19 Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jambi - Jambi merupakan sebuah wilayah yang terkenal dalam literatur kuno. Nama negeri ini sering disebut dalam prasasti-prasasti dan juga berita-berita Tiongkok. Ini merupakan bukti bahwa, orang Cina telah lama memiliki korelasi dengan Jambi, yang mereka sebut dengan nama Chan-pei. Jambi berada di sebuah Provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di adegan tengah Pulau Sumatera. Jambi yakni satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukotanya berjulukan sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo.

Perlu anda tahu, Dahulu Jambi adegan dari kerajaan melayu yang berpusat sepanjang sungai batang hari dengan sentra kerajaan di Dharmasraya Sumbar, sejarah mencatat peristiwa ekspedisi pamalayu dari kerajaan Singosari dan penyerahan arca amongshapasa yang didirikan dipusat kerajaan Melayu Dharmasraya sekrang tersimpan di museum Nasional Jakarta, awalnya kata melayu bukan merujuk etnis tapi yakni nama kerajaan yakni Melayu yang didirikan etnis Minang.

Nah pada kali ini akan merekomendasikan mengenai Tempat wisata yang ada di Jambi sebab jambi sendiri mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat mempesona, kalau anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah jambi merupakan tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan mencicipi senang apalagi kalau anda berkunjung dengan keluarga ataupun sahabat anda dijamin pasti liburan kalian akan lebih mengasikkan.

Baca Juga : 19 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi
Berikut ini yakni sejumlah 21 tempat wisata di Jambi yang wajib Dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata jambi ini yakni wisata alam yang menawan.

1. Tempat Wisata Gunung Kerinci Jambi
Gunung Kerinci
Gunung Kerinci yakni gunung berapi dengan ketinggian 3.805 mdpl yang sekaligus merupakan gunung berapi tertinggi se Asia Tenggara. Gunung api yang masih aktif ini terletak di area perbatasan provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Gunung ini memiliki banyak sekali julukan diantaranya yaitu Gunung Gadang, Korinci, Berapi Kurinci, dan Puncak Indrapura. Gunung yang termasuk dalam jenis Strato Vulcano ini secara manajemen berada di tempat Taman Nasional Kerinci Seblat.

Jika anda mendaki gunung kerinci dan hingga di puncak maka anda akan disuguhkan dengan panorama kawah yang begitu mempesona. Luasnya kawah yang ada di puncak Gunung Kerinci ini 400 x 120 meter persegi dengan kedalaman mencapai 600 meter. Sedangkan di sebelah utara, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan danau Bento. Danau Bento memiliki air yang bersih dan jernih, yang seakan belum pernah tersentuh oleh tangan manusia.

Lokasi Gunung Kerinci cukup mudah dijangkau, dimana lokasi nya berada di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

2. Tempat Wisata Danau Belibis Jambi
Danau Belibis
Danau belibis merupakan danau yang terletak berdekatan dengan gunung ayam. Pesona Wisata Jambi Danau belibis suatu danau kecil yang seluruh permukaanya hampir tertutup dengan belibis-belibis yangh hidup di daerah tersebut, dan uniknya lagi di tengah-tengah danau tsb. ada pulaau yg terapung yang berputar-putar mengelilingui danau yang konon katanya pulau tsb.

Danau belibis, sesuai dengan namanya, dimana di danau itu banyak terdapat sebuah populasi belibis yang hidup di sekitar danau. Pesona Wisata Jambi Danau belibis terletak di atas ketinggian lebih dari 1000 mdpl sempurna berada di kaki gunung kerinci. Yang secara geografis berada dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat, kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

3. Tempat Wisata Danau Sipin Jambi
Danau Sipin
Tempat wisata danau Sipin merupakan danau yang terletak Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi, Jambi menyampaikan pemandangan alam yang cukup menenangkan, tak heran kalau danau Sipin menjadi tempat favorit untuk melepaskan penat setelah seharian bekerja, kalau kau kesini maka jangan heran apabila kau akan menemukan banyak pasangan yang sedang bersantai di bersahabat danau. Danau Sipin akan ramai ketika sore hari, bahkan tak jarang pula terjadi kemacetan terutama ketika hari libur, jadi kalau kau ingin kesini sangat disarankan untuk datang lebih awal, di tempat danau Sipin juga sudah terdapat dingklik kursi yang mampu anda gunakan untuk bersantai.

Selain itu anda kalau di danau Sipin mampu melihat pemandangan acara warga yang sedang mengelola keramba ikannya, di tengah danau sendiri terdapat banyak keramba ikan milik warga sekitar, di sekitarnya juga terdapat rumah panggung yang biasa digunakan untuk beristirahat para pencari ikan, tak hanya itu, danau Sipin juga menyampaikan pemandangan sunset yang indah, sangat cocok untuk kau lihat bersama pasangan biar suasana lebih romantis.

4. Tempat Wisata Air Terjun Sigerincing Jambi
Air Terjun Sigerincing
Air terjun Sigerincing merupakan gerojokan yang terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Mesurai, Merangin, Jambi. Air terjun ini memiliki ketinggian 62 meter. Air terjun ini bersumber dari sungai siau yg berulu di gunung masurai. airnya masih jernih dan dapat diminum eksklusif tanpa di masak, di bawah gerojokan ini juga terdapat lubuk larangan yg terdapat beberapa spesies ikan.

Jika ingin ke gerojokan segerincing ini kita tidak perlu capek-capek atau penat bahaso dusun tuo nyo sebab kenderaan roda 4 dan 2 sudah mampu mencapai kepala gerojokan ini, gerojokan ini juga cocok untuk tempat liburan keluarga, dengan banyak batu2 besar di sekitar gerojokan ini yg mampu di jadikan untuk tempat kalem dan makan-makan.

5. Tempat Wisata Danau Kerinci Jambi
Danau Kerinci
Danau kerinci merupakan salah satu objek wisata di Provinsi Jambi yang cukup populer. Danau ini merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Luas danau ini mencapai 4.200 Ha dengan tingkat kedalaman mencapai 110 meter. Danau kerinci diperkirakan berasal dari hasil letusan gunung berapi dan juga pegunungan bukit barisan yang ada di sepanjang Pulau Sumatera.

Dii danau ini, Anda dapat melaksanakan banyak sekali kegiatan yang seru dan menarik. Contohnya mirip Memancing ikan, berenang, hingga bermain air, semuanya dapat Anda lakukan di danau ini. Kondisi danau ini tergolong masih cukup asri. Air danau masih belum tercemar, sehingga masih ada cukup banyak ikan di danau ini. Bagi Anda yang hobi memancing, maka danau ini merupakan surga bagi Anda.

Lokasi Danau Kerinci ada di Kabupaten Kerinci, Jambi, tepatnya di Kaki Gunung Raja. Danau ini membentang luas mengitari kaki gunung raja sepanjang lebih dari 70 KM.

6. Tempat Wisata Taman Nasional Kerinci Seblat Jambi
Taman Nasional kerinci Seblat
Taman Nasional Kerinci Seblat yakni salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Taman Nasional yang satu ini terbentang di empat provinsi besar yang ada di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan.

Taman Nasional ini memiliki koleksi satwa-satwa endemik langka lebih banyak dari yang lainnya. Di taman nasional ini, Anda akan disugukan keindahan hutan hujan trofis Indonesia disertai dengan banyak sekali macam satwa liar yang sudah hampir punah.

Selain itu, Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki suasan pemandangan alam yang indah. Tidak hanya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup tapi juga pesona Gunung Kerinci dan Danau Kerinci yang semakin menambah kesan asri.

7. Tempat Wisata Danau Gunung Tujuh Kerinci
Danau Gunung Tujuh Kerinci
Danau Gunung Tujuh Kerinci merupakan sebuah wisata danau yang terletak di tempat Taman Nasional Kerinci Seblat, tepatnya berada di puncak Gunung Kerinci, Jambi. Taman Nasional ini merupakan wilayah flora dan fauna yang terbesar di pulau Sumatera dan merupakan wilayah yang ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Berwisata ke tempat tempat yang bertajuk alam memang selalu menarik. Apabila berbicara wacana wisata yang bertajuk Alam, Indonesia selalu hadir dalam jajaran teratas wilayah yang memiliki panorama alam yang luar biasa. Hampir di setiap daerah memiliki spot terbaik nya sendiri dalam menghadirkan pesona keindahan alam. Seperti hal nya wisata yang ada di Jambi ini, Danau Gunung Tujuh Kerinci yang menyimpan sejuta eksotisme yang mampu membuat mata terasa segar.

Danau Gunung Tujuh Kerinci terletak di Desa Pelompek, Kec. Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasi nya sedikit agak jauh, dimana dari sentra Kota Jambi menuju lokasi wisata kurang lebih memakan waktu 3,5 jam perjalanan.

8. Tempat Wisata Tanggo Rajo Jambi
Tanggo Rajo
Tempat Wisata Tanggo Rajo tidak berbeda jauh dengan Taman Alun-alun Kapuas atau yang biasa disebut Pantai Losari, menyampaikan wisata masakan yang terdapat di tepi perairan. Tanggo Rajo banyak dikunjungi pada sa'at sore dan malan hari sebab pemandangan Sungai Batanghari yang cukup mengagumkan dan menarik, yakni merupakan sungai terpanjang di Sumatra. Tanggo Rajo banyak dikunjungi oleh orang yang memiliki hobi memancing, sebab lokasinya yang pas dan nyaman sebagai tempat menyalurkan hobi mereka.

9. Tempat Wisata Taman Anggrek Sri Soedewi
Taman Anggrek Sri Soedewi
Tempat wisata yang satu ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang gemar berkebun, apalagi bagi anda yang sangat mencintai tanaman, khususnya bunga anggrek, pasti anda tahu bahwa mengurus tanaman anggrek bukanlah hal yang mudah, butuh kesabaran ekstra, ketelatenan, serta perawatan yang mahal dan tidak boleh sembarangan, jadi wajar saja kalau harganya memang tinggi.

Taman anggrek Sri Soedewi ini memang tempat sangat bagus untuk dikunjungi. Akan tetapi setiap pengunjung yang ingin masuk ke areal taman ini harus melaporkan diri terlebih dahulu ke kantor Dinas Pertanian Provinsi Jambi yang jaraknya memang tidak begitu jauh dari lokasi taman anggrek ini, hanya sekitar 100 meter dari Objek wisata Taman Anggrek Sri Soedewi.

10. Tempat Wisata Taman Mini dan Taman Rimba Jambi 
Taman Mini dan Taman Rimba
Taman Mini dan Taman Rimba Jambi merupakan satu diantara tempat wisata andalan yang ada di Kota Jambi. Taman ini ada di tengah-tengah kota serta tak jauh dari Bandar Hawa Sulthan Thaha Syaifuddin. Kehadiran tempat wisata ini yakni usaha pemerintah setempat untuk sediakan tempat hiburan yang nyaman untuk orang-orang kota di dalam minimnya kemudahan bermain, taman hiburan, serta obyek wisata di Kota Jambi.

Di sini menyampaikan taman rekreasi, sarana olah raga, dan wisata budaya. Konsep yang sama dengan Taman Mini di Jakarta, yakni menampilkan replika bangunan khas daerah. Yang membedakan yakni , kalau di Jakarta menampilkan budaya seluruh daerah Indonesia, tetapi disini hanya menampilkan budaya disetiap kabupaten Janbi.

11. Tempat Wisata Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi disebut sebagai candi beraliran Buddhisme peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Tempat wisata di Jambi ini juga disebut sebagai kompleks candi terluas di Indonesia. Pada tahun 2009, UNESCO menetapkan candi yang berupa susunan kerikil bata merah ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi.

Selain candi, ditemukan juga perkakas rumah tangga yang membuktikan bahwa tempat ini dulu digunakan sebagai tempat tinggal para biksu. Ada juga keramik Cina dari dinasti Song yang membuktikan adanya korelasi intermasional antara Kerajaan Sriwijaya dengan bangsa Cina dahulu. Tempat wisata budaya ini berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 km dari sentra kota Jambi.

12. Tempat Wisata Monumen Nasional Jambi 
Monas Jambi
Monumen Nasional tidak hanya ada di Kota Jakarta saja, Jambi juga memiliki replika monumen ini, tepatnya berlokasi di bundaran kompleks pemerintah kota. Monas yakni salah satu tempat wisata di Jambi yang banyak di kunjungi untuk membuktikan kemiripannya dengan Monas yang ada di Kota Jakarta.

Dilihat sekilas, Monas di Jambi ini memang mirip bentuknya dengan Monas di Jakarta, hanya saja ukurannnya lebih kecil. Hal lain yang membedakan kedua Monas ini yakni 4 buah jam dinding di setiap sisi Monas dan 4 buah gesekan yang ada di bawahnya.

13. Tempat Wisata Museum Negeri Jambi
Museum Negeri Jambi
Museum Negeri Jambi merupakan tempat wisata pilihan yang sempurna dan wajib anda kunjungi kalau sedang di Jambi. Letak tempat wisata ini ada di Jalan Urip Sumoharjo No.1 Jambi. Bentuk bangunan museum ini dirancang mirip Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah tabiat di Jambi.

Di tempat ini, Anda dapat menemukan banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi dari masa ke masa mirip anyaman khas Jambi, peralatan berburu, batik tenun dengan motif bunga khas Jambi dan juga binatang yang diawetkan.

14. Tempat Wisata Taman Remaja Jambi
Taman Remaja Jambi
Taman Remaja yang dikenal dengan sebutan TR, merupakan taman yang dibanggakan oleh masyarakat Kota Jambi. Selain tempatnya yang strategis di sentra perkantoran Pemkot Jambi, jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Balai Kota Jambi. Taman Remaja yang mirip mirip Gelanggang Remaja ini sering dijadikan sebagai ajang pentas seni remaja seluruh provinsi ini.

15. Tempat Wisata Kolam Renang Tepian Rajo
Kolam Renang Tepian Rajo Jambi
Kolam Renang Tepian Rajo yakni kolam renang yang digunakan sebagai sentra kegiatan cabang olahraga renang dan polo air dan merupakan kolam renang standard international. Kolam Renang Tepian Rajo Berada di Jl. Kapten Sujono, Kecamatan Kota Baru, 6 km dari sentra kota Jambi.

Kolam renang ini memiliki ukuran 20 x 50 meter persegi dan berstandar internasional. Disini terdapat kolam renang remaja dan kolam renang anak - anak. Tak hanya renang, Kolam Renang Tepian Rajo juga digunakan sebagai tempat pertandingan polo air dan seringkali diadakan latihan disini.

16. Tempat Wisata Dekranasda Jambi
Dekranasda Jambi
Dekranasda Jambi merupakan tempat pemasaran banyak sekali macam batik khas Jambi, kerajinan anyaman rotan/bambu, gesekan kayu dari Betung, pelengkap batu-batuan dan banyak sekali macam hasil kerajinan khas Jambi. Selain itu juga tersedia produk makanan & minuman khas Jambi seperti, kopi, teh kayu aro, dodol nanas tangkit, keripik dan dodol kentang Kerinci, dll.

Lokasi ini merupakan sentra tempat barang kerajinan murah. Alamatnya di jalan Sudirman (depan Mapolda) Kecamatan Jambi Selatan.

17. Tempat Wisata Sanggar Batik Jambi
Sanggar Batik Jambi
Tempat Wisata Sanggar Batik ini banyak memamerkan Kerajinan tangan PKK Provinsi Jambi. Di Sanggar banyak di jual aneka tenun dan kain songket yang menjadi cirikhas Jambi. Tidak hanya itu saja, sebab mirip sulam benang emas dan aneka kerajinan rotan mampu dibeli dengan harga wajar, malah boleh dibilang lebih murah dari pada beli barang sejenis ditempat lain.

Sebagian besar pewarnaan batik Jambi diambil dari bahan-bahan alami yang ada di alam sekitar Jambi, yaitu campuran dari aneka ragam kayu dan tumbuh-tumbuhan. Alamat sanggar ini berada di Jalan Sri Soedewi, Kecamatan Telanaipura, Jambi.

18. Tempat Wisata Kebun Teh Kayu Aro
Perkebunan Teh Kayu Jambi
Tempat Wisata Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki beberapa keistimewaan, kebun teh ini merupakan perkebunan teh tertua di Tanah Air dimana sudah ada sejak masa penjajahan kolonial Hindia Belanda tahun 1925. Kedua, perkebunan ini tersebut merupakan yang terluas dan tertinggi kedua di dunia setelah Perkebunan Teh Darjeeling yang ada di India.

Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki luas sekira 2,500 hektar dan berada di ketinggian 1.600 m dpl. Ketiga, teh yang ditanam di Perkebunan Teh Kayu Aro yakni teh ortodox atau yang lebih dikenal dengan nama teh hitam dimana merupakan teh berkualitas tinggi. bagaimana menarik bukan? kebun teh ini, anda mampu berkunjungi bersama keluarga ataupun sahabat kesini biar lebih lengkap dalam berwisatanya.

19. Tempat Wisata Istana Sultan Thaha Saifuddin
Istana Sultan Thaha Saifuddin
Kesultanan Jambi yakni kerajaan Islam yang berkedudukan di provinsi Jambi sekarang. Kerajaan ini berbatasan dengan Kerajaan Indragiri dan kerajaan-kerajaan Minangkabau mirip Siguntur dan Lima Kota di utara. Di selatan kerajaan ini berbatasan dengan Kesultanan Palembang. Jambi juga mengendalikan lembah Kerinci, meskipun pada simpulan masa kekuasaannya kekuasaan nominal ini tidak lagi dipedulikan.

Sultan Thaha Saifuddin merupakan salah satu pendekar nasional asal Jambi namun sejarah tak banyak mengisahkan wacana perjalanan hidup dan lika-liku usaha yang dihadapi Sultan Thaha Saifuddin dalam usaha melawan penjajah demi mempertahankan nusantara. Untuk menghargai dan mengenang jasa Sultan Thaha Saifuddin maka Pemerintah Jambi menyebabkan Istana Sultan Thaha Saifuddin dan Makam Sultan Thaha Saifuddin sebagai cagar alam yang harus dijaga kelestariannya.

20. Tempat Wisata Pasar Keramik Sitimang Jambi
Pasar Keramik Sitimang Jambi
Pasar Keramik yang terletak di belakang lokasi Ex Bioskop Mega Pasar Jambi tidak hanya menyediakan Keramik Import, tetapi juga menyediakan surga belanja fashion import dengan harga bervariasi bagi para peminatnya. Pasar ini tidak pernah terlihat sepi oleh pengunjung. Banyak orang yang datang ke pasar itu untuk membeli barang-barang kesukaannya ataupun hanya sekedar untuk jalan-jalan melihat lokasi pasar..

Di pasar ini, Anda mampu menemukan keramik dalam banyak sekali bentuk mirip toples, guci, peralatan makan hingga hiasan rumah. Keramik-keramik yang dijual di sini dikirim eksklusif dari Cina dan motifnya sulit Anda temukan di tempat lain. Nah bagaiamana? Mungkin anda tertarik ingin membeli Keramik yang bagus untuk dipajang rumah anda. anda mampu datang ke pasar ini saja, anda tidak bakalan menyesal.

Baca Juga : Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 20 Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi semoga mampu bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar