapi Merbabu Selo Boyolali

Tempat Wisata di Kawasan Merapi Merbabu Selo Boyolali, Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali merupakan sebuah kecamatan yang terletak diantara dua Gunung besar yaitu Gunung Merapi dan Merbabu. Dengan lokasi geografisnya ini mampu dipastikan bahwa suasana pegunungan sangat terasa di daerah ini.

Hampir setiap hari tempat ini terasa dingin, apalagi pada saat-saat tertentu, kabut menyelimuti sehingga jarak pandang berkurang. Di daerah ini pertanian cukup maju, komoditas yang paling banyak dibudidayakan yaitu tembakau serta tanaman sayuran menyerupai kobis, lobak, sawi wortel, kol, dll. Ada beberapa tempat wisata yang terkenal di daerah Merapi Merbabu ini. beberapa diantara lain :

Baca ini : Tempat Wisata di Boyolali yang Wajib Dikunjungi

1. Tempat Wisata Puncak Merbabu
Puncak Merbabu
Gunung Merbabu banyak dijuluki sebagai Gunung Api yang sedang tidur karena memang Gunung Merbabu ini yaitu Gunung berapi namun sudah lama tidak lagi meletus. Gunung Merbabu memiliki 5 buah kawah yaitu kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo. Ada 2 puncak Gunung Merbabu yaitu puncak Syarif dengan ketinggian 3119m dan puncak Kenteng Songo dengan ketinggian 3142m.

Untuk mencapai Puncak Merbabu kita dapat menempuhnya dari Selo, Boyolali. Makara jangan heran apabila pada saat-saat tertentu di area sekitar Pasar Selo, banyak dijumpai para petualang dan pecinta alam yang akan mendaki Gunung baik di Merapi maupun Merbabu. Penampilan mereka sangat mudah dikenali karena biasanya membawa tas carier dengan isi penuh perlengkapan mendaki gunung.
Gunung Merbabu
Namun bekerjsama tidak banyak yang mendaki Gunung Merbabu dari Jalur Selo. Biasanya mereka mendaki Merbabu dari jalur Kopeng, Magelang kemudian turunnya melalui jalur Selo Boyolali. Puncak Gunung Merbabu memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

2. Tempat Wisata Puncak Merapi
Puncak Merapi
Tempat wisata yang akan kita bahas selanjutnya di daerah Merapi Merbabu yaitu Puncak Merapi. Untuk mendaki Gunung Merapi memang dapat ditempuh melalui beberapa jalur, namun rute yang paling banyak diminati yaitu jalur yang melalui Selo, Boyolali. Jalur Pendakian Merapi Via Selo diawali dari daerah New Selo, sebuah daerah yang sangat sejuk. Disini sudah tersedia basecamp yang dapat dimanfaatkan siapapun yang ingin pergi ke puncak Merapi.

Jika hanya ingin mampir saja juga mampu kok. Disini ada beberapa warung yang menyediakan jajanan makanan ringan. Jalur pendakian gunung Merapi biasanya akan ramai dikunjungi pada liburan tiba, dan mencapai puncaknya pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus, karena di puncak akan diadakan semacam upacara. Untuk pergi ke Puncak Merapi anda harus super hati-hati ya, karena medannya memang sangat berat. Usahakan rombongan minimal 3 orang dan ada yang pernah naik ke Puncak Merapi.
Puncak Merapi
Selain karena medan yang berat, ada beberapa mitos yang berkembang di Merapi. Diantaranya yaitu adanya pusat keramaian jin dan setan yang berada di pasar bubrah, sebuah daerah yang dilewati ketika mendaki Merapi. Namun semua kembali ke keyakinan diri kita ya. Masih ingat dengan tragedi di Puncak Garuda Merapi ? seorang mahasiswa tewas terpeleset di kawah Gunung Merapi.

Kiranya kejadian tersebut dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua. Selama perjalanan ke Pncak Merapi anda disuguhkan oleh pemandangan alam Taman Nasional Gunung Merapi yang sangat asri.

3. Tempat Wisata Desa Wisata Samiran
Desa Samiran
Desa Samiran merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Selo Boyolali. Desa ini memiliki potensi agrowisata yang sangat besar. Di daerah ini merupkan pusat pengembangan banyak sekali macam komoditas sayuran karena memang daerah ini sangat cocok untuk ditanami tanaman sayur.

Hal ini mengingatkan kita pada daerah yang ada di Lawu ataupun daerah yang ada di Puncak Bogor. Komoditas sayuran yang ada di Samiran misalnya loncang, wortel, bunga kol, brokoli, sawi, labu, selada merah dan hijau.

4. Pos Pengamatan Gunung Merapi (Pos Pengamatan Uga)
Pos Pengamatan Uga
Seperti kita ketahui bersama bahwa Gunung Merapi yaitu Gunung berapi paling aktif di dunia. Oleh alasannya yaitu itu perlu dilakukan pengamatan yang terus menerus biar apabila terjadi aktifitas vulkanik membahayakan di Gunung Merapi dapat segera diketahui dan disampaikan kepada masyarakat sehingga dapat diambil langkah antisipatifnya.

Ada 5 Pos pengamatan Gunung Merapi yang dibangun, diantaranya yaitu Pos Pengamatan Uga Desa Samiran, Boyolali, Pos Pengamatan Jrakah di Desa Jrakah, Boyolali, Pos Pengamatan Kaliurang di Kaliurang, Yogyakarta, Pos Pengamatan Pos Ngepos di Magelang, Pos Pengamatan Mbabatan di Magelang, dan Pos Pengamatan Ndeles di Klaten namun sekarang sudah ditutup dan tidak digunakan lagi.

Di pos pengamatan Gunung Merapi inikita dapat melihat dengan terperinci Gunung Merapi yang rupawan serta dapat melihat beberapa data yang diambil oleh petugas dalam melaksanakan pengamatan Gunung Merapi ini.

5. Tempat Wisata Goa Lowo dan Goa Song
Tempat wisata di Selo Boyolali selanjutnya yaitu Goa Lowo dan Goa Song yang terdapat di Dusun Sepandan Wetan. Konon katanya kedua goa ini dulu pernah dijadikan sebagai tempat untuk mnyembunyikan Quran pada waktu ada pemberontakan MMC. Gerombolan MMC yaitu abreviasi dari Merapi Merbabu Complek yang merupakan gerombolan pengacau yang berfaham komunis.

Baca ini : Tempat Wisata di Salatiga yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 5 Obyek Wisata di Kawasan Merapi Merbabu Selo Boyolali nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar