16 Tempat Wisata di Cilegon Paling Populer Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Cilegon - Cilegon atau yang juga sering dikenal dengan sebutan kota baja. Kota ini terkenal sebagai penghasil baja terbesar di Indonesia, terletak ujung barat pulau jawa. Namun tahukah anda selain terkenal sebagai daerah penghasil baja.

Kota Cilegon juga terkenal akan tempat wisatanya. Kota yang terletak di provinsi Banten ini memiliki banyak tempat wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tempat wisata di Cilegon dapat menjadi salah satu pilihan anda untuk menghabiskan tamat pekan bersama dengan keluarga anda.

Selain itu, Tempat wisata Cilegon juga sangat lengkap alasannya yaitu anda mampu menikmati mulai dari wisata alam, wisata belanja dan juga wisata masakan yang sayang untuk dilewatkan kalau sudah ada disini. Namun kebanyakan tempat ini memiliki satu ciri khas yang membuat tempat wisata di Cilegon banten beda dengan yang lainya yaitu wisata pantainya.

Baca ini : Tempat Wisata di Lembang Bandung yang Paling Populer Dikunjungi

Karena Cilegon berlokasi bersahabat dengan pelabuhan Merak yang merupakan pelabuhan besar di Indonesia. Sehingga selain menikmati pemandangan pantai anda juga dapat melihat secara pribadi betapa megahnya kapal-kapal yang berlayar dari dan yang menuju pelabuhan merak.

Tempat Wisata di Cilegon Paling populer Wajib Dikunjungi
Berikut ini yaitu sejumlah tempat wisata di Cilegon yang wajib Anda kunjungi, beberapa di antaranya yaitu destinasi wisata di Cilegon yang rupawan dan mempesona di kalangan penikmat perjalanan.

1. Tempat Wisata Pantai Kepala Tujuh 
Pantai kepala Tujuh
Pantai Kelapa Tujuh merupakan Pantai yang terletak di sebelah utara dari Pelabuhan Merak ini memiliki keindahan pantai yang luar biasa. Pantai Kelapa Tujuh menyimpan pesona pantai yang masih alami bahkan selain mampu menikmati pemandangan alamnya anda juga mampu berenang di pantai ini.

Karena ombaknya cukup hening sehingga aman untuk melaksanakan aktifitas wisata laut. Salah satu keunikan dari wisata yang satu ini ialah anda mampu melihat pribadi kapal-kapal besar yang berlalu lalang dari dan menjau pelabuhan merak.

2. Tempat Wisata Pulau Merak Besar Cilegon
Pulau Merak Besar
Pulau Merak Besar merupakan Pulau Hutan Lindung yang berfungsi sebagai Pelindung Pelabuhan Ferry dan Terminal Terpadu Merak, pulau ini sangat strategis untuk melindungi kedua asset milik pemerintah sentra dan daerah. Dan pulau ini juga sangat berpotensi sebagaiobjek wisata kelautan alasannya yaitu memiliki potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang belum dikelola secara maksimal oleh Pemerintah maupun Masyarakat.

Pulau Merak Besar terletak di Bagian Barat Kota Cilegon yang memiliki luas kurang lebih 40 Ha dan sangat potensi akan Sumber Daya Alam Hayati dan Perikanan, menyerupai Pasir Putih terletak disebelah Barat dan Selatan, Terumbu Karang disebalah Timur dan Utara serta Potensi Penangkapan Ikan Laut jenis Pelagis Kecil, Demersal dan Ikan Karang.

3. Tempat Wisata Pulau Merak Kecil Cilegon
Pulau Merak Kecil
Nah Tempat wisata di Cilegon yang juga masih berada di pulau merak ialah Pulau merak kecil, daerah yang satu ini menyimpan gugusan koral yang rupawan dan terletak di barat daya dari pulau merak besar. Tempat wisata Cilegon banten yang satu ini juga memiliki tugas yang sangat penting, yakni menghalau ombak laut menuju pelabuhan merak sehingga kondisi pelayaran tetap dapat berjalan dengan aman.

Sudah kita ketahui sebelumnya betapa besar peran-peran pulau pendukung yang berada di sekitar pelabuhan. Oleh alasannya yaitu itu, sebagai wisatawan yang bijak kita juga harus ikut serta dalam melestarikan tempat ini, bahkan juga tempat lainnya di manapun kita berlibur dan berwisata.

4. Tempat Wisata Gunung Batu Lawang
Gunung Batu Lawang
Gunung Batu Lawang merupakan sebuah tempat dataran tinggi yang berada di wilayah Gerem, Merak. Tempat ini mempunyai topografi berupa pegunungan granit yang saling berjajar membentuk semacam pintu gerbang, dalam bahasa Jawa disebut dengan Lawang.

Dari itu kemudian daerah ini diberi nama Gunung Batu Lawang. Dari puncak Gunung Batu Lawang ini akan terlihat terang pemandangan hamparan pesisir sebelah barat kota Cilegon dengan lautnya yang biru. Tentu saja untuk menyaksikan pemandangan yang rupawan ini traveler harus rela hiking ataupun trekking melibas medan yang terjal. Pemandangan di puncak gunung ini sepadan dengan perjuangan yang telah dilakukan.

5. Tempat Wisata Pantai Anyer Cilegon
Pantai Anyer Cilegon
Pantai Anyer merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal sehingga di pantai ini telah terdapat banyak sekali penginapan yang lokasinya sempurna di bibir pantai. Sebagai salah satu wisata di Cilegon, Pantai Anyer tidak hanya mampu dinikmati pemandangannya.

Bahkan anda juga mampu melaksanakan banyak sekali aktifitas outdoor di pantai ini. Mulai dari berenang, bermain bananan boat, snorkling, diving, jetski, sampai belanja souvenir pun mampu anda lakukan di Pantai Anyer . Maka tidak heran bila Pantai Anyer selalu ramai alasannya yaitu setiap harinya didatangi oleh wisatawan.

6. Tempat Wisata Rawa Arum Cilegon
Rawa Arum
Rawa Arum merupakan tempat wisata Cilegon yang berupa danau. Pemandangan Rawa Arum ini begitu rupawan dan asri sehingga mampu dijadikan tempat untuk berelaksasi setelah lelah berpetualang mendaki gunung. Namun wisata ini juga memiliki sisi mistis.

Konon katanya, setiap malam rawa ini mengeluarkan wangi harum dan juga ada legenda yang mengatakan bahwa jaman dulu sebelum menjadi sebuah rawa terdapat sebuah tempat pemukiman namun tenggelam. Tertarik untuk mencari kebenarannya? Kunjungi Rawa Arum di Cilegon.

7. Tempat Wisata Gunung Batur Cilegon
Gunung Batur Cilegon
Tempat wisata selanjutnya yaitu Gunung Batur yang tidak lain yaitu tujuan wisata agro di Kota Baja. Meski menyandang sebagai wisata agro bukan bukan berarti tempat ini berisi perkebunan sayur, buah atau teh layaknya di tempat Bandung. Gunung Batur yaitu spot untuk melaksanakan banyak sekali acara outdoor menyerupai kemping, hiking, gantole serta mencar ilmu aneka flora dan fauna.

 Letaknya berada sekitar 8 kilometer dari sentra kota Cilegon atau tepatnya berada di kecamatan Pulomerak. Selain menyampaikan acara petualangan, tempat yang satu ini juga menyuguhkan pemandangan yang rupawan dari puncak gunungnya.

8. Tempat Wisata Krakatau Country Club Cilegon
Krakatau Country Club
Tempat Wisata yang satu ini berada di tengah kota Cilegon sehingga mudah untuk anda temukan. Bila pada liburan kali ini anda juga serta membawa bawah umur maka tempat wisata ini sangat cocok alasannya yaitu terdapat banyak sekali wahana rekreasi yang menarik menyerupai wahana air atau kolam renang Water World Krakatau.

Krakatau Jungle Park, Krakatau Bike Park dan masih banyak lagi. Namun selain untuk anak-anak, tempat wisata ini juga dapat dinikmati oleh siapa saja termasuk orang dewasa. Sarana wisata yang ada ialah karaoke, golf, arena jogging, spa dan sauna.

9. Tempat Wisata Pantai Pulorida Cilegon
Pantai Pulorida Cilegon
Pantai Pulorida namanya mengingatkan kita pada salah satu pantai paling populer di Amerika, pantai Florida. Pantai ini berjarak sekitar 4 kilometer dari pelabuhan penyeberangan Merak atau tepatnya masuk dalam wilayah kelurahan Lebakgede, kecamatan Pulomerak. Karena kemiripan nama inilah Pantai Pulorida menjadi incaran traveler dari dalam dan luar negeri.

Apalagi pemandangan di pantai ini juga cukup keren dengan adanya Pulau Temposo di tengah laut yang punya pasir pantai putih dan laut yang jernih. Namun isu buruk kemudian datang ketika Cilegon menasbihkan diri sebagai kota industri. Kawasan pantai yang semula digunakan sebagai wisata kini telah dibanguni pabrik-pabrik yang sedikit banyak mencemari laut sehingga banyak fasilitas fasilitas yang bangkrut bahkan wisatawan pun kini jarang terlihat di pantai ini.

10. Tempat Wisata Batu Gambir Cilegon
Batu Gambir
Batu Gambir yaitu tempat perbukitan di Merak, Cilegon. Tempat ini sangat pas untuk merefresh pikiran dan menikmati suasana alam yang asri dan sejuk alasannya yaitu banyak pepohonan tumbuh di tempat ini. Batu Gambir sangat berpotensi dikembangkan sebagai tujuan wisata alam di kota Cilegon. Traveler mampu menemukan tempat ini dengan cara mengambil jalan menuju ke arah Merak. Dari sana disarankan untuk bertanya warga supaya tidak tersesat.

11. Tempat Wisata Pantai Sumur Cilegon
Pantai Sumur Cilegon
Tempat yang akan kita kunjungi yaitu Pantai Sumur. Pantai ini memiliki nama asli Pantai Ciputih dan letaknya ada di kecamatan Sumur, kabupaten Pandeglang. bersahabat dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Jalur yang dilewati untuk menuju ke pantai ini yaitu lewat Serang, Pandeglang, Panimbangan, Cibaliung dan Sumur. Nikmati keindahan pantai berpasir putih, ombak hening dan panorama alam yang asri di pantai ini.

12. Tempat Wisata Bukit Teletubbies Merak Banten
Bukit Teletubis Merak Banten
Nah Bukan hanya tempat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saja yang punya tempat wisata berupa Bukit Teletubbies. Di Cilegon tepatnya di tempat Suralaya, Merak juga punya bukit yang menyerupai dengan rumah tokoh kartun kala 90-an ini. Bukit Teletubbies begitulah nama beken dari bukit tersebut. Bukit ini sedang menjadi topik perbincangan hangat bagi para petualang.

Nama asli bukit ini yaitu Bukit Kembang Kuning. Nama Kembang Kemuning sendiri di dapat dari perkampungan yang ada di lereng bukit ini yang juga memiliki nama yang sama. Namun semenjak setahun lalu bukit ini menjadi jujugan rekreasi para traveler. Karena keindahannya yang disebut-sebut menyerupai dengan bukit di film Teletubbies maka bukit ini dijuluki Bukit Teletubbies.

13. Tempat Wisata Kawasan Cagar Alam Gunung Tukung Gede
Cagar Alam Gunung Tukung Gede
Karena Cilegon yaitu wilayah pemekaran dari kabupaten Serang jadi wajar kalau beberapa tempat wisata yang dipromosikan berada di wilayah Serang. Seperti halnya destinasi yang satu ini, Kawasan Wisata Cagar Alam Gunung Tukung Gede, tempat wisata ini terletak di daerah Gunung Sari dan Mancak, kabupaten Serang.

Di dalam wilayah Cagar Alam Gunung Tukung Gede mengalir dua sungai besar yang bermuara di Pantai Anyer, mereka yaitu Sungai Cikoneng dan Sungai Cigandik. Dari Cilegon tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan saja. Di tempat wisata cagar alam traveler mampu melaksanakan hiking sambil mempelajari keanekaragaman hayati serta menikmati suasana asri jauh dari bising suasana kota.

14. Tempat Wisata Kolam Renang Metro Cilegon
Kolam Renang Metro
Kolam renang Metro tidak terlalu besar hanya menempati lahan seluar setengah hektar tapi cukup lumayan untuk bersenang-senang apalagi telah ada beberapa fasilitas standar untuk bermain menyerupai perosotan air. Kolamnya pun dibagi sesuai dengan umur, ada kolam anak sampai dewasa. Bermain di kolam ini sangat nyaman alasannya yaitu ada beberapa life guard yang menjaga kolam untuk berjaga-jaga kalau ada yang butuh sumbangan atau tenggelam.

15. Tempat Wisata Kuliner Caf� Oregano
Cafe Oregano
Bila anda menginginkan tempat makan siang yang unik maka anda mampu mengunjungi restoran yang mengambil nama dari rempah-rempah ini. Makanan yang disajikan di sini umumnya berupa makanan eropa yaitu spaghetti, steak dan pasta. Selain itu tempat dari caf� ini berbeda dengan caf�-caf� pada umumnya yang terletak di dalam gedung alasannya yaitu caf� Organo menyampaikan konsep kebun yang dikelilingi oleh banyak sekali pepohonan sehingga caf� ini sangat cocok untuk bersantap makanan dan juga melepas lelah setelah seharian menikmati banyak sekali kunjungan wisata di sekitar Cilegon.

16. Tempat Wisata Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon
Masjid Agung Cilegon
Masjid Agung Cilegon bahu-membahu sudah berdiri semenjak lama bahkan menurut beberapa informasi, masjid ini telah ada semenjak jaman penjajahan. Dahulu kala bentuk masjid ini sangatlah jauh dari bentuk sekarang. Awalnya menara masjid ini hanya pendek saja. Kemudian setelah melalui perombakan pertama dan kedua, masjid ini memiliki sebuah menara yang lumayan tinggi.

Setidaknya tiga kali masjid ini telah mengalami renovasi. Dan yang terbesar lebih tepatnya disebut perombakan total, alasannya yaitu bentuk bangunan masjidnya jauh berbeda dengan yang dahulu. Masjid ini terletak di Jl. Sultan Ageng Tirtayasa 2 di kota Cilegon. Jika kita keluar tol Cilegon Timur lalu menyusuri jalan menuju ke arah kota, setelah kita melalui daerah pertokoan dan perniagaan kota ini, dari jauh menara masjid ini akan menyambut.

Baca ini : Tempat Wisata di Pandeglang yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 16 Tempat Wisata di Cilegon Paling Populer Wajib Dikunjungi nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar