Curug Cigamea Bogor, Pesona Keindahan Air Terjun Eksotis

Curug Cigamea - Curug Cigamea terdiri dari dua penderasan utama dengan huruf berbeda. Air terjun pertama lebih bersahabat dengan jalan masuk, dengan tebing curam mirip dinding dan didominasi bebatuan hitam. Kolam limpahan air yang berada dibawahnya tidak terlalu dalam dan luas sehingga tidak mampu digunakan untuk berenang. Sementara penderasan kedua berjarak sekitar 30 meter dari penderasan pertama dan berada di celah tebing.

Baca ini : Bukit Langit Kebumen, Indahnya Pesona Bukit Atas Awan

Air terjun kedua ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan anutan air yang turun semakin lebar membelah tebing bebatuan yang berwarna hitam kecoklatan serta tumpahan air yang cukup deras dibandingkan penderasan yang pertama. Kolam limpahan air yang ada di bawah penderasan kedua ini cukup luas dengan warna air yang biru kehijau-hijauan di bab tengah bak menerangkan bab tersebut cukup dalam, sehingga mampu digunakan untuk berenang.
Curug Cigamea
Sepintas bila dilihat dari bawah, sumber air yang berada di atas penderasan kedua ini berada sedikit di bawah penderasan pertama, padahal bekerjsama tidak. Dari hasil pengamatan mulai dari masuk lokasi ini, terlihat terang bahwa penderasan kedua ini memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari air trjun pertama, namun alasannya yaitu tertutup oleh rimbunnya pepeohonan dan adanya bab tanah yang sedikit menjorok ke muka, praktis bab atasnya tidak mampu dilihat ketika berada di lokasi.

Kondisi jalan untuk menuju lokasi Curug Cigamea ini sudah cukup baik dengan jalan setapak yang terbuat dari kerikil dan tersusun dengan rapi dalam bentuk susunan anak tangga (paving block) dengan di beri pembatas pagar besi. Pada beberapa bab jalan terdapat tempat peristirahatan mirip shelter untuk melepas rasa lelah sambil menikmati keindahan penderasan dari kejauhan. Juga di tengah-tengah perjalanan dapat Anda jumpai beberapa ekor kera yang biasanya mendekat dan minta makanan. Menurut seorang penjaga pintu daerah curug ini, kera yang datang banyaknya mampu mencapai 50 ekor.
Curug Cigamea
Di area wisata ini juga terdapat tempat pembuangan sampah, wah, sangat ramah lingkungan ya, benar-benar peduli akan lingkungan sekitar wisata semoga para pengunjung ikut perduli akan sampah-sampah yang awut-awutan di area lokasi semoga membuang sampah pada tempatnya.

Aksesbilitas Curug Cigamea
Curug Cigamea berjarak lebih kurang 38 km dari kota Bogor sampai Pintu Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Selanjutnya dari pintu gerbang ini berjarak lebih kurang 4 km sampai tiba di pintu masuk Curug Cigamea. Dari pintu masuk ini dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuruni lembah lebih kurang 350 m atau 20 menit waktu tempuh sampai tiba di lokasi Curug Ngumpet.
Curug Cigamea Bogor
Lokasi Curug Cigamea
Terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS: 6� 41' 40.30" S 106� 41' 8.48" E

Tiket dan Parkir Tiket 
Masuk yaitu Rp.3500 per orang. Sedangkan tiket masuk ke daerah Wisata Gunung Salak Endah (GSE) yaitu Rp 7000 per orang termasuk kendaraan roda dua.

Baca juga : Goa Jatijajar, Pesona Keindahan Goa terbaik di Kebumen

Demikian mengenai Curug Cigamea Bogor, Pesona Keindahan Air Terjun Eksotis nah semoga ini mampu bermanfaat untuk kalian semua, kalau anda ingin bertanya wacana artikel ini, anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

0 komentar